7 Syarat Menjadi Guru Privat yang Disenangi Anak Didik

Syarat menjadi guru privat perlu untuk diketahui saat baru memulai karir menjanjikan satu ini. Sebab, tak hanya mendapatkan penghasilan tambahan, pekerjaan sebagai guru privat juga memiliki waktu yang fleksibel. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai cara menjadi guru privat yang baik, yuk simak ulasannya berikut.

Apa Saja Syarat Menjadi Guru Privat yang Baik?

Ketika mengajar les privat, menjadi guru yang baik dan menyenangkan merupakan hal terpenting. Guru privat umumnya juga diharapkan selalu siap mengajar muridnya setiap waktu. Untuk itu, ada beberapa syarat untuk menjadi guru les privat yang baik dan disenangi murid, di antaranya:

1. Selalu menjaga penampilan

Penampilan adalah hal utama yang harus diperhatikan oleh guru les privat, terutama saat hari pertama mengajar. Hal ini dilakukan karena akan sangat berpengaruh dalam pemikiran dan penilaian orang tua serta murid nya.

Syarat Menjadi Guru Privat

Seorang guru les harus menjunjung tinggi tata krama dan etika yang baik dengan berpakaian sopan. Pastikan untuk memakai pakaian yang bersih dan menggunakan minyak wangi secukupnya agar tidak mengganggu konsentrasi anak dalam belajar.

2. Siapkan materi sebelum mengajar

Syarat agar menjadi guru privat yang baik dan menyenangkan adalah selalu menyiapkan materi sebelum mengajar. Terkadang, guru privat tidak siap dalam mengajar karena belum menguasai materinya. Untuk itu, sebaiknya selalu menyiapkan diri dengan menguasai materi ajar agar kegiatan mengajar menjadi menyenangkan.

Cobalah sesekali untuk melakukan praktikum saat mengajar les privat. Caranya pun mudah, yakni dengan menggunakan alat-alat dan bahan yang terdapat di rumah. Belajar dengan alat peraga dapat membantu mengurangi perasaan bosan dan membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan.

3. Siapkan contoh menarik untuk memudahkan pembelajaran

Hal lain yang bisa dilakukan agar kegiatan belajar privat menjadi menyenangkan, yakni menyiapkan contoh menarik dalam pembelajaran. Hal ini dilakukan, agar dapat membantu anak didik dalam mengatasi kesulitan mengenai beberapa materi.

4. Utamakan pengertian dari anak selain prestasi

Ketika belajar menjadi guru privat yang baik dan menyenangkan, pastikan untuk tidak terlalu memaksakan anak didik mencapai prestasi tertentu. Fokuslah pada bagaimana anak bisa mengerti materi yang diajarkan. Dengan mengutamakan pengertian dibanding prestasi, anak akan merasa mendapatkan bantuan.

5. Mengajar sesuai jadwal dan datang tepat waktu

Pada saat pertama kali mendapatkan job, beberapa guru akan diberikan amanah jadwal rutin mengajar siswa yang sama dalam waktu lama. Jika begitu, jangan biarkan beban memilih waktu yang tidak tepat membuat diri sendiri menjadi kurang persiapan.

Pastikan untuk selalu mempertimbangkan kapan waktu yang tidak menyulitkan diri sendiri dan anak didik. Apabila sudah diterapkan, proses mengajar akan semakin mudah dan bisa datang tepat waktu.


6. Mengajak anak mengobrol santai

Mengajar sambil mengajak anak mengobrol santai menjadi sebuah cara yang tepat untuk memberikan sedikit waktu luang kepada anak. Terkadang, konsep yang sudah dibangun oleh seorang guru les tidak sesuai dengan keinginan murid atau anak didik.

Untuk menghindari kekecewaan pada anak, maka lakukan obrolan-obrolan santai agar dapat memberikan pembelajaran yang sesuai dengan keinginan. Hal ini terbilang cukup penting guna membangun semangat dalam diri anak.

7. Berikan hadiah anak sebagai apresiasi

Syarat lain untuk menjadi seorang guru privat yang baik dan menyenangkan bagi anak didik, yaitu dengan memberikan hadiah sebagai apresiasi. Pemberian hadiah kepada anak menjadi sebuah hal menarik yang dapat memicu semangat belajar. 

Hadiah bisa diberikan ketika anak berhasil memahami suatu materi dengan baik atau setelah menyelesaikan soal yang sulit. Hal ini diketahui dapat membantu menyatukan dan mendekatkan seorang guru les dengan murid. 

contoh

Bagaimana Cara Menentukan Biaya Les Privat?

Biaya les privat tentu jauh berbeda dengan biaya pendidikan di lembaga bimbel atau pendidikan formal lainnya. Biasanya, penentuan biaya les privat didasarkan pada kesepakatan antara orang tua murid dan guru. Agar biaya les privat bisa sesuai dan tidak merugikan salah satu pihak, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, yakni:


1. Kualifikasi guru les

Biaya les privat biasanya ditentukan berdasarkan kualifikasi gurunya. Semakin tinggi kualifikasi guru yang diinginkan, maka orang tua murid harus bersedia mengeluarkan biaya lebih mahal. Dalam hal ini, gelar pendidikan seorang guru privat saja tidaklah cukup.

Sebab, guru privat harus memiliki kemampuan mengajar dan menyampaikan materi secara baik. Tak ketinggalan, guru juga perlu mempunyai kreatifitas tinggi sehingga dapat menciptakan suasana menyenangkan saat belajar. Dengan begitu, ilmu yang didapatkan murid menjadi lebih maksimal.

2. Tingkat pendidikan anak didik

Setiap tingkat pendidikan memiliki level kesulitan dari materi yang sangat berbeda, seperti mata pelajaran SD dan SMA. Karena itu, biaya les privat bisa ditentukan dari tingkat pendidikan murid yang akan diajar. Semakin tinggi kesulitan materi yang dipelajari, maka semakin mahal pula biaya les privatnya.

3. Lokasi

Lokasi menjadi salah satu faktor yang menentukan besaran biaya les privat. Untuk itu, sebelum menentukan biaya mengajar privat, cari tahu terlebih dahulu rata-rata biaya di daerah tempat anak didik berada. Dengan begitu, biaya yang dibebankan tidak melebihi atau mengurangi rata-rata secara signifikan.

4. Jadwal dan durasi les privat

Cara menentukan biaya les privat selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan jadwal dan durasi belajar. Seperti yang diketahui bersama, les privat memiliki keunggulan dari segi fleksibilitas waktu.

Ketika memutuskan memilih belajar tambahan secara privat, durasi pertemuan harus diatur sesuai kesepakatan kedua belah pihak. Apabila durasi les semakin panjang, tentu biaya yang dibutuhkan akan semakin besar.

contoh

Cara Mudah Mencari Murid Les Privat

Memulai karir sebagai guru privat memang tidak mudah dan membutuhkan perjuangan yang besar, salah satunya mencari murid untuk menggunakan jasa les. Untuk para guru privat pemula, ada beberapa cara mudah mencari murid les privat, antara lain:

1. Manfaatkan sosial media

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan murid les privat adalah dengan memanfaatkan sosial media. Sosial media diketahui telah menjadi platform yang baik untuk usaha. Promosikanlah diri sendiri di sosial media dan pastikan untuk menyertakan testimoni agar calon murid percaya dengan jasa les privat.

2. Beritahu tetangga dan rekan lain

Cara terbaik untuk memulai karir sebagai guru privat bisa dengan memberitahukan tetangga atau rekan terdekat. Promosi paling sederhana adalah melalui rekomendasi dari mulut ke mulut. Jika reputasi yang dibangun sudah bagus, maka murid akan mulai menyebarkan berita baik mengenai gurunya.

3. Bergabung dengan komunitas

Ketika sedang mencari murid les privat, cara yang bisa dilakukan selanjutnya, yakni bergabung dengan komunitas. Biasanya, dalam sebuah komunitas akan diberikan berbagai informasi mengenai pekerjaan, terutama lowongan untuk mengajar. Manfaatkan pula koneksi dalam komunitas tersebut untuk mendapatkan murid.

Editor Choices :

Demikian informasi terkait syarat menjadi guru privat yang baik dan disenangi oleh para anak didik. Apabila ingin mendapatkan pengalaman terbaik sebagai guru privat, pastikan untuk mempraktikkan cara-cara tersebut, ya.

Komentar / Pertanyaan