11 Prospek Kerja Teknik Geomatika di Era Industrialisasi 4.0

Kamu calon mahasiswa yang minat mengambil jurusan teknik geomatika? Tapi masih bingung setelah lulus mau kerja di bagian apa? Jika Iya artikel ini tepat kamu baca untuk memantapkan niat kamu mengambil jurusan ini. . Yuk daripada penasaran berikut prospek kerja teknik geomatika

Peluang Kerja Lulusan Teknik Geomatika

Sarjana lulusan teknik geomatika memiliki kesempatan kerja yang luas di perusahaan ataupun wirausaha. Jika kamu berencana mengambil jurusan ini, berikut 11 prospek kerja teknik geomatika yang perlu kamu tahu.

  • Land surveyor

Pekerjaan land surveyor adalah pekerjaan yang berkutat pada bidang pemetaan dan survei. Secara konkrit tugas dari land surveyor yaitu melakukan pengumpulan titik koordinat di permukaan bumi. Kumpulan titik koordinat ini dilakukan menggunakan pengukuran jarak, sudut dan pengukuran lainnya.

advertisement
Prospek kerja teknik geomatika

Dengan kata lain land surveyor bekerja untuk menghasilkan data pembentukan PETA pada suatu wilayah. Peta ini digunakan untuk pembangunan konstruksi, menentukan batas wilayah kota atau Kabupaten, pengeboran minyak lepas pantai dan lain sebagainya.

Pada intinya Jika kamu berprofesi sebagai land surveyor, kamu akan fokus bekerja pada survei pemetaan di wilayah darat.

  • Cadastral surveyor

Ketika kamu mengambil jurusan teknik geomatika setelah lulus selain kamu dapat bekerja sebagai land surveyor  kamu juga berkesempatan memiliki profesi sebagai kata cadastral surveyor.

adv

Jika land surveyor fokus pada survei pemetaan di wilayah darat, ketika bekerja sebagai cadastral surveyor kamu akan fokus pada survei pemetaan kepemilikan lahan. Ternyata, George Washington dulunya juga bekerja sebagai cadastral surveyor lho.

Sudah tahu George Washington kan? Yuk benar di adalah presiden pertama Amerika Serikat. Kalau presiden Amerika serikat saja pernah bekerja di bidang ini, berarti kamu sudah tahu kan seberapa keren bisa bekerja dibidang ini?

  • Ahli GIS ( Geographic Informasi Sistem)

Prospek kerja ketika kamu mengambil jurusan teknik geomatika yaitu berkesempatan menjadi ahli GIS. Pada geographic Informasi Sistem melakukan penyimpanan, pengumpulan, analisis, penampilan data, manajemen, penampilan data spasial dan nonspasial yang setelah menggunakan data tampilan terintegrasi.

Aplikasi geographic information system singkatnya pada masa kini dapat kamu lihat sebagai bentuk aplikasi atau layanan peta online. Kamu dapat bekerja di sebuah perusahaan sebagai tim perancang sekaligus pemetaan terhadap wilayah yang akan dikonversi menjadi peta online.

ads

Bayangkan betapa keren Jika kamu bekerja di bidang ini. Kamu bisa menjadi orang dibalik penampilan peta lokasi yang marak digunakan oleh orang di masa sekarang.

Saat ini pemakaian peta online amat diperlukan bagi semua orang. Penggunaan peta online dapat membuka kesempatan agar kamu bekerja sebagai ahli GIS karena pekerjaan ini akan banyak dibutuhkan di masa sekarang dan masa mendatang.

geologi hydrografi
  • Surveyor hidrografi

Kamu suka travelling? Atau diving? atau kamu suka berlibur ke pantai? Jika Iya sepertinya pekerjaan ini cocok buat kamu. Bekerja sebagai surveyor hidrografi adalah pekerjaan yang dilakukan di outdoor dan bukan indoor.

Jika biasanya pekerjaan banyak dilakukan di dalam ruangan, berbeda dengan pekerjaan sebagai surveyor hidrografi yang pekerjaannya dilakukan di alam terbuka, pegununan buktit lembah dsb..

Secara singkat jenis pekerjaan yang akan kamu lakukan ketika kamu bekerja sebagai surveyor hidrografi yaitu melakukan pemetaan dan penentuan posisi lingkungan perairan atau laut. Bentuk aplikasi kerjaannya yaitu menentukan posisi lingkungan perairan, pemetaan wilayah dasar laut dan melakukan pemanduan navigasi perairan.

a d s

Saat ini di Indonesia bahkan di dunia akan banyak membutuhkan tenaga ahli surveyor hidrografi. Surveyor hidrografi banyak dibutuhkan karena wilayah Indonesia yang sebagian besar merupakan perairan akan banyak melakukan pembangunan infrastruktur sekaligus pengelolaan sumber daya alam perairan.

  • Surveyor pertambangan

Prospek kerja teknik geomatika lainnya yaitu dapat memiliki profesi sebagai surveyor pertambangan. Ranah kerja ketika kamu memiliki profesi sebagai surveyor pertambangan yaitu bertanggung jawab atas peta wilayah area pertambangan.

Seperti yang diketahui saat ini bidang industri amat berkembang luas di Indonesia. Salah satu bidang industri yang banyak dilakukan adalah bidang pertambangan. Banyaknya area tambang yang dibuka di wilayah Indonesia menjadi prospek baik apabila kamu mengambil jurusan teknik geomatika.

Syarat Masuk Jurusan Pertambangan

Setelah lulus akan banyak perusahaan industri yang membutuhkan kemampuan kamu sebagai surveyor pertambangan. Apalagi nih area tambang sangat luas sehingga setiap saat akan memerlukan pembaruan peta area tambang.

Saat menjadi surveyor pertambangan kamu akan melakukan jenis pekerjaan seperti pengukuran laju produksi tambang, rehabilitasi lahan pascatambang, pembebasan lahan, pemantauan terhadap kestabilan lereng, survei topografi yang digunakan untuk land clearing, manajemen aset dan peralatan dan lain sebagainya.

  • Insinyur LIDAR dan Ahli Fotogrametri

Wah siapa nih yang tidak tertarik untuk menjadi insinyur? Setelah lulus langsung jadi insinyur pasti tidak ada yang menolak kan hehe. Kesempatan untuk menjadi insinyur bisa kamu dapatkan an-naba bila kamu mengambil jurusan teknik geomatika.

sponsor

Profesi insinyur yang akan kamu dapatkan yaitu insinyur LIDAR. LIDAR adalah sngkatan dari Light Detection and Rangingmerupakan metode penyinaran menggunakan laser terhadap permukaan bumi untuk mengetahui kondisi wilayah dengan cakupan yang sangat luas.

Sedangkan fotogrametri adalah salah satu metode yang dilakukan dalam memetakan bumi menggunakan foto udara foto manfaatkan sensor elektromagnetik. Keberadaan fotogrametri dan LIDAR agar saat diperlukan bagi pembangunan dalam skala besar.

Hal ini dikarenakan proses pemetaan yang dilakukan dengan fotogrametri dan LIDAR dapat melakukan rekam data yang tidak bisa dilakukan menggunakan pemetaan darat. Selain keamanan wilayah dalam skala besar, fotogrametri dan LIDAR biasa digunakan di areal perkebunan teh dalam pembukaan lahan ataupun pemantauan tanaman perkebunan.

KIP Kuliah Kemendikbud.Go.Id
  • Dinas militer

Prospek kerja setelah lulus dari teknik geomatika adalah bekerja di dinas militer. Ternyata tidak hanya seorang TNI loh yang bisa bekerja di dinas militer. Kamu yang  lulusan sarjana teknik geomatika memiliki kesempatan yang sama besar untuk bekerja di dinas militer.

Dinas militer kamu dapat bekerja di bawah naungan Dinas Survey dan Pemotretan Udara TNI AU, Dinas Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut, Direktorat Topografi Angkatan Darat TNI AD. Berada di dalam Lembaga tersebut ada tugas untuk melakukan pemetaan sebagai dasar penentuan peta yang digunakan sebagai operasi lapangan para TNI.


  • Pengusaha

Siapa bilang lulusan teknik geomatika tidak bisa jadi pengusaha? Pengusaha adalah profesi yang semua orang bisa terjun didalamnya termasuk kamu yang lulusan teknik geomatika. Sebagai lulusan teknik geomatika kamu dapat membuka usaha seperti jasa survey atau pemetaan.

Kamu dapat mendirikan sejenis perusahaan atau jasa survei milik kamu sendiri. Kesempatan untuk menjadi pengusaha di bulan ini masih sangat terbuka lebar karena di Indonesia mempunyai lahan luas yang akan selalu membutuhkan jasa survei dan pemetaan wilayah.

iklan

Kamu bisa menentukan jasa survey dan pemetaan yang ingin kamu jalankan bisa dalam kontruksi pembangunan, pemetaan wilayah, pemetaan perkebunan dan lain sebagainya.

  • Ilmuwan

Lulusan teknik geomatika juga dapat bekerja sebagai ilmuwan. Kesempatan bekerja sebagai ilmuwan didasarkan atas banyaknya lembaga riset ada universitas yang membutuhkan tenaga peneliti. Penelitian yang banyak dilakukan berfokus pada informasi geospasial.

sedikitnya peneliti di bidang geografi sosial menjadikan sarjana teknik geomatika masih banyak dibutuhkan untuk bergabung di bidang ini. kamu yang saat ini berminat untuk menjadi sarjana teknik geomatika kesempatan bagi kamu bekerja sebagai ilmuwan masih sangat terbuka lebar.

  • Akademisi

Dunia pendidikan juga menjadi salah satu peluang kerja bagi lulusan teknik geomatika. sama halnya dengan ilmuwan, akademisi banyak dibutuhkan untuk melakukan riset dan penelitian terkait informasi geospasial.

Selain itu Jika kamu ke tarik mengabdi di dunia pendidikan, kamu bisa mengambil jenjang karir sebagai dosen teknik geomatika. Tentunya kamu harus melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi untuk mengambil gelar doktoral di S2.

  • Instansi pemerintah

Prospek kerja teknik geomatika yang selanjutnya adalah  bekerja di instansi pemerintah. Di Indonesia banyak sekali dinas milik pemerintahan atau pemilik swasta yang membutuhkan tenaga ahli di bidang pemetaan dan survei.

Kebutuhan tenaga ahli di bidang peta dan survei pastinya cocok jika diisi oleh sarjana lulusan teknik geomatika. Beberapa dinas atau instansi di Indonesia yang yang membutuhkan sarjana lulusan geomatika diantaranya Badan Informasi Geospasial; Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

Selain 2 lembaga tersebut masih ada lembaga lainnya seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika dan Badan Pengkajian Penerapan Teknologi dan beberapa instansi pemerintah daerah.

kuliah

Hal Menarik Saat Ambil Jurusan Teknik Geomatika

Enggak hanya prospek kerja yang sangat menyenangkan dan menjanjikan saat kamu berada di jurusan teknik geomatika akan banyak hal menarik yang bisa kamu pelajari selama di bangku kuliah. Beberapa hal menarik ini dapat kamu temukan melalui poin-poin di bawah ini

  • Kamu dapat belajar matematika dengan sangat menyenangkan. Terlebih jika kamu telah menyukai pelajaran ini sejak SMA maka belajar matematika akar semakin menyenangkan saat kamu berada di jurusan ini.
  • Kamu dapat membuka usaha sampingan saat masih kuliah. Salah satu problem mahasiswa data mahasiswa rantau adalah masalah ekonomi. Namun kamu tidak perlu khawatir saat kamu memiliki kemampuan di teknik geomatika.

Kamu bisa membuka jasa foto menggunakan drone yang dapat kamu tawarkan kepada teman-teman mahasiswa. Pastinya hasil foto dari seorang mahasiswa teknik geomatika akan berbeda dengan mahasiswa jurusan yang lain. Dijamin usahamu akan laris manis hehe

  • Hal menarik lainnya ketika kamu kuliah di jurusan teknik geomatika yaitu memperoleh project yang dapat menambah skill kamu untuk bekerja setelah lulus. Seringkali mahasiswa teknik geomatika mendapatkan tawaran dari dosen atau project tertentu tentang pemetaan wilayah.

Project ini dapat menjadi kesempatan bagi kamu untuk memperoleh lisensi sekaligus mendapatkan uang tambahan. Selain melatih skill dapat uang pula, siapa coba yang nggak mau ya kan.

Cita Cita yang Cocok untuk Jurusan IPS

Keuntungan Mengambil Jurusan Teknik Geomatika

Secara umum saat kamu memutuskan untuk kuliah di jurusan teknik geomatika banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan lho. Keuntungan tersebut mulai dari lapangan kerja yang luas, proses kuliah yang seru, gaji yang relatif besar serta pekerjaan yang santai karena dapat dikerjakan tidak terbatas space ruang (lokasi). Pastinya jika bisa lebih fokus, kamu bisa mendapatkan apa yang diinginkan ke depannya.

Apa yang dipelajari di Jurusan Geomatika?

Diharapkan lulusan Teknik Geomatika dapat menjadi cakap dan terampil dalam penguasaan teknologi survei dan pemetaan yang berdasarkan ilmu dan teknologi kebumian serta teknologi informasi dalam rangka menunjang pembangunan bidang kelautan, permukiman dan energi yang berwawasan lingkungan.

Apa perbedaan Geomatika, Geologi dan Geofisika ?

Geofisika : ilmu yang mempelajari tentang karakteristik bumi di permukaan dan di bawah permukaan berdasarkan analisis data fisika dan geologi.
Geomatika : ilmu yang mempelajari tentang data spasial, baik dalam integrasinya, pemodelan, analisis dan manajemen data tersebut.
Geologi : ilmu sains yang mempelajari bumi, komposisi, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp