12 Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi Singkat berbagai Topik

Suatu bacaan memiliki berbagai kalimat yang dapat dikembangkan menjadi suatu paragraf. Tentunya, mengembangkan suatu kalimat dan paragraf bukan tanpa suatu alasan. Banyak penulis melakukan berbagai pengembangan di tiap ide tulisan sehingga menjadi indah dan lebih informatif.

Dengan pengembangan yang dilakukan, pembaca akan lebih paham mana yang menjadi kalimat utama atau ide pokok, serta mana yang menjadi penjelas dari kalimat utama tersebut. Salah satu contoh pengembangan kalimat yang banyak terjadi adalah pada teks eksposisi ilustrasi.

Apa itu Teks Eksposisi Ilustrasi?

Mengenal berbagai contoh teks eksposisi ilustrasi sejatinya tidak terlepas dari dua jenis teks, yakni eksposisi dan ilustrasi. Keduanya dapat diartikan secara sendiri-sendiri namun sejatinya saling terhubung satu sama lain.


Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks eksposisi merupakan tulisan yang bertujuan untuk menjelaskan atau memberi pengertian dengan gaya penulisan yang padat dan akurat. Teks eksposisi merupakan suatu jenis pengembangan kalimat dan paragraf yang biasanya bersifat ilmiah atau non fiksi.

Oleh karena kalimat semacam ini tidak serta merta langsung dipahami, maka penulis akan memberikan penjelasan lain, salah satunya berupa ilustrasi. Adanya ilustrasi dapat menjadi sebuah visualisasi atau penggambaran suatu benda yang dapat memperjelas suatu isi subjek tertentu.

advertisement

Dari penjelasan tersebut tentunya dapat disimpulkan jika teks eksposisi ilustrasi merupakan suatu teks atau paragraf yang dapat memberikan penggambaran suatu teks. Dengan demikian, pembaca akan memperoleh informasi yang padat dan akurat serta lebih jelas.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi Ilustrasi

Bagi Anda yang belum terbiasa, memahami teks paragraf eksposisi ilustrasi tentu akan sedikit kesulitan. Padahal, ada beberapa ciri khas yang dapat dengan mudah menjadi pembeda antara teks paragraf eksposisi ilustrasi dengan teks paragraf lainnya. Berikut ciri-ciri teks eksposisi ilustrasi.

  • Memiliki gaya tulisan informatif

Sesuai namanya, teks eksposisi ilustrasi tentunya memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan suatu hal. Hal inilah yang membuat gaya tulisan menjadi bersifat informatif sehingga mampu memberi wawasan pada pembaca.

  • Penggambaran objek secara spesifik

Dalam sebuah teks eksposisi ilustrasi, suatu objek digambarkan dengan sejumlah definisi, langkah-langkah, ataupun metode untuk menjalankan sebuah tindakan. Penggambaran ini lakukan secara nyata dan spesifik pembaca akan mendapatkan penjelasan yang lebih baik dibandingkan jika hanya membaca satu kalimat saja.

  • Menggunakan pola perumpamaan

Karena merupakan ilustrasi, tentunya teks yang disampaikan banyak yang berupa perumpamaan. Akan tetapi, isi penulisan paragraf juga tidak terlepas dari jawaban atas pertanyaan apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana.

  • Terdapat frasa penghubung

Salah satu ciri lain dari teks paragraf eksposisi ilustrasi adalah adanya frasa atau kata-kata penghubung yang menghubungkan antara satu kalimat dengan kalimat lainnya. Frasa penghubung ini misalnya “Sebagai contoh”, “Misalnya”, dan sebagainya.

Berbagai frasa penghubung tersebut semakin menegaskan adanya penggambaran detail secara nyata dan spesifik dari berbagai ide pokok tertulis. Hal inilah yang menjadikan kalimat-kalimat pada teks eksposisi ilustrasi semakin padu menjadi sebuah tulisan yang menarik.

Contoh Teks Paragraf Eksposisi Ilustrasi

Mengenal berbagai teks paragraf eksposisi ilustrasi tentu saja tidak afdol jika tidak disertai dengan contoh-contoh supaya Anda dapat lebih memahami definisi mengenai teks tersebut. Sebenarnya, ada berbagai macam contoh yang dapat ditemui dalam keseharian kita, baik dari surat kabar, buku pelajaran, berita, dan sebagainya.

Sayangnya, menemukan teks eksposisi ilustrasi tidak sejalan dengan pahamnya sejumlah pembaca mengetahui apakah itu termasuk eksposisi ilustrasi atau tidak. Untuk itu, berikut kami sampaikan beberapa contoh teks eksposisi ilustrasi yang semoga dapat membuat Anda semakin paham.

paragraf analogi
  • Teks Eksposisi Ilustrasi tentang Handphone

Kita tentu sudah sangat akrab dengan penggunaan handphone. Adanya handphone membuat berbagai kegiatan manusia dapat dijalankan secara mudah dan cepat. Tidak hanya bertelepon atau mengirim pesan singkat, handphone kini dapat digunakan untuk berinteraksi menggunakan sosial media, berfoto, bahkan melakukan kegiatan perbankan.

Dari ilustrasi di atas dapat terlihat fungsi penggunaan handphone di masa sekarang. Hal ini dapat dilihat dari kalimat terakhir yang mendeskripsikan penggunaan handphone untuk berbagai keperluan manusia. Contoh di atas juga dapat dikembangkan kembali menjadi deskripsi yang lebih luas.

  • Teks Eksposisi Ilustrasi Sifat Jujur

Bagaikan mencari jarum di tumpukan jerami, itulah mungkin gambaran bagaimana mencari orang jujur di dunia politik. Lingkaran korupsi yang banyak terjadi di lingkungan politik sebenarnya membuat siapa pun gerah. Kendati demikian, siapa pun yang masih ‘putih’ kala bergabung dengan dunia politik, nyatanya akan tergerus juga dengan lingkaran sistem yang dinilai kejam tersebut.

Ilustrasi di atas menggambarkan bagaimana sulitnya mencari serta menjadi orang jujur di lingkungan politik, terutama yang berkaitan dengan kegiatan korupsi. Terdapat beberapa perumpamaan dan kiasan yang dilakukan, ini menunjukkan adanya sifat ilustratif pada paragraf tersebut.

  • Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi Tentang Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter dapat dimulai dari mana saja, namun yang paling penting adalah dari dalam keluarga. Ada berbagai contoh yang dapat Anda lakukan sebagai orang tua, salah satunya membiasakan anak mandiri dengan menyuruhnya melakukan beberapa pekerjaan rumah.

Beberapa contoh pekerjaan rumah yang dapat dilakukan di antaranya adalah mencuci baju sendiri, membereskan kamar tidur, hingga menyapu atau mengepel lantai. Meskipun tidak serapi atau sebersih yang Anda mau, namun berbagai ekspresi apresiasi atau imbalan dapat membuat anak semakin termotivasi dan terbiasa.

Ilustrasi yang digambarkan di atas merupakan contoh bagaimana menerapkan pendidikan karakter yang dimulai dari dalam keluarga. Penggambaran aktivitas yang dapat meningkatkan karakter anak tercermin dari paragraf kedua.

  • Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi tebtang Pemanasan Global

Pemanasan global kini menjadi isu penting yang dialami oleh semua umat manusia tanpa terkecuali. Meningkatnya suhu permukaan bumi juga semakin meningkatkan berbagai permasalahan iklim yang berdampak fatal pada manusia.

Mengurangi pemanasan global dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya mendaur ulang sampah, mengurangi penggunaan plastik, hingga melakukan penghematan air. Kita semua wajib melakukan tindakan nyata agar dunia tidak semakin ‘marah’ terhadap manusia.

Menurut ilustrasi di atas, dapat terlihat jika ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi pemanasan global. Selain itu, ada pula ilustrasi kemarahan dunia yang menjadi perumpamaan terhadap apa yang terjadi dan akibatnya terhadap manusia.

  • Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi #5

Gerakan Pramuka Indonesia identik dengan logo tunas kelapa. Logo ini memiliki sarat makna, yakni yang utama yakni mengharapkan segenap anggota Pramuka menjadi insan yang berguna bagi siapa pun, baik bagi sesama makhluk hidup serta bagi nusa dan bangsa.

Selain itu, tunas kelapa atau yang kerap disebut dengan cikal diharapkan dapat menjadi dasar semangat anggota Pramuka sebagai tunas penerus bangsa yang sehat secara jasmani dan rohani sehingga Indonesia menjadi bangsa yang disegani di masa depan.

Mengenai ilustrasi di atas, dapat terlihat jika ada penggambaran makna dari sebuah logo. Penjelasan yang cukup detail menunjukkan bahwa teks paragraf tersebut dapat dikategorikan sebagai paragraf eksposisi ilustrasi.

  • Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi #6

Di masa pandemi, penerapan 5M menjadi salah satu cara yang perlu dilakukan untuk mencegah penularan virus lebih masif. Yang pasti, penerapan langkah-langkah 5M dapat dimulai dari diri sendiri sehingga dapat berdampak luas bagi semua orang.

Adapun 5M yang dimaksud adalah mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menggunakan masker dan hand sanitizer, menghindari kerumunan, menjaga jarak minimal 1 meter, dan mengurangi mobilitas. Semuanya dapat dilakukan secara mudah terlebih dengan banyaknya fasilitas kesehatan yang saat ini juga sudah terjamin.

Kelima komponen pencegahan pandemi di atas haruslah diterapkan secara ketat. Jika semua warga mematuhi dan mengaplikasikannya secara tepat, niscaya pandemi akan segera berakhir dan kehidupan kita akan berjalan normal seperti sedia kala.

Berdasarkan ilustrasi di atas, terlihat deskripsi 5M yang belum banyak diketahui oleh berbagai pihak. Inilah yang menjadi salah satu fungsi teks eksposisi ilustrasi, yakni menjelaskan secara rinci dan spesifik hal-hal yang bersifat ilmiah atau non-fiksi.

pengertian struktur ciri-ciri contoh teks
  • Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi #7

Masyarakat Indonesia saat ini sudah semakin sadar akan pentingnya investasi. Ada berbagai macam investasi yang dapat dilakukan. Yang paling populer misalnya investasi saham, reksadana, hingga tabungan emas baik yang berupa perhiasan ataupun emas batangan. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika menilik dari kemudahan dan minimnya risiko, banyak orang menyarankan untuk menggunakan investasi emas. Selain bisa langsung dijual, harga emas cenderung stabil bahkan menunjukkan tren meningkat. Namun, risiko pencurian atau hilang juga harus tetap diperhatikan meskipun dapat diakali dengan penggunaan brankas.

Dari contoh teks di atas, dapat dilihat bahwa terdapat penjelasan lebih rinci mengenai salah satu jenis investasi yang dapat dilakukan oleh semua orang, yakni investasi emas. Pada contoh ini pula terdapat penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan investasi tersebut sebagai pertimbangan bagi para pembaca yang tertarik.

  • Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi #8

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau yang mencapai lebih dari 17.000 pulau. Bentang geografisnya yang besar membuat Indonesia memiliki beragam adat istiadat serta budaya yang bermacam-macam, mulai dari rumah adat, makanan tradisional, tarian, hingga bahasa.

Selain dari budaya, kekayaan flora dan fauna yang mendiami negara Indonesia juga luar biasa. Sudah banyak tanaman dan hewan endemik Indonesia yang diakui dunia internasional. Tidak mengherankan jika Indonesia kerap mendapat julukan sebagai jamrud khatulistiwa

Kekayaan budaya dan alam yang luar biasa harusnya menjadikan kita bangga. Namun, hal ini juga semakin membuat kita sebagai bangsa menjadi tertantang untuk menjaga serta melestarikannya. Tujuannya, tidak lain dan tidak bukan yakni agar kekayaan tersebut tidak cepat punah dan dapat dinikmati oleh anak dan cucu kita nantinya.

Dapat dilihat pada contoh teks di atas, adanya ilustrasi yang menggambarkan betapa besarnya kekayaan alam serta flora dan fauna yang ada di Indonesia. Perumpamaan ‘jamrud khatulistiwa’ menjadikan kalimat pada paragraf tersebut juga semakin menegaskan kekayaan yang dimiliki.

  • Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi #9

Kepatuhan berlalu lintas sudah seharusnya menjadi kesadaran semua pihak. Dengan demikian, keselamatan berkendara akan semakin meningkat. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang abai dengan berbagai peraturan lalu lintas, misalnya dengan menerobos lampu merah, tidak mengenakan helm bagi pemotor, hingga tidak mengenakan seatbelt saat mengendarai mobil.

Banyaknya peraturan lalu lintas yang diabaikan tentu saja akan berdampak buruk bagi keselamatan transportasi. Akibat yang paling buruk, tentu saja banyaknya kecelakaan yang terjadi karena sejumlah kelalaian masyarakat bahkan tidak sedikit menimbulkan korban jiwa.

Jika tidak dibarengi dengan kesadaran masyarakat dan hukum yang tegas, tentu akan semakin banyak kecelakaan yang dapat terjadi. Oleh karenanya, diperlukan kerja sama berbagai pihak demi terwujudnya iklim berlalu lintas yang baik dan tidak merugikan banyak pihak.

Dari contoh teks ilustrasi di atas, dapat dilihat ketidakpatuhan apa saja yang terjadi dan apa akibatnya. Informasi yang diberikan juga spesifik dan nyata. Terdapat pula ide pokok kalimat di setiap paragraf beserta setiap kalimat penjelas yang menunjukkan bahwa teks di atas merupakan teks eksposisi ilustrasi.

kuliah
  • Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi #10

Berbicara mengenai contoh kerja sama yang baik, tentunya kita dapat mencontoh perilaku semut. Seperti yang kita ketahui, semut merupakan hewan berkoloni yang rajin bekerja dan terkenal suka bergotong royong demi mendapatkan pasokan makanan.

Semangat gotong royong ini hendaknya dicontoh demi kepentingan bersama. Kesuksesan tim berasal dari peran masing-masing anggota. Jika kompak, maka tujuan grup akan dapat tercapai secara mudah, namun jika sebaliknya, maka kelompok akan tercerai berai dan tidak mencapai tujuan yang diinginkan.

Ilustrasi di atas sudah cukup membuktikan bahwa terdapat penggambaran dan perumpamaan seputar kerja sama semut yang dapat dicontoh oleh manusia. Di sinilah terlihat adanya suatu penggambaran yang mencirikan sebuah teks atau paragraf eksposisi ilustrasi.

  • Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi #11

Ilmu pengetahuan ibarat pisau bermata dua. Jika menggunakannya untuk hal-hal yang baik, maka berbagai ilmu pengetahuan itu akan senantiasa memberikan manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Akan tetapi jika digunakan untuk hal-hal yang kurang baik, maka yang terjadi adalah kerugian.

Tidaklah mengherankan jika banyak orang menganggap bahwa saat ini lebih banyak diperlukan orang jujur daripada orang pintar. Hal ini juga tidak terlepas dari banyaknya kasus kejahatan seperti korupsi dan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh orang-orang dengan strata akademik yang tinggi.

Jika menilik dari contoh paragraf di atas, dapat terlihat adanya penggambaran dari ilmu pengetahuan yang divisualisasikan dengan pisau bermata dua. Selain itu, penjelasan lebih detail mengenai alasan perumpamaan tersebut juga dapat dilihat dari beberapa kasus yang melibatkan orang dengan ilmu pengetahuan yang dianggap luas.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi tentang Pendidikan

Berbicara mengenai proses pendidikan ibarat menanam sebuah pohon. Sebelum menjadi pohon yang tinggi menjulang, pohon tersebut hanya merupakan sebuah biji kecil yang kemudian mendapatkan proses panjang seperti penyiraman dan pemupukan secara rutin dan telaten.

Itulah pula yang menjadi esensi pendidikan saat ini dan harus dipahami oleh semua kalangan, termasuk pendidik dan orang tua. Pendidikan sejatinya memang merupakan proses yang lama dan berkelanjutan. Diperlukan kerja sama dari berbagai pihak untuk menyukseskan pendidikan itu sendiri supaya hasil yang diterima akan maksimal.

Dari contoh teks eksposisi ilustrasi di atas, dapat dilihat jika terdapat perumpamaan mengenai pendidikan yang digambarkan pada proses pertumbuhan pohon. Dengan demikian, dapat disimpulkan jika ciri-ciri teks eksposisi ilustrasi tergambarkan dengan jelas pada paragraf tersebut.

advertisement

Demikian beberapa contoh paragraf eksposisi ilustrasi yang dimaksud beserta pengertian dan ciri-ciri yang perlu Anda pahami. Semoga semakin meningkatkan pemahaman Anda terhadap salah satu jenis teks yang ada pada kehidupan sehari-hari. Selamat belajar!

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp
Tinggalkan komentar