3 Contoh Teks Persuasif tentang Lingkungan dan Strukturnya

Apakah kamu pernah membaca tulisan yang membuat kamu merasa ingin mengikuti apa isi dari tulisan tersebut? Salah satunya tulisan untuk membuang sampah pada tempatnya. Itu adalah salah satu contoh teks persuasif tentang lingkungan.

Singkatnya, teks persuasif memiliki kekuatan untuk mengajak pembaca mengikuti isi dari tulisan tersebut. Teks-teks persuasif ini juga banyak ditemukan pada tulisan-tulisan yang tujuannya untuk promosi. Kamu bisa menemukannya di media sosial dan beberapa tempat umum.

Pengertian dan Contoh Teks Persuasif Tentang Lingkungan?

Sebelum membahas mengenai contoh teks persuasif yang membahas tentang lingkungan, maka kamu perlu memahami terlebih dahulu apa pengertian teks persuasif. Tujuannya agar kamu lebih bisa memahami tujuan dari teks persuasif dan perbedaannya dengan jenis teks lainnya.

Contoh Teks Persuasif Tentang Lingkungan

Pengertian teks persuasif.
Persuasif berasal dari kata “persuasi” yang berarti komunikasi yang digunakan untuk mempengaruhi dan meyakinkan orang lain atau pembaca. Secara lebih dalam, teks persuasif ini memiliki pengaruh atau dampak terhadap psikologi pembaca.

Prinsip dari teks persuasif ini adalah menyampaikan informasi kepada pembaca, serta berinteraksi secara tidak langsung, dimana kedua belah pihak sama-sama memahami dan sepakat untuk melakukan sesuatu yang memiliki dampak bagi kedua pihak tersebut.

Oleh karena itu, yang terpenting dari teks persuasif adalah bisa menyampaikan pesan tersirat tersebut kepada pembaca agar bisa dipahami, dimengerti, dan dipercayai. Ini tentu bukan hal yang mudah, apalagi tujuannya adalah menyentuh psikologis dan pikiran pembaca.

Apa Saja Struktur Teks Persuasif?

Untuk lebih memahami bagaimana cara menulis teks persuasif, berikut adalah struktur teks persuasif, mengacu pada definisi dari Kementerian dan Kebudayaan RI:

a. Pengenalan Isu

Struktur yang pertama adalah pengenalan isu, isinya mengenai pengantar tulisan secara umum, dan hal-hal yang melatarbelakangi tulisan tersebut. Inti dari isu atau masalah yang ingin ditulis masih disampaikan secara mendasar dan tidak secara jelas.

b. Rangkuman Argumen

Selanjutnya, kamu juga harus menggunakan rangkuman argumen sebagai alat atau senjata untuk mempengaruhi pembaca. Supaya nilai atau pesan yang ingin disampaikan pada teks yang kamu tulis bisa tersampaikan.

Untuk memberikan penekanan dan meyakinkan pembaca, kamu juga bisa menyertakan argumen, data, analisis data dan fakta-fakta yang bisa mendorong pembaca untuk memiliki perhatian terhadap tulisan yang kamu buat.


c. Pernyataan Ajakan

Struktur yang ketiga ini adalah inti dari teks persuasif, pernyataan ajakan ini adalah poin paling penting dalam struktur teks ini. Ini adalah pernyataan mengenai tujuan dari teks persuasif, baik disampaikan secara tersurat maupun tersirat.

Artinya, kamu bisa menyampaikan kalimat ajakan tersebut secara langsung kepada pembaca dengan kalimat yang lugas. Atau menuliskan dengan cara tersirat, menggunakan pengolahan kata yang bisa dipahami oleh pembaca.

d. Penegasan atau Pernyataan Kembali

Tahap atau struktur yang terakhir adalah penegasan atau pernyataan kembali, yang intinya memberikan penekanan terakhir pada teks persuasif tersebut. Struktur yang terakhir ini bisa berisi kesimpulan, atau penarikan makna atas tulisan sebelumnya.

Biasanya menggunakan kata pembuka “demikian”, “demikianlah”, “oleh karena itu”, dan lain sebagainya. Intinya kalimat terakhir ini menjadi senjata pamungkas untuk melengkapi kalimat-kalimat sebelumnya agar bisa meyakinkan pembaca.


Contoh Teks Persuasif Tentang Lingkungan beserta strukturnya

Contoh Teks Persuasif Tema Lingkungan

Untuk memberikan gambaran kepada kamu mengenai bentuk teks persuasif, agar kamu lebih mudah memahaminya, berikut adalah tiga contoh teks persuasif dengan tema lingkungan

1. Jaga Bumi Kita Dari Polusi Udara!

Pengenalan Isu:
Kamu pasti pernah membaca koran, artikel, atau mendengar berita bahwa udara yang ada di bumi sudah tercemar. Pencemaran udara ini disebabkan oleh perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab dan tidak memiliki kesadaran tentang kesehatan lingkungan.

Rangkaian Argumen:
Penyebabnya adalah asap kendaraan yang terus meningkat baik motor maupun mobil, asap pembuangan sisa industri di pabrik-pabrik, dan bekas pembuangan lainnya. Kemudian diperparah dengan minimnya lingkungan hijau atau tanaman yang menghasilkan oksigen.

Salah satu dampak paling nyata dari polusi udara adalah kesehatan paru-paru. Karena terus menerus menghirup udara yang sudah tercemar, maka paru-paru akan bermasalah. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pencegahan sebelum pencemarannya semakin parah.

Ajakan:
Kamu bisa mulai dari hal-hal kecil, seperti meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor dan menggantinya dengan sepeda atau berjalan kaki jika jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh. Lalu mulai menanam pohon dan tanaman untuk membersihkan udara.

Penegasan:
Jika kamu ingin memiliki peran yang lebih besar untuk mencegah polusi udara semakin parah, kamu juga bisa mengikuti volunteer tentang kesehatan lingkungan. Serta memberikan sosialisasi kepada masyarakat pentingnya menjaga kesehatan udara, karena efeknya pada kesehatan paru-paru.

Contoh Teks Persuasif Tentang Lingkungan dan strukturnya

2. Buang Sampah Sembarangan, Lingkungan Bau!

Pengenalan Isu:
Apakah kamu pernah melewati suatu daerah atau jalan dan mencium bau tidak sedap atau bahkan bau busuk dari tumpukkan sampah? Tumpukan sampah yang menggunung menyebabkan bau yang tidak sedap di lingkungan sekitarnya.

Rangkaian Argumen:
Pemerintah padahal sudah menyiapkan titik-titik pembuangan sampah yang jauh dari pemukiman warga. Namun masih ada saja warga yang ngeyel dan asal menumpuk sampah di sembarang tempat. Hal itu kemudian ditiru oleh warga lain dan dilakukan terus menerus tanpa pernah diurus.

Akibatnya, tumpukkan sampah semakin banyak, sampah organik akan membusuk, dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Sampah anorganik akan tetap utuh namun menjadi sarang penyakit, karena menjadi tempat berkembangnya nyamuk dan lalat.

Jika dilakukan terus menerus, hal ini tidak hanya berdampak pada kondisi lingkungan sekitar. Tapi juga kesehatan masyarakat yang ada di sekitar tempat pembuangan sampah tersebut. Nyamuk bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Lalat yang berasal dari tumpukan sampah dan kemudian hinggap di makanan juga menyebabkan penyakit.

Ajakan dan penegasan:
Oleh karena itu, ayo bersama-sama mulai untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Ajak keluarga, teman, saudara, tetangga dan orang-orang di sekitar kamu untuk mulai memperhatikan kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar tempat tinggal.


3. Mulai Dengan Sebatang Pohon, Untuk Cegah Longsor!

Pengenalan Isu:
Beberapa waktu lalu, bencana tanah longsor agaknya marak terjadi di beberapa daerah di Indonesia karena hujan lebat terus menerus. Longsor yang terjadi di pemukiman padat penduduk menyebabkan korban jiwa dan kerusakan pada bangunan penduduk.

Rangkaian Pendapat:
Kita tidak boleh abai, kita perlu memperhatikan lingkungan kita dan peduli terhadap kondisinya. Selain hujan lebat, tanah longsor juga terjadi pada dataran dengan posisi yang miring serta kondisi lahan yang gundul.

Akar pohon membantu menguatkan bumi karena ia menancap dan menahan tanah di sekitarnya untuk tetap kuat ketika terkena hujan lebat terus menerus. Ketika lahannya gundul, maka tanah tidak memiliki penahan sehingga terjadi longsor.

Kalimat Ajakan:
Oleh sebab itu, untuk mencegah terjadinya longsor, kamu bisa memulai dengan menanam pohon dari sekarang! Ajak rekan-rekanmu untuk menanam pohon, buatlah acara untuk mengajak masyarakat menanam pohon bersama-sama.

Penegasan:
Hijaukan bumi, satu akar pohon yang kamu tanam akan memberikan manfaat untuk bumi, lingkungan, manusia, dan alam sekitar! Hidup lebih baik untuk anak cucu dan generasi selanjutnya.

Editor Choices :

Apakah kamu bisa memahami penjelasan mengenai pengertian, struktur, dan contoh teks persuasif tentang lingkungan tersebut? Untuk gaya penulisan teks persuasif bertema lingkungan tentu berbeda dengan tema iklan atau promosi.

Komentar / Pertanyaan