3 Contoh Teks Persuasi Politik Singkat Beserta Strukturnya

Teks persuasi politik adalah teks yang berisikan bujukan atau ajakan kepada para pembaca agar setuju dengan apa yang ada di teks tersebut. Jadi kalau sering baca ajakan mengenai program yang dibuat pemerintah berarti itu merupakan contoh teks persuasi politik.

Ciri-Ciri Teks Persuasi Politik

Teks persuasi jenisnya itu ada banyak dan salah satunya adalah persuasi politik, teks ini sudah sering ada di koran atau di situs-situs berita. Untuk contoh teks persuasi politik juga sudah banyak jadi bisa tahu mana yang bagus dan tidak. Teks ini punya ciri khusus dan berikut cirinya.

  • Berisikan Data Juga Fakta

Teks persuasi bisa dikatakan benar kalau teks tersebut sudah ada data dan juga ada faktanya. Kalau datanya sudah lengkap dan juga sesuai dengan fakta yang ada barulah bisa mempengaruhi pembaca.

Contoh Teks Persuasi Politik
  • Membuat Pembaca Yakin

Teks persuasi kalau tidak membuat yang membaca yakin itu bukan teks yang benar, sebab teks ini harus membuat pembaca percaya apa yang dituliskan oleh penulis. Kalau sudah seperti itu barulah sesuai contoh teks persuasi politik dengan yang benar.

  • Ada Kata-Kata Ajakan

Sebuah teks bisa dikatakan persuasi kalau teks tersebut itu ada kata-kata ajakan seperti mari, ayo, lakukan, cobalah dan kata ajakan lainnya. Kalau sudah ada banyak kata-kata tersebut teks sudah bisa dikatakan teks persuasi.

Sponsored Link
  • Tidak Memicu Konflik

Meskipun teks persuasi itu mengajak agar pembaca percaya dengan topik yang dibahas bukan berarti teks tersebut menimbulkan konflik sebab apa yang menjadi kepercayaan dari pembaca tetap ada meskipun sudah baca teks tersebut.

Struktur Teks Persuasi Politik

Teks persuasi tidak boleh dibuat secara asal, sebab kalau asal membuat bisa-bisa pembaca tidak tahu apa yang disampaikan penulis dalam teks tersebut. Agar teks benar dalam membuat teks ini ikuti struktur di bawah ini.

  • Mengenalkan Isu

Mengenalkan isu adalah bagian pertama dalam teks persuasi, isu inilah yang nantinya akan dibahas dalam teks. Pengenalan isu harus jelas sebab kalau tidak akan susah dalam mengembangkan paragraf dan juga susah mengajak pembaca.

  • Argumen

Setelah isu dikenalkan maka penulis harus menuliskan rangkaian argumen mengenai isu yang sudah dituliskan. Untuk memperkuat argumen dan agar pembaca percaya, penulis juga harus menyertakan fakta juga data yang mendukung alasan atau argumen dari penulis.

  • Pernyataan Ajakan

Setelah argumen sudah dibuat berikutnya harus ada pernyataan ajakan, pernyataan ini berupa kalimat ajakan yang ditunjukkan untuk pembaca agar mau melakukan apa yang dibahas penulis. Pernyataan ini bisa langsung tersirat atau bisa juga tersurat.

  • Penegasan

Bagian terakhir ini penulis akan menyatakan kembali apa yang sudah dijelaskan sebelumnya dalam teks tetapi bentuknya berbeda. Bagian ini cirinya adalah berisikan kata-kata penutup seperti oleh karena itu atau demikianlah.

Contoh Teks Persuasi Politik

Hal Penting Saat Membuat Teks Persuasi

Seperti yang sudah dibahas tadi kalau teks persuasi itu tidak akan dianggap bagus kalau belum benar struktur atau tidak mempunyai ciri teks persuasi yang baik. Selain kedua hal tadi ada hal penting lainnya yang wajib diperhatikan dan berikut penjelasannya.

  • Kata Yang Digunakan

Pembuatan teks persuasi itu harus memperhatikan kata yang akan digunakan, kata yang harusnya digunakan adalah kata-kata yang menarik dan tepat. Jangan sampai memakai kata yang mudah dimengerti agar pembaca langsung tahu inti dari teks tersebut.

  • Bukti Dan Fakta

Kata kalau sudah bagus tinggal memperhatikan bukti atau fakta yang nantinya dipakai untuk memperkuat argumen yang penulis buat. Bukti ini jangan asal tetapi harus dari sumber yang jelas, kalau buktinya jelas asalnya pembaca akan makin percaya dengan apa yang ditulis penulis.

  • Mengolah Emosi

Mengolah emosi itu penting sekali sebab kalau pembaca merasa biasa saja setelah membaca teks berarti penulis telah gagal dalam membuat teks persuasi. Harusnya penulis bisa membuat emosi pembaca berkobar-kobar atau meredam emosi dengan tulisan tersebut.

Sponsored Link

Contoh Teks Persuasi Politik Yang Benar

Membuat teks persuasi yang benar tidaklah sulit karena sudah ada beberapa contoh teks persuasi politik yang bisa ditiru oleh penulis yang mau membuat teks tersebut. Untuk contohnya sendiri bisa dilihat dengan jelas di bawah ini.

Polemik Golongan Putih

Negara Indonesia adalah negara demokrasi makanya masyarakat memilih sendiri presiden yang akan memimpin negara ini. Meskipun sudah diberikan hak untuk memilih masih banyak masyarakat yang memilih golongan putih alias tidak memilih calon presiden.

Sebenarnya masyarakat memilih untuk golput itu tidaklah salah sebab pemilihan golput ini bisa dikarenakan bukan keinginan masyarakat sendiri. Bisa jadi masyarakat tidak bisa memakai haknya untuk memilih karena tidak terdaftar sebagai pemilih atau karena tidak setuju dengan visi calon-calon presiden.

Oleh karena itu jangan langsung menyalahkan pihak yang golput tetapi mari cari tahu dulu apa yang menyebabkan sampai golput. Jangan sampai perbedaan pendapat mengenai hak pilih ini memecah persatuan bangsa.

contoh teks politik

Pengesahan RUU Larangan Minuman Beralkohol

Sekarang pemerintah sedang membuat RUU baru yaitu RUU larangan minuman-minuman beralkohol. RUU ini sebenarnya dari dulu akan disahkan tetapi masih banyak kelompok masyarakat yang kurang menyetujui RUU tersebut.

Kelompok yang menentang RUU ini sebenarnya tidaklah salah sebab tidak semua kalangan masyarakat itu mendapatkan dampak buruk dari adanya minuman tersebut. Ada juga kalangan masyarakat yang mendapatkan keuntungan dari minuman tersebut.

Sebaiknya sebelum RUU ini disahkan dilihat dulu apakah benar-benar akan berdampak bagus atau tidak dengan adanya RUU ini. Tetapi karena ini adalah program dari pemerintah mari dukung saja keputusan pemerintah agar kondisi negara semakin baik.

Perpindahan Ibu Kota

i k l a n

Ibu kota negara Indonesia sekarang ini sudah tidak lagi bagus kondisinya, setiap hari macet, polusi udara dan sering terjadi banjir. Kondisi seperti itulah yang membuat pemerintah ingin mengganti ibu kota yang tadinya di Jakarta ke Kalimantan Timur.

Perubahan ibu kota ini ditentang banyak pihak salah satunya adalah para pebisnis. Pebisnis merasa dirugikan kalau ibu kota pindah sebab nantinya yang akan ramai itu di pusat pemerintahan yang baru jadi mau tidak mau harus ikut pindah juga tempat bisnisnya.

Sebenarnya perpindahan ibu kota ini tidak sepenuhnya salah, sebab kalau masih berada di Jakarta akan semakin sulit untuk menjalankan sistem pemerintahan. Jadi baiknya mari terus dukung saja apa yang jadi keputusan pemerintah karena itu untuk kepentingan bersama.

Prospek Kerja Jurusan Hukum

Sebutkan Kaidah Bahasa Teks Persuasif yang Benar?

Terdapat penyataan-pernyataan yang mengandung ajakan, dorongan, bujukan, dan sejenisnya.
Terdapat pernyataan-pernyataan yang mengandung pendapat dan fakta. Mengunakan kata ganti kita.
Menggunakan kata-kata teknis atau peristilahan yang berkenaan dengan topik. Menggunakan kata-kata penghubung yang argumentatif.
Menggunakan kata-kata perujukan seperti “berdasarkan data” “merujuk pada pendapat”

Tujuan Pembuatan Paragraf / Teks Persuasi

Membuat teks itu pasti ada tujuannya seperti halnya membuat teks yang bersifat persuasi juga ada tujuannya. Untuk tujuannya itu ada banyak dan salah satunya adalah ingin mengajak masyarakat untuk mengikuti apa yang dikatakan oleh penulis dalam tulisannya.

Editor's Choices:

Jadi penulis nantinya akan membahas sebuah isu dan akan berpendapat mengenai isu tersebut, penulis akan mengajak pembaca agar mau menyetujui semua pendapat dari penulis. Agar tujuan ini terwujud maka pembuatan teks harus sama seperti contoh teks persuasi politik.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
Tips Sukses Kuliah Teknik Sipil
Prospek Kerja Teknik Geofisika
Jurusan Kuliah yang Paling Santai
aktuaria unpad
Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis
jurusan kuliah yang bisa kerja di kantoran
close