Jurusan UGM yang Sepi Peminat & Mudah Dimasuki

Jenjang perkuliahan dipercaya menjadi sarana untuk kita meraih masa depan yang lebih cerah. Pendaftaran masuk perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri (PTN) ataupun perguruan tinggi swasta (PTS) memang saat ini sedang dibuka.

Untuk itu, banyak siswa-siswi yg baru saja menyelesaikan pendidikannya di sekolah menengah sibuk mempersiapkan utk masuk ke Perguruan Tinggi, ikut les bimbel ini dan itu agar bisa masuk ke PTN favorit ini.

Gak semua siswa dapat mendapatkan kesempatan utk menempuh pendidikan ke perguruan tinggi, karna hal itu para siswa ini sangat bersemangat utk menyambut momen-momen baru di jenjang pendidikan yg lebih tinggi.

jurusan UGM yang sepi peminat

Memilih Jurusan UGM yang Sepi Peminat

Mungkin kalian ingin dan akan melanjutkan kuliah di UGM serta mengambil salah satu jurusan sepi peminat,dengan harapan agar lebih gampang diterima.

Oleh karena itu, banyak calon mahasiswa baru bersaing supaya mendapatkan kursi di salah satu program studi UGM terutama yg jarang diminati oleh para pendaftar. Biasanya 1 kursi diperebutkan puluhan hingga ratusan orang.

Selain mengikuti bimbingan belajar guna mempersiapkan utk mengikuti tes masuk di perguruan tinggi, ternyata kamu jg PERLU mempersiapkan yg lainnya.

Salah satu yg terpenting adalah memilih jurusan yang tepat, karna gak banyak mahasiswa yg kerap salah jurusan ketika kuliah, masa kuliah yang jadi lama dan bahkan memutuskan untuk berhenti kuliah.

Tentu kamu gak pengen bernasib seperti ini kan? Utk itu pertimbangkanlah baik-baik dlm memilih jurusan kuliah, jangan sampai salah pilih, usahakan kamu memilih jurusan gak cuma melihat karna jurusan itu favorit saja tapi pikirkan juga prospek kerja dr jurusan itu nantinya.

1. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Jurusan Penyuluhan & Komunikasi Pertanian, belajar serta pemahaman tentang masyarakat desa untuk menyelesaikan permasalahan sosial & ekonomi pertanian dengan nerapin pendekatan tertentu.

Nanti penyuluhan & komunikasi ini dilakukan dgn berbagai macam strategi komunikasi yg tepat dgn memahami sosiologi masyarakat pedesaan & pertanian, ekonomi pertanian, ilmu tentang tanah, tata niaga, tanaman & ternak, serta ilmu gizi & pangan.

Jurusan kuliah itu nantinya mata kuliah yg akan diterima umumnya akan sama dgn di jurusan Ilmu komunikasi, tapi pembahasannya akan lebih mengarah pada penyelesaian masalah pertanian, prospek Kerja: Pengajar Ilmu Agrikultiral, Konsultan Lingkungan.

2. Teknologi Hasil Perikanan

Jrusan Tknologi Hsil Perikanan bljr tntang bgmana caranya ngolah hasil perikanan dri pasca pnen sampe hasilin produk perikanan berkualitas tinggi & ramah lingkungan.

Gak cuma itu aja, jurusan dikenal dgn nama Teknologi Indutri Perikanan akan mempelajari tntang manajemen industri serta bisnis perikanan. Nanti kamu akan mempelajari seputar pengelolaan limbah hasil perikanan, teknologi budidaya ikan, teknik fermentasi, sampai bagaimana menyelesaikan permasalahan terkait perikanan.

Prospek Kerja: Budidaya Perairan, Departemen Perikanan, Industri Pengolahan Perikanan, Pengembangan bisnis perikanan, Dosen/Tenaga pengajar, Tenaga ahli perusahaan swasta nasional maupun asing, Staf & peneliti pada lembaga pemerintahan maupun pusat (meliputi Kemendikbud, Kementerian Kelautan & Perikanan, Kemenristek.

