6 Contoh Teks Eksposisi Definisi Singkat dan Sederhana

Teks eksposisi adalah salah satu teks yang penulisannya memuat informasi tertentu secara ringkas dan jelas. Contoh teks eksposisi definisi singkat yang membahas suatu hal dengan singkat. Berikut ulasan lebih jelasnya mengenai pengertian teks eksposisi beserta ciri-ciri dan strukturnya.

Definisi Teks Eksposisi

Teks eksposisi merupakan suatu tulisan yang berisi informasi yang dapat menambah pengetahuan bagi pembaca. Penulisan teks tidak terlalu panjang dan berisi informasi yang akurat.

Ciri-ciri Teks Eksposisi

Ada beberapa perbedaan teks eksposisi dengan jenis teks lainnya. Ciri-ciri teks eksposisi antara lain adalah sebagai berikut.

contoh teks eksposisi definisi singkat
  • Informasi berdasarkan fakta
  • Penulisannya secara singkat, padat, dan jelas
  • Bersifat objektif

Apa Perbedaan Teks Eksposisi dengan Teks Deskripsi ?

Teks Deskripsi bertujuan untuk menggambarkan sesuatu (objek) secara terperinci atau mendetil sehingga tampak seolah-olah pembaca melihat, mendengar, dan merasakannya sendiri.
Teks Eksposisi berfungsi untuk menjelaskan atau memaparkan tentang sesuatu dengan tujuan member informasi (menambah wawasan).

Sponsored Link

Struktur Teks Eksposisi

Penulisan teks eksposisi cenderung singkat dengan struktur tertentu. Berikut adalah struktur dari teks eksposisi.

  • Tesis atau pendahuluan
  • Argumentasi atau penjelasan
  • Simpulan atau penegasan ulang

Contoh Teks Eksposisi Definisi

Pendapat atau gagasan dapat disampaikan secara rinci menggunakan teks eksposisi. Berikut beberapa contoh teks eksposisi definisi singkat dan sederhana.

contoh teks laporan hasil observasi tentang keindahan alam kawah

Contoh teks eksposisi definisi “Danau”

Definisi danau adalah daerah cekungan besar yang digenangi air dan dikelilingi daratan. Sumber airnya adalah air tanah, air hujan, dan air sungai. Air yang ada di danau bisa berupa air tawar atau air asin.

Danau alami yang terbentuk akibat aktivitas gunung berapi disebut danau vulkanik. Sedangkan jenis danau tektonik terbentuk karena pergeseran atau penurunan lempengan bumi. Ada juga danau glasial yang terbentuk secara alami akibat mencarinya es.

Jenis danau karst merupakan danau yang terbentuk karena erosi dan pelarutan batuan karst. Selain terbentuk karena fenomena alam, ada juga danau buatan yang dibangun oleh manusia dengan cara membuat bendungan di aliran sungai.


Danau memiliki fungsi utamanya untuk menjaga aliran air. Keberadaan danau juga bisa dimanfaatkan manusia untuk hal penting seperti irigasi, penyediaan air bersih, hingga sumber pembangkit listrik.

Danau memiliki peranan penting untuk kehidupan manusia. Kualitas dan kuantitas dari air danau perlu dijaga untuk membantu menjamin ketersediaan air di sekitarnya dan manfaat lainnya.

Contoh teks eksposisi definisi “Apotek Hidup”

Definisi apotek hidup adalah taman yang ditanami dengan berbagai jenis tanaman berkhasiat atau tanaman obat. Tanaman-tanaman yang dibudidayakan adalah tanaman yang biasa digunakan sebagai obat herbal atau obat tradisional.

Salah satu jenis tanaman apotek hidup adalah jahe yang sering digunakan sebagai obat batuk alami. Ada juga tanaman temulawak yang memiliki khasiat untuk mengobati penyakit kuning dan meningkatkan nafsu makan. Selanjutnya ada tanaman jinten yang manfaatnya adalah untuk penurun panas dan pelancar ASI secara alami.

Mengkudu juga termasuk tanaman apotek hidup yang dipercaya dapat membantu mengatasi penyakit osteoporosis. Ada lagi sirih yang populer sebagai antiseptik alami dan sering dimanfaatkan untuk obat batuk herbal. Jenis tanaman apotek hidup lainnya adalah lengkuas dengan khasiatnya sebagai obat panu.


Jenis tanaman apotek hidup ini dapat ditanam di taman atau pekarangan rumah. Selain sebagai tanaman hias, tanaman apotek hidup dapat dimanfaatkan untuk berbagai pengobatan herbal. Pembudidayaan tanaman ini cenderung mudah karena sifat tanamannya yang sudah kuat dan tahan penyakit atau serangan hama.

Contoh teks eksposisi definisi “Sembako”

Definisi sembako adalah sembilan bahan pokok yang paling dibutuhkan oleh masyarakat. Sembilan bahan pokok ini terdiri dari bahan-bahan makanan dan minuman. Sembako merupakan kebutuhan dasar yang hampir setiap hari digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Jenis bahan yang masuk dalam kategori sembako adalah beras, bawang merah dan bawang putih, susu, gula pasir, telur ayam, daging sapi dan ayam, garam beryodium, minyak tanah atau gas elpiji, dan minyak goreng atau margarin.

Jenis sembako bisa diganti dengan bahan lain yang dibutuhkan. Misalnya sembako untuk bantuan sosial yang biasanya menyertakan mie instan dan kecap. Namun untuk jenis sembako nasional memiliki ketentuan tersendiri yang diatur dalam undang-undang.

Selain sembako biasa, di pasar juga dapat dijumpai sembako premium yang biasanya merupakan bahan impor. Harga sembako premium lebih tinggi seperti daging wagyu yang lebih mahal dari daging sapi lokal.


Harga sembako juga dipengaruhi oleh kondisi pasar. Pada saat hari-hari besar dengan permintaan yang tinggi, sering kali harga sembako juga ikut naik.

sampah

Contoh teks eksposisi definisi sampah

Definisi sampah adalah material sisa yang sudah tidak terpakai dan menjadi buangan. Sampah dapat dihasilkan dari berbagai aktivitas, baik manusia, tumbuhan, atau hewan. Namun sampah yang paling banyak dihasilkan oleh aktivitas manusia.

Jenis sampah dibedakan menjadi dua yaitu sampah basah atau organik dan sampah padat atau anorganik. Sampah organik merupakan jenis sampah yang mudah membusuk atau terurai. Contoh sampah organik antara lain sisa makanan, daun, kayu, bangkai hewan, kulit telur, dan lain-lain.

Berbeda dengan sampah anorganik yang merupakan jenis sampah yang tidak mudah membusuk. Sampah anorganik contohnya adalah botol minuman, kaleng, dan plastik. Sampah-sampah ini membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa terurai.

Lamanya waktu yang dibutuhkan oleh sampah anorganik terurai di alam menjadi masalah. Apalagi produksi sampah anorganik yang cukup tinggi, mulai dari rumah tangga hingga industri.

Sampah organik maupun anorganik yang terlalu banyak dapat menimbulkan masalah. Oleh sebab itu, pengelolaan sampah sangat penting untuk bisa dilakukan dengan cepat dan cermat.

Contoh teks eksposisi definisi “Polusi”

Definisi polusi adalah masuknya zat atau material ke alam atau lingkungan yang bersifat merugikan. Polusi atau pencemaran akan mengubah keadaan menjadi lebih buruk dari keadaan awalnya.

Salah satu jenis polusi adalah polusi udara. Zat pencemar dari polusi udara bisa dari berbagai sumber, mulai dari asap kendaraan bermotor, cerobong asap pabrik, dan lain sebagainya. Polutan tersebut masuk ke udara dan membuat kualitas udara menurun.

Selanjutnya adalah jenis polusi air yang menjadi salah satu masalah serius di masyarakat. Pencemaran air biasanya terjadi di aliran air yang dekat dengan aktivitas masyarakat seperti sungai. Kualitas air sungai pun menurun dan dapat mengganggu fungsi sungai untuk kehidupan.

Jenis polusi yang tidak kalah berbahaya adalah polusi logam berat. Sumber pencemar antara lain pestisida, logam beracun, sedimen, dan lainnya. Polusi logam berat sering dijumpai di daerah pesisir yang mengakibatkan kualitas air laut berkurang dan terlarutnya oksigen.

Semua jenis pencemaran tidak bagus untuk alam dan kehidupan. Pencemaran akan mengubah kondisi alam semakin buruk jika dibiarkan terus menerus.

contoh teks

Contoh teks eksposisi “Harta”

Definisi harta dalam akuntansi adalah jumlah kekayaan yang dimiliki perusahaan. Harta disebut juga sebagai aktiva terdiri dari harta berwujud dan tidak berwujud. Harta tidak berwujud contohnya adalah hak cipta, merek dagang, hak paten, dan lainnya.

Jenis harta berwujud bisa berupa harta lancar dan harta tetap. Bentuk harta tetap biasanya adalah berupa aset yang memiliki manfaat lebih dari satu tahun. Contoh harta tetap antara lain adalah bangunan, tanah, mesin, dan peralatan operasional.

Sedangkan harta lancar merupakan harta berwujud yang mudah untuk dijadikan uang. Kas adalah salah satu harta lancar yang merupakan uang tunai yang dimiliki perusahaan. Jenis harta lancar lainnya meliputi piutang, surat-surat berharga, persediaan barang dagang, surat-surat berharga, dan beban bayar di muka.

Harta merupakan aset perusahaan yang sudah dikurangi kewajiban dan penyusutan harta tetap. Harta menjadi kekayaan perusahaan yang bisa dalam beragam bentuk atau jenis. Jenis-jenis harta tersebut diperoleh dari transaksi di masa lalu dan transaksi di masa depan.

Itulah beberapa informasi penting mengenai teks eksposisi. Beberapa contoh teks eksposisi definisi singkat dapat ditulis dengan lebih ringkas, padat, dan akurat.


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Komentar / Pertanyaan