3 Contoh Teks Persuasi tentang Sampah beserta Strukturnya

Teks persuasi adalah teks atau informasi yang bersifat mengajak. Tujuan penulisannya adalah untuk meyakinkan pembaca dan secara halus mengajak untuk mengambil tindakan tertentu.

Contoh teks persuasi tentang sampah yang terus bertambah, mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengurangi produksi sampah. Teks persuasi menggunakan data atau fakta tentang produksi sampah sehingga pembaca lebih yakin untuk mengikuti ajakan dari teks tersebut.

Teks ini mengandung opini atau cara pandang tertentu dengan tujuan membujuk pembaca agar tertarik dan mengikuti ajakan dari penulis. Lebih jelasnya bisa dilihat dari ciri-ciri dan juga struktur teks persuasi.

Editor Choices :
contoh teks persuasi tentang sampah

Ciri-ciri Teks Persuasi

Agar memahami secara keseluruhan mengenai teks persuasi, alangkah baiknya jika Anda tahu beberapa ciri-ciri teks persuasi sebagai berikut;

  • Berisi kata-kata ajakan

Sesuai dengan tujuan teks persuasi untuk membujuk, teks ini berisi kata-kata ajakan. Penulis membuat pernyataan yang dapat mendorong pembaca untuk melakukan sesuatu seperti keinginan atau harapan dari penulis.

Sponsored Link

Penulisan teks ini banyak menggunakan kata-kata yang membujuk pembaca seperti, ayo, sepantasnya, lakukanlah, hendaknya, penting, mari, waspadalah, jadikanlah, dan lain sebagainya.

  • Memiliki argumen untuk meyakinkan pembaca

Teks persuasi memiliki argumen yang harus meyakinkan pembaca. Diharapkan pembaca dapat mempertimbangkan argumen tersebut untuk melakukan suatu tindakan.

Kalimat-kalimat argumen dalam teks persuasi biasanya menggunakan beberapa kata penghubung seperti dengan demikian, karena, sebab, oleh karena itu, jika, akibatnya, dan lain-lain.

  • Berupa data dan fakta

Selain argumen, teks persuasi juga menggunakan informasi yang berupa fakta. Data dan fakta ini penting untuk memperkuat argumen yang ditulis di dalam teks persuasi.

  • Menghindari konflik

Ciri-ciri lain dari teks persuasi adalah isinya yang biasanya ditulis dengan kalimat-kalimat yang netral. Pernyataan atau kalimat dalam teks ini biasanya dibuat netral untuk menghindari konflik dan tidak kehilangan kepercayaan pembaca.


Struktur Teks Persuasi

  • Pengenalan isu

Pengenalan isu merupakan bagian awal dari struktur teks persuasi. Isinya berupa pengantar atau informasi permasalahan yang akan menjadi topik pembahasan. Kata-kata teknis atau istilah dipergunakan untuk bagian ini.

  • Argumen

Selanjutnya adalah bagian argumen yang berisi opini atau rangkaian pendapat dari penulis terkait permasalahan yang dibahas. Kata-kata penghubung seperti jika, karena, sebab, maka, akibatnya, dan kata penghubung argumentatif lainnya digunakan.

Selain pendapat-pendapat dari penulis, bagian ini juga mencakup informasi data yang mendukung argumen. Penulis menyampaikan argumen sesuai dengan data dan fakta yang ada.

  • Ajakan

Struktur lainnya dari teks persuasif adalah pernyataan ajakan. Penulis tidak langsung memerintahkan pembaca untuk melakukan sesuatu. Ajakan dalam teks persuasif dibuat tersirat atau secara halus.

  • Penegasan kembali

Paling terakhir dari teks persuasif adalah bagian penegasan kembali. Poin penting dari teks ini disampaikan ulang dengan lebih singkat dan jelas.


Kata-kata yang biasa digunakan adalah seperti oleh karena itu, demikianlah, dengan demikian, dan lain sebagainya.

Contoh Teks Persuasi tentang Sampah

contoh teks persuasi tentang sampah

Mengelola Sampah sebelum Dibuang

Sampah menjadi isu permasalahan yang sudah lama dihadapi Indonesia. Masih ada beberapa masyarakat yang tidak memedulikan masalah sampah ini. Padahal sampah sekecil apapun dapat menimbulkan masalah jika tidak ditangani dengan baik.

Terdapat sampah organik yang bisa terurai dan sampah anorganik yang tidak mudah terurai oleh tanah. Sampah tidak akan langsung hilang saat sampah dibuang. Sampah hanya berpindah tempat dan tetap ada untuk beberapa jangka waktu ke depan.

Membuang sampah tidak boleh sembarangan, baik itu sampah anorganik maupun sampah organik. Walaupun bisa terurai, sampah organik tetap membutuhkan waktu untuk bisa hancur. Biasanya sampah-sampah organik juga dapat menimbulkan masalah seperti bau yang tidak sedap.


Apalagi untuk sampah anorganik yang tidak bisa langsung terurai di tanah. Penanganan dan pengelolaan yang cepat dan tepat dibutuhkan. Jadi sampah tidak akan terlalu menumpuk banyak dan mencemari lingkungan.

Dampak negatif dari sampah setidaknya dapat dikurangi, dengan mengelola sampah yang baik dan benar. Mulai dari memisahkan sampah organik dan sampah anorganik sebelum dibuang. Sampah organik dapat membusuk dan terurai dari waktu ke waktu.

Mulai mengelola sampah dari rumah masing-masing, seperti memisahkan sampah sebelum dibuang. Beberapa sampah yang tidak bisa terurai mungkin bisa didaur ulang. Jadi sampah tidak perlu dibuang ke tempat sampah yang hanya berakhir tempat pembuangan.

Memisahkan sampah berdasarkan jenisnya akan memudahkan pengelolaan sampah nantinya. Membuang sampah pada tempatnya untuk menjaga kebersihan lingkungan bersama-sama.

contoh teks persuasi tentang sampah

Sampah Kantong Plastik

Penggunaan kantong plastik di masyarakat masih sangat tinggi. Kantong plastik sekali pakai sering digunakan karena lebih praktis dan murah. Namun penggunaannya yang sangat tinggi ternyata menimbulkan masalah.

Banyak masyarakat yang masih menggunakan kantong plastik sekali pakai, terutama saat sedang berbelanja. Saat pulang ke rumah, selain pulang dengan barang belanjaan juga pulang dengan sampah plastik belanjaan yang banyak.

Rumah menjadi kotor karena sampah kantong plastik yang banyak ini. Jika ingin turut membantu menyelamatkan bumi, kurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai. Saat belanja, lebih disarankan untuk membawa tas belanja sendiri sehingga tidak membutuhkan kantong plastik.

Apabila setiap orang mau menerapkan cara mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai, produksi sampah dapat ikut turun. Pengelolaan sampah yang tidak mudah terurai ini memang membutuhkan proses yang panjang.

Kantong plastik sekali pakai dapat diganti dengan alternatif lain yang lebih ramah lingkungan. Misalnya saat berbelanja, barang-barang yang dibeli bisa langsung dimasukkan ke tas belanjaan tanpa dibungkus plastik.

Tas belanjaan yang ramah lingkungan dapat menggantikan fungsi kantong plastik. Jadi saat akan berbelanja, masyarakat bisa membawa sendiri tas belanjaannya dari rumah.

Mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai bisa dilakukan untuk membantu menekan jumlah produksi sampah. Selain itu, kebiasaan baik ini juga lebih hemat karena produk yang bisa digunakan berulang kali.

teks eksplanasi tentang sampah 2

Daur Ulang Sampah Anorganik

Pada umumnya sampah merupakan barang sisa yang dibuang karena sudah tidak memiliki nilai fungsi lagi. Sampah biasanya tidak memiliki nilai ekonomis sehingga langsung dibuang. Beberapa sampah dapat diolah dan sisanya harus menumpuk di tempat pembuangan akhir sampah.

Pengelolaan sampah yang berkelanjutan penting untuk dilakukan mengingat sifat sampah yang susah terurai, terutama sampah anorganik. Volume sampah yang kian banyak dan dibiarkan menumpuk dapat menimbulkan berbagai masalah.

Tumpukan sampah yang begitu tinggi tidak hanya merusak pemandangan, tetapi juga menimbulkan pencemaran seperti pencemaran udara, pencemaran tanah, hingga pencemaran air. Sampah juga bisa menyebabkan bencana seperti banjir karena sampah yang menghambat aliran air sungai. 

Setiap tahunnya, Indonesia menghasilkan jutaan ton sampah. Sayangnya sebagian sampah-sampah ini mencemari lingkungan, baik di darat maupun di laut. Jika dibiarkan, masalah sampah ini akan berdampak lebih serius ke lingkungan dan juga kehidupan.

Masyarakat sebaiknya mulai sadar dan peduli dengan masalah sampah ini. Mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan dan jika bisa mengolah kembali sampah-sampah tersebut. Beberapa jenis sampah anorganik seperti botol, wadah makanan, hingga plastik kemasan dapat didaur ulang menjadi produk baru.

Produk daur ulang sampah seperti tas belanja dari plastik kemasan akan menjadikan sampah memiliki nilai ekonomis. Sampah-sampah yang sebelumnya akan dibuang tersebut jadi tidak mencemari lingkungan, justru dapat memberikan keuntungan setelah diolah menjadi produk baru.

Apa Perbedaan Teks Persuasi dengan Teks Argumentasi ?

Persamaan teks argumentasi dengan persuasi terdapat pada bentuk tulisan yang berupa pendapat.
Perbedaannya, pada teks argumentasi berisi pendapat-pendapat penulis yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca.
Sedangkan pada teks persuasi berisi pendapat namun disertai bukti yang bertujuan untuk mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu (persuasif) yang telah diberikan pada bacaan.


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
Manfaat Investasi Mata Uang Asing thumbnail
aplikasi investasi untuk mahasiswa, cara berinvestasi untuk mahasiswa, investasi properti untuk mahasiswa, investasi syariah untuk mahasiswa, Investasi yang Cocok untuk Mahasiswa, reksadana untuk mahasiswa, saham untuk mahasiswa, tempat investasi terpercaya
jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja
tabungan yang cocok untuk mahasiswa
Contoh Analisis SWOT Usaha Kue
Cara Menghasilkan Uang untuk Mahasiswa