2 Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan Kelinci 4 Paragraf

Bagi siswa Sekolah Dasar (SD) teks deskripsi akan dipelajari dalam bahasa Indonesia. Cara paling mudah untuk mempelajarinya adalah melalui contoh teks deskripsi tentang hewan kelinci ini.

Kelinci adalah salah satu jenis hewan yang paling banyak dikenal sehingga mudah untuk dijadikan contoh teks deskripsi. Kenali penjelasannya lebih lanjut.

Pengertian Teks Deskripsi dan Kaidah Kebahasaannya

Mengutip dari KBBI, arti dari deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran menggunakan kata secara jelas dan terperinci. Mengacu pada pengertian tersebut maka teks deskripsi artinya adalah pemaparan dengan jelas dari suatu hal.

contoh teks deskripsi tentang hewan kelinci

Hal yang dimaksud bisa berupa objek seperti makhluk hidup, kegiatan, tempat, peristiwa dan masih banyak lagi. Sesuai dengan pengertian ini maka bisa ditarik kesimpulan bahwa teks deskripsi bertujuan supaya pembaca dapat melihat, mendengarkan dan merasakan objek yang sedang dideskripsikan.

Supaya teks deskripsi yang dibuat bisa mencapai tujuannya maka ada beberapa kaidah kebahasaan yang digunakan sebagai berikut:

  1. Penulisan yang menggunakan kata baku atau formal yang kreatif dan aktif.
  2. Penulisan yang menggunakan kata hubung atau kata sambung dan konjugasi seperti atau, dan, tetapi, sehingga, dll.
  3. Penulisan menggunakan kata berimbuhan seperti men-, ber-.
  4. Penulisan menggunakan kata rujukan seperti di sini, tersebut, itu.

Semua kaidah kebahasaan ini diikuti sehingga hasil penulisannya bisa dengan mudah dipahami oleh pembaca.

Sebelum mengenali contoh penulisan teks deskripsi, tentukan dulu apa jenis teks yang akan dibuat. Pasalnya ada beberapa jenis teks yang tersedia sebagai berikut:

  1. Spasial, termasuk teks yang menggambarkan soal ruang atau tempat dari sebuah peristiwa.
  2. Objektif, termasuk teks yang menjelaskan hal atau mengungkap identitas seseorang atau makhluk hidup.
  3. Subjektif, termasuk teks yang menjelaskan objek layaknya penafsiran atau kesan perasaan.

Struktur Penulisan Teks Deskripsi 

Supaya jauh lebih mudah dalam membuat teks deskripsi maka ada struktur yang dapat diikuti. Struktur ini akan menuntun penulis lebih cepat mendeskripsikan suatu objek. Berikut ini struktur yang dimiliki oleh teks deskripsi.

1. Judul

Bagian pertama adalah judul yang tujuannya adalah untuk menggambarkan isi teks. Misalnya saja judul yang akan dibahas kali ini adalah ‘Hewan Kelinci’. Artinya isi dari teks deskripsi menggambarkan kelinci dari bentuk sampai dengan kebiasaannya.

2. Kalimat Topik

Pada bagian kedua merupakan kalimat topik yaitu menjelaskan soal objek sebagai pembukaan. Deskripsi objek bisa dituliskan secara singkat seperti bentuk hewan kelinci yang lucu, berbulu, dengan telinga panjang.


Bisa juga menggunakan perbandingan objek lain yang sejenis. Misalnya kelinci dibandingkan dengan kucing atau anjing yang merupakan hewan sama-sama memiliki bulu lebat.

3. Deskripsi

Bagian ketiga menjelaskan lebih detail mengenai objek ada banyak hal yang akan dibahas dalam deskripsi. Jika objek adalah makanan maka bisa dijelaskan soal rasanya di kulit maupun di lidah.

Termasuk juga bau hingga suara yang dimiliki oleh objek tersebut. Memanfaatkan panca indra untuk menjelaskan seperti apa objek yang ingin dijelaskan.

4. Kesimpulan

Bagian terakhir merupakan kesimpulan yang termasuk sebagai penutup teks deskripsi. Di sinilah opini penulis akan disampaikan sesuai dengan objek yang sudah dibahas.

teks deskripsi hewan kelinci dalam bahasa inggris

Teks Deskripsi Tentang Hewan Kelinci 4 Paragraf

Deskripsi Kelinci dalam Bahasa Indonesia

Kelinci adalah hewan kelas mamalia yang termasuk dalam famili Leporidae. Hewan ini memiliki bulu yang panjang dan tampak menggemaskan serta sering dijadikan peliharaan manusia. Asal usul kelinci adalah dari daerah Afrika dan daratan Eropa. Bulunya yang panjang bertujuan untuk bertahan hidup di cuaca yang dingin.


Telinga kelinci juga panjang bahkan lebih dari 10 cm yang bisa mendengar suara secara akurat dari kejauhan. Fungsi telinga kelinci juga menutup tubuhnya ketika musim dingin sehingga suhu badan tetap hangat. Bagian lain yang kuat dari kelinci adalah kakinya, yang bisa berlari kencang serta melompat jauh. Sekali melompat kelinci bisa menempuh jarak hingga 2 sampai 3 meter.

Keunikan dari kaki belakang tidak hanya untuk melompat tetapi juga membuatnya bisa berdiri. Kaki kelinci juga akan bergetar apabila ia melihat predator sehingga bisa dengan mudah memberitahukan teman-temannya untuk waspada. Keindahan lain dari kelinci adalah bola matanya, ada yang berwarna merah ada juga hitam.

Habitat kelinci ada di padang rumput, gurun, lahan basah, lubang bawah tanah. Mereka akan menggali lubang bawah tanah sebagai tempat persembunyian. Apabila merasa terancam mereka akan bersembunyi di lubang tersebut. Selain itu kelinci juga tidak akan pernah jauh dari rerumputan dan tanaman lain yang menjadi sumber makanannya.

contoh teks deskripsi tentang kelinci

Teks Deskripsi Kelinci dalam Bahasa Inggris

Rabbits are small, fluffy mammals with long ears, powerful hind legs, and a short, fluffy tail. They are known for their rapid movements and agility, as well as their ability to reproduce quickly. There are many different species of rabbits, ranging in size, color, and habitat.

Rabbits are herbivores, and their diet consists mainly of grasses, hay, and leafy greens. In the wild, they will also eat bark, twigs, and flowers. Domestic rabbits should be given a varied diet to ensure that they are getting all the necessary nutrients.

Rabbits are social animals and are known for their strong bonds with each other. They are territorial and will mark their territory with urine and feces. In the wild, rabbits live in large groups called warrens, where they work together to dig tunnels and burrows for shelter and protection. Domestic rabbits can also form strong bonds with their human caregivers and make affectionate and interactive pets.

Rabbits are active creatures and require plenty of space to run and hop around. They should be provided with a spacious hutch or enclosure and be given opportunities for exercise and playtime outside of their living quarters. With proper care and attention, rabbits can live for several years and make delightful companions.

Inilah contoh teks deskripsi tentang hewan kelinci yang bisa diikuti. Bahkan penulisannya bisa dikembangkan kembali karena ada banyak hal yang bisa dibahas dari kelinci.

Editor Choices :

Misalnya bagaimana cara merawat kelinci sebagai hewan peliharaan, apa saja manfaat kelinci bagi manusia, bagaimana kelinci berkembang biak dan masih banyak lagi. Semakin banyak penjelasan maka teks deskripsi akan lebih lengkap.

Komentar / Pertanyaan