3. Sastra Jawa

Mempelajari tentang linguistik, bahasa, karya sastra, serta kebudayaan Jawa, mahasiswa di sini dipersiapkan agar menjadi peneliti budaya Jawa, sastra jawa secara spesifik mengkaji karya sastra dlm bahasa jawa sbg fnomena sosial & budaya.

Jika kamu brencana bertempat tinggal di Jawa dlm waktu yg lama, ini akan bisa jadi jurusan yang tepat! Dgn tahu cara berbahasa Jawa yg baik & benar, kamu akan dapat menambah teman / rekan bisnis dr orang-orang Jawa di Indonesia.

Eits, jgn salah, banyak orang-orang Jawa yg berstatus bangsawan & konglomerat. Prospek Kerja: Dosen, Akademisi, Penerjemah, Pemandu Wisata, Penulis, Pengajar, Peneliti Kebudayaan Jawa, Instansi Pemerintah.

4. Mikrobiologi Pertanian

Jurusan Mikrobiologi Pertanian, kita belajar tentang pemanfaatan mikrobiologi di bidang pertanian. Karna gimanapun alasannya, smua tumbuhan yg hidup gak dapat lepas dr mikrorganisme tanah.

Mikrobiologi sifatnya alamiah hidup di tanah, yg mengandung bahan organik & anorganik serta mineral yg berlimpah, jurusan ini mengajak para mahasiswanya utk mempelajari pmanfaatan mikrobiologi di bidang pertanian.

Pertanian butuhin mikro organisme supaya meningkatkan kesuburan tanah, menghasilkan tanaman tahan hama, obat-obat pertanian, penciptaan bibit unggul.

Mikrobiologi sifatnya alamiah & hidup di tanah, mengandung bahan organik serta anorganik & mineral yg banyak. Semua tumbuhan tak bisa lepas dari mikroorganisme tanah.

Lulusan program ini diharapkan mempunyai keahlian di bidang teknologi berbasis mikro organisme utk pertanian yg ramah lingkungan & berkelanjutan. Prospek Kerja: bisa bekerja di Instansi Pemerintahan, menjadi Wirausaha, Peneliti di Lembaga Penelitian dan lain-lain.

5. Sastra Perancis

Sastra Prancis menawarkan tentang budaya Prancis, hal yg utama yaitu pengetahuan bahasa & literaturnya, para mahasiswa akan mempelajari tata bahasa, Bahasa Prancis, komposisi, pemahaman teks, budaya, & kesastraan Prancis.

advertisement

Banyak yg nganggep jika kuliah jurusan sastra, nantinya memiliki masa depan yg suram. Kamu lulusan Sastra Perancis dapat bekerja sbg editor tulisan, penerjemah, pemandu wisata, jurnalistik, & tenaga pengajar.

Bahkan, kamu juga bisa kok bekerja di instansi pemerintah seperti Kementerian Luar Negeri sebagai seorang diplomat.Prospek Kerja: Sastrawan, Penerjemah, Ahli Bahasa, Tour Guide, Pembuat Konten, Blogger Bahasa Prancis, Agen Pariwisata, Jurnalistik, Dosen/Tenaga Pengajar.

6. Ilmu Arkeologi

Siapa tahu dgn memilih jurusan ini kmu direkrut oleh para ilmuwan arkeolog dr luar negeri, Ilmu yg mempelajari kbudayaan (manusia) sejak dulu lewat kajian sistematis dr data benda-benda yg ditinggalkan.

Kamu dapat bergabung dgn mereka meneliti sejarah kehidupan dinosaurus, misteri UFO, manusia purba & banyak lagi. Jurusan Arkeologi umumnya mempelajari tentang sejarah, terutama peradaban kuno yg mana masyarakat msih blum tahu huruf & angka, sehingga catatan mengenai masa lalu masih terbatas.

Prospek Kerja: Tenaga Pengajar, Jurnalis, Pengelola Museum, Peneliti, Arkeolog, PNS, Instansi Pemerintah, Frontliner lembaga keuangan, marketing/sales.

7. Geofisika

Jurusan Fisika mempelajari mengenai gejala alam yg gak hidup / materi dalam lingkup ruang & waktu. Gak hanya disitu, kamu juga mempelajari perilaku serta sifat materi dlm bidang yg sangat beragam, dari partikel submikroskopis yg membentuk segala materi sampai perilaku materi alam semesta sbagai 1 kesatuan kosmos.

