6 Contoh Teks Eksposisi tentang Lingkungan dan Strukturnya

Dalam pendidikan di sekolah khususnya pada pelajaran Bahasa Indonesia pastinya Anda akan menemukan pelajaran membuat contoh teks eksposisi tentang lingkungan. Untuk bisa membuatnya, Anda harus memahami pengertian, struktur, dan juga contoh teks eksposisi sendiri. Dengan ini, Anda bisa membuat dengan lebih mudah dan terstruktur.

Mengenal tentang Teks Eksposisi

Dari tadi kita hanya membahas mengenai teks eksposisi tetapi tak ada penjelasannya. Teks Eksposisi adalah salah satu karangan yang berisi tentang informasi atau pengetahuan yang sifatnya penting. Teks eksposisi menjadi salah satu karangan yang diajarkan pada instansi pendidikan karena memang sangat penting.

Struktur Teks Eksposisi

Untuk membuatnya diperlukan pemahaman terhadap struktur dari teks eksposisi itu sendiri. Ada beberapa struktur yang harus Anda pahami yaitu sebagai berikut:

Contoh Teks Eksposisi tentang Lingkungan
Contoh Teks Eksposisi tentang Lingkungan

Tesis / Pernyataan Pendapat
Struktur pertama yang harus diketahui adalah tesis atau pernyataan tentang pendapat si penulis itu sendiri. Bagian ini menjadi pendahuluan mengenai  suatu pembahasan yang disampaikan menurut sudut pandang di penulis kepada para pembaca.

Argumentasi / Bukti
Struktur yang kedua adalah argumentasi atau bukti di mana menjadi bagian yang berisi tentang fakta-fakta dari tesis atau pernyataan pendapat tersebut. Dengan ini pendapat penulis menjadi semakin kuat.

Sponsored Link

Reinterasi / Penegasan
Terakhir  adalah bagian penegasan atau reinterasi di mana sangat penting untuk menegaskan pendapat si penulis kepada pembaca. Di sinilah informasi penting tersebut menjadi lebih mudah masuk dan mudah dicerna oleh otak pembaca.

Contoh Teks Eksposisi Sekaligus Strukturnya

Selanjutnya, agar Anda menjadi lebih paham sebaiknya simak contoh teks eksposisi berikut ini:

contoh teks eksposisi tentang lingkungan
contoh teks eksposisi tentang lingkungan

Pentingnya Menjaga Lingkungan Alam Sekitar

Tesis (Pernyataan Pendapat)
Tingginya jumlah bencana akibat kerusakan lingkungan nyatanya tak membuat masyarakat jera dalam merusak alam. Keserakahan manusia membuat alam menjadi kehilangan dayanya untuk hidup berdampingan.

Bencana alam di mana-mana karena ulah manusia yang tak peduli dengan lingkungan. Sehingga rusak sebelum anak cucu kita menikmatinya. Padahal penting sekali menjaga lingkungan alam sekitar.

Argumentasi / Bukti
Seperti yang telah kita lihat setiap hari, banyak warga yang tega membuang sampah sembarangan ke sungai sehingga menghambat aliran air. Tak hanya itu saja, banyak perusahaan besar yang ingin mendirikan perusahaan dengan membabat habis hutan.

Pada akhirnya bumi marah dan memberikan berbagai bencana pada manusia. Ada banjir bandang, tanah longsor, dan juga polusi udara. Apa yang kita terima adalah apa yang kita beri.

Reinterasi / Penegasan
Dengan melihat lingkungan alam saat ini dan juga mengetahui bagaimana manusia memperlakukan alam apakah Anda akan diam saja? Sebagai manusia yang masih ingin hidup nyaman di bumi seyogianya ikut menjaga kelestarian alam.

Agar nanti, anak cucu kita tetap dapat menikmati keindahan dunia dan terhindar dari bencana alam.

Daur Ulang Sampah Menjadi Benda yang Lebih Berharga

Tesis / Pernyataan Pendapat
Sampah masih menjadi masalah yang besar di berbagai negara salah satunya Indonesia. Penggunaan botol plastik, kantong plastik, dan sampah yang tak terurai lainnya membuat gunungan yang mengerikan.

Fenomena yang terjadi hampir di seluruh negara di dunia ini menjadi tantangan besar tak hanya bagi pemerintah tetapi juga masyarakat.  Masyarakat perlu melakukan daur ulang sampah agar bisa menjadi produk yang lebih berharga.

Sponsored Link

Argumentasi / Bukti
Padahal kita tahu sendiri bahwa untuk mengurai sampah plastik diperlukan waktu yang sangat lama bahkan ratusan tahun. Sampah terus menumpuk padahal bisa dimanfaatkan dengan baik.

Kini sudah banyak pengrajin sampah plastik, karet, dan lain sebagainya menjadi barang yang bernilai jual tinggi. Botol plastik disulap menjadi pot tanaman, plastik menjadi pengganti cat warna untuk membuat lukisan, dan lain sebagainya.

Reinterasi (Penegasan)
Jika kita ingin lingkungan alam  selalu bersih dan sehat tentunya harus kreatif untuk dapat mendaur ulang sampah. Banyak sekali metode yang bisa digunakan untuk menyulap sampah jadi barang berharga, salah satunya lewat YouTube.

contoh teks eksposisi tentang lingkungan
contoh teks eksposisi tentang lingkungan

Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah di Masa Pandemi

Pernyataan Pendapat
Di masa pandemi COVID-19 seperti ini, menjaga kebersihan lingkungan rumah menjadi hal yang harus dipentingkan. Virus memang tak kenal tempat di mana ia akan beterbangan dan menginfeksi manusia.

Virus corona yang membahayakan tersebut sudah pasti menjadi momok apalagi Anda yang memiliki anak kecil dan lansia. Menjaga kebersihan rumah menjadi wajib dilakukan.

Argumentasi Bukti
Kini telah terbukti bahwa virus corona sudah mulai menyebar melalui kluster keluarga. Ya, banyaknya perusahaan yang “ngotot” kerja di kantor membuat anggota keluarga rentan terkena paparan virus.

Setelah anggota keluarga tersebut pulang akhirnya menularkan kembali kepada pihak keluarga yang serumah. Virus mudah sekali menular pada ruangan yang lembap dan bisa melayang-layang di udara dalam partikel kecil.

Reinterasi = Penegasan
Selama pandemi ini Anda harus ekstra dalam membersihkan rumah menggunakan desinfektan. Baik itu dengan dipel atau menggunakan semprotan aerosol desinfektan. Cara ini efektif dilakukan untuk mencegah penularan virus corona.

Virus akan segera mati ketika bertemu dengan desinfektan yang memang dirancang khusus. Oleh karena itu, Anda wajib menjaga ruangan kering, pastikan sirkulasi yang lancar, dan steril.

kuliah

Lingkungan Rumah yang Bersih Kunci Keluarga yang Sehat

Pernyataan Pendapat
Kebersihan rumah menjadi cermin dari keluarga yang memiliki kondisi yang sehat. Rumah yang bersih akan membuat semua anggota keluarga nyaman dan bahagia bersama.

i k l a n

Penting sekali menjaga kesehatan keluarga karena ini adalah dasar untuk bisa hidup yang bahagia. Tanpa kesehatan tentunya suasana akan sangat berbeda.

Argumentasi & Bukti
Rumah yang bersih mencerminkan bahwa jumlah alergen seperti debu, bakteri, kuman, dan juga virus sangat sedikit jumlahnya. Berbagai partikel tersebut adalah yang paling umum dapat menyebabkan penyakit.

Sedangkan jika rumah selalu dalam keadaan yang bersih maka keluarga akan terlindungi dari penyakit dan tetap terasa sehat.

Reinterasi / Penegasan
Untuk itu, kesadaran untuk menciptakan rumah dengan kebersihan yang maksimal seharunya sudah muncul. Anda yang memiliki anggota keluarga lain seperti pasangan atau anak bisa diajak untuk bekerja sama.

