2 Contoh Teks Inspiratif tentang Perjuangan dan Pahlawan

Indonesia mengalami masa penjajahan selama 3,5 abad. Waktu yang sangat lama dan bangsa kita menjadi merdeka berkat bantuan pahlawan. Sudah seharusnya sebagai generasi penerus kita menghormati dan mencontoh perilaku baik yang cinta tanah air.

Namun sejatinya perjuangan bisa berasal dari banyak sisi, tidak harus berupa perang yang menumpahkan darah melawan penjajah dan ini banyak dituangkan dalam contoh teks inspiratif tentang perjuangan.

Perjuangan yang dilakukan bisa saja dalam hal pendidikan. Kedua tokoh yang paling sering disebut adalah Kartini dan Ki Hajar Dewantara. Peran pendidikan dalam perkembangan bangsa sangat penting terlebih lagi kompetisi yang ada sekarang bersifat global.

Contoh Teks Inspiratif tentang Perjuangan dan pahlawan

Sebelum membahas lebih lanjut tentang kisah mereka, sebaiknya kita sampaikan struktur yang sering dipakai dalam penyampaian kisah itu.

Struktur Teks Inspiratif tentang Perjuangan

Terdapat struktur yang paling sering dipakai dalam pembuatan teks inspiratif. Struktur tersebut berjumlah 5 macam yakni orientasi, perjalanan peristiwa, komplikasi, resolusi, dan koda. Apabila Anda belum mengerti tentang definisinya segera baca penjelasan di bawah.

  • Orientasi

Bagian pertama yang tidak boleh dilewatkan dalam membuat cerita inspiratif adalah Orientasi. Arti dari Orientasi adalah bagian yang menjelaskan tentang pendahuluan di suatu kisah inspiratif. Bagian ini menjelaskan nama tokoh utama sekaligus karakternya. Bisa juga berupa latar belakang dari tokoh utama.

  • Perjalanan Peristiwa

Sejatinya manusia hidup tidak pernah tidak mengalami masalah. Maka dari itu bagian ini mulai menjelaskan permasalahan yang sering dialami tokoh utama. Tidak heran bila setiap perjuangan pasti harus dilalui dengan bersusah payah, termasuk oleh pejuang. Pada bagian ini mulai dijelaskan permasalahan yang ingin diatasi atau dialami tokoh utama.

Contohnya jarang sekali ada penjajahan yang secara suka rela membuat bangsa jajahannya menjadi lebih makmur, kecuali sejarah merdekanya Malaysia. Indonesia masuk daftar negara yang harus berjuang sekuat tenaga mengatasi permasalahan tersebut, termasuk dalam bidang pendidikan.

  • Komplikasi

Bagian selanjutnya adalah komplikasi. Di bagian ini dijelaskan bahwa tokoh utama mengalami permasalahan sangat kompleks yang bisa membuat pembaca turut berpikir keras. Penyampaian yang dipaparkan benar-benar membuat pembaca tidak ingin melewatkan part tersebut.

  • Resolusi

Tokoh utama mulai mendapatkan titik terang dari apa yang diperjuangkan. Setidaknya apa-apa yang dilakukan sudah mulai memperlihatkan hasil. Tingkat ketegangan dalam bagian ini sudah mulai menurun. Pembaca sudah bisa mulai menyadari pesan moral apa yang ingin disampaikan penulis.


  • Koda

Pada bagian ini mulai dijelaskan mengenai penutup dari suatu cerita inspiratif. Pada bagian inilah nantinya akan disampaikan mengenai hal-hal positif atau pesan moral. Penjelasan tentang nilai moral tersebut bisa diubah menjadi puitis atau bahasa yang mudah dipahami.

Contoh Teks Inspiratif Tentang Perjuangan

Kita akan menyampaikan tentang dua contoh teks inspiratif bertema perjuangan. Pertama berupa Kartini dan penjelasan yang kedua berkaitan dengan Ki Hajar Dewantara. Masing-masing dari teks inspiratifnya dapat Anda lihat berikut.

jurusan pendidikan guru yang paling dibutuhkan saat ini

Perjuangan Kartini Memajukan Pendidikan Perempuan Indonesia

Orientasi: Kartini merupakan pejuang emansipasi perempuan dengan kelahiran Jepara pada tanggal 21 April 1879. Pada masanya beliau termasuk perempuan yang memiliki pemikiran maju. Banyak sekali buku-buku yang sudah dibacanya sehingga membuat pikirannya menjadi lebih terbuka. Beliau pun memiliki cita-cita ingin membuat perempuan Indonesia terlepas dari alam pingitan.

Perjalanan Peristiwa: Dalam pingitan sendiri dikenal sebagai kondisi dimana perempuan pada masa itu jarang sekali diperbolehkan keluar rumah. Sudah pasti para perempuan tersebut juga jarang mendapatkan pendidikan. Tidak heran bila banyak perempuan Indonesia pada masa tersebut tidak dapat membaca dan menulis. Tentu saja hal ini mempengaruhi kondisi sosial ekonomi para perempuan.

RA Kartini tidak bisa diam saja melihat kondisi tersebut. Beliau menginginkan adanya kesamaan hak antara perempuan dengan lelaki dalam hal sosial ekonomi. Akhirnya Kartini pun meminta izin kepada suami untuk bisa membuka kelas khusus bagi para perempuan Indonesia. Dalam kelas tersebut diajarkan budaya baca dan tulis sehingga ke depannya para perempuan bisa menjadi semakin cerdas.


Komplikasi: RA Kartini yang dikenal dengan perjuangannya untuk emansipasi perempuan juga dianggap sebagai melanggar kebudayaan adat istiadat untuk perempuan pada masa itu. Bagaimana tidak melanggar karena adat istiadat yang ada di zaman tersebut tidak memperbolehkan perempuan keluar dari rumah. Hanya perempuan bangsawan sajalah yang diperbolehkan mendapatkan pendidikan.

Pada masa tersebut Kartini pun memiliki pemikiran bahwa peran perempuan dan laki-laki bisa menjadi sama dan setara ketika perempuan memperoleh pendidikan yang sama dengan mereka juga. Nantinya antara perempuan dan laki-laki bisa sama-sama memiliki peranan penting dalam pembangunan negara. Hal ini pun sudah menjadi semakin terbukti di zaman Milenial bukan.

Resolusi: Untung saja suami RA Kartini juga memiliki hati yang baik sehingga memperbolehkannya untuk mengajar masyarakat perempuan sekitar. Akhirnya RA Kartini dengan rutin dan sabar mengajarkan kepada murid-muridnya tentang membaca dan menulis.

Hal ini pun menjadi salah satu titik balik yang baik bagi perkembangan pendidik perempuan di masa tersebut. Beliau sendiri sebagai seorang pengajar sama sekali tidak peduli dengan adat yang menganggap bahwa perempuan harus terus di rumah dan bersifat pasif dalam kehidupan rumah tangga. Berkat apa yang diajarkan oleh pahlawan ini maka perempuan Indonesia bisa dipandang tidak rendah oleh laki-laki Indonesia karena mampu mandiri secara sosial ekonomi.

Koda: Akhirnya perempuan Indonesia mulai semakin banyak yang terus memperoleh pendidikan. Bagan pendidikan yang dimaksud bisa sampai jenjang S3 sama dengan laki-laki. Hal ini terbukti benar mampu membuat perempuan Indonesia lebih mandiri secara ekonomi.

KIP Kuliah Kemendikbud.Go.Id

Perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam Memajukan Pendidikan Indonesia

Orientasi: Ki Hajar Dewantara merupakan tokoh pendidikan di Indonesia dengan kelahiran asal Yogyakarta. Tanggal lahir beliau adalah pemain 1889 dan kini dikenal sebagai pahlawan nasional dalam bidang pendidikan. Tanggal kelahiran beliau dijadikan sebagai hari Pendidikan Nasional di negara Indonesia.

Perjalanan Peristiwa: Beliau selalu berpikir bahwa pendidikan yang ada di suatu bangsa akan mempengaruhi pola pikir bangsanya. Hal inilah yang membuat Ki Hajar Dewantara sangat memperhatikan pendidikan bangsa Indonesia. Pada masa tersebut jarang sekali ada masyarakat yang pergi ke sekolah.

Hanya masyarakat yang berasal dari kalangan priyayi saja yang boleh bersekolah pada masanya. Namun berkat Ki Hajar Dewantara masyarakat pribumi pun dapat bersekolah sehingga memiliki pola pikir yang lebih terbuka. Beliaulah yang melahirkan istilah Ing Ngarso Sung tuladha, I Madya Mangun Karso, dan Tut Wuri Handayani.

Orientasi: Perjuangan beliau dalam memajukan bangsa Indonesia bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi langkah-langkah yang diambilnya sangat bertentangan dengan kebudayaan setempat. Apalagi bangsa Indonesia pribumi pada masanya banyak yang belum bisa membaca, menulis, dan berhitung. Mengajarkan semua hal itu tidak semudah sekarang.

Resolusi: Akhirnya perjuangan Ki Hajar Dewantara menjadi sangat terealisasi dan bisa dirasakan oleh generasi milenial. Di Indonesia sendiri masa wajib belajar setidaknya harus sembilan tahun atau sampai dengan jenjang SMP. Bahkan semboyannya juga digunakan pada logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.


Koda: Ketika memiliki cita-cita mulia kepada masyarakat luas, memang harus gigih berjuang. Jalan yang dilalui tidak akan mudah terlebih lagi saat ada pertentangan budaya di wilayah setempat. Namun kegigihan dalam membuat bangsa ini menjadi semakin cerdas dan bermoral akan membuahkan hasil pada waktunya.

Editor Choices :

— — —
Jadi itu tadi merupakan pembahasan mengenai contoh teks inspiratif tentang perjuangan kedua pahlawan pendidikan di Indonesia. Maka dari itu hargai juga guru Anda karena tanpanya banyak orang yang tidak mampu membaca, menulis, dan berhitung.

Komentar / Pertanyaan