6 Contoh Teks Eksposisi tentang Lingkungan dan Strukturnya

Dalam pendidikan di sekolah khususnya pada pelajaran Bahasa Indonesia pastinya Anda akan menemukan pelajaran membuat contoh teks eksposisi tentang lingkungan. Untuk bisa membuatnya, Anda harus memahami pengertian, struktur, dan juga contoh teks eksposisi sendiri. Dengan ini, Anda bisa membuat dengan lebih mudah dan terstruktur.

Mengenal tentang Teks Eksposisi

Dari tadi kita hanya membahas mengenai teks eksposisi tetapi tak ada penjelasannya. Teks Eksposisi adalah salah satu karangan yang berisi tentang informasi atau pengetahuan yang sifatnya penting. Teks eksposisi menjadi salah satu karangan yang diajarkan pada instansi pendidikan karena memang sangat penting.

Struktur Teks Eksposisi

Untuk membuatnya diperlukan pemahaman terhadap struktur dari teks eksposisi itu sendiri. Ada beberapa struktur yang harus Anda pahami yaitu sebagai berikut:

Editor Choices :
Contoh Teks Eksposisi tentang Lingkungan
Contoh Teks Eksposisi tentang Lingkungan

Tesis / Pernyataan Pendapat
Struktur pertama yang harus diketahui adalah tesis atau pernyataan tentang pendapat si penulis itu sendiri. Bagian ini menjadi pendahuluan mengenai  suatu pembahasan yang disampaikan menurut sudut pandang di penulis kepada para pembaca.

Argumentasi / Bukti
Struktur yang kedua adalah argumentasi atau bukti di mana menjadi bagian yang berisi tentang fakta-fakta dari tesis atau pernyataan pendapat tersebut. Dengan ini pendapat penulis menjadi semakin kuat.

Sponsored Link

Reinterasi / Penegasan
Terakhir  adalah bagian penegasan atau reinterasi di mana sangat penting untuk menegaskan pendapat si penulis kepada pembaca. Di sinilah informasi penting tersebut menjadi lebih mudah masuk dan mudah dicerna oleh otak pembaca.

Contoh Teks Eksposisi Sekaligus Strukturnya

Selanjutnya, agar Anda menjadi lebih paham sebaiknya simak contoh teks eksposisi berikut ini:

contoh teks eksposisi tentang lingkungan
contoh teks eksposisi tentang lingkungan

Pentingnya Menjaga Lingkungan Alam Sekitar

Tesis (Pernyataan Pendapat)
Tingginya jumlah bencana akibat kerusakan lingkungan nyatanya tak membuat masyarakat jera dalam merusak alam. Keserakahan manusia membuat alam menjadi kehilangan dayanya untuk hidup berdampingan.

Bencana alam di mana-mana karena ulah manusia yang tak peduli dengan lingkungan. Sehingga rusak sebelum anak cucu kita menikmatinya. Padahal penting sekali menjaga lingkungan alam sekitar.

Argumentasi / Bukti
Seperti yang telah kita lihat setiap hari, banyak warga yang tega membuang sampah sembarangan ke sungai sehingga menghambat aliran air. Tak hanya itu saja, banyak perusahaan besar yang ingin mendirikan perusahaan dengan membabat habis hutan.


Pada akhirnya bumi marah dan memberikan berbagai bencana pada manusia. Ada banjir bandang, tanah longsor, dan juga polusi udara. Apa yang kita terima adalah apa yang kita beri.

Reinterasi / Penegasan
Dengan melihat lingkungan alam saat ini dan juga mengetahui bagaimana manusia memperlakukan alam apakah Anda akan diam saja? Sebagai manusia yang masih ingin hidup nyaman di bumi seyogianya ikut menjaga kelestarian alam.

Agar nanti, anak cucu kita tetap dapat menikmati keindahan dunia dan terhindar dari bencana alam.

Daur Ulang Sampah Menjadi Benda yang Lebih Berharga

Tesis / Pernyataan Pendapat
Sampah masih menjadi masalah yang besar di berbagai negara salah satunya Indonesia. Penggunaan botol plastik, kantong plastik, dan sampah yang tak terurai lainnya membuat gunungan yang mengerikan.

Fenomena yang terjadi hampir di seluruh negara di dunia ini menjadi tantangan besar tak hanya bagi pemerintah tetapi juga masyarakat.  Masyarakat perlu melakukan daur ulang sampah agar bisa menjadi produk yang lebih berharga.


Argumentasi / Bukti
Padahal kita tahu sendiri bahwa untuk mengurai sampah plastik diperlukan waktu yang sangat lama bahkan ratusan tahun. Sampah terus menumpuk padahal bisa dimanfaatkan dengan baik.

Kini sudah banyak pengrajin sampah plastik, karet, dan lain sebagainya menjadi barang yang bernilai jual tinggi. Botol plastik disulap menjadi pot tanaman, plastik menjadi pengganti cat warna untuk membuat lukisan, dan lain sebagainya.

Reinterasi (Penegasan)
Jika kita ingin lingkungan alam  selalu bersih dan sehat tentunya harus kreatif untuk dapat mendaur ulang sampah. Banyak sekali metode yang bisa digunakan untuk menyulap sampah jadi barang berharga, salah satunya lewat YouTube.

*) klik halaman selanjutnya untuk melihat 4 contoh lain


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Bakat dan Minat
Contoh Analisis SWOT Usaha Kue
Cara Menentukan Target Pasar dan Manfaatnya dalam Bisnis
aplikasi investasi untuk mahasiswa, cara berinvestasi untuk mahasiswa, investasi properti untuk mahasiswa, investasi syariah untuk mahasiswa, Investasi yang Cocok untuk Mahasiswa, reksadana untuk mahasiswa, saham untuk mahasiswa, tempat investasi terpercaya
Cara Menghasilkan Uang untuk Mahasiswa
jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja