3 Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan

Sekolah ikatan dinas tanpa syarat tinggi badan—Selepas menempuh pendidikan di bangku SMA, beberapa memilih melanjutkan kuliah sesuai dengan passion masing-masing, dan beberapa yang lain lebih memilih untuk mengambil sekolah ikatan dinas yang waktu sekolahnya singkat dan terjamin pekerjaan yang akan di dapat.

Ya, kenapa banyak yang memilih sekolah ikatan dinas? Salah satu alasannya adalah karena terjaminnya pekerjaan yang di dapatkan, tanpa harus memikirkan lagi pekerjaannya di masa mendatang, dan biasanya biaya sekolahnya gratis. 

Wow, tentu saja jika dibandingkan dengan saat Anda memilih kuliah, dengan waktu tempuh 4 tahun lamanya misalnya, dan setelahnya pun belum tentu dapat pekerjaan atau tidak. Maka agaknya sekolah dinas menjadi pilihan yang tepat.

Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan

Untuk bisa menjadi bagian dari sekolah dinas itu tentu Anda membutuhkan usaha khusus mulai dari belajar ekstra, dan menyiapkannya jauh-jauh hari. Nah, beberapa memang mengharuskan pendaftarnya untuk memiliki tinggi badan berlebih, tanpa memakai kacamata, fisik bagus dan persyaratan penting yang lain. 

Walau begitu, tentu saja masih ada sekolah ikatan dinas tanpa syarat tinggi badan yang dapat Anda apply. Kenapa ini penting? Karena tidak semua orang memiliki tinggi badan yang sesuai syarat masuk sekolah dinas tersebut.

Nah, saat Anda selaku pendaftar tidak memiliki tinggi badan yang sesuai harapan, tentu Anda akan gagal. Selain tinggi badan, agaknya pertimbangan yang lainnya adalah tidak memakai kacamata.

Jika kebetulan saat ini Anda memakai kacamata, maka tidak ada yang bisa kita perbuat kecuali mencari sekolah ikatan dinas  yang boleh memakai kacamata. Postur kurang tinggi dan berkacamata, maka syarat wajibnya adalah kamu harus smart.

Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan dan Boleh Berkacamata

Tidak perlu berkecil hati karena fisik yang kebetulan terlahir tidak begitu tinggi. Dan, tidak pula harus berkecil hati bagi Anda yang kebetulan kondisi matanya tidak normal dan berkacamata.

Ini dikarenakan cukup banyak sekolah ikatan dinas yang tidak mengharuskan syarat fisik tersebut. Nah, apa saja ya sekolah ikatan dinas yang boleh memakai kacamata? 

1. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri )

Sekolah ini cocok sekali bagi Anda yang ingin berkarir dengan lebih terjamin di lembaga pemerintahan. Ya, nantinya siapa saja yang beruntung dengan menjadi bagian dari IPDN akan menempati posisi di pemerintahan baik itu di tingkat pusat maupun daerah.

Bagi Anda yang kebetulan memiliki passion di bidang ini, tidak ada salahnya jika Anda menyiapkannya jauh-jauh hari agar diterima menjadi keluarga besar IPDN.

Adapun persyaratan masuknya cukup mudah, yaitu dengan tinggi badan rata-ratanya hanyalah 160 cm untuk laki-laki, sedangkan untuk perempuan 155 cm saja. Nilai rapot terakhir rata-rata 7, dalam kondisi single dengan rentang usia 16 sampai dengan 21 saat mendaftar. Tubuh bersih tanpa tato, dsb. 

Jurusan Apa Saja yang Ada di IPDN?

Ilmu Pemerintah.
Manajemen Sumberdaya Manusia
Manajemen Keuangan.
Studi Pembangunan.
Ilmu Politik Pemerintahan.

2. STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

Ya, bagi mayoritas lulusan SMA, STAN adalah sekolah ikatan dinas favorit dengan pendaftar yang membludak. Bagi Anda yang saat ini berkeinginan untuk menjadi bagian dari sekolah ini, maka harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya sejak dini.

Sekolah ini cocok sekali bagi Anda yang menyukai pelajaran akuntansi dan ekonomi. Jurusan yang tersedia pun beragam, mulai dari jurusan bea cukai, akuntansi, manajemen aset, kebendaharaan negara, lelang negara, sampai dengan penilai pajak bumi dan bangunan.

Nah, Anda bisa memilih manakah yang paling pas dengan passion Anda sambil mempersiapkannya sejak dini. Adapun nilai rapornya setidaknya adalah rata-rata 7 saat apply, dengan rentang usia 17 hingga 20 tahun saat apply, dalam kondisi tidak buta warna, bagi laki-laki tinggi badan rata-rata setidaknya 165 cm, sedangkan untuk perempuannya tinggi badan rata-rata 155 cm. 

Jurusan Apa saja yang Ada di STAN?

Prodi Akuntansi.
Prodi Penilaian (Pajak Bumi dan Bangunan)
Prodi Pajak.
Prodi Kebendaharaan Negara.
Prodi Manajemen Aset.
Prodi Kepabeanan dan Cukai.

Prospek Lulusan STAN Jadi Apa?

Ketika nanti lulus, kamu akan bekerja di Direktorat Bea dan Cukai.
Juga bisa ditempatkan di bagian pelabuhan atau di bandara yang berhubungan dengan kepabeanan dan cukai

3. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

Nah, bagi siswa siswi jurusan IPA dan pecinta statistika, ini adalah sekolah ikatan dinas yang banyak diburu. Jurusan yang ada di dalamnya antara lain adalah komputasi statistik dan ekonomi dan sosial kependudukan. Oleh karena titik tekan yang akan dipelajari adalah pada statistika, maka tentu saja materi pelajaran yang nilainya harus bagus adalah matematika.

Setidaknya nilai yang didapat selama berada di jurusan IPA adalah rata-rata 7, sedangkan untuk jurusan IPS adalah rata-rata 8. Tujuan dari sekolah ikatan dinas ini tidak lain adalah untuk menghasilkan tenaga ahli di bidang statistik, baik itu statistik ekonomi, sosial kependudukan, komputasi, maupun sistem informasi.

Jurusan Apa Saja yang Ada di STIS?

1. Program Studi Diploma III Statistika. Slot 150 Mahasiswa
2. Program Studi Diploma IV Statistika. Kuota 300 Mahasiswa
3. Program Studi Diploma IV Komputasi Statistik. Kapasitas 300 Mahasiwa

Apa Saja Tahapan Masuk STIS?

Tahap 1: Tes Kemampuan Akademik (TKA) mata pelajaran Matematika, ujian berbasis komputer.
Tahap 2: Seleksi Kompetensi Dasar, menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT)
Tahap 3: Psikotes.
Tahap 4: Tes kesehatan dan kebugaran. Tes kesehatan STIS terbilang melingkupi aspek kesehatan yang lengkap. Ada tes urin, tes narkoba, uji buta warna, tes darah, tes EKG (buat jantung kalau nggak salah), rontgen, dan pencatatan tinggi-berat-hipertensi.

Prospek Lulusan STIS Jadi Apa?

Setelah lulus, kamu akan mendapat gelar Ahli Madya Statistik (A.Md.Stat) untuk jenjang D3.
Dan Sarjana Terapan Statistik (S.Tr.Stat) untuk jenjang D4.
Enaknya sekolah kedinasan di STIS adalah, kamu akan langsung diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN).

Adapun jumlah kuota yang disediakan di masing-masing sekolah ikatan dinas di atas bervariasi. Oleh karena rekruitmen ini dilakukan di seluruh wilayah Indonesia, maka jika ingin mendapatkan hasil yang memuaskan, tidak dipungkiri lagi Anda harus berusaha semaksimal mungkin dan mempersiapkannya sejak dini. 

Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan

Kelebihan Sekolah Ikatan Dinas

Sekolah ikatan dinas faktanya menawarkan beragam keuntungan, diantaranya adalah:

  • Hemat biaya sebab biaya selama perkuliahan di tanggung oleh pihak pemerintah. Saat kuliah reguler dengan biaya mandiri misalnya, kita mungkin akan cukup terbebani dengan banyaknya biaya yang dikeluarkan setiap hari atau setiap bulannya. Namun tidak demikian halnya saat Anda diterima langsung menjadi bagian dari sekolah kedinasan. 
  • Dari segi pekerjaan yang di dapat. Ya, setelah lulus kuliah, para fresh graduate sibuk mencari kerja. Namun tidak demikian halnya dengan mereka yang berada di sekolah ikatan kedinasan yang menjamin pekerjaan para alumninya setelah lulus sekolah. 

Bagi Anda yang mengalami masalah dengan tinggi badan, atau bagi Anda yang mengalami masalah dengan mata minus, maka Anda bisa memilih sekolah ikatan dinas tanpa syarat tinggi badan di atas yang menawarkan kemudahan dengan tinggi rata-rata normal. 

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest