9 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi Paling Rasional

Buat kamu yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas, selain mempersiapkan ujian, kamu pastinya juga akan disibukkan dengan memilih jurusan ketika berada di perguruan tinggi bukan?

Kamu tidak perlu khawatir karena jurusan ilmu komunikasi bisa menjadi pilihan terbaik untukmu. Ada banyak alasan memilih jurusan ilmu komunikasi yang satu ini.

Jurusan ilmu komunikasi adalah bidang studi dimana kamu akan mempelajari komunikasi dengan berbagai macam tingkatan mulai dari individu, media, iklan, hingga di bidang seni.

Pastinya kamu bertanya-tanya bukan kenapa kamu wajib untuk memilih jurusan yang satu ini? Hal ini bukan tanpa alasan karena ilmu komunikasi mempunyai banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan.

Alasan Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi

Kamu tidak hanya mahir di dalam berbicara dengan individu hingga dengan banyak orang tetapi kamu juga bisa menjadi seorang pendengar yang bagus loh.

Bukan hanya itu saja, prospek kerja yang ditawarkan oleh bidang studi ini pun juga sangat luas. Buat kamu yang penasaran mengapa kamu harus memilih jurusan ini, yuk simak alasan dibawah ini!

Alasan memilih jurusan ilmu komunikasi

Ilmu yang tidak akan pernah mati

Perlu kamu ketahui apabila ilmu komunikasi menjadi salah satu ilmu yang tidak pernah mati atau selalu ada sepanjang masa. Ini lah yang menjadi keistimewaan dari bidang studi ini. Terlebih lagi, komunikasi akan dibutuhkan siapapun dan kapanpun.

Banyak bidang studi yang berasal dari ilmu komunikasi

Kamu juga wajib tahu kalau terdapat beberapa bidang studi yang berasal dari ilmu komunikasi loh. Dimana dalam prakteknya, bidang tersebut akan memanfaatkan ilmu ini seperti ilmu jurnalistik, public relation, ilmu broadcasting dan masih banyak lagi.

Komunikasi menjadi hal yang cukup penting dipelajari

Komunikasi menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari baik itu komunikasi secara langsung maupun melalui media. Walaupun demikian, tidak semua orang memahami bagaimanakah cara berkomunikasi yang baik dan benar bukan? Untuk itulah, ilmu komunikasi ini akan membantumu untuk berkomunikasi dengan baik sehingga akan memberikan banyak manfaat.

Selalu mempunyai kaitan dengan media

Buat kamu yang mempunyai cita-cita untuk masuk ke dunia media seperti tv, radio hingga Koran, jurusan ilmu komunikasi ini pun sangat kamu butuhkan agar lebih mudah di dalam meraih cita-citamu. Dengan bekal pengetahuan ilmu komunikasi yang bagus, maka kamu bisa berhati-hati ketika berbicara maupun menulis.

Kamu tidak hanya belajar berbicara saja

Tidak sedikit dari masyarakat awam yang mengira jika jurusan ilmu komunikasi ini hanya akan mempelajari bagaimana cara berbicara baik didepan umum maupun secara individu. Padahal ilmu ini pun juga mempelajari bagaimana cara menulis hingga menjadi seorang pendengar yang baik. Tentu, ini akan memberikan banyak manfaat buatmu bukan?

Mengajarkanmu lebih open minded

Bukan hanya alasan diatas saja, alasan memilih jurusan ilmu komunikasi yang berikutnya adalah akan mengajarkanmu untuk lebih open minded dan bisa menghargai pendapat orang lain.

Hal ini bukan tanpa alasan karena nantinya mahasiswa akan membentuk relasi dari berbagai macam background. Dengan komunikasi yang bagus, maka kamu bisa lebih menghargai pendapat orang lain.

alasan memilih jurusan ilmu komunikasi

Kamu bakal pandai beretorika

Tahukah kamu ternyata ilmu komunikasi ini pun juga akan membuatmu pandai dalam beretorika loh. Terlebih lagi, tidak semua orang memang mempunyai kemampuan beretorika yang bagus. Buat kamu yang ingin menguasai cara beretorika yang bagus, maka jurusan ilmu komunikasi ini sangat tepat untuk mu loh.

Menjadi jurusan yang banyak disukai oleh mahasiswa

Di kampus besar, jurusan ilmu komunikasi ini menjadi jurusan yang banyak dicari dan digemari loh. Kamu tidak perlu minder jika jurusan ini sepi akan peminat. Karena di lapangan sendiri, ada begitu banyak peminat ilmu komunikasi ini. Mengingat banyaknya manfaat yang bisa kamu dapatkan dari masuk ke dalam jurusan ini.

Prospek kerja yang sangat luas

Yang terakhir ini juga menjadi alasan memilih jurusan ilmu komunikasi oleh para mahasiswa yakni mempunyai prospek kerja yang sangat luas dan cukup menjanjikan. Bahkan kamu mungkin akan dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan besar. Terlebih lagi tidak semua orang mempunyai komunikasi yang bagus bukan?

Prospek kerja jurusan ilmu komunikasi

Sudah tahukan apa saja alasan memilih jurusan ilmu komunikasi tersebut? nah, kamu juga wajib untuk mengetahui apa sajakah prospek kerja dari lulusan ilmu komunikasi tersebut. Seperti yang sudah kamu ketahui, prosspek kerjanya memang cukup luas. Mulai dari bidang Koran, tv, radio hingga media social akan membutuhkan lulusan ilmu komunikasi tersebut.

Tidak sampai disitu saja, kamu pun juga bisa menemukan jenis kerja lainnya loh. Buat kamu yang penasaran, berikut ini beberapa prospek kerja yang bagus dari lulusan ilmu komunikasi.

  • Presenter / MC

Prospek kerja pertama dari seorang lulusan jurusan ilmu komunikasi adalah menjadi seorang presenter. Perlu anda ketahui, berbekal dengan ilmu yang kamu peroleh kamu bisa menjadi seorang presenter yang mahir dan prosesional loh. Terlebih lagi jika kamu menjadi seorang presenter televisi maka kamu dijamin akan memperoleh pemasukan yang cukup besar loh.

  • Wartawan

Bukan hanya menjadi seorang presenter saja, kamu pun juga bisa menjadi seorang wartawan loh. Dimana kamu mempunyai tugas untuk menulis hingga melaporkan suatu berita tertentu dari sebuah kejadian. Buat kamu yang berjiwa berani dan ambisius untuk menemukan berita terbaru, maka menjadi seorang wartawan adalah pilihan terbaik untukmu.

  • Menjadi seorang travel blogger

Lulusan ilmu komunikasi ternyata juga berkesempatan untuk menjadi seorang travel blogger. Sembari menikmati liburan, kamu pun bisa menulis setiap pengalaman yang kamu miliki selama liburan. Tentunya dengan ilmu komunikasi yang kamu kuasai tersebut. Dengan tulisan yang bagus dan tertata, maka blogmu bisa dikunjungi oleh ribuan orang per hari.

  • Editor

Masih penasaran dengan prospek kerja dari lulusan ilmu komunikasi? Kamu juga bisa menjadi seorang editor. Editor atau penyunting menjadi pekerjaan yang sangat diminati oleh para lulusan bidang studi yang satu ini. Tugasmu adalah mencari, memperbaiki dan memplublikasikan tugas seperti naskah, film, foto dan yang lainnya.

  • Public relation

Public relation pun juga bisa menjadi pekerjaan yang bisa kamu peroleh jika kamu lulusan ilmu komunikasi. Terlebih lagi public relation juga sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan tertentu agar perusahaan tersebut bisa dikenali oleh masyarakat luas.

advertisement
  • Bidang periklanan

Kini, perusahaan penyedia barang maupun jasa memang membutuhkan orang yang ahli komunikasi dalam kegiatan promosi bukan? Pekerjaan di bidang periklanan ini pun juga menjadi pekerjaan yang bisa kamu pilih setelah lulus dari jurusan komunikasi. Dengan kemampuan komunikasi yang bagus, kamu bisa membantu kegiatan iklan sebuah perusahaan menjadi lancar.

alasan memilih jurusan ilmu komunikasi

Kenapa Jurusan Ilmu Komunikasi Paling Banyak Diminati?

Ilmu Komunikasi tidak terlalu sulit jika kita bandingkan dengan jurusan” seperti Akuntansi, Teknik, Hukum dan jurusan lainnya.
Selain itu tidak banyaknya materi yang bersinggungan dengan matematika dan hitung-hitungan

Apa yang Dipelajari Jurusan Ilmu Komunikasi?

Mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, negoisasi, komunikasi media sosial hingga seni.

Apakah Introvert Cocok Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi?

Jika kamu tertarik dan merasa tertantang dengan jurusan tersebut, why not? Semua bisa dengan usaha. Hanya saja mungkin usaha yang kamu butuhkan lebih besar dibanding teman-temanmu yang extrovert di jurusan tersebut. Minat adalah faktor nomor 1 dalam memilih jurusan.

Apakah Ilmu Komunikasi Banyak Dicari di Dunia Kerja?

Banyak atau sedikit, sebetulnya relatif dan tergantung kompetensinya. Tapi sebetulnya cenderung sedikit.

Loker paling banyak dari jurusan ilmu komunikasi adalah untuk kebutuhan hubungan publik (public relation). Namun perusahaan yang membutuhkan PR adalah perusahaan menengah dan besar. Sedangkan untuk perusahaan kecil PR-nya biasanya disatukan dengan bagian SDM, atau bahkan tidak ada sama sekali.

Saat ini kebanyakan lulusan Ilmu Komunikasi biasanya bekerja sebagai frontliner di perbankan, sales, marketing atau bidang bidang lain yang bersentuhan langsung dengan pelanggan akhir dari perusahaan.

Jurusan ilmu komunikasi menjadi jurusan yang banyak diminati oleh masyarakat. Buat kamu yang masih ragu untuk masuk jurusan yang satu ini, kamu bisa menangkap poin-poin yang kami bahas di artikel memilih jurusan ilmu komunikasi diatas. Semoga tercerahkan.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest