3 Contoh Teks Inspiratif tentang Lingkungan dan Strukturnya

Butuh bacaan yang dapat memotivasi atau bisa memberi inspirasi? Teks inspiratif bisa menjadi bacaan yang menarik untuk Anda. Ada banyak jenis bacaannya, seperti contoh teks inspiratif tentang lingkungan atau topik-topik menarik lainnya yang dapat memberikan inspirasi atau motivasi ketika Anda membacanya.

Teks inspiratif ini tentu berbeda dengan jenis teks lainnya karena penulisannya pun memiliki kaidah tertentu. Penasaran apa itu teks inspiratif? Berikut ulasan selengkapnya mengenai pengertian, jenis-jenis, ciri-ciri, dan struktur teks inspiratif yang perlu diketahui.

Definisi Teks Inspiratif

Teks inspiratif atau bisa juga disebut sebagai teks inspirasi merupakan jenis teks yang berisi ide atau gagasan yang dapat menambah semangat untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Contoh Teks Inspiratif tentang Lingkungan

Penulisan teks inspirasi bertujuan untuk meningkatkan semangat, rasa percaya diri, dan motivasi untuk menghadapi segala tantangan yang mungkin ditemui dalam perjalanan mencapai suatu tujuan.

Jenis teks inspiratif dapat ditemui dalam berbagai buku bacaan, seperti majalah, buku biografi, artikel, hingga bacaan yang dibagikan di media sosial mengenai kisah hidup seseorang. Fungsi teks inspiratif diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada orang lain setelah membacanya.

Jenis-jenis Teks Inspiratif

Setelah mengetahui definisi dari teks inspiratif, ada beberapa jenis teks yang perlu Anda pahami. Berikut jenis-jenis teks inspiratif dan penjelasan lengkapnya.

  • Jenis teks inspiratif berdasarkan sifat peristiwa

Berdasar peristiwanya, jenis teks inspiratif terbagi menjadi dua yaitu teks nonfiksi dan fiksi.

  • Nonfiksi

Teks nonfiksi adalah jenis teks inspiratif yang menceritakan peristiwa nyata seseorang dengan latar sebenarnya.

  • Fiksi

Sedangkan teks fiksi adalah jenis teks inspiratif yang dibuat berdasarkan kisah fiksi atau khayalan penulis.

  • Jenis teks inspiratif berdasarkan tokoh

Terdapat tiga jenis teks inspiratif berdasarkan tokohnya. Ada teks inspiratif dengan orang terkenal, binatang, dan sufi.


  • Orang terkenal

Jenis teks inspiratif ini menceritakan mengenai kisah-kisah inspirasi dari tokoh-tokoh terkenal. Contohnya kisah inspiratif dari ilmuwan dunia hingga pengubah peradaban.

  • Sufi

Jenis teks inspiratif yang tergolong sufi adalah teks yang menceritakan ahli agama atau tokoh-tokoh sufi.

  • Binatang

Jenis teks inspiratif ini dibuat dengan perwujudan tokoh binatang atau fabel.

contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan rumah kebun belakang rumah

Ciri-ciri Teks Inspiratif

Jika ingin membedakan teks inspiratif dengan jenis teks lainnya, Anda bisa memahami dulu seperti apa ciri-ciri dari teks inspiratif. Berikut beberapa ciri dari teks inspiratif yang perlu Anda ketahui.

  • Umumnya diangkat dari kisah nyata

Pada umumnya teks inspirasi diangkat dari kisah nyata seorang tokoh. Tujuannya adalah memberikan inspirasi dan gambaran mengenai hal-hal positif dari tokoh yang ada di dunia nyata sehingga pembaca bisa ikut merasakannya.


  • Memiliki judul yang menarik

Pada setiap bacaan atau teks tentunya harus ada judul untuk dapat mengidentifikasi gambaran dari isi bacaan. Teks inspiratif biasanya memiliki judul yang menarik yang menggambarkan kisah inspirasi apa yang dibahas.

  • Memiliki tema tertentu

Penulisan teks inspiratif memiliki tema tertentu yang dikembangkan menjadi sebuah kisah yang dapat memberi inspirasi kepada pembaca.

  • Memiliki alur menarik

Ciri-ciri teks inspiratif memiliki alur cerita yang menarik, dimulai dari awal, inti, hingga akhir cerita. Penulisan yang dibuat dengan urutan waktu kejadian sehingga teks inspirasi juga disebut juga sebagai teks cerita.

  • Bersifat naratif

Teks inspiratif memiliki ciri-ciri berupa penulisannya yang bersifat naratif karena menguraikan suatu peristiwa dengan urutan kejadian awal hingga akhir.

  • Ada tokoh yang diceritakan

Ciri-ciri teks inspiratif adalah adanya tokoh yang diceritakan dengan latar belakang dan kisah hidupnya yang dapat dijadikan suri teladan untuk pembaca.