Anda dapat membagi anggota keluarga untuk melakukan kegiatan bersih-bersih agar pekerjaan cepat selesai. Cara ini juga akan merekatkan hubungan antar anggota keluarga Anda.

contoh teks eksposisi tentang lingkungan
contoh teks eksposisi tentang lingkungan

Pemisahan Sampah untuk Lingkungan Sekolah Lebih Baik

Pernyataan Pendapat
Saat ini peserta didik dan pendidik  masih membuang sampah dengan sembarangan dan memang sekolah tak menyediakannya. Banyak dari mereka yang masih membuang sampah dengan berbagai tipe langsung ke tempat sampah tanpa memilahnya.

Padahal penting sekali memilah sampah baik itu yang bersifat organik maupun yang non organik. Dengan cara ini, pengolahan sampah akan menjadi lebih baik lagi.

Argumentasi Bukti
Seperti yang dapat kita lihat sendiri dengan mata kepala bahwa banyak sekolah masih membuang sampah yang berbeda jenis tanpa memisahnya. Padahal untuk sampah organik masih bisa diolah kembali menjadi produk yang bermanfaat.

Salah satu produk yang bisa diciptakan dari sampah organik adalah pupuk kompos yang sangat berguna untuk tumbuhan. Sekolah bisa membeli alatnya dan mempraktikkannya dengan siswa atau guru yang lain.

Reinterasi / Penegasan
Penting sekali menyediakan sampah dengan memisah-misahkan berbagai tipenya. Dengan cara ini maka petugas atau Anda dapat mengolah sampah organik menjadi pupuk yang bernilai tinggi. Selain itu, sampah juga tak akan mencemari lingkungan alam.

contoh teks text paragraf

Kesadaran Menjaga Kesehatan Lingkungan di Sekolah

Pernyataan Pendapat
Sekolah adalah rumah kedua bagi para siswa. Akan tetapi, walaupun dianggap sebagai rumah kedua tanggung jawab akan kebersihannya masih sangat minimal.

Padahal jika kita lihat penghuni suatu sekolahan pasti sangat banyak sehingga jika saling bekerja sama sudah pasti bersih. Memang, kesadaran mereka khususnya anak-anak zaman sekarang masih sangat kurang.

Argumentasi / Bukti
Hal ini bisa dibuktikan dengan kebersihan sekolah hanya sebagai tanggung jawab petugas kebersihan di sana. Banyak anak-anak yang tak sadar dengan lingkungan yang kotor dan memilih mengandalkan petugas.

Padahal, kebersihan di sekolah seharusnya menjadi kesadaran bersama baik itu petugas, siswa, maupun guru. Dengan perhatian semua pihak tentunya lingkungan sekolah akan terlihat lebih bersih baik di pagi, siang, maupun sore hari.

Reinterasi / Penegasan
Jadi, siapa pun Anda yang berada di sekolah baik itu sebagai siswa atau guru sebaiknya segera memperbaiki kesadarannya. Tak ada bedanya ada petugas kebersihan tetapi masih terus dikotori oleh oknum di sekolah. Oleh karena itu, semua pihak di sekolah harus ikut berperan.

contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
Sebutkan Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi ?

Pronomina, kata ganti seperti: saya, anda, dia, mereka, itu, ini, sana, situ, dst. Konjungsi, kata penghubung seperti: baik, maupun, tak hanya, tetapi juga, andai saja, sehingga, karena, dst. Leksikal, berisi kata kerja (verba), kata benda (nomina), kata sifat (adjektiva), dan kata keterangan (adverbia).

Editor's Choices:

Jadi, itulah dia beberapa contoh teks eksposisi sekaligus dengan penjelasan strukturnya. Semoga informasi di atas dapat membuat Anda lebih paham mengenai teks eksposisi dan bisa membuatnya sendiri. Agar makin andal, selalu latih kemampuan Anda setiap hari dan membaca contoh yang lainnya.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
Prospek kerja teknik geomatika
Soft Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa agar Kompetitif
prospek kerja sastra inggris
Prospek Kerja Biologi Murni
Jurusan Saintek yang Prospek Kerjanya Bagus
sekolah kedinasan di Makassar