10 Jurusan Saintek Unpad Minim Peminat Berprospek Cerah

Masa-masa penerimaan mahasiswa baru sudah semakin dekat. Kamu yang saat ini sudah akan lulus dari SLTA tentu akan mencari berbagai referensi jurusan dan kampus untuk melanjutkan studi. Tentunya, salah satu kampus yang paling banyak diminati adalah Unpad.

Unpad alias Universitas Padjadjaran merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia. Kampus yang terletak di Jawa Barat ini menjadi salah satu kampus pilihan dengan puluhan program studi yang ditawarkan. Bahkan beberapa jurusan saintek Unpad maupun soshum pun kerap menjadi jurusan favorit dengan peminat terbanyak se-Indonesia.

Memilih Jurusan Sepi Peminat di Unpad

Jurusan di Unpad begitu banyak, baik untuk program studi Saintek maupun Soshum. Hampir semuanya memiliki tingkat persaingan yang ketat. Tidaklah mengherankan apabila kemudian banyak di antara calon mahasiswa yang rela memilih salah satu jurusan minim peminat hanya agar memiliki peluang lebih besar untuk diterima.

jurusan saintek unpad

Semua jurusan pada dasarnya memiliki prospek kerja yang bagus bagi lulusannya. Meskipun banyak orang merasa bahwa lulusan dari jurusan saintek di Unpad yang sepi peminat tidak memiliki prospek kerja yang cerah, namun sebenarnya kamu juga bisa membuktikan bahwa hal tersebut salah.

Kuota mahasiswa yang diterima di jurusan sepi peminat, baik saintek ataupun soshum, biasanya lebih kecil dibanding dengan jurusan-jurusan favorit. Hal inilah yang menjadikan berbagai jurusan sepi peminat di sejumlah kampus negeri menjadi lebih eksklusif.

Sponsored Link

Mahasiswa yang lebih sedikit akan membuat pembelajaran menjadi lebih fokus dan dosen juga akan lebih dekat dengan para mahasiswanya. Bahkan tidak jarang, ikatan pertemanan semua mahasiswa terjalin dengan begitu akrabnya karena sangat mudahnya mencari teman di jurusan sepi peminat.

10 Jurusan Saintek Unpad yang Jarang/Sepi Peminat

Pada dasarnya, berbagai program studi di Unpad dapat dimasuki oleh semua siswa dari berbagai jurusan. Kamu yang ingin memilih jurusan di Unpad untuk IPA tentunya dapat memilih jurusan yang berbau Saintek, begitu pula jika sebelumnya kamu berasal dari jurusan IPS sewaktu SMA dapat menyesuaikan dengan jurusan Soshum.

Kalau kamu masih galau ingin masuk jurusan apa di Unpad, berbagai jurusan saintek Unpad nyatanya memiliki kuota penerimaan yang cukup banyak namun peminatnya masih terbilang sepi. Adapun beberapa jurusan yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  1. Peternakan PSDKU Pangandaran

Kamu ingin mendaftar UTBK-SBMPTN namun masih galau dengan pilihan jurusan yang terdapat di Unpad dapat memilih jurusan yang satu ini. Di SNMPTN tahun 2020 saja, peminat jurusan ini hanya 42 orang saja untuk kuota 10 kursi. Di SBMPTN tahun 2020 pun, dari daya tampung 10 kursi hanya diminati oleh 88 calon mahasiswa.

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan peminat jurusan ini semakin menurun setiap tahunnya, yakni program studi yang masih baru serta pembelajaran yang tidak diselenggarakan di kampus utama, tepatnya di Kabupaten Pangandaran.

  1. Keperawatan PSDKU Pangandaran

Di tengah situasi pandemi, peran tenaga kesehatan sangat dibutuhkan, salah satunya perawat. Bahkan, kebutuhan tenaga medis yang satu ini sangatlah besar untuk jangka waktu yang lama.

Di Universitas Padjadjaran, peminat jurusan Keperawatan PSDKU Pangandaran sendiri masih cukup kecil. Pada SBMPTN 2020 saja, jurusan ini hanya diminati oleh 126 calon mahasiswa untuk mengisi 20 kursi yang tersedia.

kuliah
  1. Perikanan PSDKU Pangandaran

Menurut data SNMPTN tahun 2020, jurusan ini hanya diminati oleh 41 calon mahasiswa untuk 10 kuota kursi yang tersedia. Tidak jauh berbeda pada SBMPTN tahun 2020 di mana dari 10 kuota, hanya diminati oleh 97 calon mahasiswa saja.

Sejumlah jurusan saintek Unpad yang ada di kampus Pangandaran sepertinya banyak yang kurang diminati oleh para calon mahasiswa, seperti contoh jurusan perikanan berikut. Padahal, prospek ke depan sangatlah luas, baik di berbagai BUMN, swasta, pegawai negeri sipil di bidang perikanan, bahkan menjadi pengusaha sukses.

  1. Kedokteran Hewan

Siapa sangka, jurusan yang kedokteran yang kerap menjadi jurusan favorit namun di Unpad justru menjadi salah satu jurusan yang peminatnya kecil. Padahal, jurusan Kedokteran Hewan ini sudah memiliki akreditasi B dari BAN-PT Lamkes.

Sponsored Link

Di SNMPTN tahun 2020 saja, dari 10 kursi yang tersedia hanya diminati oleh 159 orang calon mahasiswa. Begitu pula kuota 20 kursi pada SBMPTN tahun 2020 yang hanya diminati oleh 347 calon mahasiswa.

  1. Jurusan Fisika (Teknik/Pendidikan)

Jurusan saintek yang satu ini sejatinya sudah menjadi jurusan yang cukup lama ada di Unpad. Namun sayangnya, peminat jurusan ini semakin lama semakin menurun. Misalnya pada daya tampung SBMPTN tahun 2020 yang berjumlah 32 kursi, ternyata hanya diminati oleh 171 calon mahasiswa saja.

Bagi kamu yang mencari jurusan di Unpad untuk IPA dan ingin bekerja sebagai ilmuwan, akademisi, bahkan bekerja di berbagai perusahaan multinasional, tentunya sangat cocok dengan jurusan ini. Prospek kerja yang luas dan besar tentunya dapat menjadi pertimbangan buatmu dalam memilih jurusan saintek, terutama di kampus favorit seperti Unpad.

  1. Teknologi Industri Pertanian

Jurusan yang banyak mempelajari tentang industri pertanian dan teknologi yang ada di belakangnya ini sejatinya memiliki prospek kerja yang luas. Indonesia sebagai negara agraris tentunya membutuhkan banyak orang yang ahli di bidang ini supaya kualitas pertanian semakin meningkat.

Sayangnya, di tahun 2020 peminat untuk jurusan ini cukup kecil. Di SNMPTN 2020, dari 12 kursi yang tersedia hanya diperebutkan oleh 290 peminat saja. Begitu pula di SBMPTN 2020 hanya diminati oleh 267 siswa untuk mengisi 24 kuota kursi.

  1. Jurusan Ilmu Aktuaria

Jurusan yang satu ini merupakan prodi yang sedang banyak diincar oleh banyak calon mahasiswa. Hanya sedikit kampus yang membuka jurusan ini, padahal prospek kerjanya yang cerah. Apalagi, di jurusan ini kamu akan mempelajari banyak ilmu statistika dan keuangan yang akan sangat berguna di pekerjaan baik negeri maupun swasta.

Di Unpad sendiri, jurusan Ilmu Aktuaria masuk ke dalam jurusan saintek di Unpad yang sepi peminat. Pada SBMPTN 2020 saja, dari daya tampung 20 kursi hanya diminati oleh 511 calon mahasiswa. Hal yang tidak jauh berbeda pada saat SNMPTN 2020 di mana kuota 10 kursi hanya diperebutkan oleh 421 peminat.

Prospek Kerja Jurusan Aktuaria
  1. Jurusan Geofisika

Jurusan saintek Unpad yang satu ini terbilang cukup unik. Di sini, kamu akan banyak mempelajari berbagai prinsip fisika yang digabungkan dengan berbagai ilmu-ilmu bumi. Kamu akan mendapat keterampilan khusus yang berkaitan langsung dengan daya guna sumber daya alam, energi, dan lingkungan.

Prospek kerja dari jurusan ini sangatlah besar. Namun sayangnya, peminat jurusan ini cukup kecil jika dibandingkan dengan jurusan lain. Di SBMPTN 2020 saja, jurusan saintek Unpad yang satu ini hanya diminati oleh 233 orang untuk mengisi kuota 24 kursi yang tersedia.

  1. Program Studi Perikanan

Jurusan yang juga ada di kampus Pangandaran ini ternyata juga memiliki peminat yang cukup kecil jika dilihat dari data SNMPTN dan SBMPTN tahun 2020. Padahal, peluang kerja untuk jurusan ini juga cukup banyak dan bahkan kamu bisa mendapat banyak kesempatan lebih di instansi negeri maupun swasta.

i k l a n

Di SNMPTN tahun 2020, dari 48 kuota kursi hanya diminati oleh 372 orang saja. Bahkan kuota SBMPTN yang cukup banyak yakni 72 kursi hanya diperebutkan oleh 501 peminat. Artinya, satu kursi hanya diperebutkan oleh 14 orang saja.

  1. Jurusan Ilmu Kelautan

Indonesia terkenal sebagai negara maritim. Oleh sebab itu, dibutuhkan banyak tenaga ahli di bidang kelautan yang sangat penting demi kemajuan laut Indonesia. Hal inilah yang menjadikan lulusan dari Ilmu Kelautan memiliki prospek kerja yang luas dan berprospek cerah dengan gaji yang menggiurkan.

Sayangnya, peminat untuk jurusan ini masih terbilang kecil. Pada SNMPTN 2020, jurusan Ilmu Kelautan Unpad hanya diminati oleh 323 orang untuk mengisi 24 kuota yang tersedia. Begitu pula di SBMPTN 2020 yang hanya diminati oleh 507 orang untuk mengisi 36 kursi.

teknik kelautan osenografi

Apa alasan terbaik untuk kuliah di Unpad ?

1. Biaya kuliah termasuk murah apalagi kalau lulus SBMPTN, SNMPTN, SPMB, dsb
2. Biaya hidup cukup terjangkau dibandingkan dengan di Bandung. Baik itu biaya kosan maupun biaya makan.
3. Lulusan UNPAD cukup dipertimbangkan HRD ketika melamar kerja

4. Lembaga-lembaga di Unpad sangat informatif dalam memberikan informasi tentang Unpad (kegiatan akademik, perlombaan, beasiswa, dsb).

5. Fasilitas penunjang mahasiswa seperti perpustakaan, masjid, tempat parkir, sudah sangat memadai. Dan ada odong-odong, transportasi mahasiswa Unpad yang sangat berguna

Apa tips penting buat Maba yang kuliah di Unpad?

1. Sekali-kali belajar/nugas di cisral (perpus pusat) soalnya enak banget, vibe nugasnya dapet.
2. Jangan pernah bayar pas turun dari odong-odong yaa, karena odong-odong gratis
3. Puas-puasin cari temen di masa tpb, jangan lupa cari relasi di kepanitiaan, ikut aja kepanitiaan mau di fakultas, jurusan, atau univ juga. Jangan lupa kenalan sama kating2 juga, biar makin banyak relasi ok!

Selain ketiga hal diatas lakukan juga :
4. Dongkrak IPK di semester satu itu seperti investasi. Mengingat semester keatasnya bakal lebih susah lagi dapet IPK tinggi karena matkulnya juga semakin sulit.
5. Kost an cari yang aman, nyaman. Sangat menyarankan daerah Ciseke yang relatif kondusif dan tenang.
6. Cafe yang rame setiap baru ada maba: backspace, banyubiru, upnormal. Disarankan kalau ingin kesana dan dapat tempat, habis maghrib banget datang kesananya.
Baca juga: Jurusan Saintek UGM

Editor's Choices:

Itulah beberapa jurusan saintek Unpad yang ternyata masih kurang diminati oleh calon mahasiswa. Nah, kamu bisa memilih salah satunya supaya peluang diterima lebih besar dengan prospek kerja yang tidak kalah menggiurkan dari jurusan favorit lainnya. Selamat mencoba!

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
Mata Kuliah Jurusan Ilmu Gizi
Prospek Kerja Teknik Geologi untuk Wanita
Prospek Kerja Antropologi Sosial
Alasan Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi
Perguruan Tinggi Ikatan Dinas Jurusan IPA
sekolah kedinasan di Makassar