Sekarang jurusan ini juga turut mendukung perkembangan teknologi, industri, komunikasi, kerekayasaan, kimia, serta kedokteran. Prospek Kerjanya: Tenaga Pengajar, Perusahaan Migas, Perusahaan Manufaktur dan Telekomunikasi, Instansi Pemerintahan, PNS, Tenaga Ahli Prakiraan Cuaca, Pertamina, BMKG, Bidang Pertambangan & Gas.

8. Sejarah

Jurusan Ilmu Sejarah mempelajari tentang segala peristiwa yg terjadi di masa lampau, serta mempelajari bagaimana sesuatu yg berubah dari waktu ke waktu, mempelajari pola & nilai yg terkandung di dalamnya. Sejarahwan / Ahli Sejarah yaitu pekerjaan yang ditekuni oleh lulusan Jurusan Ilmu Sejarah berpengalaman & pemahaman yang tinggi.

Informasi dari seorang Ahli Sejarah dibutuhkan untuk para peneliti, maupun pihak-pihak yang berusaha menggali sejarah suatu tempat atau bangsa. Ahli Sejarah dibutuhkan sebagai salah satu narasumber terpercaya karena mereka merupakan aset intelektual negara.

Prospek Kerja: Tenaga Pengajar, Penulis, Peneliti Sejarah, Sejarawan, Penulis Sejarah, Industri Film, Dosen, Tour Guide.

9. Bahasa dan Sastra Indonesia

Jurusan Sastra Indonesia mempelajari tren sastra di Indonesia. Nanti kamu akan mempelajari beraneka ragam subyek sastra, drama, puisi, roman-novel, & linguistik.

Mengingat bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa yang cukup prospek di masa yang akan datang, yang mana siapa saja bisa mempelajarinya dengan mudah dan terbukti di beberapa perguruan tinggi asing

Tak sedikit yang menerapkan kurikulum, yang mana terdiri atas mata kuliah bahasa Indonesia salah satunya, maka bisa dikatakan bahasa Indonesia ini adalah bahasa yang cukup apik dan menarik. Prospek Kerja: Editor, Penulis, Tenaga Pengajar.

10. Budidaya Perairan (Akuakultur)

Jurusan Budidaya Perairan akan mempelajari mengenai ilmu tentang aktivitas pengembangbiakan biota perairan laut maupun air tawar serta pemeliharaan dan penangkarannya.

Hampir sama dengan ilmu yang dipelajari di jurusan Budidaya Perikanan, di Budidaya Perairan ini cakupannya akan lebih luas dan tidak terbatas hanya pada komoditas ikan saja.

Jadi nantinya kamu tidak hanya terbatas belajar mengenai pemeliharaan, kesehatan, pemeliharaan, kesehatan dan teknologi pakan ikan saja, tapi juga tumbuhan air, serta menyangkut kelestarian lingkungan. Prospek Kerja: Perusahaan Budidaya Ikan, Pegawai Negeri Sipil, Wirausahawan.
Baca juga: Prospek Kerja Akuakultur

11. Ilmu Perpustakaan

Hayo ngaku?!, pasti kamu mengacuhkan pilihan ini kan. Pasti di benakmu perpustakaan adalah tempat yang membosankan. Tapi memilih jurusan ini bisa membawamu menuju kesuksesan, lho.

Pasalnya ilmu perpustakaan ini mengajarkan kamu mengenai cara pengumpulan, pengorganisasian, pengawetan, dan penyebarluasan sumber informasi yang ada di suatu perpustakaan, serta berkaitan dengan nilai ekonomi dan politis dari informasi pada umumnya. Wawasan kamu akan bertambah luas dan kamu bisa jadi lulusan yang over knowledge!

Jangan ngebayangin ya jurusan ini berkutat dengan buku yang membosankan dan identik dengan mahasiswa cupu berkacamata. Ilmu Perpustakaan saat ini adalah salah satu jurusan paling eksis.

Mata kuliah yang diajarkan juga berkaitan banyak tentang hukum, matematika, sosiologi, bahkan filsafat ini dikarena lulusan Ilmu Perpustakaan dituntut memiliki wawasan yang sangat luas.

Jurusan ini juga dituntut mampu mengelola informasi yang berbasis teknologi sehingga mempelajari pemrograman dan web desain. Jadi, buang jauh-jauh pikiran kamu tentang perpustakaan yang membosankan.

Lulusan ilmu perpustakaan pun memiliki prospek kerja cukup luas mulai jadi programmer, sekretaris sampai document controller di perusahaan minyak atau kepolisian. Asik kan?? Jangan ragu lagi untuk memilih jurusan ilmu perpustakaan

12. Filsafat

Studi filsafat memerlukan logika berpikir dan logika bahasa. Namun, masih sedikit peminatnya dibandingkan jurusan-jurusan lainnya. Padahal jurusan filsafat punya potensi besar untuk menjadi sukses di masa mendatang.

Kamu bisa menjadi penasehat penelitian, atau bahkan penasehat negara lho. Ketika kamu berkuliah di Jurusan Ilmu Filsafat, tentunya kamu harus memiliki pemikiran yang imajinatif.

Karena, untuk bisa memahami ilmu ini kamu harus mampu menganalisa teori-teori dengan baik, bahkan kamu juga harus mampu berargumentasi dari berbagai sudut pandang.

Nah, hal inilah yang akan membuatmu terbiasa untuk selalu berpikir kreatif diberbagai hal, termasuk ketika kamu sudah berada di dunia kerja, yakni di beragam pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat nantinya.

13. Agronomi

Menawarkan kurikulum untuk mengkaji interaksi faktor genetik dan lingkungan (biotik, abiotik) yang mempengaruhi pertumbuhan dan hasil tanaman.

Faktor biotik terdiri atas hama, penyakti, gulma, serta tanaman yang lain; sedangkan faktor abiotik terdiri atas tanah dan iklim. Dengan pemahaman yang memadai tentang berbagai proses yang terjadi, memungkinkan mahasiswa dapat memahami dan menerapkan berbagai teknologi budidaya tanaman.

Prospek Kerja: Departemen Pertanian, Instansi dan Lembaga Pemerintah, Perusahaan Pupuk, Perkebunan, Wirausaha Pertanian, dll.

Apa yang perlu diketahui mahasiswa baru UGM?

1. Akses jurnal berbayar. Jangan tunggu sampai skripsi. Rugi besar! UGM sudah menggelontorkan dana ratusan juta untuk berlangganan berbagai jurnal berbayar, manfaatkanlah untuk memperluas ilmu!
2. Main ke perpustakaan pusat. agi penggemar novel terutama novel klasik mancanegara, novel-novel sejarah, sebelum membuang uang untuk beli, ada baiknya kunjungi dulu perpustakaan.
3. Layanan cek plagiarisme dari UGM. Sebelum menunggu laporan dicoret-coret kakak asisten, atau dicap CDE oleh dosen karena plagiarisme, berinisiatiflah untuk mengecek keaslian tugas/tulisan yang dibuat. UGM menyediakan AiMOS 2.0, bisa diakses dengan akun mahasiswa
4. Lisensi MS Office dan Windows, gratis
5. Cek lowongan kerja paruh waktu dan Info beasiswa
6. Student loan dengan Bank Mandiri

Apa enaknya jadi mahasiswa UGM?

1. Kampusnya di Sleman, tapi ngakunya Yogyakarta
2. bisa melihat gunung Merapi
3. bus kota mengelilingi kampus
4. dekat dengan kampus swalayan (Mirota Kampus)

Kenapa UGM menghapus jenjang D3?

Alasan pertama yaitu lulusan DIII cenderung melanjutkan pendidikan ke jenjang S-1. Program ekstensi
Alasan kedua. Ketidakpastian di dunia kerja. Penghasilan lulusan DIII kebanyakan hampir sama dengan lulusan SMK.
Alasan ketiga adalah beberapa jurusan tidak memenuhi syarat akreditasi / akreditasi C. Sehingga terpaksa beberapa jurusan tidak diperbolehkan untuk menerima mahasiswa baru sebelum akreditasinya menjadi B.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest