Baca ▹ 5 menit

Cita cita yang Cocok untuk Jurusan IPS, Sesuaikan dengan Bakat dan Minatmu

Cita cita yang cocok untuk jurusan IPS sebenarnya sangatlah banyak di masa sekarang ini. Kamu dapat memilih profesi yang kamu inginkan sesuai dengan minat dan bakatmu. Pastikan kamu tahu potensimu dan berkeyakinan bahwa yang kamu lakukan akan sesuai dengan cita-cita dan tujuan hidup.

Ada dogma / stereotype / perspektif / anggapan bahwa jurusan IPS merupakan tempat berkumpulnya anak-anak bandel, santai, dan sering melanggar peraturan sekolah. Yang kemudian dari itu seringkali anak IPS dicap kalah bersaing dengan jurusan IPA.

Tapi faktanya banyak juga anak-anak IPS yang mampu meraih kesuksesan karena mereka kreatif, pandai membawa diri, jago debat, dan sederet keunggulan lainnya. Ada yang mengatakan bahwa serahkan urusan keuangan ke anak IPS karena mereka ahli dalam akuntansi.

cita cita yang cocok untuk jurusan IPS
ilustrasi Cita cita yang Cocok untuk Jurusan IPS

Itu hanyalah salah satu contoh dari sederet keunggulan yang dimiliki oleh anak-anak IPS. Yuk intip apa saja cita-cita atau pekerjaan yang cocok bagi anak-anak jurusan IPS.

Cita cita yang Cocok untuk Jurusan IPS

  • Akuntan

Adalah seseorang yang bertugas untuk mencatat dan memantau alur keuangan dari suatu perusahaan. Untuk dapat menjadi seorang akuntan kamu dapat kuliah di jurusan akuntansi. Seorang akuntan harus teliti karena mereka harus meminimalisir kesalahan pada pekerjaannya yang berakibat fatal.

Profesi ini dapat bekerja di pemerintahan, akuntan internal di perusahaan, tenaga pendidik, akuntan pajak, dan akuntan publik. Banyak orang yang memiliki menjadi akuntan publik untuk menawarkan jasa mereka kepada badan usaha untuk menyusun laporan keuangan, perpajakan, dan yang lainnya.

advertisement
  • Pengacara

Profesi yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat. Setiap orang yang memiliki kasus hukum akan membutuhkan pengacara untuk konsultasi dan membela mereka di persidangan. Lihat saja berbagai masalah hukum dari politisi sampai publik figur ditangani oleh seorang pengacara.

Pengacara atau advokat atau kuasa hukum dapat kuliah di jurusan ilmu hukum dan mengambil konsentrasi sesuai dengan keinginan misalnya hukum pidana, perdata, dan yang lainnya. Mereka dapat memberikan konsultasi hukum akan tetapi juga harus mematuhi kode etik yang berlaku. Selain pengacara ada beberapa profesi dari jurusan hukum seperti hakim, jaksa, dan yang lainnya.

  • Psikolog

Seorang psikolog lulus dari jurusan psikologi. Pekerjaan mereka adalah mendengarkan keluhan dari pasiennya dan memberikan saran yang tepat agar si pasien dapat meringankan beban yang diderita. Profesi ini erat kaitannya dengan masalah mental dan problema yang ada di masyarakat.

Mungkin saja kamu akan menangani orang yang depresi dengan hidupnya, gangguan kecemasan, gangguan makan, trauma, dan berbagai permasalahan lainnya. Sebagai seorang psikolog kamu harus mampu mendengarkan cerita orang lain tanpa menghakimi mereka. Psikolog akan melakukan terapi konseling rutin, wawancara, bahkan membuat program pelatihan untuk pasiennya.  

  • Jurnalis

Bekerja sebagai jurnalis atau wartawan sebenarnya bisa dilakukan oleh orang yang mengenyam pendidikan apapun. Akan tetapi memang kebanyakan dari mereka kuliah di jurusan ilmu komunikasi dengan konsentrasi jurnalistik.  Profesi jurnalis juga banyak tantangannya. Kamu harus mampu berpikir cepat sistematis analitis dan kritis.

Kamu juga harus sanggup bekerja untuk meliput kejadian di segala waktu dan medan. Sebelum nantinya kamu harus mengabarkannya kepada seluruh negeri. Jurnalis dapat bekerja untuk media cetak maupun media elektronik.

ads
Cita Cita yang Cocok untuk Jurusan IPS
Cita cita yang Cocok untuk Jurusan IPS
  • Diplomat

Adalah seseorang yang berjuang melalui jalur diplomasi di segala bidang, untuk membuat hubungan harmonis antar negara. Seorang diplomat negara bekerja di bawah Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mengurusi masalah politik, hukum, hak asasi manusia, ekonomi, kebudayaan, dan yang lainnya.

Diplomat biasa ditempatkan di kedutaan besar, konsulat jenderal, maupun kantor-kantor regional organisasi dunia seperti PBB, ASEAN. Untuk menjadi seorang diplomat bisa menempuh pendidikan seperti hubungan internasional, ekonomi, dan yang lainnya. Hanya saja setelah itu harus mengikuti tes masuk dan pendidikan lagi khusus untuk menjadi diplomat.

  • Guru SD / Guru Paud

Menjadi seorang guru adalah cita-cita yang mulia karena membantu mendidik anak bangsa untuk menjadi pribadi yang berguna. Ada pepatah mengatakan bahwa guru mampu mencetak pengacara, jaksa, diplomat, bahkan juga presiden. Maka dari itu pekerjaan ini sangat mulia.

Jika kamu ingin menjadi seorang guru terutama guru SD/Paudmaka kamu dapat bersekolah di jurusan sosial yang kamu inginkan dengan konsentrasi pendidikan guru. Selain mata pelajaran yang kamu kuasai, disana juga diberikan pembekalan mengenai bagaimana cara mengajar yang baik.

Cita-Cita Jurusan IPS yang Dapat Bekerja Freelance

Cita Cita yang Cocok untuk Jurusan IPS
Cita cita yang Cocok untuk Jurusan IPS
  • Penerjemah

Menjadi seorang translator atau penerjemah dapat kamu lakukan ketika memilih jurusan IPS tepatnya jurusan bahasa asing. Terlebih lagi seorang penerjemah bisa bekerja secara freelance. Tentunya ini akan sangat memudahkan kamu yang tidak ingin terikat dengan perusahaan.

Seorang penerjemah biasanya menerjemahkan bahasa asing dalam bentuk audio maupun tulisan. Kamu dapat memilih satu atau lebih bahasa yang ingin kamu pelajari untuk dapat menjadi penerjemah. Yang populer tentunya penerjemah bahasa Inggris. Ada juga bahasa lainnya seperti bahasa Perancis, Jerman, Korea, dan yang lainnya.

advertisement
  • Sales Marketing

Bekerja sebagai sales tentunya memiliki waktu yang fleksibel, yang terpenting adalah memenuhi target yang ditentukan. Misalnya saja kamu dapat menjadi seorang sales marketing properti, mobil mewah, atau bahkan usaha kecil menengah seperti pakaian, makanan, dan yang lainnya.

Untuk menjadi seorang sales yang baik kamu dapat kuliah di jurusan ekonomi dengan konsentrasi marketing. Untuk menarik minat para pelanggan, tentunya ada tips dan trik yang harus dipelajari. Memang pekerjaan ini dapat dilakukan oleh siapa saja. Akan tetapi jika kamu mempunyai ilmunya tentu hasilnya akan lebih maksimal.

  • Perancang Busana

Profesi ini juga merupakan salah satu profesi yang cukup menjanjikan meski dilakoni sebagai freelance. Kamu dapat menawarkan berbagai ide dan rancangan busana menarik untuk berbagai event. Kamu dapat membuat desain yang unik dan kreatif untuk pakaian kasual untuk sehari-hari, pernikahan, dan yang lainnya. Ada kepuasan tersendiri saat baju rancanganmu dipakai dan disukai oleh pelanggan.

Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang suka seni dan memilih jurusan desain busana. Jangan berpikir hanya wanita yang bisa melakukan profesi ini. Pria pun juga bisa melakukannya.

  • Pebisnis
kuliah

Satu lagi profesi yang tidak boleh ketinggalan adalah pebisnis. Sebagai seorang pebisnis tentunya punya waktu yang fleksibel sesuai dengan keinginan kamu. Bisnis memang pekerjaan yang banyak ditekuni oleh hampir semua orang. Pekerjaan ini bisa dikategorikan memang mudah. Tapi tidak semua orang dapat berhasil dalam bisnis.

Bisnis membutuhkan ketepatan dan pengambilan resiko yang cukup besar terlebih ketika mengalami kegagalan. Maka dari itu siapkan mentalmu sebelum memutuskan untuk menjadi seorang pebisnis.

ads

Selain sembilan profesi yang telah dibahas diatas, ada 4 jobs lainnya yang menarik untuk berkarier disana:
10. Public Relation / Staff Humas, untuk berkarier disini kamu perlu kuliah di jurusan Ilmu Konunikasi. Profesi ini hampir dibutuhkan disemua instansi plat merah maupun korporate, mulai dari perusahaan skala menengah maupun yang sudah unicorn

11. Kriminolog, Profesi ini snagat langka, namun dibutuhkan, Kamu bisa bekerja di KPK maupun Kepolisisian sebagai penyidik. Di instansi swasta kemampuan investigasi dibutuhkan sebagai Staff Audit.

12. Manajer Pariwisata / Perhotelan / Biro jasa Travel. Anak IPS identik dengan santai supel dan lebih mudah untuk memahami karakter konsumen. Dalam hal ini, skilmu akan berguna di sektor pariwisata. Jangan sepelekan profesi ini, omzetnya banyak.

13. Desainer Grafis / Blogger / Youtuber. Dunia internet marketing sangatlah luas, disana kamu bisa temukan para pencari jasa/barang, dan kamu tawarkan skillmu.
Konsumen nya luas jika dari luar kamu bisa mendapatkan bayaran melalui Paypal, Kini, derajat profesi freelancer naik kelas karena prospek dan cuan $$ nya besar

Apakah Bisa, Anak IPS Daftar Fakultas Kedokteran?

Tidak, landasan nya dari Peraturan Konsil Kedokteran Indonesia Nomor 10 Tahun 2012 tentang Standar Pendidikan Profesi Dokter Indonesia pada Bab II Standar Pendidikan Profesi Dokter Indonesia.
Regulasi ini demi kebaikan calon mahasiswa itu sendiri. Siswa SMA yang mengambil jurusan IPA memiliki tingkat pengetahuan yang lebih di bidang Fisika, Kimia, Biologi dan Matematika dibandingkan dengan jurusan lain. 

Apa Jurusan IPS di UGM yang Banyak Peminat ?

Beberapa waktu lalu, UGM kembali terpilih sebagai Universitas terbaik d Indonesia engan menilai dari berbagai aspek. Di kampus ini, Jurusan Akuntansi dan manajemen merupakan duo favorit.
Baca juga : Prospek Kerja Jurusan Akuntansi dan Manejemen

advertisement

Kenapa Jurusan Geografi Dikategorikan Saintek/Ipa ?

Di sma kita hanya diajari hal-hal dasarnya saja, tidak seluas di dunia perkuliahan. Geografi sendiri banyak macamnya. Ada 6 yaitu : Geografi fisik, Geografi manusia, Geografi manusia-lingkungan, Geografi perencanaan dan pengembangan wilayah, Geografi ekologi budaya & politik, Geografi penelitian risiko-bencana, Geografi sejarah

Apakah Lulusan SMA IPS Bisa Masuk Jurusan Arsitektur ?

Bisa. Saya punya teman seangkatan yang lulusan SMA jurusan IPS. Dan sekarang sudah kerja sebagai kontraktor di Jakarta. Masuk jurusan arsitektur bagi lulusan IPS itu sangat tidak menguntungkan. Kenapa? Karena harus memulai dari awal untuk pengenalan dasar tentang ilmu arts, matematika, sains, dll. Intinya semangat dan mau berusaha lebih giat.

Kamu jangan berbangga dulu dengan nilai nilai Eksakta dan Sains. Itu semua tidak menjamin kamu bisa menerapkannya dikemudian hari.
Kami sebagai anak IPS juga punya keahlian yang sangat dibutuhkan oleh dunia kerja nantinya. Kesuksesan Juga Milik lulusan IPS

Bisakah Anak IPS Masuk Jurusan Teknik Industri ?

Bisa, asalkan dengan 3 kualifikasi berikut:
Yakin Pasti Percaya dengan minat passion dan prospek kedepan di jurusan Teknik Industri. Menguasai subjek IPA terutama matematika dan fisika. Bersiap untuk menghadapi SBMPTN dan seleksi lainnya

Memilih jurusan IPS tidak melulu dicap terlalu santai dan bandel. Seperti yang dijelaskan di artikel cita cita yang cocok untuk jurusan IPS, kamu sudah mengerti kan apa saja profesi yang cocok untuk kamu. Sekali lagi, semua jurusan itu baik dan berguna untuk bekal kamu di masa depan.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp


CEO / Author

CEO DeckaRenasAzkayra Jihan S.Kom
An engineer who loves to write about anything especially about education, lifestyle, movies, tech stuff and popular science. Learn something new and pretty good in digital literacy.
Kontak: TwitTer | FaceBook | InstaGram