KIP Kuliah Kemendikbud.Go.Id (Syarat, Panduan dan 11 Tips)

Siapa yang tidak tahu perihal KIP kuliah kemendikbud.go.id,? agaknya memang bagi para pelajar hal tersebut sudah bukan lagi menjadi sesuatu yang asing. KIP (kartu Indonesia pintar), menjadi salah satu upaya atau juga sarana untuk bisa membantu siswa berprestasi yang mempunyai keterbatasan dalam hal ekonomi atau finansial.

KIP Kuliah Kemendikbud.Go.Id

Tentunya KIP kuliah ini akan lebih ditujukan kepada siswa berprestasi, dengan catatan tersebut untuk kemudian bisa melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. KIP bisa menjadi jawaban dan juga harapan bagi siswa berperstasi, meski berada dalam keadaan ekonomi yang sulit. Untuk bisa lebih lanjutnya, simak informasi rincinya berikut ini.

Syarat Untuk Bisa Mendapatkan KIP Kuliah Kemendikbud

  • Dalam hal penerimaanya

Pada KIP kuliah ini, penerima yang memang berhak untuk bisa merasakan manfaat dari KIP kuliah ini, sudah tentu adalah siswa SMA ataupun sederajat, yang memang akan lulus atau sudah lulus. Tentu saja ada maksimalnya, yakni 2 tahun pada tahun sebelumnya. Lebih dari itu, juga harus dipastikan jika memang memiliki NISN, NPSN dan juga NIK yang valid.


  • Prestasi atau potensi akademik

Lebih lanjut, syarat untuk kemudian bsia mendapatkan KIP kuliah kemendikbud.go.id ini juga, haruslah bisa ditetima oleh siswa yang beprestasi atau memiliki potensi akademik. Tetapi sudah tentu memiliki keterbatasan dalam hal perekonomiannya. Didukung juga oleh bukti yang benar dan bisa dibuktikan kebenarannya.

  • Memiliki kartu KIP

Untuk yang bisa mendapatkan kesempatan KIP kuliah, semua siswa dan juga siswi tentunya harus bisa memiliki kartu KIP terlebih dahulu, pada saat masih berada di bangku sekolah menengah atas. Di dukung oleh potensi akademik yang juga baik, seperti yang di informasikan di atas.

advertisement
  • Dinyatakan lulus di PTN atau PTS yang dituju

Tentu saja KIP kuliah tersebut tidak akan mungkin pernah didapatkan, jika kemudian syarat yang satu ini, masih tak kunjung juga dimiliki oleh calon penerima. Penerima harus bisa memastikan diri lolos dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru, entah itu PTN ataupun juga PTS.

KIP Kuliah Kemendikbud.Go.Id

Panduan Mendaftarkan Diri Untuk KIP Kuliah

  1. Melakukan pendaftaran mandiri

Siswa yang memang ingin mendapatkan KIP kuliah, bisa ataupun juga diperkenankan untuk langsung mendaftarkan diri secara mandiri. Melalui cara yang kekinian yakni dengan mengunjungi web sistem KIP kuliah, dengan mengklik laman ini kip-kuliah.kemendikbud.go.id.

  • Mengisikan data yang dibutuhkan

Selanjutnya, jika kemudian tahapan atau panduan daftar di atas telah dilakukan, mengisikan sejumlah data yang memang dibutuhkan akan menjadi langkah selanjutnya. Kamu bisa langsung memasukkan NIK, NISN, NPSN serta tentunya jangan sampai tertinggal yakni alamat email yang aktif.

  • Menunggu hasil validasi

Setelah berhasil lakukan dua langkah sebelumnya, selaku pihak yang akan mendaftarkan diri. Maka kamu hanya perlu proses validasi selesai. Nantinya sistem dari KIP kuliah tersebut akan melakukan pengecekan terkait data yang kamu isikan, apakah memang valid atau tidak.

  • Akan mendapatkan nomor pendaftaran

Jika kemudian proses validasi yang dilakukan sistem telah usai, dan kamu dinyatakan telah berhasil melakukan data yang benar. Serta tentunya sesuai denagn syarat yang diajukan. Maka kamu hanya perlu mengecek kotak masuk email kamu, untuk kemudian bisa mendapatkan nomor pendaftaran dan juga kode akses yang dikirimkan.

  • Selesaikan proses pendaftarannya

Menyelesaikan proses pendaftaran menjadi bagian selanjutnya dalam informasi satu ini. Nantinya kamu selaku yang mendaftar bisa langsung menyelesaikan sejumlah proses terkait KIP kuliah. Serta tentunya juga harus bsia memilih proses seleksi yang akan ditempuh untuk bisa masuk PTN atau PTS impian.

  • Selesaikan proses pedaftaran dalam portal seleksi nasional

Ketika proses di atas telah berhasil selesai. Jangan beranjak terlebih dahulu. Karena masih terdapat sejumlah panduan lain yang bisa kamu lakukan. Tentu saja hal ini berhubungan dengan proses pendaftaran yang dilakukan untuk bisa masuk perguruan tinggi impian.

  • Melakukan verifikasi lebih lanjut

Jika kamu beruntung hingga akhirnya dinyatakan diterima pada perguruan tinggi impian kamu. maka dengan demikian, kamu bisa lakukan proses verifikasi. Hal tersebut haruslah dilakukan, sebelum pada akhirnya kamu bisa mendapatkan usulan sebagai calon mahasiswa peneirma KIP kuliah tersebut.

KIP Kuliah Kemendikbud.Go.Id

Sejumlah Universitas yang Menerima KIP Kuliah

Jika berbicara perihal univeristas mana sajakah yang memang bisa menerima KIP kuliah ini, hal tersebut tentu bsia dijawab dengan jawaban “banyak.” Karena memang tidka hanya terhenti pada satu perguruan tinggi saja, bahkan tercatat banyak sekali perguruan tinggi yang bisa meneirma KIP kuliah tersebut.

Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Sumatera, Universitas Islam Jakarta, Universitas Islam As-Syafiiyah, Univeristas Islam Bandung. Tidak hanya itu, masih ada juga pilihan perguruan tinggi lain yang bisa menerika program KIP kuliah ini. Lebih lanjut lagi, ada Universitas Islam Nusantara, Universitas Islam 45. Dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mengetahuinya secara lebih rinci, dan kemudian bisa mengetahui kiranya universitas yang hendak dituju apakah memang bisa menerima KIP kuliah atau tidak. Mudah saja kamu bisa langsung mencarinya dalam web kemendikbud.go.id. jangan sampai kamu masih merasa bingung, padahal caranya terbilang cukup mudah.

Tips Penting Sebelum Daftarkan Diri Menerima KIP Kuliah

Terkadang ada saja siswa yang terburu-buru ketika ingin ataupun juga hendak melakukan proses pendaftaran dalam program yang satu ini. Padahal, pada dasarnya proses tersebut jika dilakukan dengan tanpa perhitungan, atau bahkan terburu-buru, nantinya hanya akan merugikan.

Maka berlaku juga bagi semua siswa atau kamu yang ingin mendapatkan KIP kuliah. Sejumlah tips di bawah ini bisa kamu tiru atau juga lakukan,

  • Persiapkan sejumlah data yang dibutuhkan

Karena segala sesuatu dalam proses pendaftaran KIP kuliah, pasti akan membutuhkan berbagai macam data. Maka selaku pihak yang akan melakukan proses pendaftaran tersebut, kamu harus sudah siap bahkan menyiapkan data diri kamu. Jika demikian telah dilakukan, maka nantinya proses pendaftaran tidak akan terlalu membuat kamu bingung.

  • Tentukan pilihan terkait perguruan tinggi yang dituju

Jangan sampai kamu hanya asal mendaftarkan diri saja, untuk kemudian bisa mendpatkan KIP kuliah. Bahkan ketika diharuskan mengisikan pilihan universitas dan juga jalur pendaftarnanya, kamu masih merasa bingung atau cenderung tidak tahu. Untuk bisa menghindari itu, maka pikirkanlah matang-matang terkait hal yang satu ini.

  • Pastikan semua proses pendaftaran berjalan lancar

Untuk bisa memiliki KIP kuliah, proses pendaftaran juga menjadi salah satu hal yang tidak boleh diremehkan. Kamu harus bisa melakukan dan juga menyelesaikan proses tersebut dengan baik, benar, dan juga sesuai dengan apa yang sudah semestinya dilakukan. Dengan demikian, nantinya kamu tidak akan melewatkan satu poinpun dalam proses pendaftarannya.

Seberapa sulitkah mendapat skor UTBK 660?

Jawabannya adalah RELATIF. Ya, rasanya sama seperti mencari nilai mata pelajaran di sekolah atau mencari nilai saat kuliah. Yang membedakan adalah nilai UTBK dapat digunakan untuk ‘melamar’ PTN dan jurusan yang kalian inginkan. Hal yang paling fundamental adalah mencari pssing grade / keketatan jurusan yang saya inginkan.

advertisement

Itulah informasi yang bisa diberikan, tentunya perihal sejumlah hal penting terkait KIP kuliah kemendikbud.go.id. Baca juga: Tes Kepribadian Online untuk Menentukan Minat Bakat dan Jurusan yang Sesuai

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp
Tinggalkan komentar