4 Universitas yang Menerima KIP Kuliah di Yogyakarta

Universitas yang Menerima KIP Kuliah di Yogyakarta. Yogyakarta memiliki banyak perguruan tinggi yang diminati oleh para mahasiswa. Banyaknya perguruan tinggi yang favorit, tempat wisata yang indah, dan biaya hidup yang ekonomis membuat Yogyakarta menjadi kota pendidikan yang sangat diminati.

Terlebih dengan adanya program KIP kuliah, para mahasiswa terus bersaing untuk bisa mendapatkan KIP kuliah di perguruan tinggi di Yogyakarta. Artikel ini akan memberikan informasi mengenai universitas yang menerima KIP kuliah di Yogyakarta.

Universitas yang Menerima KIP Kuliah di Yogyakarta

Universitas yang menerima KIP Kuliah di Yogyakarta

Apabila kamu ingin mendaftar dengan KIP kuliah, kamu perlu memastikan terlebih dahulu apakah universitas yang kamu inginkan menerima KIP kuliah. Untuk itu, bagi kamu yang ingin kuliah di Yogyakarta, kamu bisa menyimak beberapa universitas  di Yogyakarta yang bisa menerima KIP Kuliah di bawah ini

1.  Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM adalah salah satu perguruan tinggi negeri favorit yang paling diminati di kalangan pelajar.  UGM terletak di Bulaksumur Yogyakarta. UGM ini memiliki akreditasi yang bagus dan segudang prestasi baik akademik maupun non akademik.

Dan UGM ini juga merupakan perguruan tinggi negeri yang menerima KIP Kuliah. Pada tahun 2022, jumlah mahasiswa UGM yang mendapatkan KIP kuliah adalah 1850 mahasiswa.

UGM sendiri telah berhasil meraih berbagai peringkat baik dalam kelas nasional maupun dalam kelas dunia, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Peringkat 250 pada tingkat dunia versi timer higher Education-Qs world university pada tahun 2009
  • Peringkat 414 di tingkat dunia, peringkat 5 di tingkat Asia Tenggara, dan peringkat 1 di Indonesia versi Webometrics pada tahun 2014
  • Peringkat 1 di Indonesia menurut AIPT BAN-PT pada tahun 2014
kampus yang menrima KIP kuliah di Jogja

2.  Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

UNY adalah perguruan tinggi negeri yang fokus pada ilmu murni dan ilmu pendidikan.  UNY terletak di Jalan Colombo Yogyakarta Nomor 1 Karang Malang Catur Tunggal Kecamatan Depok Sleman DIY. Sebelum memiliki nama UNY, universitas ini dulunya memiliki nama IKIP atau Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta.

UNY ini memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan kegiatan perkuliahan. Adapun fasilitas yang akan kamu dapatkan ketika kamu menjadi mahasiswa di UNY adalah ruang kuliah, klinik, laboratorium, fitness center, kolam renang, dan berbagai fasilitas olahraga yang lainnya.

3.  Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga

UIN Sunan Kalijaga adalah salah satu perguruan tinggi agama Islam negeri atau yang biasa disebut dengan PTAIN. UIN Sunan Kalijaga ini sangat populer dan diminati oleh banyak orang. Dan, hal bagusnya adalah UIN Sunan Kalijaga menerima KIP Kuliah.

Jadi, apabila kamu ingin menjadi mahasiswa yang belajar pengetahuan umum yang disertai dengan ilmu keagamaan, maka kamu dapat mencoba untuk mendaftarkan diri ke UIN Sunan Kalijaga.


Universitas yang Menerima KIP Kuliah

4.  Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPN Veteran)

UPN Veteran merupakan universitas yang terletak di jalan Ring Road Utara Nomor 104 Ngropoh Condongcatur Kecamatan Depok Kabupaten Sleman DIY. Universitas ini memiliki berbagai fakultas yang bisa kamu pilih, di antaranya:

  • Fakultas Teknologi Mineral
  • Fakultas Teknik Industri
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Ekonomi & Bisnis

Apabila kamu tertarik untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa UPN Veteran, maka kamu bisa mendaftar melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan juga jalur mandiri. Yang mana jalur mandiri ini terdiri dari jalur prestasi, nilai UTBK, dan nilai UTBC.

Editor Choices :

— — —
Demikian informasi mengenai universitas yang menerima KIP kuliah di Yogyakarta. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu. Semoga sukses.

Komentar / Pertanyaan