2 Contoh Teks Inspiratif Lingkungan Alam dan Strukturnya

Sebagian dari orang tua sekarang sering kali berpatok mendidik anak untuk mengejar pendidikan yang mendatangkan materi saja. Jarang yang mengajarkan empati dan simpati terhadap lingkungan. Lalu bagaimana cara mengajarkan generasi muda tentang makna peduli lingkungan? Terdapat banyak contoh teks inspiratif lingkungan alam sekolah maupun rumah.

Disarankan kepada orang tua untuk memahami berbagai contoh tentang inspiratif di lingkungan sekolah dan rumah. Hal ini dimaksudkan agar bisa meningkatkan moral anak-anak karena kelak mereka akan menjadi penerus bangsa.

Mental dalam berbagi sesama dan peduli lingkungan perlu dibentuk sejak kecil. Namun sebelum memberikan contoh kisah inspiratif kami akan menyampaikan terlebih dahulu struktur yang ada dalam kisah-kisah seperti itu.

Contoh Teks Inspiratif tentang Lingkungan
Contoh Teks Inspiratif tentang Lingkungan

Struktur dari Kisah Inspiratif

Pada dasarnya ada lima struktur yang sering dipakai dalam membuat kisah inspiratif. Keberadaan struktur tersebut membuat jalan cerita menjadi lebih runtut sehingga mudah dipahami pembaca. Jika pembaca mudah paham maka akhirnya pesan moral mudah juga ditangkap oleh mereka. Alhasil pesan moral yang disampaikan mampu diterapkan oleh para pembaca.

  1. Orientasi

Orientasi merupakan bagian pengantar cerita atau pembukaan. Di bagian orientasi inilah diceritakan awal mula dari kisah inspiratif sehingga terdapat keterangan tentang tokoh dan latar cerita. Pada bagian ini belum dijelaskan mengenai adanya konflik sama sekali.

  1. Perjalanan Peristiwa

Perjalanan peristiwa merupakan bagian yang isinya mulai diberitahukan konflik yang dialami tokoh utama. Permasalahan bisa dari berbagai macam bidang tergantung dari pesan moral yang ingin disampaikan nantinya. Hanya saja pada bagian ini belum dijelaskan mengenai puncak masalah.

  1. Komplikasi

Puncak masalah dijelaskan dalam bagian komplikasi. Pada bagian inilah tokoh utama mengalami masalah yang terlihat sangat runyam untuk diselesaikan. Bisa jadi masalah tersebut datang bertubi-tubi sampai turut membuat pembaca pusing. Adakalanya pembaca juga dibuat ikut emosi terhadap permasalahan yang dihadapi tokoh utama.

  1. Resolusi

Struktur resolusi menjelaskan tentang penyelesaian yang berhasil diperoleh tokoh utama dan berusaha untuk diterapkan. Tipe alur pada resolusi sudah semakin menurun dari ketegangan komplikasinya. Pada bagian ini biasanya dijelaskan mengenai kalimat-kalimat yang perlu disampaikan sebelum pemberian pesan moral.

  1. Koda

Koda adalah bagian penutup dari suatu kisah inspiratif. Di bagian penutup inilah dijelaskan pesan moral yang ingin disampaikan kepada pembaca. Pemberian pesan moral bisa jadi dibuat positif atau biasa saja asalkan punya kekuatan bahasa untuk menyentuh hati pembaca. Diharapkan para pembaca untuk mengikuti seluruh pesan moral tadi ke kehidupan sehari-hari.

Contoh Teks Inspiratif Lingkungan Alam

contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan rumah kebun belakang rumah

Membantu Lingkungan Terbebas dari Sampah

Orientasi: Kita semua tahu bahwa budaya membuang sampah pada tempatnya sangat penting. Sayangnya desa tempatnya Tiwi tinggal masih banyak orang yang buang sampah di sungai. Belum ada orang yang menggerakkan orang sekitar untuk buang sampah di tempatnya dan mengelola sampah dengan baik. Awalnya kebiasaan buang sampah di sungai belum berdampak apa-apa.


Perjalanan Peristiwa: Sayang saat musim penghujan tiba kadang-kadang air sungai naik karena mampet tidak dapat mengalir ke hilir. Lama kelamaan dibiarkan akhirnya air sungai mulai hampir meluap. Tidak tahan dengan situasi itu, Tiwi pun melaporkan keadaan ke Ketua RW setempat. Keluhan tersebut hanya mendapatkan tanggapan sekedarnya.

 Komplikasi: Masalah hujan pun menjadi-jadi. Air sungai akhirnya mulai meluap dan nembanjiri seluruh jalanan di sekitarnya. Bau tidak sedap dari sampah-sampah mulai mengganggu warga sekitar. Genangan air itu untungnya masih sebatas mata kaki orang dewasa saja. Ketua RW akhirnya menyadari apa yang menjadi kekhawatiran Tiwi selama ini.

Resolusi: Terbesit di dalam hatinya perasaan bersalah karena tidak menggubris anak remaja itu. Sampai akhirnya ketika berhari-hari berlalu dan banjir mulai surut, Ketua RW menggalakkan gotong royong kepada seluruh warganya agar membersihkan sampah di sungai. Mereka perlu waktu setidaknya 7 kali kerja bakti untuk dapat menghilangkan seluruh sampah di kali.

Ketua RW juga kini menghimbau warga untuk berlangganan pengelola sampah sehingga tidak perlu lagi buang sampah di sungai. Jika ada orang yang melihat masih ada yang buang sampah di sungai juga dapat dilaporkan dan dikenakan denda. Sedangkan orang yang melaporkan akan diberikan penghargaan. Cara tersebut cukup efektif dalam membuat warga jera buang sampah sembarangan.

Koda: Ada dua pelajaran yang dapat kita ambil dari cerita ini. Pesan pertama adalah jangan buang sampah di sungai karena bisa menyebabkan banjir. Sampah perlu dikelola tersendiri agar tidak menjadi masalah yang pada akhirnya merugikan manusia juga. Pesan kedua adalah orang yang berusia lebih tua, adakalanya perlu berpikir terbuka terhadap masukan orang yang lebih muda. Tidak perlu merasa lebih benar hanya karena lebih tua.


hutan alam kebun taman sepeda sejuk rindang hijau

Perjuangan Membuat Lingkungan Menjadi Asri

Orientasi: Tidak dapat dipungkiri bahwa kita semua hidup di zaman global warming. Jarang sekali kita temukan ada rumah yang memiliki tanaman untuk membuat lingkungan semakin asri. Di mana-mana kualitas udara tidak baik sehingga ada banyak anak kecil yang mengalami ISPA. Ani sebagai pecinta tanaman tidak ingin tinggal diam.

Perjalanan Peristiwa: Ia memutuskan untuk mempengaruhi tetangganya gemar menanam. Tanaman yang dimaksud tidak harus berupa tanaman mahal seperti tanaman koleksi. Bisa berupa tanaman buah maupun sayur yang bisa langsung di ambil dari kebun. Ani mengembangbiakkan banyak tanaman rumahan di polybag.

Pada suatu pertemuan ia mencoba untuk mempengaruhi tetangganya terutama ibu-ibu. Dia mengatakan kalau mau berbagi tanaman sayur dan buah secara gratis. Namun ia juga menegaskan agar para ibu-ibu tersebut merawat tanaman yang mereka ingin diminta dengan sungguh-sungguh.

Ani pun kerap bercerita kalau dirinya jarang pergi ke pasar karena bisa petik sendiri di kebun. Akhirnya para ibu-ibu tertarik karena paham betul kalau harga sayur dan buah-buahan mulai naik terus-menerus akibat mendekati resesi.

Komplikasi: Meskipun banyak ibu-ibu yang tertarik permasalahan pun datang karena sebagian besar dari mereka kurang telaten dalam menyiram tanaman. Akhirnya Ani pun mencari tahu lebih lanjut agar para ibu-ibu di kompleks tidak perlu terlalu sering menyiram tanaman sayur dan buah tetapi bisa panen terus. Akhirnya Ani sadar akan suatu teknik penutupan plastik untuk setiap pot tanaman dan sayur.

Resolusi: Kini para ibu-ibu hanya perlu siram seminggu sekali dan bisa tetap panen. Alternatif lain yang diberikan adalah bisa menanam sayur di botol Aqua yang dibelah dan bagian atas dibalik ditambahkan kain. Bagian bawah botol berfungsi menampung air. Sedangkan bagian atas berfungsi sebagai wadah tanah.

Koda: Memberikan pengaruh positif kepada lingkungan perlu waktu. Adakalanya juga mengalami penolakan orang-orang tertentu. Namun tidak boleh menyerah dengan kondisi tersebut, terutama untuk hal-hal yang ditujukan pelestarian lingkungan. Kita sendiri juga paham bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa adanya tanaman.

— — —
Cukup inspiratif bukan mengenai kedua contoh teks inspiratif tentang lingkungan dan rumah tadi. Semoga kedua cerita inspiratif tadi juga bisa berguna bagi para pembaca.

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom, An engineer who loves to write about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. CP: Twitter | FB | IG

Logo DeckaRenas