4 Contoh Teks Nonfiksi Sejarah, Biografi dan Lingkungan

Contoh teks nonfiksi banyak dijumpai di berbagai sumber tertulis dari mulai surat kabar, majalah hingga artikel yang ada di media online pun tersedia. Pengertian teks nonfiksi adalah jenis karangan yang dibuat berdasarkan fakta atau kenyataan yang memiliki sifat informatif.

Pengertian teks nonfiksi menurut KBBI adalah sastra yang tidak bersifat fiksi, tapi berdasarkan fakta dan kenyataan (tentang karangan, karya sastra dan sebagainya)

Penulis teks nonfiksi memiliki tanggung jawab penuh atas kebenaran dari informasi, peristiwa hingga orang yang disampaikan dalam teks nonfiksi tersebut.

Contoh Teks Nonfiksi Sejarah Biografi Lingkungan Ekosistem

Jenis Teks Nonfiksi dan Ciri-cirinya

Teks nonfiksi umumnya dibuat berdasarkan hasil analisa, pengamatan objektif dan hasil penelitian yang akurat. Adapun jenis teks nonfiksi terbagi menjadi dua jenis.

1. Teks Nonfiksi murni
Yang merupakan pengembangan dari karangan yang dibuat dengan landasan data autentik

2. Teks Nonfiksi kreatif
Yaitu merupakan pengembangan dari imajinasi penulis yang dibuat dengan maksud untuk menggapai nalar atau pemikiran dari pembaca, menyentuh emosi pembaca sekaligus untuk mendapatkan gambaran yang jauh lebih spesifik

Sedangkan ciri-ciri dari teks nonfiksi diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Memiliki model pembahasan teks dengan gaya bahasa yang bersifat resmi, baku dan lebih formal
  • Memakai gaya bahasa yang memiliki makna sebenarnya atau denotatif. Gaya bahasa denotatif memiliki pengertian yang terbatas dan tidak bermakna ganda
  • Teks nonfiksi memiliki susunan kalimat yang terdiri dari data dan fakta yang nyata
  • Penulisan teks nonfiksi dilakukan secara runtut sesuai urutan serta bisa dipertanggungjawabkan
  • Pembahasan berisi tentang penjelasan hasil penelitian berupa temuan baru atau melengkapi temuan lama
  • Jika Anda suka membaca, maka bisa melakukan beberapa langkah ini sebagai cara untuk mengenali teks nonfiksi dalam bacaan Anda.
  • Cobalah untuk membaca kalimat dalam teks nonfiksi dengan teliti dan seksama
  • Cari kalimat utama dalam teks untuk bisa lebih memahami pembahasan utama dalam teks
  • Kumpulkan informasi dalam teks dengan menggunakan kata tanya berupa apa, kapan, siapa, mengapa, dimana dan bagaimana yang kemudian akan diakhiri dengan membuat kesimpulan

Struktur Teks Nonfiksi yang Benar

Setidaknya ada struktur tersendiri yang membangun sebuah kalimat dalam teks nonfiksi. Berikut ulasannya Kami bagikan untuk Anda.

  • Orientasi
    Berisi tentang pengenalan para tokoh yang ada dalam sebuah cerita. Orientasi juga menjadi bagian awal yang berisi penjelasan dari teks yang sedang dijelaskan.
  • Urutan kejadian atau peristiwa
    Bagian ini berisi penjelasan urutan kejadian atau peristiwa dari awal hingga akhir cerita, awal permasalahan hingga akhir permasalahan
  • Reorientasi
    Kemudian selanjutnya pembahasan akan berisi tentang kesimpulan dan penutup dari sebuah cerita yang ada dalam teks nonfiksi. Struktur ini memiliki penjelasan tentang amanat serta pesan moral yang bisa dipetik atau dicontoh dari teks yang sedang dijelaskan.
Contoh Teks Editorial tentang Kesehatan Lengkap dengan Struktur
Contoh Teks Nonfiksi

Contoh Teks NonFiksi Sejarah Penggunaan Masker

  • Orientasi

Menurut tinjauan sejarah, masker sudah dipakai oleh masyarakat dunia untuk menghadapi serangan wabah yang melanda. Diketahui masker yang paling tua di dunia ada di negara Eropa pada abad ke 17 dengan bentuk seperti burung dan digunakan untuk menghadapi wabah penyakit yang menular melalui udara.

  • Urutan peristiwa

Awal mulanya penggunaan masker tak diyakini bisa memberikan manfaat untuk kesehatan terutama dengan menutup mulut dan hidung. Namun seiring berjalannya waktu, masker kemudian banyak digunakan untuk menghadapi berbagai virus yang menular melalui sarana udara. Dari mulai wabah Black Death yang mengancam nyawa, kabut asap yang mengganggu saluran pernafasan, polusi lalu lintas yang tak bisa dihindari hingga ancaman serangan gas.


Dunia ketika tak ada ancaman tersebut bisa dinikmati dengan beraktivitas tanpa mengenakan masker. Masker pun hanya dipakai oleh mereka yang bekerja di lingkungan yang membutuhkan perlindungan saluran pernafasan seperti karyawan pabrik hingga dunia medis.

Namun kemarin tahun 2020 penggunaan masker kembali mencuat bahkan hingga mengalami kekosongan stok akibat kebutuhan tingkat tinggi.

  • Reorientasi

Bagaimanapun juga, masker memang memiliki kegunaan yang sangat bagus untuk perlindungan kesehatan. Terlepas apakah kondisi memungkinkan atau tidak untuk mengenakan masker, setidaknya saat Kita mengalami gejala flu sebaiknya gunakan masker untuk menghindari penularan virus yang lebih luas. Jadi bukan karena untuk kepentingan Kita semata, namun untuk kepentingan orang lain juga.

