5 Kata Penutup Presentasi yang Lucu tapi Berkesan!

Menutup sebuah presentasi adalah hal yang mudah dilakukan, namun apakah penutupan anda menimbulkan kesan? Seperti pada pembukaan presentasi yang dibuat menarik dan interaktif, anda juga harus membuat penutupan presentasi anda menjadi berkesan.

Ini dia beberapa kata penutup presentasi yang lucu yang bisa anda gunakan saat melakukan presentasi. Tips prsentasi ini bersifat general, artinya bisa di mplementasika di sekolah, kampus maupun kantor.

Menyampaikan Ringkasan Materi

Banyak pembicara memberikan poin-poin penting saat menyampaikan isi materi presentasi mereka kepada audience. Apakah anda salah satunya?

advertisement
kata penutup presentasi yang lucu tapi berkesan

Tidak ada yang bisa menjamin bahwa para penonton mampu mengingat semua poin-poin penting yang sudah anda sampaikan. Mungkin saja mereka lupa poin-poin yang sudah disampaikan di paling awal.

Oleh sebab itu, anda bisa kembali mengingatkan kepada audience tentang poin-poin penting tersebut. Untuk mempersingkat waktu, anda bisa meringkas isi poin-poin penting terlebih dahulu sebelum disampaikan kepada audience. Berikut merupakan contoh kata penutup untuk mengakhiri presentasi anda.

“Tidak terasa sekarang kita ada di penghujung acara. Selama satu jam, saya sudah membahas tentang makanan-makanan sehat yang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes dan kegunaan dari setiap makanan tersebut. Jadi, mari miliki tubuh sehat tanpa diabetes dengan konsumsi 10 makanan sehat. Apa saja? Mari kita sebutkan bersama-sama.”

adv

Saat menyebutkan bersama-sama, anda bisa mengubah nama-nama makanan yang sehat tersebut dengan kata yang lucu. Misalnya:

“Rutinlah mengonsumsi buah naga untuk menjaga peredaran darah tetap lancar. Pastikan naganya tidak hidup karena bisa berbahaya.”

Menampilkan Kutipan Anti-Mainstream

Tidak banyak orang yang menutup presentasi mereka dengan hal-hal yang tidak biasa. Selama presentasi berlangsung, audience cenderung akan serius dalam memperhatikan materi presentasi yang disampaikan. Sebagai presenter, anda pasti ingin mereka lebih rileks dan nyaman di akhir sesi presentasi anda.

Oleh sebab itu, anda bisa memikirkan kata penutup presentasi yang lucu dan akan membuat audience anda merasa nyaman. Banyak kutipan-kutipan unik dan lucu yang bisa anda pakai saat hendak mengakhiri sesi presentasi anda. Misalnya:

ads

“Malu bertanya sesat di jalan. Sekarang kita lagi di gedung, bukan di jalan. Jadi jangan bertanya, karena tidak akan tersesat.”

Ada juga kutipan lucu yang diadopsi dari teks sebuah film,seperti:

“Orang jahat terlahir dari orang baik yang banyak ditanya saat presentasi.”

Kata-kata penutup yang anti-mainstream ini bisa anda ucapkan langsung atau dikemas dalam bentuk slide PowerPoint. Tertarik untuk mencobanya?

Pantun Penutup Presentasi

Selain kedua cara di atas, anda bisa melakukan penutupan presentasi dengan membuat pantun dan melemparkannya kepada para hadirin. Pantun tersebut tidak harus relevan dengan isi presentasi anda.

a d s

Tujuan menggunakan pantun saat menutup presentasi adalah supaya hadirin mendapatkan kesan yang menyenangkan saat menghadiri presentasi anda.

Berikut tujuh contoh pantun yang bisa anda sampaikan saat anda akan menutup presentasi:

(1)Bunga melati harum mewangi
Wanginya sampai di ujung jalan
Saya ucapkan terimakasi
Untuk waktu yang kalian diberikan

(2)Menata kayu di teras ruma
kayu nya berasal dari Kenya
Selesai sudah presentasi saya
Sebelum pulang, jangan lupa snack-nya

(3)Pak Robi pulang ke rumah
Rumah Pak Robi besar dan elegan
Ucapan saya mungkin ada yang salah
Saya mohon untuk dimaafkan

(4)Ada anak main ke kali
Anak ini bawa kue setoples
Saya tutup ya presentasi ini
Sampai jumpa dan semoga sukses

sponsor

(5)anak kecil ketawa cekikikan
karena dia menonton ninja hatori
Terimakasih saya haturkan
Sudah sabar untuk menyimak materi

(6)Jalan-jalan pake Agya
Mampir pasar beli semangka
Demikian presentasi saya
Semoga bermanfaat bagi anda

(7)Makan soto ditraktir Dekan
karna kita sama-sama fans barcelona
Terimakasih sudah mendengarkan
Presentasi saya yg sungguh mempesona :p

Cara ini cukup efektif membuat para penonton lebih rileks dan siap mengakhiri sesi presentasi dari anda. Tidak perlu bingung jika anda ingin menutup presentasi dengan pantun. Anda bisa membuat pantun sendiri yang relevan dengan topik presentasi anda.

Jika anda sulit melakukannya, anda bisa mencari beberapa pantun yang lucu di mesin pencari. Kadang-kadang, pantun yang tidak berima pun bisa lucu, jadi bebaskan kreatifitas anda.


kata penutup presentasi yang lucu tapi berkesan

Mengajak Audience Bertindak

Dalam sebuah presentasi, anda pasti menginginkan audience tidak hanya mendapatkan ilmu saja tapi juga melakukan sebuah tindakan yang nyata.

Seperti misalnya, saat anda memberikan presentasi tentang bahaya peggunaan gawai pada anak usia dini, anda pasti ingin para hadirin khususnya yang memiliki anak akan melakukan langkah-langkah nyata.

iklan

Apabila anda ingin menutup presentasi dengan lucu dan berkesan, anda bisa mengajak mereka melakukan seperti yang ada di poin-poin penting presentasi anda namun dengan kalimat yang tidak formal. Contohnya seperti ini,

Kalimat Penutup Presentasi

“Bapak dan ibu sekalian, setelah mengetahui bahaya penggunaan gawai pada anak usia dini, mari kita menjaga buah hati kita dengan tidak membiarkannya mengakses gawai tanpa batas waktu.

Selain itu, usahakan anak bermain menggunakan permainan yang mengasah kemampuan motorik mereka. Jika anda sulit mendapatkan pengganti mainan, anda bisa menggunakan peralatan yang ada di dapur, seperti wajan, panci, cobek, dan sendok untuk dijadikan alat bermain.”

Penggunaan kata yang tidak lazim akan mengundang tawa dari para hadirin. Hal ini akan menjadi nilai tambah sehingga mereka akan menantikan presentasi-presentasi anda selanjutnya.

Tidak hanya itu, cara ini juga efektif untuk mengajak hadirin melakukan yang disarankan tanpa memberi kesan menggurui atau memberi perintah.

kata penutup presentasi yang lucu tapi berkesan

Menutup Presentasi dengan Meme

Siapa yang tidak tahu meme? Semua orang senang melihat dan membaca meme karena sangat lucu dan tidak membosankan.

Untuk memberikan kesan lucu saat menutup presentasi anda, cobalah untuk mengatakan meme yang unik dan lucu.

Meme yang lucu biasanya akan membuat suasana lebih santai dan hadirin memiliki hal untuk diingat dari presentasi sebelumnya.

Berikut ada beberapa meme yang bisa digunakan sebagai referensi jika anda ingin menutup presentasi dengan gaya yang berbeda.

Saat anda membukka forum tanya jawab, anda bisa menambahkan kata-kata yang diambil dari meme. Contohnya:

“Kita masih memiliki waktu 10 menit dan saya akan membuka sesi tanya jawab. Para audience silahkan bertanya apapun, tapi tolong jangan susah-susah ya guys, kepala saya pening.”

Selain itu, anda juga bisa membuat meme untuk dijadikan pertanyaan ke hadirin saat akan menutup sesi presentasi anda yang diambil dari percakapan yang ada di sinetron maupun film. Misalnya:

“Apakah ada pertanyaan? Jika tidak ada, maka anda kurang greget!” kata-kata ini bisa membuat audience tertawa dan tertantang untuk memberikan pertanyaan kepada anda.

Cara-cara untuk menutup presentasi di atas bisa anda praktekan untuk membuat suasana dalam presentasi anda semakin hidup dan tidak tegang.

Selain itu, para hadirin akan melihat pembawaan anda saat presentasi berlangsung. Pastikan anda memiliki banyak kata-kata penutup presentasi yang lucu untuk membuat suasana presentasi anda semakin hangat.

Slide penutup presentasi power point

slide penutup presentasi - DeckaRenas.Com
contoh slide penutup ppt
Apakah etis melakukan presentasi dengan memakai masker?

Tidak etis.
Presentasi bukan sesuatu yang dilakukan secara tiba-tiba tapi sudah ada perencanaan dan dijadwalkan beberapa hari sebelumnya, pembicara, penyelenggara dan audience tentu sudah prepare,

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp