11 Alasan Memilih Jurusan Akuntansi & Prospek Kerjanya

Bila ditanya alasan memilih jurusan akuntansi, sebagian bingung mau jawab apa. Jurusan akuntansi menjadi salah satu jurusan yang memiliki banyak peminat. Meski terbilang pasaran, namun jurusan ini bisa memiliki banyak kelebihan, terutama bagi Anda yang gemar dengan urusan hitung-menghitung.

Melalui jurusan akuntansi, Anda dapat mempelajari prinsip-prinsip akuntansi, seperti misalnya audit, pelaporan, pengaturan, dan juga peraturan pajak. Dengan begitu, nantinya akan dihasilkan akuntan yang mampu menangani berbagai seluk-beluk keuangan, terutama keuangan pada perusahaan maupun badan usaha lainnya.

Bagi Anda yang masih penasaran apa saja hal yang membuat jurusan akuntansi cukup diminati dan bagaimana prospek kerjanya, simak pembahasannya berikut ini.

Alasan Memilih Jurusan Akuntansi
alasan memilih jurusan akuntansi

Alasan Memilih Jurusan Akuntansi

  • Jurusan Terbaik bagi Pecinta Matematika

Alasan memiliki jurusan akuntansi yang pertama adalah karena akuntansi adalah salah satu jurusan yang terbaik bagi para pecinta matematika. Bidang akuntansi erat kaitannya dengan hal hitung-menghitung. Karena itulah, sangat tepat rasanya kalau jurusan ini dijadikan sebagai pilihan terbaik bagi para pecinta matematika. Setidaknya, mereka sudah punya modal dasar berupa keterampilan menghitung yang baik.  

  • Memiliki Banyak Cabang Ilmu Akuntansi

Ada beragam cabang ilmu akuntansi yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat dan bakat. Berbagai cabang ilmu akuntansi di antaranya adalah akuntansi pendidikan, akuntansi keuangan, akuntansi pemeriksaan, dan akuntansi manajemen. Banyaknya cabang ilmu akuntansi yang tersedia membuat banyak orang semakin tertarik untuk memilih jurusan yang satu ini.

  • Memiliki Esensi yang Tinggi

Alasan memilih jurusan akuntansi selanjutnya adalah tentang urgentsitas / tingkat kepentingan. Di era sekarang ini, setiap perusahaan atau organisasi membutuhkan sebuah sistem keuangan yang baik. Apa saja yang dipelajari di jurusan akuntansi nantinya akan sangat berharga untuk diaplikasikan saat Anda terjun ke dunia kerja.

  • Pilihan Karir yang Cemerlang

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu alasan memilih jurusan akuntansi adalah karena adanya peluang karir yang cemerlang. Dengan berbekal keterampilan dan pengetahuan tentang ilmu akuntansi, Anda dapat menjadi seorang akuntan, manajer, banker, dan bisa turut ambil bagian dalam sektor penting baik dalam bidang industri maupun usaha lainnya. Jadi, bisa dibilang kalau jurusan akuntansi bisa membuka peluang Anda untuk berkarya di berbagai sektor penting saat ini.

  • Mengajarkan Sikap Tanggung Jawab

Dengan mempelajari ilmu akuntansi, Anda dituntut untuk bisa bertanggung jawab atas berbagai laporan keuangan yang Anda kerjakan. Hal ini tentu saja akan berdampak baik pada karakter Anda yang tumbuh menjadi pribadi yang makin bertanggung jawab. Ketika Anda sudah memiliki sikap tanggung jawab yang tinggi, maka nantinya hal ini bisa menjadi bekal berhargaa saat Anda mencari kerja.

  • Menciptakan Pribadi yang Lebih Disiplin, Rapi, dan Teratur

Alasan memilih jurusan akuntansi selanjutnya tentang habit / kebiasaan. Apa saja yang dipelajari di jurusan akuntansi ternyata tak hanya akan mempengaruhi kemampuan akademik saja, tapi juga berpengaruh pada karakter para mahasiswa.

Banyak mahasiswa akuntansi yang akhirnya menjadi pribadi yang disiplin, rapi, dan teratur. Hal ini tak lepas dari kebiasaan mereka membuat laporan keuangan hingga neraca yang memang membutuhkan kedisplinan, kerapian, dan keteraturan yang sangat baik.

  • Menjadi Pribadi yang Kreatif dan Bisa Berpikir Cerdas

Para mahasiswa jurusan akuntansi harus bisa mengmbil keputusan secara cepat dan tepat. Mereka dituntut untuk selalu berpikir cerdas dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Hal ini akhirnya mendorong para mahasiswa menjadi sosok yang kreatif dan selalu berpikir cerdas. Bagi anak muda yang menyukai tantangan, hal ini bisa menjadi salah satu alasan memilih jurusan akuntansi

  • Menjadi Latar Belakang yang Mendukung Bisnis

Jurusan akuntansi bisa kerja apa? Jika Anda berpendapat bahwa lulusan jurusan akuntansi hanya bisa menjadi pekerja profesional di sebuah perusahaan, maka rasanya pendapat tersebut kurang tepat. Pasalnya, banyak lulusan akuntansi yang kini menjadi pengusaha sukses yang menciptakan lapangan kerja sendiri. Jadi, tidak hanya terbatas menjadi pekerja kantoran saja.

  • Memiliki Grade Tertinggi

Sejak di bangku SMK, jurusan akuntansi sudah menjadi salah satu favorit para pelajar dengan kemampuan akademik di atas rata-rata. Grade-nya yang terbilang tinggi membuat jurusan ini selalu menjadi incaran. Hal tersebut tampaknya terus berlanjut hingga bangku perkuliahan dimana jurusan ini menduduki jurusan grade tinggi. Setelah lulus kuliah, beragam profesi yang bergengsi pun telah menanti. Hal ini bisa menjadi salah satu alasan memilih jurusan akuntansi.

  • Mengasah Kemampuan Berorganisasi

Mengambil jurusan akuntansi akan membuka peluang bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan organisasinya. Tidak mengherankan kalau lulusan dari jurusan ini memiliki kemampuan organisasi yang tinggi. Hal ini tentu saja akan memperbesar peluang lulusan untuk mendapatkan pekerjaan yang membutuhkan kerjasama tim ataupun kemampuan berorganisasi yang baik.

  • Fashionable

Alasan memilih jurusan akuntansi yang terakhir adalh soal busana. Mahasiswa jurusan akuntansi cenderung memiliki penampilan yang fashionable. Maksud fashionable di sini adalah berpenampilan rapi dan stylish sehingga selalu terlihat menarik. Secara tidak langsung penampilan yang rapi dan stylish akan mempengaruhi kinerja pengelolaan keuangan.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Akutansi

Jurusan akutansi memiliki peluang kerja yang sangat besar. Hal ini menjadi salah satu alasan memilih jurusan akuntansi. Jurusan ini tak hanya diinginkan oleh pelajar dengan latar belakang akuntansi saja. Kini banyak pelajar jurusan IPA yang juga tertarik untuk meneruskan pendidikannya ke jurusan akutansi.

Apa saja yang dipelajari di jurusan akuntansi akan menjadi bekal berharga bagi para lulusan untuk mendapatkan pekerjaan yang bergengsi di kemudian hari. Saat ini, ilmu akuntansi banyak dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan.

Setiap perusahaan ataupun badan usaha yang membutuhkan pengelolaan keuangan yang baik. Karena itulah, banyak perusahaan yang membutuhkan orang-orang yang ahli untuk membuat sebuah pengelolaan keuangan dan mengurus bisnis. Hal ini tentu saja berdampak pada tingginya kebutuhan lulusan jurusan akuntansi.

Meskipun peluangnya kerjanya terbilang besar, namun persaingannya juga sangat besar. Sebenarnya persaingan adalah sebuah hal yang sudah wajar di era sekarang ini.

Apalagi, setiap tahunnya banyak perguruan tinggi yang mencetak lulusan dari jurusan akuntansi. Hal ini membuat persaingan yang semakin ketat antar lulusan jurusan akuntansi.

Alasan Memilih Jurusan Akuntansi
alasan memilih jurusan akuntansi

Lowongan Pekerjaan bagi Lulusan Jurusan Akuntansi

Lulusan jurusan akuntansi bisa kerja apa? Setelah lulus dari bangku kuliah, setiap orang pasti mendambakan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan yang diambilnya. Mengingat prospek kerjanya yang besar, tentu saja para lulusan jurusan akutansi berpeluang untuk mendapatkan berbagai pekerjaan bergengsi. Berikut ini beberapa pekerjaan yang biasa disi oleh para lulusan jurusan akuntansi:

  • Akuntan Publik

Lulusan jurusan akuntansi berpeluang besar untuk menjadi akuntan publik yang bertugas menganalisa berbagai laporan keuangan tanpa terikat dengan sebuah perusahaan. Akuntan publik mendapatkan penghasilan dari para klien dengan menjual jasanya mengaudit laporan keuangan, memeriksa kelayakan operasi perusahaan, dan lain sebagainya.

  • Internal Auditor

Kini banyak perusahaan yang membutuhkan peran internal auditor untuk memeriksa laporan keuangan perusahaan telah benar-benar sesuai dengan aslinya. Profesi ini terbilang cukup menjanjikan mengingat gajinya yang terbilang tinggi.

Alasan Memilih Jurusan Akuntansi
  • Perencana Keuangan

Jasa perencana keuangan saat ini banyak dibutuhkan oleh mereka yang berasal dari masyarakat menengah ke atas. Dengan bantuan seorang perencana keuangan, masyarakat bisa mengetahui bagaimana cara mengatur atau mengelola keuangan yang baik.

Meski tak mendapatkan gaji bulanan, namun perencana keuangan bisa mendapatkan penghasilan hingga mencapai Rp 60 juta per tahunnya. Penghasilan tersebut berasal dari tarif besaran jasa yang dipatoknya.

  • Financial Analyst

Financial analyst bertugas menerjemahkan data-data perusahaan untuk kemudian dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan bisnisnya. Seorang financial analyst rata-rata mendapatkan gaji mencaai Rp 7 juta samai Rp 20 juta setiap bulannya.

Alasan Memilih Jurusan Akuntansi
  • Bekerja di OJK atau BI

Jika Anda masih penasaran lulusan jurusan akuntansi bisa kerja apa, maka salah satu pekerjaan bergengsi yang bisa diisi oleh lulusan jurusan akutansi adalah bekerja di OJK atau BI. Namun, syarat untuk bisa bekerja di kedua instansi tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada proses seleksi yang ketat yang harus dihadapi oleh para pelamar.

Untuk bisa diterima di kedua lembaga tersebut, lulusan akuntansi harus punya kemampuan berorganisasi yang baik, memiliki keterAmpilan berbahasa Inggris, dan menguasai hard skill maupun soft skill. Pekerjaan ini terbilang sangat bergengsi karena untuk fresh graduate saja sudah bisa mendapatkan gaji bulanan hingga Rp 16 juta per bulannnya.

  • Credit Analyst

Credit analyst merupakan profesi yang banyak dibutuhkan oleh industri perbankan atau pembiayaan (leasing). Mereka bertugas mengukur kemampuan calon kreditur dalam membayar cicilan sekaligus bunga per bulannya.

Selain itu, credit analyst juga bertugas menilai, mengevaluasi, serta mengusulkan besaran nominal kredit yang akan diberikan bank pada calon kreditur. Biasanya, credit analyst mendapatkan penghasilan rata-rata Rp 5,5 juta setiap bulannya belum termasuk bonus+lemburan.

Alasan Memilih Jurusan Akuntansi
  • ASN (Aparatur Sipil Negara)

Salah satu alasan memilih jurusan akuntansi paling favorit fi inonesia adalah peluang jadi PNS. Setelah lulus, mahasiswa yang berasal dari jurusan akuntansi nantinya juga berpeluang untuk mengisi lowongan pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Para pekerja dengan latar belakang akuntansi sangat dibutuhkan oleh pemerintah untuk menangani seluruh urusan pengelolaan keuangan.

Gaji para lulusan akuntansi yang bekerja di instansi pemerintahan bisa mencapai Rp 5 juta hingga Rp 7 juta per bulan. Selain itu, ada berbagai tunjangan tambahan seperti gaji pokok, tunjungan umum, imbalan prestasi dan lain sebagainya.

  • Akuntan Pendidik

Lulusan jurusan akuntansi tak hanya bisa bekerja di sektor perusahan swasta, pemerintahan, ataupun BUMN. Pasalnya, mereka juga bisa menjadi tenaga pendidik yang bertugas memberi materi tentang ilmu akuntansi baik di daam maupun di luar kelas.

  • Menjadi Pengusaha / Wiraswasta

Mahasiswa yang lulus jadi jurusan akuntansi tak hanya berpeluang untuk bekerja di perusahaan ataupun sektor pemerintahan saja. Di era sekarang ini, mereka juga berpeluang untuk membangun bisnisnya sendiri sebagai seorang pengusaha.

Lulusan akuntansi banyak mempelajari mata kuliah tentang pengembangan bisnis sehingga mereka bisa mengaplikasikannya untuk membuka usaha sendiri. Apaun jenis usahanya, menejemen keuangan akan sehat karena tahu mana yang asset, mana yang hutang, mana yang modal dsb

Tanya Jawab Seputar Akuntansi

Apa yang dipelajari di jurusan akuntansi telah membentuk karakter mahasiswa menjadi calon-calon pengusaha tangguh yang siap untuk bersaing dalam dunia bisnis. Berbekal pengetahuan mengenai strategi pemasaran, komunikasi, hingga tata cara pengelolaan usaha, menjadikan lulusan jurusan akuntansi cukup mumpuni untuk membangun usahanya sendiri.

Apakah Masuk Akuntansi harus Pintar Matematika?

Untuk masuk jurusan akuntansi tidak wajib pintar matematika, tetapi jika membutuhkan logika berpikir tentu saja iya. Pada dasarnya akuntansi adalah seni menyajikan laporan yang akan digunakan untuk pengambilan keputusan oleh manajemen.

Hal Apa yang Paling Mendasar dari Akuntansi?

Memahami tujuan dan fungsi dibuatnya ilmu akuntansi untuk keperluan bisnis adalah hal yang paling dasar dari ilmu akuntansi. Bila berbicara praktik, maka harus paham tentang persamaan akuntansi : Aktiva = Liabilitas + Ekuitas
Lalu setelah paham persamaan tersebut, kamu harus punya logika berpikir yang kuat dalam hal merecord jurnal.

Apa Bedanya Akuntansi dengan Manajemen Keuangan?

Jurusan akuntansi, lebih menitik beratkan pada mempelajari bagaimana menyajikan laporan keuangan yang akurat, andal dan tepat waktu.
Laporan keuangan tersebut disusun dari transaksi-transaksi, juga dilakukan auditing.
Sedangkan pada jurusan manajemen keuangan lebih memusatkan pada tahap lanjutan, yaitu cara membaca dan menganalisis laporan keuangan yang sudah tersaji

Apa yang Paling Penting dan Harus Dikuasai dalam Akuntansi?

Konsep! Jangan dihapal tapi juga harus dipahami. Sebagai akuntan kita perlu membaca PSAK dan IFRS, api menurut pengalaman, kita harus mengerti dulu konsep dasar dari pencatatan yang kita lakukan baru kita mengerti isi dari peraturan tersebut.
Misalnya pertanyaan transaksi seperti
“Mengapa dia dicatat sebagai aset dan bukan sebagai expense.”
“Mengapa dia dicatat sebagai loan dan bukan modal.”
“Mengapa dia masuk operational expense bukan general expense.”

Alasan Memilih Jurusan Akuntansi

Apa yang Dimaksud dengan MYOB di Dunia Akuntansi?

MYOB merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengotomatisasikan pembukuan secara lengkap, cepat dan akurat, yang sekarang banyak digunakan oleh perusahaan di Indonesia dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menghasilkan laporan keuangan. Selain MYOB juga ada aplikasi lain bernama Accurate

Apa Saja Software Akuntansi yang Gratis?

SlickPay, Wave, Zipbook, GNUCash, ledgerSMB, dsb

advertisement

Apakah Lulusan Akuntansi Masih Dibutuhkan? Mengingat Sudah Banyak Software Accounting.

Masih. Jangan lupa untuk belajar sedikit demi sedikit tentang perpajakan. HRD senang dengan pelamar yang menguasai 2 hal tersebut.
Saat akuntan mengerjakan pencatatan keuangan dan dia mengerti perpajakan, maka akan memudahkan pengklasifikasian untuk persiapan PPh Badan Tahunan. Jadi akuntan tahu perihal mana saja yg dapat dijadikan pengurang pajak, mana saja yg tidak dapat dijadikan pengurang pajak.

Apakah D3 Akuntansi (fresh graduate) sulit mendapat pekerjaan di perusahaan besar?

Misalkan kamu punya kelebihan lain, seperti kemampuan bahasa Inggris serta tes TOEFL yang tinggi min 420 untuk D3, bisa komputer ms.office, brevet pajak maupun punya pengalaman kerja di bidang akuntansi minimal 1 tahun, maka chance diterima melebihi S1

Apakah S-1 Akuntansi Bisa Melanjutkan ke S-2 yang Beda Jurusan?

Tergantung. Misal S1 akuntansi, kemudian ambil S2 teknik, kedokteran, dll (jurusan IPA) jelas tidak bisa.
Namun bila S1 akuntansi, mau lanjut ke S2 ekonomi, manajemen, perbankan, hukum, psikologi, dll (jurusan IPS) pada umumnya bisa.

Jenis Pekerjaan Apa yang Cocok untuk Lulusan Akuntansi tapi Tidak Menyukai Perpajakan?

Jenis profesi yang cocok yaitu :
1. konsultan akuntansi,
2. auditor di kantor akuntan publik,
3. auditor internal perusahaan,
4. atau menjadi dosen (kuliah S2).
Sebenarnya memahami pajak adalah untuk nilai tambah karena perusahaan biasanya memiliki staff khusus untuk pajak juga.

Manakah yang Lebih Baik, Lanjut S-2 atau Profesi Akuntansi?

Disesuaikan dengan tujuan karir dan kantor tujuan anda. Bila anda ingin menjadi auditor dan ingin menjadi signing partner, anda sebaiknya mengambil sertifikasi profesi akuntan publik (dengan gelar CPAid)
Apabila hendak membuka kantor jasa akuntan (KJA), anda disarankan mengambil sertifikasi akuntan (dengan gelar Ak.)

Baca juga:
Prospek Kerja Jurusan Aktuaria

Demikian pembahasan mengenai berbagai alasan memilih jurusan akuntansi beserta prospek kerja bagi para lulusannya. Bagi Anda yang saat ini masih bingun memilih jurusan di bangun perkuliahan, tak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mendaftar di jurusan bergengsi yang satu ini.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest