3 Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Sampah & Strukturnya

Teks tanggapan kritis yaitu sebuah teks yang berisi mengenai pemaparan kritik tajam pada sesuatu hal yang diyakini terdapat sebuah kesalahan di dalamnya. Anda bisa menemukan contoh teks tanggapan kritis tentang sampah misalnya di surat kabar langganan Anda.

Umumnya pada teks tersebut berisi tanggapan pada sebuah peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar penulis teks yang dilengkapi dengan fakta dan argumen yang menguatkan. Banyak teks tanggapan kritis yang muncul di halaman surat pembaca.

Teks tanggapan kritis ini akan dibuat oleh penulis jika merasa ada yang salah mengenai satu hal yang sedang menjadi sorotannya.

contoh teks tanggapan kritis tentang sampah

Mengenal Ciri dari Teks Tanggapan Kritis

Jika Anda ingin mengetahui seperti apa teks tanggapan kritis, maka sebaiknya kenali beberapa ciri dari teks tanggapan kritis yang mungkin akan Anda temui.

1. Unsur bahasa

Teks tanggapan kritis umumnya menggunakan bahasa yang ringan dan mudah untuk dipahami. Hal itu memang harus ada mengingat teks tanggapan kritis memang bertujuan untuk bisa dipahami sebanyak mungkin orang yang ada di luar sana.

Banyak teks tanggapan kritis yang dibuat dengan gaya bahasa yang sangat sederhana mengingat target sasaran dari teks tersebut adalah banyak dari masyarakat awam.

2. Kalimat komplek yang majemuk

Teks tanggapan kritis adalah berupa sebuah kalimat yang lengkap dan bersifat majemuk. Dilihat dari adanya kalimat utama dan anak kalimat yang ada dalam satu contoh teks tanggapan kritis tentang sampah.

3. Adanya kata penghubung


Kemudian dalam teks tanggapan kritis juga akan ditemukan kata penghubung. Dalam hal ini beberapa kata penghubung yang menunjukkan adanya penguatan argumentasi yang diberikan oleh penulis teks tanggapan kritis.

4. Terdapat kata rujukan untuk mendukung pernyataan dengan tegas

Teks tanggapan kritis juga memiliki kata rujukan yang berfungsi untuk mendukung pernyataan atau argumentasi yang dimiliki penulis secara tegas.

5. Menggunakan pilihan kata yang mudah dipahami

Teks tanggapan kritis berisi ungkapan tanggapan yang terbagi menjadi beberapa hal yaitu menguatkan, menolak, menggunakan kata bilangan atau urutan informasi dan menggunakan majas penghapusan. Selain itu ungkapan tanggapan juga mengungkapkan dari sudut pandang orang lain dengan pemilihan kata secara khusus terutama agar supaya bisa lebih mudah untuk dipahami.


Struktur Teks Tanggapan Kritis yang Harus Anda Ketahui

a. Evaluasi

Adalah pernyataan umum yang dibuat oleh penulis teks mengenai permasalahan yang disampaikan dalam teks. Evaluasi berada dalam bagian pertama contoh teks tanggapan kritis tentang sampah misalnya.

b. Deskripsi teks

Merupakan informasi lengkap mengenai pernyataan yang mendukung atau menolak hal yang disebutkan teks tanggapan kritis.

c. Penegasan ulang

Berisi penegasan terhadap apa yang sudah diputuskan dalam contoh teks tanggapan kritis tentang sampah.

Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Sampah

contoh teks tanggapan kritis tentang sampah
Sampah dan Kesadaran Manusia untuk Hidup Sehat

Evaluasi

Sampah adalah salah satu benda yang hampir setiap hari selalu dibuang oleh manusia. Namun sayang kesadaran manusia yang sangat rendah pada penanganan sampah justru berimbas pada kehidupan mereka sendiri.

Meski begitu banyak manusia yang tak menyadari bahwa musibah bencana alam yang dialaminya adalah berasal dari perbuatannya sendiri. Mereka banyak yang menyalahkan pemerintah karena tak serius dalam menangani masalah sampah yang tak berkesudahan.

Deskripsi Teks

Banyak manusia yang menyepelekan tentang perihal membuang sampah. Mereka beranggapan bahwa nantinya sampah akan dikelola dan didaur ulang oleh pihak yang ditugaskan oleh setiap daerah sehingga bisa tertangani dengan baik.


Namun apakah bisa ditangani semua jika semua masyarakat berpikir seperti demikian. Padahal jumlah warga negara Indonesia ada begitu banyak dimana jumlah sampah yang mereka hasilnya pun cukup mencengangkan.

Penegasan ulang

Melihat fenomena banyaknya bencana alam, sampah yang berserakan di tempat umum hingga kekhawatiran akan munculnya penyakit akibat bakteri atau virus yang hidup di sampah yang dibuang sembarangan tentu bisa disimpulkan siapa yang harus bertanggung jawab penuh atas hal tersebut.

Dalam hal ini manusialah yang perlu diberikan edukasi menyeluruh dari mulai pentingnya memilah jenis sampah, mengolahnya hingga melakukan proses daur ulang dengan benar.

contoh teks tanggapan kritis tentang sampah
Kebijakan Pemerintah untuk Kurangi Jumlah Sampah Plastik

Evaluasi

Usaha yang dilakukan oleh pemerintah untuk menurunkan jumlah sampah rumah tangga terutama jenis plastik rupanya berimbas pada jalannya bisnis yang berjalan di bidang retail kebutuhan rumah tangga. Dimana ada ide berupa kebijakan untuk pemberian kantong belanja khusus untuk mereka yang ingin berbelanja di supermarket tanpa membawa kantong belanja sendiri.

Deskripsi teks

Pemerintah sendiri sudah berdiskusi langsung dengan pemilik tempat usaha yang menggunakan kantong belanja sebagai wadah belanjaan mereka.

Namun hal itu dikhawatirkan memiliki hasil yang tak sesuai harapan. Bahwa memberikan edukasi pada masyarakat jauh lebih efektif ketimbang memberikan beban biaya pada masyarakat untuk pembelian kantong belanja khusus.

Edukasi untuk meminimalisir penggunaan kantong plastik dengan cara menggunakan kantong belanja khusus dirasa jauh lebih efektif daripada memberikan beban biaya tambahan untuk masyarakat ketika mereka berbelanja. Selain itu sangat penting juga untuk memberikan edukasi untuk pengolahan sampah dengan baik dan benar.

Penegasan ulang

Meski ada banyak pendapat yang mendukung tentang kebijakan kantong belanja khusus namun beberapa pihak mengklaim kebijakan tersebut efektif mengurangi sampah plastik yang ada. Bahkan banyak kemasan sekali pakai yang kini mulai dibuat dari bahan non plastik yang lebih ramah lingkungan.

Penggunaan Kemasan Non Plastik Bahan Ramah Lingkungan

Evaluasi

Saat ini banyak masyarakat yang lebih memilih untuk menggunakan kemasan makanan atau minuman sekali pakai untuk kemudahan mereka dalam beraktivitas. Namun sayangnya banyak jenis kemasan sekali pakai tersebut yang terbuat dari bahan tak ramah lingkungan.

Sedangkan untuk bahan kemasan makanan dan minuman yang terbuat dari bahan ramah lingkungan biasanya masih jarang ditemukan dan Anda pun bisa mendapatkannya dengan harga yang lumayan mahal.

Deskripsi teks

Bahan kemasan makanan atau minuman sekali pakai umumnya banyak terbuat dari bahan plastik. Padahal bahan tersebut selain tak bagus untuk kesehatan juga sangat sulit untuk diurai oleh tanah setelah dibuang nanti.

Masyarakat banyak yang lebih memilih bahan plastik ketimbang bahan non plastik yang lebih ramah lingkungan karena harganya yang jauh lebih terjangkau. Padahal bagaimanapun juga penggunaan bahan plastik terutama untuk makanan dan minuman sangat tidak dianjurkan.

Penegasan ulang

Melihat banyak fenomena masyarakat yang terjangkit banyak penyakit berat tentu bisa dipahami bahwa itu adalah salah satu akibat atau efek dari penggunaan bahan kemasan sekali pakai yang tak baik untuk kesehatan. Akan jauh lebih aman mengeluarkan biaya sedikit lebih mahal daripada mengeluarkan harga yang lebih terjangkau namun beresiko untuk kesehatan di masa yang akan datang.

Sebutkan Perbedaan Teks Tanggapan Kritis dengan Teks Diskusi ?

Beda Struktur. Teks tanggapan kritis memiliki Orientasi, Evaluasi, Tafsiran, Simpulan. Sedangkan teks diskusi berisi Permasalahan/isu, argumen (menentang, mendukung), kesimpulan.
Beda kaidah kebahasaan. Teks diskusi = Istilah Umum, Kata Perbandingan, Kata Pendukung/Penolak.
Teks Tangapan Kritis = Kalimat kompleks, Konjungsi, Kata Rujukan, Kata Hubung

Editor Choices :

Sekian ulasan dari Kami tentang contoh teks tanggapan kritis tentang sampah. Semoga penjelasan diatas bisa dipahami & menambah referensi mengenai jurnalistik, harapannya bisa bermanfaat untuk Anda. Salam.

Komentar / Pertanyaan