3 Contoh Teks Diskusi tentang Banjir Bandang & di Jakarta

Diskusi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh lebih dari satu orang untuk membicarakan tentang satu masalah bersama. Diskusi artinya adalah bertukar pikiran dengan cara yang lebih teratur dan terarah.

Sebuah diskusi bisa dikatakan berjalan dengan baik jika peserta diskusi bisa secara aktif mengemukakan pendapat yang diungkap secara objektif serta mengandung kebenaran. Dalam artikel ini Kami bagikan contoh teks diskusi tentang banjir untuk Anda.

Definisi Teks Diskusi dan Strukturnya

Teks diskusi biasanya adalah sebuah tulisan yang dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan sebuah argumentasi yang memicu adanya diskusi baik dalam kelompok besar maupun kecil.

Contoh Teks Diskusi Tentang Banjir

Dalam menyusun sebuah teks diskusi, penulis harus bisa memperhatikan struktur yang menjadi panduan bagi penulis untuk memberikan ide atau gagasannya dalam menulis teks diskusi. Berikut adalah struktur teks diskusi yang harus Anda ketahui.

 1. Isu
Dalam menulis teks diskusi Anda harus memperhatikan isu atau topik yang nantinya akan dibahas dalam diskusi baik secara formal atau non formal. Hal ini menjadi perhatian utama karena bisa menjadi panduan khusus dalam menulis sebuah teks diskusi.

Sponsored Link

 2. Argumentasi yang mendukung
Setelah Anda mengetahui apa saja yang harus ditulis dalam teks diskusi. Maka selanjutnya cari argumentasi yang mendukung dengan cara menyampaikan sudut pandang yang disertai dengan fakta dan bukti secara ilmiah.

 3. Argumentasi yang menyangkal
Ini adalah sebuah argumentasi yang disampaikan oleh pihak penulis teks diskusi namun dengan sifat menyangkal atau menentang. Anda bisa menyampaikan pendapat yang berlawanan dari isu masalah yang sedang ditulis dalam teks diskusi.

 4. Kesimpulan
Struktur yang terakhir adalah penutup dari teks diskusi yang terdiri dari pro serta kontra dari masalah isu yang tengah dibahas. Anda juga bisa menyampaikan rekomendasi dari kesimpulan yang Anda buat.

contoh teks diskusi tentang banjir di Jakarta - DeckaRenas.Com

Contoh Teks Diskusi Tentang Masalah Banjir

Berikut ini adalah beberapa contoh teks diskusi tentang banjir.

Contoh Teks Diskusi Tentang Banjir di Jakarta

Awal tahun 2020 kota Jakarta dibuka dengan datangnya musibah banjir. Meski disebut sebagai musibah yang datang secara rutin, setidaknya Jakarta memang selama beberapa waktu terlihat tak mengalami musibah banjir.

Pengelolaan dari pemerintah setempat dituding menjadi penyebab banjir kembali datang di ibukota. Namun menurut pengamatan para ahli tata kota, pihak pemerintah tak sepenuhnya memiliki andil dalam hal ini.

Faktor datangnya musibah banjir juga didukung dengan faktor alam yang tak menentu serta pola hidup masyarakat yang kurang sehat sehingga membuat lingkungan pun tak sehat. Pengelolaan sampah yang kurang maksimal, penebangan hutan dan penggunaan berbagai produk yang tak ramah lingkungan turut serta membuat banjir mudah datang menerjang.

Contoh Teks Diskusi Tentang Banjir

Contoh Teks Diskusi Tentang Banjir karena Sampah

Banjir menjadi salah satu musibah yang kerap datang ke berbagai daerah Indonesia. Tentunya ada banyak faktor yang menyebabkan banjir menjadi sering datang sehingga membuat banyak orang harus merasakan akibatnya.

Banyak yang berpendapat bahwa banjir datang dengan beberapa sebab. Diantaranya adalah karena pengelolaan sampah yang buruk dan faktor alam yang tak menentu. Namun ternyata ada banyak hal lainnya yang menjadi penyebab datangnya banjir.

Faktor lainnya adalah karena faktor pemukiman penduduk yang terletak di dataran rendah. Hal itu menyebabkan jika curah hujan meningkat maka banjir pun akan mudah membuat dataran rendah terisi air dengan mudah.

Sponsored Link

Maka sebaiknya untuk pemukiman penduduk sebaiknya tak dibuat di dataran yang terlalu rendah. Apalagi jika fungsi penyerapan air di lingkungan tersebut kurang berfungsi. Adanya pengelolaan wilayah untuk tempat tinggal juga turut ditentukan oleh pemerintah setempat sehingga bisa lebih tepat guna serta meminimalisir adanya bencana banjir dengan lebih baik

Contoh Teks Diskusi Tentang Banjir

Contoh Teks Diskusi Tentang Banjir Bandang

Beberapa kali Indonesia mengalami kejadian bencana alam banjir bandang yang kerap menelan banyak korban jiwa. Banjir Bandang adalah bencana banjir yang datang secara tiba-tiba dalam skala yang sangat besar. Umumnya banjir bandang datang langsung menyapu pemukiman penduduk di waktu yang tak terduga.

Lalu apakah benar banjir bandang datang hanya dikarenakan penyebab faktor alam saja? Berikut beberapa faktor penyebab datangnya banjir bandang.

Bahwa banjir bandang disebabkan karena faktor curah hujan yang cukup tinggi, adanya alih fungsi hutan dan sejarah patahan bumi yang kemudian menyebabkan banjir bandang kemudian datang tanpa aba-aba.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk bersiap menghadapi banjir bandang? Jika bisa memilih, maka sebelum Kita menentukan lokasi rumah akan lebih baik jika bisa berada di tempat yang bebas dari peluang bencana.

Paling tidak, lokasi tempat rumah tak berada di jalur aliran air jika berada di daerah pegunungan, tak berada di antara tebing yang rawan longsor dan tak berada di dataran rendah yang berpeluang terjadinya banjir.

Selain itu juga sangat penting untuk bisa memberikan edukasi waspada bencana, sistem peringatan bencana pada masyarakat terutama yang memiliki tempat tinggal di daerah rawan bencana, seperti pemukiman bantaran sungai.

Editor's Choices:

Sekian ulasan lengkap tentang teks diskusi dan contoh teks diskusi tentang banjir. Semoga tercerahkan dan bermanfaat untuk Anda.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
Prospek Kerja Teknik Geologi untuk Wanita
prospek kerja teknik lingkungan
prospek kerja ilmu pemerintahan
prospek kerja teknik lingkungan untuk wanita perempuan
sekolah kedinasan di Surabaya
Alasan Memilih Jurusan Psikologi