Contoh Novel Sejarah Pribadi dari TK sampai SMA beserta Strukturnya

Ketika merasa ada salah satu kenangan dalam hidup yang penting dan berarti, tidak ada salahnya jika kita menuliskannya menjadi sebuah cerpen atau contoh novel sejarah pribadi dari TK sampai SMA. Jenis penulisannya pun bisa berupa memoar atau autobiografi.

Secara teori, penulisan memoar sejatinya lebih mudah dibandingkan menulis cerita fiksi. Kamu bahkan tidak perlu repot mengarang cerita, membangun konflik, hingga menentukan karakter. Apalagi, kisah tersebut nyata terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang memang kamu alami sendiri.

Jenis Teks Sejarah Pribadi

Ketika membahas mengenai teks sejarah pribadi, kita akan dihadapkan pada dua jenis teks yakni memoar dan autobiografi. Keduanya bisa dibilang mirip meskipun tetap memiliki perbedaan yang mendasar karena ada beberapa hal penting dalam penyusunan memoar yang membuatnya tidak sama dengan autobiografi.

Contoh Novel Sejarah Pribadi dari TK sampai SMA
  • Struktur penulisan

Apabila ingin mendapatkan kesan yang sempurna, penulisan autobiografi hampir selalu bersifat kronologis dan urut sesuai peristiwa yang terjadi, mulai dari kejadian saat lahir, tumbuh dewasa, hingga sampai di titik saat ini penulis berada.

Berbeda dengan penulisan memoar yang tidak sekomprehensif autobiografi. Memoar sendiri membutuhkan ide yang jauh lebih besar karena penulis harus dapat menangkap dan menyajikan ide cerita yang besar dengan kemasan yang kreatif.

  • Cakupan pembahasan

Perbedaan selanjutnya yakni ruang lingkup pembahasan di mana pada penulisan autobiografi cakupannya lebih luas termasuk bagaimana menghabiskan masa kecil, menempuh pendidikan, hingga sampai di titik saat ini. Berbeda dengan memoar yang berfokus pada periode tertentu yang ada pada kehidupan penulis, misalnya fase kehidupan ketika masa SMA saja, kuliah saja, dan sebagainya.

  • Gaya penulisan

Autobiografi akan memprioritaskan peristiwa yang terjadi sepanjang kehidupan dari penulis sehingga kamu harus menggunakan perasaan, pikiran, intuisi, hingga imajinasi. Berbeda dengan kebutuhan penulisan memoar yang prioritasnya lebih kepada pengalaman sehingga penulis dapat menggunakan teknik penulisan fiksi seperti dialog, adegan, dan bagian cerita lainnya.

  • Filosofi

Penulisan autobiografi akan tetap berpijak pada fakta dan data-data yang dimiliki, sementara memoar lebih banyak pada ingatan dan memori yang dimiliki oleh penulis itu sendiri. Terlebih, ingatan manusia tidak bisa benar-benar diandalkan secara akurat untuk menyajikan fakta yang komprehensif sehingga memoar lebih banyak menekankan kebenaran emosional.

  • Lingkup pembaca

Ketika memilih membaca autobiografi, kita tentu sedang berusaha mempelajari berbagai hal tertentu mengenai sosok yang populer dan terkemuka. Berbeda dengan memoar yang dibaca karena kita ingin mengalami kisah yang diceritakan secara emosional berdasarkan tema tertentu.

Contoh Teks Cerita Sejarah Fiksi

Unsur Penting Teks Sejarah Pribadi

Menulis teks sejarah pribadi sebagai contoh novel sejarah pribadi dari TK sampai SMA ternyata tidak sesederhana kelihatannya. Menulis cerita seperti ini tentu juga perlu memenuhi tiga unsur penting yang ada di dalamnya, yakni orientasi, kronologi, dan re-orientasi.


Orientasi (introduksi/pengenalan peristiwa)

Sesuai namanya, bagian ini merupakan pengenalan cerita di mana pada bagian ini kamu akan membuka cerita sejarah pribadi. Isi dari bagian ini biasanya memperkenalkan diri sendiri sebagai pembuka. Bagian ini juga terdapat beberapa pengenalan terkait tokoh-tokoh yang akan dibahas hingga latar belakang terjadinya suatu cerita.

Kronologi (urutan peristiwa)

Merupakan bagian yang berisi serangkaian peristiwa yang telah terjadi. Semua peristiwa tersebut sudah pasti harus dijelaskan sesuai kronologi waktunya sehingga bagian tersebut akan diisi dengan cerita yang terperinci. Jika kamu menulis novel sejarah diri dalam bentuk autobiografi, teknik penulisannya hampir selalu berurutan, sedangkan dalam memoar urutan peristiwa dapat dinarasikan secara lebih bebas.

Re-orientasi (tanggapan/simpulan)

Dalam menulis cerita sejarah pribadi, bagian re-orientasi merupakan bagian yang terbilang opsional, sehingga bisa ditambah bahkan dapat ditinggalkan. Re-orientasi tersebut dapat dituliskan sebagai komentar pribadi dari penulis mengenai peristiwa sejarah yang telah diceritakannya.

Contoh Cerita Pribadi dari TK Sampai SMA

Setelah mengetahui jenis dan struktur penulisan teks sejarah pribadi, berikut contoh penulisan teks yang sesuai dengan pengalaman dan perjuangan penulis dari TK hingga SMA.


Nama saya Ikrar Putramuda, lahir tepat pada peringatan Sumpah Pemuda tahun 1992. Nama tersebut diberikan oleh orang tua, tidak hanya karena momen yang pas namun juga dengan tujuan agar saya menjadi orang yang senantiasa menepati janji.

Sejak masih TK, ayah dan ibu mendidik saya dengan disiplin dan penuh kasih sayang. Malahan saya “dipaksa” untuk berjuang sejak kecil hingga bisa sekolah dan menyelesaikan pendidikan sampai saat ini.

26 Desember 2004 merupakan hari yang tidak akan pernah saya lupakan. Tepat di hari itu, dunia saya berubah 180 derajat karena saya harus kehilangan ayah, ibu, dan kedua abang saya sekaligus akibat tsunami yang menerjang Aceh dan sekitarnya.

Saya pun akhirnya dititipkan di panti asuhan semenjak bibi yang merawat saya meninggal tahun 2007 silam. Meski berat rasanya, namun kehidupan harus terus berjalan, bukan? Hal itulah yang memotivasi saya untuk terus berprestasi hingga akhirnya meraih nilai terbaik pada UN SMA 2010 lalu.

Setelah lulus SMA, saya memutuskan untuk merantau ke Yogyakarta untuk memenuhi janji saya kepada ayah, menjadi seorang dokter di tahun 2023. Berbekal beasiswa dari pemda, saya bertekad untuk menjadi insinyur handal yang dapat menciptakan berbagai teknologi terbaik untuk orang-orang di sekitar saya.

Apa Perbedaan Novel Sejarah dengan Teks Sejarah?

Ada 5 perbedaan, Dari aspek Tokoh/Karakter novel sejarah tidak nyata sedangkan teks sejarah berisi tokoh nyata berdasarkan fakta dan data,
dari aspek Sifat novel sejarah memiliki hierarki sedangkan teks sejarah Gradual,
dari aspek Klasifikasi novel sejarah merupakan karya sastra sedangkan teks sejarah merupakan karya ilmiah

Dari aspek Sumber, novel sejarah berasal dari kisah atau wawancara sedangkan teks sejarah berasal dari data riset yang valid. Dari aspek Originalitas/keaslian novel sejarah bisa dikembangkan sesuai imajinasi penulis sedangkan teks sejarah benang merah cerita harus tetap dipertahankan, pengembangan hanya di bumbu cerita.

Editor Choices :

Itulah pengertian, jenis, struktur, hingga contoh novel sejarah pribadi dari TK sampai SMA yang dapat ditulis sederhana. Semoga informasi kami bermanfaat dan dapat menjadi referensimu dalam menulis cerita sejarah dari pengalaman pribadi ya!

Komentar / Pertanyaan