5 Sekolah Kedinasan di Jakarta yang Terbaik

Rekomendasi sekolah kedinasan di Jakarta sering dicari oleh berbagai kalangan masyarakat. Apakah kamu termasuk salah satunya? Selain karena kenyamanan tinggal di Jakarta, nyatanya sekolah kedinasan juga menyimpang segudang keuntungan, sehingga tak heran jika banyak yang mulai mencari sekolah kedinasan yang berlokasi di Jakarta sebagai tujuan studi selanjutnya.

Seperti yang sudah kamu tahu, terdapat banyak perguruan tinggi yang berkualitas di Indonesia. Selain peminat perguruan tinggi negeri dan swasta, daya tarik perguruan tinggi kedinasan di Tanah Air juga tergolong cukup besar.

Nyatanya, jika dibandingkan dengan dua jenis lainnya, perguruan tinggi dengan status ikatan dinas mampu menawarkan lebih banyak kelebihan selama dan setelah mahasiswa menempuh pendidikan di bangku kuliah, seperti biaya yang gratis dan jaminan langsung diterima kerja.

Sekolah Kedinasan di Jakarta

5 Rekomendasi Sekolah Kedinasan Di Jakarta

Bagi kamu yang akan melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan, simak dulu rekomendasi 5 sekolah kedinasan di Jakarta berikut yang sudah dikenal top dari banyak sisi.

1. STIS

Rekomendasi yang pertama adalah STIS, atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistika. Perguruan tinggi ini juga dikenal dengan sebutan Politeknik Statistika, atau Perguruan Tinggi Kedinasan STIS. Yang jelas perguruan tinggi yang satu ini adalah pencetak utama lulusan yang cakap dan profesional di bidang ilmu perhitungan.

Diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik RI, lulusan dari perguruan tinggi ini dipersiapkan untuk turut berperan aktif dalam menangani berbagai kasus di Tanah Air, seperti pengolahan data negara, pengelolaan angka kemiskinan, serta penyediaan indeks kependudukan.

STIS menyediakan jenjang studi D-3 dan D-4 dengan pilihan jurusan Statistika dan Komputasi Statistik yang mengacu pada sektor ekonomi, sosial, teknologi, dan informasi.

Bagaimana Tahapan Tes Masuk STIS?

Tahap 1: Hanya ada tes matematika saja, tidak seperti dulu ada bahasa Inggris dan juga pengetahuan umum
Tahap 2: Seleksi kompetensi dasar yang bekerja sama dengan BKN
Tahap 3: Psikotes
Tahap 4: Tes kesehatan dan kebugaran

2. STAN

Berbicara mengenai sekolah kedinasan di Jakarta, tentu tidak afdol rasanya jika tidak menyebutkan STAN. Ya, perguruan tinggi dengan nama lengkap Sekolah Tinggi Akuntansi Negara ini memiliki reputasi yang sangat baik dan telah dipercaya sebagai institusi pendidikan terbaik untuk para calon akuntan, atau tenaga teknis ahli di bidang keuangan negara.

STAN adalah perguruan tinggi yang beroperasi di bawah naungan Kementrian Keuangan RI. Menyediakan pembelajaran d lingkup keuangan dan administrasi negara, STAN membuka jenjang studi D-1 hingga D-3 dengan pilihan jurusan yang beragam dari rumpun ilmu akuntansi.

Salah satu yang menjadi daya tarik perguruan tinggi ini adalah jaminan terserapnya lulusan secara langsung di lingkungan kerja yang relevan dengan status sebagai PNS.

Apakah STAN OverRated?

1. Secara kualitas pelamar sdh bisa dibilang lebih tinggi karena ada syarat nilai minimal ijazah untuk bisa mendaftar ujian masuk.
2. Karena hampir pasti jadi ASN stlh lulus, maka banyak lulusan SMA yang tertarik untuk mendaftar. Akibatnya, persaingan untuk masuk sangat tinggi.
3. Uang kuliah gratis. Hanya keluar biaya beli formulir pendaftaran, setelah diterima biaya jaket almamater, dan saat wisuda biaya beli/sewa toga.
4. Sistem DO dengan nilai IPK minimal yang lebih tinggi daripada PTN/PTS. IPK Min 2,56 an tidak ada Nilai D di matkul dasar.

3. AUP-STP

Politeknik Ahli Usaha Perikanan atau AUP-STP Jakarta tetap patut diperhitungkan sebagai tujuan selanjutnya jenjang pendidikanmu. AUP-STP diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan Perikanan, serta memiliki hubungan langsung dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI.

AUP-STP membebaskan mahasiswanya dari seluruh biaya pendidikan, tentunya dengan kurikulum dan fasilitas yang mumpuni. Terdapat beragam pilihan program studi di perguruan tinggi negeri ini, yang semuanya mengacu pada ilmu kelautan dan perikanan, serta teknologi terapan.

Apa Saja Jurusan di STP Jakarta?

1 Teknologi Penangkapan Ikan (TPI)
2 Permesinan Perikanan (MP)
3 Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH)
4 Teknologi Akuakultur (TAK)
5 Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan (TPS)
6 Penyuluhan Perikanan (PP)

4. Polteknaker

Politeknik Ketenagakerjaan adalah perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh Kementrian Ketenagakerjaan RI. Polteknaker ini telah dipercaya sebagai institusi penghasil lulusan yang mampu berkontribusi dalam mengentaskan masyarakat Tanah Air dari jerat pengangguran, yaitu dengan berkecimpung langsung di instansi-instansi terkait yang menangani urusan tersebut.

Perlu diketahui, proses pendidikan yang baik, serta adanya jaminan diterima kerja selepas lulus nantinya, membuat animo pendaftar sangat banyak. Jangan heran jika proses penerimaan di perguruan tinggi ini kelak akan sedikit kompetitif.

Bagaimana Tahapan / Alur Pendaftaran Mahasiswa Baru?

1. Registrasi Online
2. Seleksi/Verifikasi Berkas Administrasi
3. Tes Online
4. Tes Potensi Akademik (TPA)
5. Tes Kesehatan dan Narkoba
6. Pengumuman Hasil Seleksi
7. Daftar Ulang

5. STMI

Politeknik STMI, atau Sekolah Tinggi Manajemen Industri, Jakarta, menjadi rekomendasi terakhir dalam daftar kita yang tetap patut untuk dilirik dan kamu jadikan tempat menimba ilmu selanjutnya.

STMI adalah perguruan tinggi miliki pemerintah dengan status ikatan dinas dengan Kementrian Perindustrian Indonesia. Selama beroperasi, STMI telah menjalin kerja sama dengan ITB.

Bisa dijamin pula bahwa sekolah kedinasan di Jakarta yang satu ini memiliki kurikulum yang relevan dengan perkembangan zaman, serta reliable untuk mempersiapkan lulusan bergelut di sektor industry yang sesungguhnya.

Jurusan Apa Saja yang Tersedia di STMI Jakarta?

D4 Administrasi Bisnis Otomotif
D4 Sistem Informasi Industri Otomotif
D4 Teknik Kimia Polimer
D4 Teknik Industri Otomotif
D4 Teknologi Rekayasa Otomotif

Berapa Estimasi Biaya Kuliah di STMI Jakarta?

Besaran biaya kuliah berbeda-beda pada setiap politeknik atau akademi komunitas. Namun, setiap mahasiswa yang diterima akan mendapatkan subsidi pendidikan yang membuat biaya kuliah tersebut menjadi lebih terjangkau.

advertisement
Biaya Kuliah STMI Jakarta

Jadi, perguruan tinggi kedinasan di Jakarta mana yang kamu impikan? Karena periode pendaftaran juga sudah mulai dibuka, persiapkan dirimu dan semoga beruntung, ya!

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest