3 Contoh Teks Diskusi tentang Sampah beserta Strukturnya

Belakangan ini, jumlah pencarian kata kunci ‘Contoh teks diskusi tentang sampah’ cukup ramai di internet. Jumlahnya hampir mencapai 2ribu pencarian dalam sehari. Banyak siswa SMA yang googling artikel inin untuk bisa menyelesaiakan tugas yang diberikan Guru.

Teks diskusi adalah sebuah teks yang memberikan penjelasan tentang dua pendapat yang berbeda mengenai suatu hal yang sedang diperbincangkan. Dalam teks tersebut kedua pihak yang berkaitan saling membahas mengenai satu hal yang menjadi permasalahan secara mendetail, baik untuk pro dan kontranya.

Dalam teks diskusi Kamu akan menemukan berupa penjelasan dari satu masalah, perbedaan pendapat yang terjadi, serta penyelesaian yang menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Berikut penjelasan terperinci mengenai teks diskusi yang perlu diketahui.

Editor Choices :
contoh teks diskusi tentang sampah

Ciri, Kaidah Kebahasaan dan Struktur Teks Diskusi

Kamu bisa menemukan contoh teks diskusi tentang sampah pada beberapa media cetak seperti surat kabar atau media informasi tertulis lainnya. Untuk mengenal apakah teks tersebut termasuk teks diskusi atau bukan, maka bisa mengenalinya dari ciri teks yang ada dari teks diskusi.

Ciri-ciri Teks Diskusi

  • Membahas permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar penulis
  • Memakai kata penghubung berupa perbandingan dan pertentangan
  • Teks memiliki argumen pro dan kontra untuk melihat permasalahan yang sedang didiskusikan

Kaidah Kebahasaan Teks Diskusi

Sedangkan untuk kaidah kebahasaan yang dipakai dalam teks diskusi adalah konjungsi pertentangan dan perbandingan. Merupakan jenis kata penghubung yang sering digunakan untuk membuat teks diskusi.

Sponsored Link

Untuk konjungsi pertentangan diantaranya adalah seperti kata penghubung sedangkan, tetapi dan melainkan. Lalu untuk jenis konjungsi perbandingan meliputi kata lebih – daripada. Contohnya adalah Budi lebih menyukai membaca komik daripada membaca novel.

Teks diskusi banyak dipakai dalam beberapa acara yang diselenggarakan secara umum. Seperti misalnya untuk sarasehan, seminar, simposium, kongres, diskusi panel, muktamar dan lokakarya. Kamu akan menemukan banyak contoh teks diskusi tentang sampah yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Struktur Teks Diskusi yang Perlu Diketahui

Dalam teks diskusi ada beberapa struktur yang membentuk teks diskusi agar mudah dipahami sekaligus bisa lebih tepat pada sasarannya. Apa saja struktur dari teks diskusi tersebut?

a. Isu masalah yang sedang dibahas
Pada bagian awal teks diskusi akan membahas tentang isu masalah yang sedang dihadapi dan dibahas dalam teks tersebut.

b. Pendapat yang mendukung
Kemudian bagian yang kedua membahas tentang pendapat mereka yang pro atau mendukung pada isu yang tengah berkembang


c. Pendapat yang menentang
Bagian yang ketiga membahas tentang pendapat mereka yang kontra atau menentang isu yang sedang dibahas

d. Simpulan akhir
Kemudian pada bagian akhir membahas tentang simpulan akhir atau apa yang menjadi pendapat penulis dalam mengatasi masalah yang sedang didiskusikan

Contoh Teks Diskusi tentang Sampah dan Pengelolaannya

Berikut ini ada 3 contoh teks diskusi tentang sampah yang bisa disimak untuk lebih memahami lagi tentang teks diskusi.

contoh teks diskusi tentang sampah

Sampah dan Kendala Pengelolaannya di Kota Besar

Sampah adalah sebuah barang atau produk yang sudah tak bisa digunakan atau tak bernilai lagi. Untuk saat ini jenis sampah yang ada di tengah masyarakat Kita dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu sampah organik, sampah anorganik dan sampah jenis beracun serta berbahaya.

Jumlah penduduk Indonesia yang ada saat ini kian hari kian bertambah. Tentunya hal itu juga berdampak pada jumlah dan volume sampah yang dibuang setiap harinya.


Gaya hidup masyarakat yang semakin praktis membuat jumlah sampah pun bertambah banyak. Hidup manusia semakin mudah namun jumlah sampah semakin tak terkendali.

Sebut saja seperti gelas atau wadah makanan sekali pakai, popok sekali pakai, hingga aneka jenis kemasan produk yang tak ramah lingkungan semakin mengotori lingkungan Kita.

Hal tersebut otomatis membuat jumlah sampah semakin meningkat dan tak terkendali. Untuk itu perlu adanya edukasi khusus pada masyarakat untuk bisa mengupayakan gaya hidup sehat untuk kesejahteraan keluarga dan anak keturunannya kelak.

Maka dari itu agar supaya jumlah sampah bisa lebih terkendali namun tetap bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dengan baik maka harus dipikirkan untuk bisa membuat kemasan makanan dan minuman yang lebih ramah lingkungan. Jangan lupa untuk memberikan edukasi terbaik pada masyarakat terkait pengelolaan sampah yang mereka buang setiap harinya.

contoh teks diskusi tentang sampah

Pengelolaan 3 Jenis Sampah untuk Lingkungan yang Sehat

Solusi tentang sampah sudah menjadi polemik sejak dahulu. Banyak masyarakat yang mengelola sampah dengan berbagai cara dari mulai membakar, mengubur dalam tanah hingga melakukan daur ulang.


Banyak juga yang membuang sampah di tempat pembuangan akhir yang akhirnya justru terjadi penimbunan sampah secara tak terkendali. Maka layanan pembuangan sampah akhir kini menjadi satu ancaman baru untuk kerusakan lingkungan.

Saat ini penghasil terbanyak untuk sampah di Indonesia adalah kalangan rumah tangga, pabrik atau industri serta rumah makan. Agar supaya bisa melakukan pengelolaan sampah dengan baik dan benar, sebelumnya ketahui terlebih dahulu apa saja jenis sampah yang ada agar supaya bisa mengelolanya dengan sebaik-baiknya.

Jenis sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga ada 3 jenis. Yang pertama adalah sampah organik yaitu jenis sampah basah yang berupa sampah sisa makanan, sisa potongan sayur, sampah dapur dan sampah halaman rumah.

Kemudian yang kedua adalah jenis sampah anorganik yang terdiri dari jenis sampah plastik kemasan, aluminium foil, kertas, botol plastik dan kaca, plastik kresek dan kain.

Lalu yang ketiga adalah jenis sampah B3. Untuk sampah B3 atau bahan beracun dan berbahaya umumnya meliputi sampah batu baterai, lampu neon dan bohlam serta wadah kemasan pembersih lantai, wadah obat nyamuk semprot, pewangi ruangan dll.

Tahapan pengolahan dan pengelolaan sampah sesuai jenisnya harus melalui 3 tahapan yaitu pemilahan, pengomposan dan pengelolaan sampah anorganik.

Adapun yang penting untuk dilakukan adalah dengan mengubah cara pandang masyarakat terhadap sampah. Bahwa sampah seharusnya dikelola bukan hanya dibuang begitu saja. Namun jika terkendala untuk mengelolanya karena keterbatasan waktu atau tenaga maka sebaiknya bekerja sama untuk proses daur ulang sampah sesuai kebutuhan.

Dalam hal ini ada beberapa orang yang bisa diajak kerja sama untuk proses daur ulang. Diantaranya adalah pengepul, pemulung, tukang loak, bank sampah dan pengrajin produk daur ulang dari sampah.

Contoh Teks Diskusi tentang Kesehatan beserta strukturnya
ilustrasi Contoh Teks Diskusi tentang Sampah

Faktor Penentu dari Masyarakat yang Cerdas Mengelola Sampah

Sampah jika dikelola dengan baik tentu akan membuat lingkungan lebih sehat dan tertata. Masyarakat bukan hanya akan mendapatkan lingkungan yang bersih dan indah, namun air serta udara yang bersih akan sangat berpengaruh pada kesehatan manusia seluruhnya.

Namun sayang, pengelolaan sampah hingga saat ini masih menjadi satu kendala tersendiri. Bahkan sampah juga yang menyebabkan terjadinya bencana banjir karena banyak masyarakat yang justru membuang sampah di sungai.

Padahal jika sampah bisa dikelola dengan cerdas, masyarakat bisa mendapatkan keuntungan berupa lingkungan yang sehat dan bersih sekaligus mendapatkan uang dari sampah daur ulang. Namun banyak juga yang berpendapat proses daur ulang butuh proses dan waktu sehingga hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang saja. Benarkah demikian?

Menurut beberapa orang yang memiliki kepedulian tinggi pada lingkungan, sebenarnya tak ada alasan bagi masyarakat untuk menolak pengelolaan sampah yang dilakukan tiap keluarga dalam rumah tangga. Jika ada kendala maka bisa dilimpahkan prosesnya pada orang yang bersangkutan.

Seperti misalnya sampah yang sudah dikumpulkan dan masih layak pakai sebaiknya diberikan pada pemulung. Untuk sampah botol atau kertas koran serta buku bisa dijual pada tukang loak.

Jika Kamu sudah bisa memilah jenis sampah sesuai dengan jenisnya di rumah, maka bisa menyetorkannya pada bank sampah yang ada di tiap desa untuk mengolah jenis sampah yang disetorkan.

Tahapan untuk mengelola sampah umumnya dimulai dari proses memilah sampah, pengomposan dan daur ulang sampah. Untuk tahapan mengelola bisa Kamu lakukan dari cara memilah. Pisahkan jenis sampah organik, anorganik dan sampah B3. Hal itu dilakukan agar supaya lebih mudah mengelolanya nanti.

Kemudian tahapan berikutnya adalah untuk pengomposan. Tahapan ini dilakukan pada sampah organik yaitu sisa makanan dan sampah dapur untuk diolah menjadi pupuk yang bermanfaat untuk tanaman.

Dan tahapan yang terakhir adalah proses daur ulang sampah anorganik. Jenis sampah ini yang mudah untuk didaur ulang adalah jenis sampah kemasan minuman sachet dan cup minuman plastik.

Melihat fakta yang ada di atas, maka harus tahu apa saja yang menjadi faktor penentu dari keberhasilan sebuah masyarakat untuk bisa lebih cerdas dalam mengelola sampah.

Faktor yang pertama adalah pendidikan. Faktor ini menjadi pendukung pertama untuk kepedulian pada lingkungan sekaligus mau berusaha untuk bisa membuat sampah di lingkungannya menjadi lebih terkendali.

Kemudian faktor yang kedua adalah faktor persepsi setiap individu. Dimana hanya masyarakat yang memiliki cara pandang yang berbeda pada sampah yang bisa mengubah sesuatu yang tak bisa dimanfaatkan lagi menjadi kembali bermanfaat untuk jangka waktu panjang. Sekian ulasan tentang contoh teks diskusi tentang sampah. Semoga bermanfaat dan menambah refrensi Anda mengenai ilmu bahasa Indonesia.

Sebutkan Fungsi dan Tujuan Teks Diskusi ?

Tujuannya adalah untu menyajikan pertukaran pikiran, menyajikan pendapat antara dua orang atau lebih, menyajikan gagasan, memperluas pengetahuan, memperoleh banyak pengalaman. Sedangkan fungsinya untuk menyelesaikan suatu masalah yang di lakukan secara bersama-sama.


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Komentar / Pertanyaan