Contoh Teks Nonfiksi Sejarah Biografi Lingkungan Ekosistem
Contoh Teks Nonfiksi

Contoh Teks NonFiksi Biografi Penemu Vaksin Covid19

  • Orientasi

Saat ini banyak orang yang rela antre untuk mendapatkan vaksin covid 19. Selain disebut-sebut memiliki efektivitas untuk menjaga daya tahan tubuh, banyak yang memberikan testimoni setelah vaksin tubuh lebih sehat dan fit serta tak mudah terserang virus.


  • Urutan peristiwa

Tahun 2020 menjadi tahun yang kelam untuk dunia. Dimana pandemi virus covid 19 menyerang hampir seluruh dunia. Aktivitas masyarakat terhenti total dan himbauan untuk tetap berada di rumah saja digaungkan oleh pemerintah demi meminimalkan penyebaran virus. Setelah dilakukan penelitian, dihasilkan sebuah vaksin yang diklaim bisa bekerja dalam tubuh manusia dengan aman serta mampu merangsang respons tubuh untuk memiliki kekebalan terhadap virus covid 19.

Profesor Sarah Gilbert adalah seorang ilmuwan dan ahli vaksin dari Institut Jenner Universitas Oxford. Bekerja dengan timnya untuk melakukan pengembangan pembuatan vaksin yang kemudian melakukan kerja sama dengan Astrazeneca, sebuah perusahaan farmasi multinasional Inggris Swedia.

Pada Februari tahun 2021, Profesor Gilbert dianugerahi gelar kebangsawanan dari Kerajaan Inggris setelah penggunaan vaksin disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Selain itu ada juga penghargaan Putri Antusias dalam kategori penelitian ilmiah.

  • Reorientasi

Namun meski sebenarnya Profesor Gilbert bisa mengklaim hak paten atas pembuatan vaksin, beliau tak melakukannya dan menyingkirkan ego pribadinya untuk meraup keuntungan sendiri. Harapannya adalah semua masyarakat di dunia dari berbagai kalangan bisa mendapatkan vaksin dengan harga terjangkau.

contoh teks laporan hasil observasi tentang keindahan alam pantai

Contoh Teks Non Fiksi tentang Lingkungan
(Pengasaman Laut)

  • Orientasi

Fenomena pengasaman laut adalah sebuah fenomena lingkungan laut yang terjadi yang ditandai dengan penurunan pH air laut dalam kurun waktu tertentu. Penyebabnya adalah unsur zat karbondioksida yang ada di atmosfer larut di air laut.

  • Urutan peristiwa

Konsentrasi zat karbondioksida diketahui sudah meningkat sejak masa Revolusi Industri. Penyebabnya adalah pembakaran bahan bakar fosil yang dipakai oleh manusia setiap harinya, selain itu perubahan tata guna lahan juga turut mempengaruhinya.

Hal itu kemudian menyebabkan perubahan pada sifat kimiawi yang ada pada air, akibatnya ekosistem laut pun menjadi berbahaya untuk flora dan fauna yang hidup dalam laut. Setelah itu, permukaan air laut pun akan naik kemudian mengancam keanekaragaman hayati pun akan segera punah.

  • Reorientasi

Pada akhirnya, peran manusia untuk menjaga lingkungan sangat penting untuk dilakukan. Diantaranya mengurangi emisi karbon dari kendaraan bermotor, kurangi aliran di permukaan, mengurangi polusi dan mengurangi limbah industri akan sangat membantu mengatasi fenomena pengasaman laut.

Contoh Teks Nonfiksi tentang Ekosistem Terumbu Karang
Contoh Teks Nonfiksi tentang Ekosistem Terumbu Karang

Contoh Teks Nonfiksi tentang Ekosistem Terumbu Karang

  • Orientasi

Ekosistem terumbu karang di perairan Indonesia termasuk salah satu ekosistem yang dilindungi oleh pemerintah. Namun karena ulah manusia, ekosistem terumbu karang pun semakin menipis. Padahal manfaat dan kegunaan terumbu karang termasuk penting untuk kehidupan manusia.

  • Urutan peristiwa

Terumbu karang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kepentingan manusia. Diantaranya adalah sebagai sumber makanan yang mengandung protein tinggi, bahan utama obat-obatan, bahan bangunan serta sumber penghasilan karena ada sekitar 93 spesies laut yang hidup di terumbu karang.

Selain itu terumbu karang juga penting untuk menunjang segi ekonomi sekaligus pelengkap kegiatan rekreasi pantai. Namun kurangnya kesadaran masyarakat akan keberadaan terumbu karang membuat banyak dari mereka yang justru dengan sengaja merusak ekosistem terumbu karang.


  • Reorientasi

Melihat fenomena kerusakan terumbu karang maka ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengedukasi masyarakat tentang manfaat terumbu karang. Dengan melakukan sosialisasi tentang pentingnya menjaga ekosistem terumbu karang. Serta mengatur pembangunan industri di sekitar pantai agar supaya bisa lebih menjaga kehidupan bawah laut dengan baik.

Sebut dan Jelaskan Fungsi Teks Nonfiksi ?

Teks nonfiksi adalah sebuah karangan yang bersifat informatif. Penulis bertanggung jawab atas kebenaran dari peristiwa, orang, dan/atau informasi yang disampaikannya. Sehingga teks non fiksi sangat dibutuhkan penelitian ketat berdasarkan informasi, data, riset yang akurat.

Editor Choices :

Sekian ulasan tentang pengertian, ciri-ciri, struktur dan contoh teks nonfiksi yang bisa Kami jelaskan untuk Anda. Semoga bisa menjadi tambahan informasi bermanfaat untuk Anda.

Komentar / Pertanyaan