Cara Menjadi Dokter Hewan dan Cara Buka Praktek

Banyak yang tak tahu bahwa menjadi dokter hewan adalah sebuah profesi langka yang ada di Indonesia. Namun ternyata belakangan ini, cukup banyak orang yang menelusuri tentang bagaimana cara menjadi dokter hewan lengkap beserta syarat dan tipsnya. Lalu apa saja syarat, cara dan tips untuk menjadi dokter hewan di Indonesia?

Ada beberapa cara dan syarat yang harus dipenuhi oleh seorang dokter hewan yang bertugas dimanapun mereka berada. Simak ulasan lebih lengkapnya hanya disini.

Ketahui Syarat dan Cara Menjadi Dokter Hewan di Indonesia

Dokter hewan adalah seorang dokter yang memiliki tugas untuk merawat, mencegah, melakukan pemeriksaan, memberikan terapi pengobatan pada semua jenis hewan agar supaya bisa terhindar dari penyakit.

cara menjadi dokter hewan

Jika seekor hewan sudah mengidap satu jenis penyakit, maka tugasnya adalah untuk memberikan perawatan pada hewan tersebut hingga sembuh dan memberikan kejelasan status medis pada hewan yang bersangkutan.

Agar seorang dokter hewan bisa melakukan tugasnya dengan baik, maka dia harus mengambil pendidikan tinggi dan spesialisasi khusus untuk dokter hewan. Hal itu bertujuan agar supaya dokter hewan bisa memberikan pelayanan terbaik serta bisa mendapatkan kepercayaan tersendiri dari masyarakat.

Di bawah ini adalah beberapa syarat untuk menjadi dokter hewan di Indonesia.

 1. Sehat secara fisik dan rohani

Menjadi seorang dokter hewan haruslah bisa memiliki tubuh yang sehat baik secara fisik maupun rohani. Hal itu menjadi syarat karena seorang dokter hewan harus bisa menjalankan tugasnya untuk merawat dan mengobati hewan dengan benar.

 2. Menyukai semua jenis hewan

Seorang dokter hewan harus bisa menyukai semua jenis hewan. Paling tidak, seorang dokter hewan bisa memberikan sikap dan perlakuan yang baik pada semua hewan yang dirawatnya. Dan penting untuk disadari bahwa hewan yang akan datang untuk dirawat dan diobati tidaklah terbatas pada kucing dan anjing saja, namun semua jenis hewan yang ada di dunia ini.


 3. Tidak memiliki alergi pada bulu hewan

Menjadi seorang dokter hewan juga harus memenuhi persyaratan lainnya, diantaranya adalah untuk tidak memiliki alergi pada bulu hewan. Karena pastinya seorang dokter hewan akan bersentuhan langsung dan kontak dengan bulu hewan selama proses perawatan serta pengobatannya.

 4. Tidak trauma pada hewan

Kemudian untuk syarat berikutnya adalah untuk tidak memiliki rasa trauma pada semua jenis hewan. Jika memiliki rasa takut atau trauma tertentu maka hal itu bisa menjadikan proses menjadi dokter hewan gagal total. Karena menjadi dokter hewan harus bisa merawat dan mengobati semua jenis hewan yang ditemuinya tanpa rasa takut sedikit pun.

 5. Tak mudah jijik pada kotoran dan semua yang berbau kotoran


Menjadi seorang dokter hewan berarti harus siap untuk berhadapan dengan semua hal yang berbau, yang menjijikkan dan tak menyenangkan. Sehingga harus benar-benar tidak mudah jijik pada apapun yang ditemuinya selama mengobati hewan.

6. Mempunyai sikap berani bertindak

Seorang dokter hewan harus memiliki sikap berani untuk bertindak atau memutuskan sesuatu. Bahwa tak benar jika seorang dokter terbawa oleh perasaannya sehingga tidak berani memberikan keputusan terbaik hanya karena kasihan.

cara menjadi dokter hewan

 7. Mempelajari ilmu dasar pendidikan kedokteran hewan

Untuk menjadi seorang dokter hewan, maka harus bisa mempelajari semua ilmu dasar yang ada dalam pendidikan kedokteran hewan. Secara prinsip, pendidikan kedokteran ini sama dengan pendidikan kedokteran yang ada di berbagai universitas di Indonesia. Hanya saja yang dirawat dan diobati subjeknya berbeda yaitu hewan bukan manusia.

 8. Menyelesaikan pendidikan kedokteran hewan

Untuk menjadi dokter hewan juga harus bisa menyelesaikan pendidikan khusus untuk kedokteran hewan dimana minimal menempuh masa studi sekitar 8 semester. Dan masa pendidikan untuk setiap mahasiswa bisa berbeda sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

 9. Menjalani pelatihan atau magang

Setiap dokter hewan yang memenuhi syarat pastinya sudah melalui pelatihan atau magang yang dilakukan di sebuah rumah sakit atau klinik hewan. Durasi magang ditentukan oleh pihak universitas hingga mahasiswa mendapatkan pengalaman penting yang harus dipelajarinya terkait perawatan dan pengobatan hewan.

cara menjadi dokter hewan
cara menjadi dokter hewan

10. Sudah mendapatkan izin praktik

Seorang dokter hewan bisa membuka praktik dokter hewan hanya jika sudah mendapatkan izin praktik. Jika belum mendapatkan izin namun sudah membuka praktik maka hal itu dikategorikan sebagai tindakan ilegal dan akan ada sanksi yang didapatkan.


Saat ini ada banyak orang yang memiliki hewan peliharaan sehingga tentunya keberadaan dokter hewan menjadi sangat diperlukan di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

11. Memiliki pengetahuan yang luas tentang hewan

Kemudian syarat yang terakhir adalah untuk memiliki pengetahuan yang luas dan lengkap tentang semua jenis hewan. Bahwa seorang dokter hewan harus mampu mengetahui apa saja insting dan naluri hewan tertentu, bagaimana kebiasaan mereka dan berbagai informasi tentang hewan tersebut sebagai pelengkap diagnosa yang nantinya akan dilakukan.

Mengetahui banyak informasi tentang semua jenis hewan juga akan membantu mempermudah dokter hewan untuk memberikan perawatan dan pengobatan yang dibutuhkan oleh hewan tersebut.

Tips Untuk Menjadi Dokter Hewan yang Berhasil Sukses

Setelah mengetahui apa saja syarat dan cara untuk menjadi dokter hewan, berikutnya adalah untuk mengetahui bagaimana tips yang efektif untuk menjadi seorang dokter hewan.

  • Ketahui semua hal tentang hewan sebanyak dan seluas mungkin

Karena pasien dokter hewan adalah terdiri dari semua jenis hewan. Seorang dokter hewan harus mampu mengetahui tingkah laku, kebiasaan, pola hidup dan ciri khas dari seekor hewan untuk membantu mereka memberikan pengobatan yang tepat dan cepat.

  • Pastikan untuk mengetahui bahwa pasien yang akan datang ke dokter hewan bukanlah pasien hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan saja.

Dokter hewan juga harus bersiap untuk merawat dan mengobati semua jenis hewan yang buas dan ganas sekalipun dengan sikap yang tenang.

  • Mampu mengambil langkah ekstrim demi keselamatan lingkungan sekitar

Beberapa pasien hewan harus dilakukan tindakan suntik mati demi menjaga keselamatan dan kenyamanan lingkungan yang ada di sekitarnya. Banyak dari mahasiswa calon dokter hewan yang gagal untuk menjadi dokter hewan karena tak tega untuk melakukan suntik mati pada hewan yang dirawatnya.

  • Ada resiko tertular penyakit dari hewan yang dirawatnya

Ketahui bahwa akan ada resiko untuk bisa tertular penyakit yang diderita oleh hewan yang diobatinya. Banyak jenis penyakit yang menjangkiti hewan namun bisa melakukan penularan pada manusia. Jika hal itu terjadi, maka mungkin saja jenis pengobatan yang dilakukan akan jauh lebih kompleks dan menyeluruh.

  • Memiliki ilmu komunikasi untuk bisa berkomunikasi dengan pemilik hewan

Tips yang terakhir adalah untuk bisa memiliki ilmu komunikasi dengan baik dan benar. Apa manfaat dari ilmu komunikasi dalam praktik menjadi dokter hewan? Bukankah yang dihadapi hanyalah seekor hewan saja?

Jangan salah, dalam praktik dokter hewan akan ada dua jenis makhluk hidup yang harus dihadapi dan mendapatkan cara komunikasi yang baik dan benar. Kedua makhluk hidup tersebut adalah hewan sebagai pasien dan manusia selaku pemilik hewan. Untuk melakukan komunikasi dengan hewan tentunya butuh keahlian yang lebih daripada untuk berkomunikasi dengan sesama manusia.

cara menjadi dokter hewan
cara menjadi dokter hewan

Beberapa dokter hewan memberikan pernyataan bahwa untuk berkomunikasi dengan pemilik hewan juga memerlukan keahlian tersendiri. Dimana dokter hewan harus bisa menyampaikan diagnosa mereka tentang kondisi hewan yang diperiksa mereka kemudian memberitahukan kondisi kesehatan sekaligus bagaimana cara melakukan perawatan dan pengobatan dengan lebih baik lagi.

Editor Choices :

Itulah ulasan dan penjelasan singkat tentang bagaimana cara menjadi dokter hewan yang baik dan sukses. Semoga bermanfaat.

Komentar / Pertanyaan