3 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Sampah / Limbah

Sebagai seorang pelajar, tentunya kalian pasti pernah mendengar tentang teks laporan hasil observasi. Teks satu ini bisa kalian buat setelah melakukan pengamatan langsung ke lapangan untuk mengobservasi suatu objek atau permasalahan. Nah kali ini kami ingin memberikan beberapa contoh teks laporan hasil observasi tentang sampah yang bisa kalian jadikan referensi kedepannya.

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi informasi serangkaian hasil pengamatan suatu objek. Teks ini memiliki sifat objektif, informatif, dan komunikatif. Maksudnya ialah bahwa teks laporan observasi harus selalu menyajikan informasi secara jelas, mudah dipahami, dan sesuai fakta.

Tujuan dibuatnya teks laporan ialah untuk meneliti, menganalisa, mengamati, mengawasi, serta mengetahui perkembangan suatu objek permasalahan. Objek yang dimaksud sangatlah luas lingkupnya, mulai dari tanaman, hewan, lingkungan, alam, sains, teknologi, kesehatan, hingga sosial kebudayaan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Sampah

Nantinya teks laporan ini akan berfungsi sebagai sarana dokumentasi dan sumber informasi tepercaya. Selain itu laporan ini akan menjadi dasar penting dalam penyusunan keputusan, kebijaksanaan, serta pemecahan suatu masalah.

Untuk bisa menyusun teks observasi dengan baik, tentu kita wajib melakukan pengamatan langsung ke lapangan. Seperti dalam kasus kali ini yakni tentang observasi sampah, maka kalian perlu terjun ke lingkungan untuk melakukan pengamatan serta mengumpulkan data terkait sampah yang ada di sekolah maupun lingkungan kalian tinggal.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Ada 3 struktur laporan hasil observasi yang membangun teks laporan agar menjadi sempurna yaitu:

a)  Pernyataan Umum

Pernyataan umum atau biasa disebut sebagai definisi umum merupakan bagian pendahuluan yang berfungsi sebagai pengantar laporan. Di bagian ini, informasi seputar objek (nama objek, nama latin, asal-usul, latar belakang permasalahan, dan informasi tambahan) akan diperkenalkan dan disampaikan secara garis besarnya.

b)  Deskripsi

Deskripsi merupakan bagian inti laporan yang menjelaskan tentang rincian hasil observasi. Semua uraian detail akan dipaparkan sesuai data pengamatan yang telah dikumpulkan. Berdasarkan jenisnya, bagian ini dibagi lagi menjadi dua macam yaitu:

  • Deskripsi bagian: berisi penjelasan tentang informasi objek atau permasalahan seprti ciri fisik, sifat-sifat, manfaat, dan klasifikasi objek. Semakin lengkap bagian objek yang dilaporkan maka menandakan bahwa semakin bagus hasil observasinya.
  • Deksripsi manfaat: mengandung uraian tentang kegunaan atau manfaat objek terhadap kehidupan masyarakat sekitar. Namun deskripsi manfaat hanya bersifat opsi atau pilihan, sehingga banyak teks laporan observasi yang tidak memiliki struktur bagian satu ini.

c)  Kesimpulan

Kesimpulan berisi tentang ringkasan umum hasil pengamatan atau observasi. Fungsi utama dari kesimpulan ialah untuk mempersingkat sekaligus memudahkan pembaca dalam memahami inti dari teks laporan hasil observasi yang telah dibuat.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Sampah

Berikut ini adalah beberapa contoh teks laporan hasil observasi tentang sampah yang terbagi atas sampah organik, anorganik, serta bahan berbaya dan beracun (B3):


contoh teks LHO tentang sampah - DeckaRenas.Com

1.  Contoh Laporan Observasi tentang Sampah Organik

Pernyataan Umum

Sampah organik adalah sisa-sisa pembuangan yang berasal dari sumber organisasi hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Dalam rumah tangga, sampah semacam ini sangat mudah ditemui. Beberapa contohnya ialah sisa masakan, kulit buah, kotoran hewan, kertas, dus / karton, ranting pohon, dedaunan, dan buangan rumput liar.

Deskripsi Bagian

Sampah organik dibagi menjadi 2 jenis yaitu sampah organik basah dan sampah organik kering. Keduanya sama-sama memiliki sifat lapuk (dekomposisi) secara alami, hanya saja sampah basah memiliki jumlah air yang lebih besar sehingga proses penguraian terjadi lebih cepat.

Berdasarkan wujudnya, sampah organik terbagi menjadi 2 kelompok yaitu cair dan padat. Sampah cair berasal dari kotoran hewan, sisa minuman, atau manusia serta dari getah suatu tanaman. Sementara sampah padat berasal dari sisa-sisa kebutuhan rumah tangga, kotoran ternak, dan hasil alami lingkungan.


Deskripsi Manfaat

Sampah / Limbah organik apabila dikelola dengan benar tentunya akan memiliki banyak manfaat. Misalnya jenis sampah organik kering seperti karton, kertas, dedaunan kering dapat didaur ulang kembali atau dimanfaatkan sebagai kompos agar tidak mencemari lingkungan. Tentu cara ini jauh lebih baik daripada dibakar karena dapat menyebabkan polusi asap.

Sementara untuk sampah basah dapat dilakukan proses fermentasi yang nantinya akan didapatkan 2 produk yakni kompos dan biogas. Untuk sampah basah yang berwujud cair juga dapat difermentasi dan diolah menjadi pupuk cair yang sangat menguntungkan bagi mikroorganisme dalam tanah yang akan menyuburkan tanaman.

Sampah organik tipe tertentu seperti eceng gondok dan pandan duri dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan semisal tikar, tas, dan taplak meja. Sementara sampah organik buatan pabrik berupa kertas dan kardus juga bisa diolah untuk kerajinan tangan seperti kursi, meja, peralatan rumah tangga, dan suvenir.

Kesimpulan

Sampah organik adalah kategori sampah yang dapat diurai. Berdasarkan jenisnya, sampah ini terbagi atas sampah basah dan sampah kering. Sementara jika dilihat dari wujudnya dibagi menjadi sampah cair dan padat. Hampir semua jenis sampah organik dapat diolah kembali untuk dijadikan beragam manfaat sehingga tidak mencemari lingkungan.

*) klik halaman selanjutnya untuk melihat 2 contoh lain

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom, An engineer who loves to write about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. CP: Twitter | FB | IG

Logo DeckaRenas