7 Contoh Paragraf Eksposisi Identifikasi Berbagai Tema

Paragraf eksposisi merupakan tulisan yang berisikan suatu uraian ataupun penjelasan yang mengandung informasi akan topik tertentu. Uraian yang ada pada paragraf eksposisi itu sendiri bisa berupa hasil riset terbaru, data analisis dan juga informasi non fiksi.

Dengan informasi itu orang bisa memiliki pandangan yang baru akan sesuatu hal dan membuat paradigma, stereotype dan sudut pandang jadi lebih luas, serta menambah ilmu pengetahuan baru bagi si pembaca.

Sementara untuk paragraf eksposisi sendiri ada beberapa jenis ya, dan kami akan membahas mengenai paragraf eksposisi identifikasi. Mari kita pelajari mengenai paragraf eksposisi identifikasi ini mulai dari pengertiannya dan juga struktur dari paragraf tersebut.


contoh paragraf eksposisi identifikasi

Kami akan berikan contoh paragraf eksposisi identifikasi untuk membantu Anda memahami paragraf ini dengan lebih baik.

Pengertian Paragraf Eksposisi Identifikasi

Paragraf eksposisi identifikasi adalah paragraf yang berisi uraian yang menyebutkan mengenai ciri-ciri dari suatu objek secara detail dan jelas. Tujuan dari paragraf ini sendiri adalah untuk membuat pembaca untuk lebih memahami objek yang sedang di jelaskan. Paragraf eksposisi memberikan informasi, dan paragraf eksposisi identifikasi itu memberi informasi soal suatu objek.

Sponsored Link

Struktur Umum Paragraf Eksposisi

Dalam paragraf eksposisi itu sendiri memiliki struktur umum yang biasa dipakai, dan kita bisa memahami paragraf eksposisi dengan melihat struktur. Berikut ini struktur paragraf yang biasa dipakai dalam membuat paragraf tipe eksposisi yang biasa dipakai juga untuk paragraf eksposisi identifikasi.

  • Pendahuluan

Bagan yang paling pertama dari paragraf eksposisi itu biasanya adalah pendahuluan paragraf yang berisi penjelasan tema. Di pendahuluan ini akan dijelaskan maksud dari tulisan itu apa, apa tema yang akan dibahas di paragraf ini. Kalau berbicara paragraf eksposisi identifikasi, maka disini akan diperkenalkan dulu objek apa yang akan dibahas dan diinformasikan kepada para pembaca. 

  • Isi

Bagan yang kedua adalah uraian ataupun isi dari paragraf yang menjelaskan tema yang sedang diangkat dengan menyampaikan informasi. Informasi yang diberikan itu adalah data yang valid dan benar agar supaya orang bisa memahami tema tersebut dengan baik. Dalam paragraf eksposisi identifikasi tentunya akan berisi ciri-ciri dari suatu objek yang akan menginformasikan pembaca secara jelas.

  • Kesimpulan

Bagan yang paling akhir tentunya kesimpulan yang akan menegaskan tema yang diangkat itu sebenarnya seperti apa. Yang pada intinya akan bisa membuka pandangan dari pembaca lebih luas lagi akan tema tersebut. Ini berlaku juga untuk paragraf eksposisi identifikasi yang berarti akan membuka pandangan baru bagi orang atas objek tertentu.

pengertian struktur ciri-ciri contoh teks

Ciri Paragraf Eksposisi Identifikasi

Ada beberapa ciri yang jelas dari paragraf ini yang perlu diketahui agar supaya kita bisa mengenali paragraf ini dengan baik. Berikut ini beberapa cirinya.

  1. Ada satu objek yang disebutkan, bisa benda, bisa orang, bisa juga hewan
  2. Di paragraf tersebut pasti ada beberapa uraian berisikan data dan informasi mengenai objek tersebut.

Penggunaan Paragraf Eksposisi Identifikasi

Apabila kita berbicara mengenai paragraf eksposisi identifikasi, maka biasanya memang dipergunakan untuk menjelaskan sesuatu hal atau mengedukasi orang. Jadi biasanya orang mempergunakan paragraf seperti ini untuk memberikan informasi lebih detail dan juga lebih luas akan suatu objek.

Biasanya paragraf seperti ini dipakai dalam buku pendidikan ataupun di situs pendidikan mulai dari pendidikan dasar sampai jenjang perguruan tinggi.

Langkah Membuat Paragraf Eksposisi Identifikasi

Ada langkah yang perlu dilakukan dalam membuat paragraf eksposisi identifikasi agar supaya bisa benar dan tujuannya pun tercapai. Berikut ini beberapa langkahnya.

  1. Menentukan tema atau objek yang akan dibahas
  2. Mencari informasi sebanyak mungkin mengenai objek yang sedang dibahas, informasinya harus detail

Contoh Paragraf Eksposisi Identifikasi yang Benar

Agar kita bisa lebih memahami soal paragraf eksposisi identifikasi ini, maka kami diperlukan adanya beberapa contoh dari paragraf tersebut. Kita bisa mengamati paragraf tersebut dan membedah setiap bagan dari paragraf untuk bisa memahami dengan lebih baik. Dengan contoh pun kita nantinya akan bisa membuat paragraf tersebut sendiri, dan berikut ini beberapa contoh paragraf eksposisi identifikasi.

kuliah

Contoh Paragraf Eksposisi Identifikasi Ayam

Ayam itu termasuk dari hewan dengan jenis unggas, dan merupakan hewan yang sangat akrab dan familiar sekali. Sebab hampir setiap orang pernah memakan daging ayam dengan berbagai jenis, selain itu rasanya pun lezat. Banyak juga makanan yang berasal ataupun berbahan dasar daging ayam ini, jadi jelas orang sangat familiar.

Jenis ayam sendiri ada banyak sekali ya, ada ayam kampung, ada ayam kate, ayam Sumatra, dan ada juga ayam hutan merah. Setiap jenis ayam jelas memiliki ciri masing-masing dan tentunya ada beberapa perbedaan dari setiap jenis tersebut.

Untuk ayam kate itu ciri-cirinya adalah memiliki bentuk yang kecil dan mungil, sementara untuk ayam kampung biasanya bentuknya lebih besar. Kalau ayam Sumatra biasanya lebih tegap dan lebih besar dengan jengger berwarna merah. Ayam Sumatra biasanya bisa ditemui di daerah Sumatra.

Ada juga ayam hutan merah yang biasa kita jumpai di Jawa, Madura dan ada sebagian juga di luar Indonesia. Ayam hutan merah sendiri memiliki beberapa spesies berbeda juga ya.

Contoh Paragraf Eksposisi Identifikasi Temulawak

Temulawak merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat yang sangat mudah sekali ditemui di Indonesia. Tanaman ini sendiri sudah sering sekali dipergunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat Indonesia dari jaman dahulu.

Temulawak sendiri memang memiliki banyak kandungan yang bisa dipakai untuk menjaga kesehatan tubuh kita, sehingga wajar kalau dikenal sebagai tanaman obat.

Kandungan Curcuma yang ada di temulawak ini akan bisa mengobati penyakit lambung ataupun luka yang terjadi pada lambung. Selain itu juga kandungan anti peradangan dari temulawak pun bisa digunakan untuk mengatasi berbagai pembengkakan di dalam tubuh. Kandungan antioksidan juga ada di temulawak yang membuat temulawak ini bisa dipakai untuk menghadapi radikal bebas.

Contoh Paragraf Eksposisi Identifikasi Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman yang sangat serbaguna, mulai dari sebagai bumbu masak sampai sebagai obat. Tanaman ini memiliki rasa pedas yang khas, sehingga sangat bisa memperkaya rasa masakan kita. Selain itu juga kandungan yang sangat baik bagi tubuh juga menjadikan jahe ini bisa dipergunakan sebagai obat.

Penggunaan jahe sendiri biasanya di masakan tertentu agar supaya masakan tersebut memiliki cita rasa tersendiri. Rasa hangat dari jahe pun sering dicampurkan dengan minuman untuk menghangatkan tubuh di cuaca dan suhu yang dingin. Banyak sekali minuman dengan campuran jahe seperti jahe susu, wedang ronde dan masih banyak lagi yang lain.

Jahe memiliki kandungan vitamin yang bisa menjaga tubuh tetap sehat dan juga tetap bugar. Selain itu kandungan jahe juga bisa menyembuhkan peradangan yang terjadi di dalam tubuh kita. Ada anti oksidan juga dan bisa dipakai untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Cita Cita yang Cocok untuk Jurusan IPS

Contoh Paragraf Eksposisi Identifikasi Seseorang

Andi adalah anak yang sangat pandai di sekolahnya, nilainya pasti selalu bagus di setiap pelajaran di sekolahnya. Dia juga bukan anak yang sombong, terbukti dia sering membantu temannya dalam belajar supaya teman-temannya bisa memahami pelajaran. Selain itu dia juga orang yang baik dan suka berbagi kepada temannya, sehingga andi memiliki banyak teman.

Andi memiliki wajah yang cakap dan juga badan yang tinggi dan ideal, sehingga banyak orang yang tertarik padanya. Meski bukan dari keluarga yang berada, andi tetap bisa bersekolah dengan baik karena mendapatkan beasiswa.

Contoh Paragraf Eksposisi Identifikasi Hewan Karnivora

Hewan karnivora adalah jenis hewan yang biasanya memakan daging, ada banyak sekali hewan yang termasuk didalamnya. Hewan karnivora itu biasanya memiliki gigi yang tajam yang dipergunakan untuk bisa mengoyak daging para mangsanya. Hewan karnivora pun memiliki rahang yang kuat, agar supaya mampu untuk memangsa dengan baik.

Hewan karnivora biasanya memiliki tubuh yang cukup besar dan kuat juga, supaya bisa mengalahkan mangsanya dan kemudian memakannya. Ada banyak contoh dari hewan karnivora ini seperti misalnya singa, macam, harimau, elang, dan masih banyak lagi.

Contoh Paragraf Eksposisi Identifikasi Oksigen

Oksigen adalah salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk tetap bisa hidup dan juga bernafas. Akan tetapi ternyata di dalam oksigen itu terdapat zat yang sangatlah berbahaya bagi tubuh kita yakni radikal bebas. Dengan kandungan radikal bebas ini akan bisa membuat sel di dalam tubuh menjadi rusak dan bisa merusak DNA juga.

Fakta berikut ini tentunya membuat banyak peneliti sedang berusaha membuat oksigen menjadi lebih baik untuk tubuh. Jadi peneliti berusaha untuk mengeliminasi agen khusus dari oksigen yang memicu radikal bebas di dalam tubuh.

Contoh Paragraf Eksposisi Identifikasi Puisi

Puisi merupakan salah satu karya sastra dengan penulisan kata-kata yang memiliki ritme dan juga sajak yang baik. Biasanya penulisan puisi ini dipakai untuk mengekspresikan perasaan dari penyair tersebut. Gaya bahasa yang digunakan biasanya tersirat namun memiliki makna yang sangatlah dalam.

Ada berapa macam teks eksposisi ?

Ada 8.
Eksposisi berita, Eksposisi ilustrasi,
Eksposisi proses, Eksposisi perbandingan,
Eksposisi pertentangan, Eksposisi definisi,
Eksposisi analisis, Eksposisi klasifikasi

Apa bedanya eksposisi, argumentasi, deskripsi, dan narasi?

Paragraf Eksposisi adalah karangan yang Menjelaskan tentang sesuatu dengan tujuan member informasi (menambah wawasan).

Paragraf Argumentasi adalah karangan yang mengungkapkan ide, gagasan, atau pendapat penulis dengan disertai bukti dan fakta

Paragraf Deskripsi adalah karangan yang Menggambarkan sesuatu (objek) secara terperinci atau mendetil sehingga tampak seolah-olah pembaca melihat, mendengar, dan merasakannya sendiri.

Paragraf Narasi adalah karangan yang Menceritakan atau mengisahkan suatu kejadian atau peristiwa sehingga tampak seolah-olah pembaca mengalami sendiri peristiwa itu.

Demikian beberapa contoh paragraf eksposisi identifikasi mulai dari yang panjang sampai yang singkat. Semoga bisa memberikan gambaran dan pemahaman untuk tugas kamu.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp
Tinggalkan komentar


Trending Topics
Syarat Masuk Jurusan Pertambangan
Prospek Kerja Teknik Geologi untuk Wanita
Soft Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa agar Kompetitif
sekolah kedinasan di semarang