6 Contoh Teks Persuasif Pendidikan Singkat dan Strukturnya

Dalam pendidikan Bahasa Indonesia pastinya kita sering disuruh untuk membuat contoh teks persuasif pendidikan. Akan tetapi memang diakui masih banyak yang belum memahami pembuatan teks yang satu ini. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya secara lengkap mulai dari pengertian hingga contohnya.

Mengenal Tentang Teks Persuasif

Untuk memahaminya dan bisa membuat teks persuasif sendiri, Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu teks persuasif. Teks yang satu ini adalah suatu tipe karangan yang digunakan untuk membujuk si pembaca untuk melakukan suatu aksi.

Akan tetapi, teks yang satu ini tak langsung memberikan ajakan secara gamblang melainkan memberikan suatu pendahuluan. Pendahuluan tersebut dibuat untuk memberikan gambaran utama bagi pembaca untuk memahami maksud dari di penulis.

Contoh Teks Persuasif Pendidikan

Dengan ini ajakan akan lebih mudah masuk ke dalam otak pembaca dan mereka bisa lebih mudah tertarik dengan bujukan tersebut. Ya, pembaca sudah memiliki alasan di awal sehingga lebih yakin dalam melakukan aksi yang diharapkan oleh penulis.

Struktur Teks Persuasif

Nah, setelah Anda mengetahui apa itu teks persuasif itu sendiri maka selanjutnya akan kita bahas mengenai strukturnya. Ya, dengan memahami strukturnya maka Anda akan menjadi lebih mudah dalam membuatnya sendiri. Dan inilah dia struktur beserta dengan penjelasan selengkapnya:

Sponsored Link

Pengenalan Isu
Struktur yang pertama yaitu pengenalan isu. Pada paragraf ini, penulis harus mengawalinya dengan isu-isu yang berkembang atau masalah yang terjadi pada saat itu. Permasalahan inilah yang akan menjadi dasar suatu ajakan yang akan diajukan oleh si penulis.

Argumen
Setelah memaparkan mengenai isu atau masalah yang berkembang pada saat itu, selanjutnya penulis memberikan argumennya. Argumen bukan sekadar opini semata melainkan menyatakan mengenai fakta-fakta yang ada dan berkaitan dengan isu tersebut.

Pada paragraf ini, penulis menguatkan isu-isu yang berkembang dengan fakta yang ada di lapangan dan bisa disaksikan sendiri oleh pembaca.

Ajakan
Setelah memberikan isu yang sedang ramai diperbincangkan dan menguatkannya dengan argumen maka selanjutnya pembaca bisa mengajak untuk melakukan aksi. Pernyataan yang satu ini menjadi bagian paling utama dalam rangkaian teks persuasif.

Anda dapat mengajak pembaca baik secara tersurat atau bisa juga secara tersirat. Semuanya sesuai dengan konteks dan tujuannya.

Penegasan
Karena ajakan masih bersifat antara boleh dan tidak maka harus ditegaskan lagi dengan di bagian penegasan ini. Anda bisa memperkuat ajakan agar pembaca semakin yakin untuk melakukan aksi yang diharapkan penulis.

Penegasan bisa Anda berikan dengan mengulang fakta dan mengingatkan kembali pembaca untuk melakukan aksi di struktur teks bagian ajakan.

Contoh Teks Persuasif Pendidikan Beserta Strukturnya

Setelah mengetahui pengertian dari teks persuasif maka selanjutnya akan berikan contohnya yang lengkap dengan struktur. Dengan membaca contohnya diharapkan Anda bisa dengan lebih mudah memahaminya. Ini dia beberapa judul contoh teks persuasif pendidikan yang bisa Anda simak baik-baik:

Contoh Teks Persuasif Pendidikan Singkat dan Strukturnya

Tantangan Pendidikan di Masa Pandemi

Pengenalan Isu
Di masa pandemi COVID-19 yang terjadi sejak tahun 2020  lalu membuat pendidikan menjadi lumpuh total. Hingga saat ini kasus terus melonjak dan kegiatan belajar mengajar belum terlaksana dengan normal.

Banyak tantangan yang dihadapi oleh peserta didik maupun pendidik sehingga melemahkan pendidikan di Indonesia. Hal ini bisa berdampak buruk untuk kelangsungan negara.

Argumen
Ada banyak sekali tantangan yang harus dihadapi oleh peserta didik, pendidik, hingga orang tua. Ada banyak keluarga yang masih belum memiliki akses gadget pintar untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Keterbatasan di daerah terpencil juga menjadi tantangan utama.

Banyak guru yang masih gaptek sehingga tidak kreatif dalam melakukan pembelajaran. Bahkan orang tua juga mengaku kesulitan karena tidak bisa mengajari dan mendampingi anak belajar di rumah.

Ajakan
Oleh karena itu, marilah kita semua senantiasa mendukung pendidikan bagi anak-anak dengan turut membantu mereka yang kesulitan. Bisa dengan melakukan protokol kesehatan untuk meminimalkan jumlah kasus.

Bisa dengan membantu memberikan akses gadget dankuota data. Bagi guru bisa menambah skill dengan belajar teknologi agar siswa tak ketinggalan pendidikan yang seharusnya mereka dapatkan.

Penegasan
Ya, siapa pun bisa mendukung pendidikan anak-anak bangsa baik itu masyarakat biasa, orang tua, dan juga guru-guru. Dengan kerja sama antar pihak maka tantangan yang berat ini bisa menjadi ringan dan pendidikan anak terjamin.

Contoh Teks Persuasif Pendidikan Singkat dan Strukturnya

Belajar Rutin untuk Capai Prestasi yang Gemilang

Pengenalan Isu
Saat ini anak didik masih menggunakan sistem kebut semalam atau SKS untuk mempersiapkan ujian. Ya, cara yang satu ini cukup menghawatirkan karena banyak dari mereka yang hanya ingin mendapatkan nilai yang bagus. Sehingga belajar hanya dilakukan saat ulangan atau ujian semester.

Argumen
Padahal, hal tersebut sangat tidak tepat sebab bisa menimbulkan kelelahan. Banyak dari siswa yang malah mendapatkan nilai yang buruk dengan sistem SKS ini. Banyak juga dari mereka yang akhirnya mengandalkan temannya untuk menyontek karena hasil belajar yang tidak masuk sama sekali.

Ajakan
Oleh karena itu, marilah anak didik sekalian untuk belajar secara rutin dan tidak mengandalkan belajar dengan sistem kebut semalam. Belajar yang teratur dan diulang-ulang akan membuat otak dapat mencerna ilmu dengan baik.

Penegasan
Sekali lagi, janganlah mengandalkan sistem kebut semalam hanya untuk mendapatkan nilai terbaik. Cobalah untuk memahami bahwa ilmu itu berguna untuk Anda sehingga harus dipelajari setelah sepulang sekolah. Dengan ini, ujian akan menjadi lancar, badan tetap sehat, dan Anda dapat ilmu yang bermanfaat.

Tetap Meraih Prestasi di Masa Pandemi

Pengenalan Isu
Di masa pandemi COVID-19 ini pendidikan menjadi salah satu sektor yang paling terdampak. Kini pembelajaran dilakukan secara daring sehingga jarang sekali yang bertemu langsung.

Pergelaran lomba-lomba yang dahulunya sering dilakukan menjadi tertunda atau bahkan ditiadakan. Tentu hal ini membuat prestasi anak-anak bangsa juga ikut meredup. Mereka memilih diam di rumah dan memendam bakatnya.

Argumen
Tapi, sebenarnya jika kita kreatif masih banyak sekali peluang yang bisa didapatkan untuk meraih prestasi. Ada banyak sekali lomba-lomba yang dilakukan secara daring untuk bisa diikuti oleh peserta didik secara nasional.

Tak hanya itu saja, tak sedikit seminar-seminar yang dilaksanakan oleh pemerintah ataupun swasta untuk meningkatkan skills.

Ajakan
Oleh karena itu, sebagai peserta didik yang cerdas dan kreatif marilah untuk aktif mencari kompetisi atau seminar yang bermanfaat. Banyak lomba yang bisa diikuti seperti lomba essay, lomba menyanyi secara daring, dan lainnya.

Banyak juga seminar yang bisa mengembangkan prestasi akademik maupun non akademik seperti seminar fisika, seminar matematika, seminar make up, seminar masak, dan lain sebagainya.

Penegasan
Jangan sia-siakan berbagai fasilitas seminar dan lomba secara online yang kini bisa diakses bahkan secara gratis oleh peserta didik. Jadilah orang berprestasi walaupun dalam keadaan pandemi.

Contoh Teks Persuasif Pendidikan Singkat dan Strukturnya

Kenali Bakat Anak untuk Gapai Pendidikan yang Sesuai

Pengenalan Isu
Sebagai orang tua pastinya Anda memiliki kebingungan dalam membantu anak menentukan pendidikan yang sesuai. Apalagi jika mereka sudah lulus SMP atau lulus SMA yang harus menentukan jurusan yang lebih fokus.

Argumen
Banyak anak-anak yang ternyata merasa mereka berada di tempat yang salah atau lebih mudahnya dikatakan sebagai salah jurusan. Ya, fenomena ini sudah tak asing lagi didengar oleh telinga kita bukan?

Jangan sampai hal ini terjadi pada anak Anda karena tentu akan membuat langkahnya terbatas.

Ajakan
Untuk itu, untuk memudahkan dalam memberikan pendidikan yang sesuai sebaiknya orang tua mengenali bakat anak itu sendiri. Semua anak lahir dengan berbagai bakat. Sayangnya bakat yang kurang terkenal dianggap sepele.

Apa yang menjadi ketertarikan anak, dukunglah. Walaupun anak memiliki bakat yang cukup berbeda dengan anak-anak lain juga tetap dukung dan bantu dia untuk berkembang.

Penegasan
Bakat yang terus menerus diasah dan didukung akan memberikan kepercayaan pada anak sehingga ia mengetahui jati dirinya. Ia akan memilih pendidikan yang sesuai dengan bakatnya.

Jangan batasi dia untuk berekspresi jika masih dalam lingkup yang positif. Biarkanlah ia memilih jurusan yang paling tepat sesuai bakat yang dimiliknya.

Pentingnya Pendidikan Karakter
Sebagai Upaya Pembentukan Moral Bangsa

  • Pengenalan Isu

Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat kejahatan, kriminal, dan korupsi yang cukup tinggi. Tentunya hal ini terjadi karena pelaku tak memiliki moral yang baik terhadap keberlangsungan berbangsa dan bernegara.

Bahkan hal keji tersebut dilakukan oleh orang-orang ber-jas dan berdasi yang dipilih dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia.

  • Argumen

Pendidikan moral yang kacau di zaman dahulu menjadi salah satu penyebab karakter mereka yang sangat buruk. Tak ada kesadaran dalam diri mereka untuk menebarkan kebaikan kepada sesama.

Pendidikan karakter mulai diserukan akhir-akhir ini oleh pemerintah setelah isu-isu di atas terus bergemuruh. Pendidikan karakter mulai digalakkan di sekolah-sekolah untuk menciptakan generasi yang lebih bermanfaat.

  • Ajakan

Oleh karena itu, semua pihak yang terlibat baik itu orang tua atau guru sebaiknya ikut mendukung pendidikan karakter ini. Sedini mungkin anak harus mendapatkan pendidikan karakter agar terbentuk moral bangsa yang baik.

Dengan dasar pendidikan karakter yang baik maka akan tertanam dengan erat pada anak didik. Nantinya mereka akan menjadi orang yang berguna dan bermoral.

  • Penegasan

Jadi, pendidikan karakter harus segera dimulai sejak dari lingkungan paling kecil yaitu keluarga hingga sekolah. Tenaga pengajar dan orang tua harus tegas dalam menghadapi anak-anak yang berperilaku kurang baik.

Kemudian, ajarkan pada mereka apa yang harus dilakukan dan berikan bimbingan sebaik mungkin agar karakternya makin terbentuk.

10 Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan

Dukung Anak-anak
Belajar Secara Daring di Masa Pandemi

  • Pengenalan Isu

Di masa pandemi seperti saat ini yang peduli dengan pendidikan anak  kebanyakan hanya orang tua, guru, dan juga pemerintah. Jarang sekali masyarakat umum yang juga ikut mendukung mereka yang berjuang untuk mencari ilmu di masa sulit ini.

Tak jarang masyarakat yang acuh dengan pendidikan sehingga anak-anak menjadi semakin tertekan.

  • Argumen

Jika kita menilik ke lapangan ternyata masih banyak warga yang enggan meminjamkan HP-nya kepada tetangga untuk belajar secara  daring. Masih banyak warga yang beraktivitas saat larut malam sehingga mengganggu waktu anak-anak belajar.

Tak sedikit pula masyarakat yang mengajak anak-anak untuk bermain padahal masih berada di jam-jam pembelajaran masih dilaksanakan.

  • Ajakan

Oleh karena itu, penting sekali bagi masyarakat umum juga ikut membantu menyukseskan program pembelajaran jarak jauh ini. Mari kita dukung dengan saling menyokong mereka yang kesulitan.

Masyarakat bisa membantu memberikan HP yang sudah tak terpakai untuk anak-anak, bisa juga memasang WiFi gratis khusus anak-anak sekolah. Kemudian, tidak beraktivitas di malam hari yang menimbulkan kebisingan, dan lain sebagainya.

  • Penegasan

Apabila masyarakat juga mendukung kegiatan belajar mengajar secara daring yang dilakukan saat ini maka anak-anak pun akan semangat. Mereka dapat melakukan tanggung jawabnya sebagai anak didik tanpa terganggu atau kesusahan karena berbagai hal.

Dengan dukungan masyarakat, anak-anak pasti akan bermanfaat juga untuk masyarakat kelak.

Sebutkan Ciri-ciri Teks Persuasif ?

Berisi data dan fakta kondisi yang sebenarnya, Meyakinkan pembaca, Berisi kata-kata ajakan, Menghindari konflik.
Biasanya teks persuasif menghindari konflik agar kepercayaan pembacanya tidak hilang dan supaya kesepakatan pendapat antara penulis dan pembaca tercapai.

Apa Kaidah Kebahasaan Teks Persuasif ?

Menggunakan kata-kata bujukan
(penting, harus, sudah semestinya, sepantasnya, dsb)
Menggunakan kata-kata kerja yang bersifat imperatif
(jadikanlah, waspadalah, hendaknya, dsb)
Menggunakan kata-kata istilah yang sesuai dengan topik yang dibahas.
Menggunakan kata-kata penghubung yang bersifat argumentatif
(sebab, jika karena, dengan akibatnya, oleh karena itu, dsb)

Editor's Choices:

Jadi, itu dia beberapa contoh teks persuasif pendidikan beserta dengan berbagai penjelasan yang lainnya. Dengan membaca contoh di atas pastinya Anda sudah mulai paham dalam membuat teks persuasif sendiri bukan? Ya, cobalah terus menerus membuat agar makin terlatih dan lancar, jangan lupa juga minta pendapat guru apakah ada struktur yang masih kurang pas.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
sekolah kedinasan di malang
jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan
Jurusan Saintek yang Prospek Kerjanya Bagus
Jurusan Analis Kimia
alasan memilih fakultas ekonomi
jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan