Teks Deskripsi tentang Candi Borobudur dan Prambanan

Menulis teks deskripsi tentang Candi Borobudur perlu memperhatikan struktur penulisannya yang benar. Oleh sebab itu, langkah awal untuk bisa menulis tes deskripsi adalah memahami terlebih dahulu apa itu teks deskripsi.

Sebelum menulis tes deskripsi, juga perlu melakukan pengamatan atau identifikasi terhadap benda atau peristiwa yang akan dibahas. Deskripsi memuat gambaran terhadap objek yang sudah diamati, baik yang dilihat, diraba, atau dirasakan.

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang berisi gambaran dari sesuatu objek atau peristiwa yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Tujuannya agar pembaca dapat ikut melihat, merasakan, mencium, dan mendengar melalui apa yang dituliskan dalam teks deskripsi.

Teks Deskripsi Candi Borobudur dan Prambanan

Melalui pengamatan, baik indera penglihatan, pendengaran, penciuman, dan perasan, penulis dapat menggambarkan atau melukiskan secara tertulis apa yang sudah diamati.

Contoh Teks Deskripsi

Dalam teks deskripsi terdapat penggambaran atau penjelasan sesuatu secara mendetail dan melibatkan panca indera. Tulisannya berusaha untuk pembaca dapat merasakan adegan atau peristiwa yang dijelaskan. Lebih jelasnya bisa dilihat pada contoh teks deskripsi tentang Candi Borobudur berikut.

Contoh Teks Deskripsi tentang Candi Borobudur

Judul: Candi Borobudur

Deskripsi:
Candi Borobudur merupakan tempat bersejarah yang terkenal sebagai candi peninggalan agama Budha terbesar di dunia. Bangunan berusia ratusan tahun ini juga menjadi satu dari tujuh keajaiban dunia UNESCO.

Diperkirakan Candi Borobudur dibangun sekitar abad ke 8-9 pada dinasti Syailendra. Struktur bangunannya dibuat seperti punden berundak yang dibangun di atas sebuah bukit Kedu. Semakin ke atas bangunannya semakin mengecil dengan di setiap arah mata anginnya terdapat tangga.

Candi setinggi 35,40 meter ini memiliki relief Budha yang diklaim paling banyak dan paling lengkap di dunia. Terdapat 2.672 panel relief naratif dan dekoratif, serta dihiasi dengan 504 arca Budha.

Panel relief naratif pada Candi Borobudur berupa huruf-huruf Jawa kuno. Relief ini mendeskripsikan tentang kisah Budha. Terdiri dari relief Jatakamala, Gandawyuha, Karwawibhangga, Bhadracari, Awadana, dan Lalitavistara.


Sedangkan untuk relief dekoratif candi berupa seni rupa murni yang dapat dilihat pada pahatan-pahatan dinding atau batu candi. Relief dekoratif hampir menghiasi seluruh sisi candi.

Contoh Teks Cerita Sejarah Candi Borobudur

Arca Budha pada Candi Borobudur berada di seluruh penjuru mata angin yang mengitari bangunan candi. Terdiri dari 432 arca Budha dan 72 stupa yang mengitari stupa induk yang ada di puncak.

Kemegahan Candi Borobudur sempat terkubur tanah dan debu vulkanik yang diperkirakan karena efek dari erupsi Gunung Merapi. Namun pada pemerintahan Thomas Stamford Raffles sekitar tahun 1911, bangunan candi ditemukan dan kembali direstorasi.

Dibutuhkan masa restorasi yang cukup panjang dengan biaya yang juga sangat besar. Kompleks candi terbesar di Indonesia ini pun menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO. Kini, Candi Borobudur menjadi alah satu destinasi pariwisata dan juga tempat ziarah umat Budha.

Kesimpulan:
Pembangunan Candi Borobudur memakan waktu hingga ratusan tahun dan selesai pada 825 M. Sempat sirna karena terkubur tanah dan debu vulkanik hingga ditemukan kembali pada masa pemerintahan Belanda. Sekarang menjadi salah satu aset pariwisata pemerintah Indonesia yang dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai daerah hingga mancanegara.


Contoh Teks Deskripsi tentang Candi Prambanan

Judul: Candi Prambanan

Deskripsi:
Candi Prambanan adalah bangunan candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada Wangsa Sanjaya. Perkiraan tentang pembangunan candi ini berdasarkan sebuah prasasti Syiwagrha (778 Saka atau 856 Masehi) yang ditemukan di sekitar Prambanan.

Bangunan candi utama yang ada di kompleks Syiwaghra atau Rumah Syiwa adalah candi yang ditujukan untuk memuliakan Dewa Syiwa. Pembangunan candi diperluas dengan menambah ratusan candi di sekitar candi utama.

Kompleks candi Prambanan sendiri terdiri dari 3 Candi Trimurti (Syiwa, Wisnu, dan Brahma), 3 Candi Wahana (Nandi, Garuda, dan Angsa), 2 candi apit, 4 candi patoh, 4 candi kelir, dan 224 candi perwara.

Candi utamanya sendiri menghadap ke arah timur dan dibangun tinggi menjulang khas Hindu. Tinggi bangunan candi Hindu ini sekitar 47 meter untuk Candi Syiwa. Di sebelah kanannya terdapat Candi Brahma dan sebelah kiri adalah Candi Wisnu.

Contoh Teks Cerita Sejarah Candi Borobudur dan Candi Prambanan

Denah asli dari kompleks Candi Prambanan memiliki bentuk persegi panjang yang terdiri dari halaman luar dan tiga pelataran. 3 Candi Trimurti menjadi bangunan yang paling sakral. Candi Syiwa memiliki luas 34 x 34 meter dan tinggi 47 meter, Candi Brahma luasnya 20 x 20 meter dan tinggi 33 meter, serta Candi Wisnu dengan luas 20 x 20 meter dan tinggi 33 meter.

Di kompleks candi Hindu ini dihiasi oleh relief atau pahatan yang dapat dilihat pada dinding luar di kaki candi. Terdapat relief arca dewa lokapala atau 8 dewa penjaga masing-masing arah mata angin.

Relief cerita Ramayana menghiasi bagian dinding Candi Brahma yang menjadi pagar langkan Candi Brahma. Sedangkan relief tentang kisah Kresnayana dipahatkan pada dinding dalam Candi Wisnu.

Hiasan lain yang terkenal dari Candi Prambanan adalah motif Prambanan yaitu hiasan berupa seekor singa yang sedang duduk dan diapit oleh pohon kalpataru. Relief-relief yang ada di dinding candi juga termasuk kinara-kinari yang merupakan makhluk kayangan berbadan burung dan berkepala manusia.

Kesimpulan:
Sama seperti candi-candi lain yang ada di Jawa, Candi Prambanan juga ditemukan dalam keadaan terkubur dan ditumbuhi semak belukar. Restorasi candi terus dilakukan sejak bangunan candi ditemukan termasuk rekonstruksi untuk candi perwara yang berupa ratusan reruntuhan. Jadi, kompleks Candi Prambanan terdiri dari beberapa candi yang utuh dan lainnya hancur atau berupa reruntuhan candi.

Editor Choices :

— — —
Itulah beberapa informasi mengenai teks deskripsi beserta contoh teks deskripsi tentang Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Bagian kesimpulan dari teks deskripsi ini sifatnya opsional atau pilihan.

Komentar / Pertanyaan