Contoh Teks Cerita Sejarah Candi Borobudur beserta Strukturnya

Artikel berikut ini akan membahas tentang contoh teks cerita sejarah candi Borobudur dan candi lainnya yang ada di Indonesia lengkap beserta struktur teks yang dimilikinya.

Definisi dari teks cerita sejarah yaitu merupakan sebuah teks yang memberikan penjelasan berisi fakta serta kejadian yang terjadi di masa lampau.

Terutama mengenai asal usul suatu hal yang memiliki nilai sejarah seperti misalnya cerita yang mengubah peradaban dunia, peninggalan sejarah atau kisah pahlawan dan lain sebagainya.

Contoh Teks Cerita Sejarah Candi Borobudur

Teks Cerita Sejarah dan Struktur Lengkap Pembangun Teks Cerita

Lalu seperti apa urutan dari teks cerita sejarah dengan strukturnya yang benar? Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya Kami bagikan untuk Anda. Perlu diketahui bahwa struktur teks cerita sejarah terdiri dari tiga poin utama yaitu :

a. Orientasi

Adalah bagian pembuka yang terdapat pada teks berita sejarah untuk memahami bagian teks cerita sejarah. Maka pada bagian pendahuluan berisi tentang pengenalan para tokoh, suasana cerita sejarah sekaligus waktu kejadian sejarah tersebut terjadi. Anda juga bisa menambahkan keterangan tempat dimana sejarah tersebut terjadi, sehingga bagian pendahuluan teks cerita bisa dipahami dengan baik.

b. Urutan peristiwa

Merupakan bagian teks sejarah yang berisi tentang penjelasan lengkap, uraian, gambaran serta cerita tentang peristiwa sejarah yang terjadi. Dan karena sangat berkaitan dengan sebuah peristiwa atau kejadian sejarah maka teks tersebut memiliki sifat narasi.

Dalam uraian teks sejarah tersebut akan terdapat unsur yang mengandung urutan sejarah latar belakang dan hal-hal lainnya yang menjadi pendukung dari terjadinya sejarah tersebut sesuai fakta dan data yang ada.

c. Reorientasi


Pada bagian terakhir dari teks sejarah biasanya diisi dengan bagian penutup yang memiliki kandungan berupa pendapat subjektif dari penulis atau komentar dan kesimpulan mengenai peristiwa sejarah tersebut dari berbagai sumber yang akurat.

Diketahui pada bagian penutup atau bagian ketiga ini penulis menjadikan sudut pandang yang dimilikinya menjadi penjelasan sejarah secara khusus, yang disampaikan pada setiap orang yang membaca teks sejarah tersebut.

Contoh Teks Sejarah Candi Peninggalan Sejarah Indonesia

Di bawah ini adalah beberapa teks cerita sejarah tentang beberapa candi bersejarah yang ada di Indonesia.

1. Contoh Teks Cerita Sejarah Candi Borobudur

  • Orientasi

Candi Borobudur seperti yang kita kenal menjadi salah satu keajaiban dunia yang terkenal dari Indonesia. Candi yang berbentuk tumpukan batu besar menyerupai piramida besar adalah peninggalan terbesar dari agama Buddha yang ada di dunia yang dibangun sekitar tahun 824 Masehi pada masa pemerintahan Raja Samaratungga dari kerajaan Wangsa Syailendra.

  • Urutan peristiwa

Untuk diketahui Candi Borobudur adalah peninggalan agama Budha yang di dalamnya terdapat sekitar 54 patung Budha, 1 stupa induk dan sekitar 72 stupa terawang. Candi Borobudur memiliki desain arsitektur Gupta yang memberikan kesan gaya bangunan khas India.


Dari UNESCO sendiri sudah mengakui bahwa Candi Borobudur ini merupakan sebuah monumen agama Buddha yang paling besar di Indonesia sekaligus dunia sekaligus mengakui kemegahan yang dimilikinya. Bahwa dalam pembangunan candi ini tercatat sekitar 60.000 m³ batuan vulkanik yang dipakai untuk menjadi struktur bangunan candi. Yang mana sumbernya adalah berasal dari Sungai Elo dan Progo yang berlokasi sekitar 2 km dari sebelah timur candi Borobudur dan pada saat tersebut belum ada sistem metrik sehingga pembangunan dilakukan dengan menggunakan tenaga manusia secara manual.

Pembangunan candi Borobudur dibutuhkan waktu sekitar 75 tahun lamanya yang berada di bawah instruksi dari arsitek Gunadarma secara langsung.

  • Reorientasi

Sehingga dari penjelasan yang disebutkan di atas bisa diambil kesimpulan bahwa teks sejarah memiliki ciri khusus diantaranya adalah diceritakan secara urut, kemudian teks cerita mengandung cerita yang diceritakan ulang, bahwa dalam teks sering menggunakan kata penghubung, memiliki isi mengandung fakta dan data yang didapatkan dari sumber-sumber yang dikumpulkan terlebih dahulu dan yang ciri yang terakhir adalah struktur teks pastinya memiliki orientasi urutan peristiwa dan reorientasi dalam contoh teks cerita sejarah candi Borobudur.

Contoh Teks Cerita Sejarah Candi Borobudur dan Candi Prambanan

2. Contoh Teks Cerita Sejarah Candi Prambanan

  • Orientasi

Candi Prambanan adalah sebuah peninggalan sejarah yang sangat berharga bagi negara Indonesia. Dikenal memiliki bangunan yang cukup megah dan kokoh, Candi Prambanan mempunyai kilasan sejarah yang penting untuk negara Indonesia secara umum dan khusus.

Candi Prambanan ini dibangun dengan tujuan memberikan penghormatan secara khusus pada Dewa yang berjumlah 3 atau yang biasa disebut dengan Trimurti yaitu Dewa Siwa dewa Wisnu dan dewa Brahmana. Selain itu Candi Prambanan ini juga dijadikan simbol dari peresmian kerajaan dinasti Sanjaya yang pada saat itu memulai pemerintahan barunya.

Candi Prambanan ini dibangun pada sekitar tahun 850 Masehi. Di mana pembangunannya diprakarsai oleh Rakai Pikatan yaitu seorang tokoh yang berasal dari dinasti Sanjaya yang kemudian dalam berjalannya waktu pembangunan dilanjutkan oleh Balitung Maha Sambu di periode Kerajaan Medang.

  • Urutan peristiwa

Bahwa ulasan sejarah tentang Candi Prambanan sudah tertulis dengan jelas dalam sebuah prasasti yang bernama Siwagrha. Yang mana di dalamnya mengandung isi tentang urutan peristiwa peperangan yang terjadi antara Balaputradewa yang berasal dari masa pemerintahan Dinasti Syailendra dengan Rakai Pikatan yang berasal dari pemerintahan Dinasti Sanjaya.

Di mana perang tersebut kemudian akhirnya dimenangkan oleh Rakai Pikatan dari Dinasti Sanjaya, sehingga secara otomatis Rakai Pikatan yang memiliki hak untuk memimpin dan meneruskan pemerintahan di tanah tersebut.

Diketahui Candi Prambanan sendiri beberapa kali telah mengalami kerusakan yang terjadi diakibatkan oleh adanya bencana alam yaitu gempa dan gunung meletus.

  • Reorientasi

Candi Prambanan pernah mengalami kerusakan dan tak terurus namun kemudian oleh pemerintah setempat mendapatkan perbaikan kemudian mulai kembali dikenal setelah seseorang dari Belanda yang bernama C. A. Lons berkunjung ke lokasi tersebut. Namun di samping itu Dinasti Sanjaya juga sudah memindahkan daerah kekuasaannya menuju ke daerah Jawa Timur.

Contoh Teks Cerita Sejarah Gedong Songo
Contoh Teks Cerita Sejarah Gedong Songo

3. Contoh Teks Cerita Sejarah Candi Gedong Songo

  • Orientasi

Nama Gedong Songo memiliki asal muasal dari bahasa Jawa yang mengandung arti gedung yaitu bangunan dan songo yaitu sembilan. Candi Gedong Songo merupakan sebuah nama komplek candi yang memiliki corak agama Hindu dan berlokasi di desa Candi, kecamatan Bandungan, kabupaten Semarang.


Menurut catatan sejarah candi ini ditemukan oleh Thomas Stamford Raffles pada tahun 1804. Yang mana kemudian hingga saat ini Candi Gedong Songo menjadi salah satu tujuan wisata religi yang populer yang ada di kota Semarang.

  • Urutan peristiwa

Candi ini adalah peninggalan sejarah dari masa pemerintahan Kerajaan Mataram kuno yang dibangun sekitar abad ke-8 Masehi. Candi ini dibangun oleh Rakai Mataram sang Ratu Sanjaya Raja di awal pemerintahan yang dimilikinya. Meski begitu candi peninggalan dari agama Hindu ini awal mulanya hanya ditemukan berupa tujuh buah bangunan candi sehingga awalnya hanya memiliki nama Candi Gedong Pitu.

Yang kemudian sekitar tahun 1908 hingga 1911, seorang arkeolog yang berasal dari Belanda yang bernama Van Stein Callenfells mendapatkan kembali dua bangunan candi sebagai tambahan. Barulah setelah itu kemudian namanya berubah menjadi Candi Gedong Songo. Candi ini pernah mendapatkan perbaikan atau pemugaran sejumlah 2 tahapan.

Untuk perbaikan atau pemugaran yang pertama dilakukan pada masa pemerintahan kolonial Belanda tepatnya pada tahun 1928 hingga 1929. Kemudian pemugaran yang kedua dilakukan pada masa pemerintahan Indonesia yaitu pada tahun 1972 hingga 1982.

  • Reorientasi

Bahwa Indonesia memiliki candi peninggalan agama Hindu yang hingga kini masih terawat dengan baik dan menjadi salah satu situs wisata sejarah dan situs wisata religi yang banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.

Contoh Teks Cerita Sejarah Komplek Candi Dieng
Contoh Teks Cerita Sejarah Komplek Candi Dieng

4. Contoh Teks Cerita Sejarah Candi Dieng

  • Orientasi

Adalah sebuah kompleks candi yang berlokasi di dataran tinggi Dieng kurang lebih berada di ketinggian sekitar 2000 meter di atas permukaan laut. Area kompleks candi ini sangat luas dengan panjang sekitar 1900 meter dan lebar sekitar 800 meter, yang mana menjadi salah satu Candi paling tua yang ada di pulau Jawa yang pembangunannya dilakukan pada abad ke-7 sampai ke-9.

  • Urutan peristiwa

Candi Dieng adalah candi yang menjadi peninggalan sejarah dari agama Hindu dengan memiliki aliran Syiwa. Yang mana candi ini dibangun pada masa pemerintahan Kerajaan Kalingga pada dinasti Wangsa Sanjaya. Selain candi Dieng Anda harus mengetahui bahwa ada beberapa candi peninggalan agama Hindu lainnya yang ada di Indonesia, seperti Candi Cetho dan Candi Penataran.

Candi Dieng sendiri terdiri dari delapan candi yang memiliki ukuran kecil yang mana nama dan sejarah berdirinya candi tersebut masih menjadi misteri masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan terbatasnya sumber dan sedikitnya penemuan situs sejarah yang bisa mengungkap sejarah dibalik keberadaan candi tersebut.

Meski demikian masyarakat lokal kemudian menamai candi-candi yang ada di Dieng tersebut dengan menggunakan nama tokoh pewayangan yang terkenal diantaranya seperti Gatotkaca, Arjuna, Bima, Dwarawati dan lain sebagainya.

Penemuan candi Dieng sendiri diawali dengan sebuah prasasti dengan kandungan angka yang terjadi pada tahun 808 Masehi. Tercatat prasasti tersebut adalah prasasti paling tua yang menggunakan tulisan Jawa kuno sehingga kemudian para ilmuwan sejarah memberikan kesimpulan bahwa candi Dieng merupakan sebuah Candi yang dibangun pada masa pemerintahan raja Wangsa Sanjaya.

Selain itu di wilayah candi Dieng juga ditemukan sebuah arca Dewa Syiwa yang saat ini disimpan di Museum Nasional yang berada di Jakarta. Pembangunan candi Dieng ini diprediksi dilakukan dengan melalui dua tahapan yang pertama adalah tahapan yang dilakukan pada masa pertengahan abad ke-7 hingga awal abad ke-8. Pembangunannya diketahui meliputi candi Srikandi, candi Semar, candi Gatotkaca dan Candi Arjuna.

Untuk tahapan pembangunan candi yang kedua dilanjutkan sekitar akhir abad ke-8 yaitu sekitar tahun 780 masehi. Awalnya diprediksikan candi Dieng memiliki jumlah sekitar 400 buah candi saja, namun untuk saat ini tersisa hanya 8 candi yang bisa kita lihat secara langsung .

  • Reorientasi

Menurut catatan sejarah candi Dieng pernah ditemukan kembali dalam kondisi terendam oleh air telaga, kemudian setelah itu dilakukan upaya pengeringan untuk mempelajari kembali struktur dari sejarah candi Dieng. Selanjutnya pada saat pemerintahan Hindia Belanda dilakukan pembersihan bagian-bagian candi hingga candi Dieng bisa kita lihat secara langsung saat ini.

Apa Fungsi Candi di Indonesia ?

Candi Sebagai Tempat Pemujaan,
Candi Sebagai Tempat Pendharmaan/memuliakan arwah,
Candi Sebagai Tempat Pemandian,
Candi Sebagai Tempat Pertapaan,
Candi Sebagai Tempat Wihara tempat tinggal dan bersemadi.

Editor Choices :

Sekian ulasan tentang contoh teks cerita sejarah candi Borobudur dan beberapa candi yang ada di Indonesia lengkap beserta struktur yang dimilikinya.

Komentar / Pertanyaan