Struktur Teks Inspiratif

Teks inspirasi juga seperti teks lainnya yang memiliki struktur-struktur tertentu. Bagi Anda yang ingin membuat teks inspirasi, berikut strukturnya yang perlu dimasukkan.

  • Abstraksi

Bagian pertama adalah abstraksi yang berisi deskripsi singkat mengenai isi teks. Struktur teks inspiratif ini bersifat opsional, artinya bisa ditulis maupun tidak. Namun pada kebanyakan teks inspiratif tidak mencantumkan bagian ini.

  • Orientasi

Berikutnya adalah bagian orientasi yang merupakan struktur teks inspirasi untuk memperkenalkan tokoh, latar waktu, latar tempat, dan latar suasana dari tokoh yang akan dibahas. Pengenalan tokoh terdapat pada paragraf pertama dan latar terdapat pada paragraf kedua.

  • Komplikasi

Pada bagian komplikasi diceritakan mengenai tahap pemunculan berbagai masalah. Komplikasi dalam teks inspiratif berisi problematik yang dialami oleh tokoh.

  • Resolusi

Struktur teks inspirasi ini berisi tentang penyelesaian masalah atau konflik yang dilakukan tokoh terhadap permasalahan yang dihadapinya.

  • Koda

Bagian terakhir adalah koda yang berisi kesimpulan dari keseluruhan peristiwa termasuk konflik yang terjadi. Pembaca dapat memetik pesan moral dari bagian koda teks inspiratif.


contoh membuat laporan tugas

Contoh Teks Inspiratif

Contoh Teks Inspiratif tentang Lingkungan Sekolah

Orientasi:
Puji Rahayu adalah salah satu siswa kelas VI di sekolah dasar yang ada di Desa Sukamaju. Dia merupakan anak semata wayang dari seorang buruh serabutan. Ibunya sudah meninggal ketika usianya masih 3 tahun.

Komplikasi:
Beberapa bulan menjelang ujian nasional, ayahnya mengalami kecelakaan sehingga tidak bisa lagi bekerja. Puji dan ayahnya termasuk transmigran sehingga tidak memiliki keluarga di dekat tempat tinggalnya. Puji memikirkan bagaimana cara mereka untuk tetap bisa makan. Dia harus bekerja tetapi dia tidak ingin berhenti sekolah. 

Resolusi:
Ketika ada orang tua dari salah satu teman sekolahnya datang membawa makanan untuk Puji dan ayahnya, puji pun memikirkan ide untuk jualan makanan. Puji menantang dirinya untuk tetap sekolah dan sepulang sekolah dia berjualan makanan untuk mendapatkan uang.

Koda:
Beberapa bulan dia harus sekolah sambil berjualan dilakukannya hingga sampai selesai ujian. Pada pengumuman kelulusan, Puji dipanggil oleh kepala sekolah untuk naik ke atas panggung karena berhasil lulus dengan nilai terbaik. Kisahnya yang sudah diketahui hingga pemerintah daerah membuatnya mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan dan bantuan sosial untuk kehidupannya bersama sang ayah.

Contoh Teks Inspiratif tentang Lingkungan Alam

Orientasi:
Pamungkas merupakan seorang mahasiswa teknik yang tinggal di sebuah desa industri tahu. Banyak tetangganya yang bekerja sebagai pengrajin tahu.

Komplikasi:
Semakin banyak tempat pembuatan tahu yang berdiri di desanya. Tempat pembuangan yang semakin terbatas pun membuat banyak orang menggunakan aliran sungai untuk membuang limbah cair dari pabrik tahu. Sungai menjadi semakin tercemar karena setiap hari banyak limbah yang mengalir disana.

Resolusi:
Pamungkas mencari banyak informasi mengenai limbah tahu yang mencemari lingkungannya. Dia pun memikirkan cara untuk mengolah limbah tersebut agar tidak merusak lingkungan. Berdasarkan riset dan pengetahuan yang didapat dari berbagai sumber, Pamungkas mulai membuat sumur gas untuk mengelola limbah cair tahu.

Koda:
Berkat kegigihan dan bantuan dana dari pemerintah, kini ide sumur gas dari Pamungkas sudah diterapkan untuk mengelola lebih banyak limbah. Adanya sumur gas ini membuat limbah tidak dibuang ke sungai sehingga air sungai kembali bersih. Masyarakat pun mendapatkan nilai ekonomis tambahan karena bisa memanfaatkan gas dari limbah tahu pengganti gas elpiji.

Editor Choices :

— — —
Itulah beberapa informasi mengenai teks eksplanasi secara lengkap. Anda bisa mempelajari dari contoh teks inspiratif tentang lingkungan untuk membuat teks inspiratif yang lain.

Komentar / Pertanyaan