Contoh Teks Eksplanasi Tsunami & 3 Bencana Alam Lainnya

Bahasa Indonesia jadi salah satu kemampuan yang penting namun terkadang banyak dilupakan. Meskipun sudah sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun nyatanya banyak yang masih kurang tepat dalam menggunakan bahasa Indonesia. Oleh karena itu, bahasa Indonesia jadi satu pelajaran yang penting.

Ada banyak hal yang kita pelajari dari pelajaran bahasa Indonesia, salah satunya perihal teks. Ada bayak jenis teks yang dipelajari, salah satunya adalah teks eksplanasi.

Bagi Anda yang mungkin belum memahami betul soal teks eksplanasi, kali ini kita akan membahas sedikit mengenai teks eksplanasi dan juga beberapa contohnya, seperti contoh teks eksplanasi tsunami dan lainnya.

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Pengertian Teks Eksplanasi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, teks eksplanasi adalah salah satu jenis teks yang kita pelajari. Teks eksplanasi sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu Explanation yang memiliki arti penjelasan atau keterangan. Secara spesifik, teks eksplanasi sendiri adalah teks yang berfungsi untuk menjelaskan suatu fenomena.

Setiap fenomena, entah itu fenomena alam, sosial, ekonomi, budaya, dan lain sebagainya, tentu terjadi karena adanya beberapa penyebab yang menimbulkan akibat. Tentunya ada juga proses-proses yang terjadi di sana. Hal-hal tersebut pastinya bisa dijelaskan kepada orang lain, salah satunya dengan menggunakan teks eksplanasi.

Perbedaan Antara Teks Eksplanasi dan Prosedur

Meskipun menjelaskan beberapa proses, teks ekplanasi sendiri sangatlah berbeda dengan yang namanya teks prosedur. Ada beberapa perbedaan yang bisa Anda perhatikan dari kedua jenis teks tersebut.

1. Dari segi tujuan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, teks ekplanasi memiliki tujuan untuk memberikan penjelasan mengenai suatu fenomena. Tentunya teks eksplanasi sendiri mendeskripsikan fenomena tersebut, mulai dari penyebabnya, prosesnya, akibat, serta faktor-faktor lainnya.

advertisement

Sedangkan teks prosedur sendiri memiliki tujuan yang berbeda dengan teks eksplanasi. Teks prosedur bertujuan untuk menjelaskan proses dalam melakukan suatu pekerjaan atau membuat suatu hal secara baik dan benar. Pastinya Anda akan menemukan langkah-langkah instruksi yang rinci pada teks prosedur.

2. Dari segi pembahasan

Kedua teks tersebut juga pastinya memiliki perbedaan dari segi pembahasannya. Teks eksplanasi sendiri akan membahas fenomena tertentu yang terjadi di sekitar kita. Fenomena tersebut juga bisa beragam, mulai dari fenomena alam, sosial, budaya, ekonomi, ilmiah, dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan teks eksplanasi, teks prosedur umumnya membahas tiga hal. Yang pertama adalah mengenai langkah dalam melakukan suatu aktivitas atau membuat sesuatu. Lalu yang kedua adalah cara menggunakan suatu alat. Hal yang ketiga adalah mengenai kebiasaan yang dilakukan.

3. Dari segi bagian

Anda juga bisa mengetahui perbedaan kedua teks tersebut dari bagian teksnya. Di teks eksplanasi, ada tiga bagian yang bisa dilihat. Yang pertama adalah identifikasi persoalan, di mana terdapat penjelasan yang detail tentang fenomenanya. Bagian yang kedua adalah penggambaran rangkaian kejadian yang berkaitan dengan sebab-akibat fenomena tersebut. Bagian yang terakhir adalah ulasan, di mana terdapat pandangan atau opini terhadap konsekuensi yang hadir dari fenomena tersebut.

Sedangkan pada teks prosedur, terdapat empat bagian yang berbeda. Bagian pertama adalah tujuan dari teksnya. Bagian yang berikutnya adalah daftar alat atau bahan yang digunakan. Bagian yang ketiga adalah langkah kerja yang dilakukan, dan yang terakhir adalah penegasan.

4. Dari segi kaidah kebahasaan

Perbedaan selanjutnya yang bisa teramati adalah dari segi kaidah kebahasaannya. Karena merupakan tulisan yang non fiksi, membuat kata yang digunakan pada teks eksplanasi adalah kata denotatif atau kata yang memiliki makna sebenarnya. Selain itu, terdapat konjugasi kausalitas seperti karena, sebab, maka, dan lainnya.

advertisement

Pada teks prosedur, biasanya akan menggunakan tulisan yang persuasif. Anda akan banyak menemui kata perintah yang berimbuhan partikel -kan, -i, dan -lah. Selain itu, ada juga beberapa keterangan yang spesifik, seperti jumlah, takaran, jenis, dan lainnya.

4 Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam

Setelah kita mengetahui beberapa perbedaan dari teks eksplanasi dan teks prosedur, selanjutnya kita akan membahas sedikit beberapa contoh teks eksplanasi, misalkan contoh teks eksplanasi tsunami dan bencana alam lainnya.

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Ada beragam bencana alam yang pastinya menimbulkan kerugian besar, salah satunya adalah tsunami. Istilah tsunami sendiri berasal dari bahasa Jepang yang jika diartikan secara harfiah adalah ombak besar di pelabuhan. Tsunami sendiri adalah bentuk bencana alam di mana terjadinya gelombang air laut yang besar dan memiliki kecepatan yang sangat tinggi.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya tsunami. Beberapa penyebab tersebut antara lain gempa bumi tektonik yang menggeser dasar laut, letusan gunung berapi, tanah yang longsor, dan juga jatuhnya asteroid ke laut.

Saat penyebab tersebut terjadi, awalnya akan terbentuk gelombang dengan amplitudo yang berukuran kecil. Akan tetapi saat merambat ke arah pantai, gelombang tersebut akan semakin besar ukurannya dan akan semakin kencang. Semakin besar penyebabnya, tentu saja gelombang yang dihasilkan juga akan semakin besar. Umumnya gelombang tsunami bisa menjangkau beberapa kilometer dari tepi pantai.

Tentunya gelombang tsunami sendiri menyebabkan banyak kerugian, mulai dari memakan korban jiwa, merusak beragam bangunan, dan masih banyak lagi. Melihat besarnya dampak yang ditimbulkan oleh tsunami menuntut kita untuk memahami betul mitigasi bencana dan adanya antisipasi seperti pendeteksi dini dan bangunan yang tahan gelombang.

advertisement
Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Kita mungkin tidak asing lagi dengan berita gempa bumi yang terjadi di Indonesia. Sepanjang tahun 2020 ini, telah terjadi 11 gempa bumi. Gempa bumi memang jadi salah satu bencana yang sering terjadi. Gempa bumi sendiri adalah fenomena terjadinya getaran yang diakibatkan oleh pergeseran lapisan bumi.

Gempa bumi sendiri bisa diklasifikasikan menjadi dua jenis berdasarkan penyebabnya. Yang pertama adalah gempa tektonik. Gempa ini sendiri diakibatkan karena adanya pergerakan lempeng bumi. Bumi sendiri memiliki beberapa lempeng batuan dan pergerakan antar lempengan yang saling bertubrukan tersebut bisa menimbulkan gempa.

Jenis gempa yang kedua adalah gempa vulkanik. Gempa ini sendiri terjadi dikarenakan adanya aktivitas magma di dalam perut gunung. Saat gunung berapi akan mulai meletus, tentunya akan ada peningkatan aktivitas magma yang bisa menimbulkan getaran. Getaran yang besar ini bisa menimbulkan gempa.

Gempa tentunya tidak bisa terprediksi datangnya, terlebih untuk Indonesia yang berada di wilayah Ring of Fire yang membuat potensi gempa lebih besar. Oleh karena itu, penting sekali untuk mempersiapkan diri, dari segi infrastruktur, teknologi, dan pengetahuan, yang bisa meminimalisir kerugian.

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami banjir

Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Di setiap awal tahun, pasti kita tidak asing lagi dengan berita banjir. Banjir memang jadi bencana tahunan, khususnya untuk daerah perkotaan. Banjir sendiri adalah bencana di mana kapasitas air pada saluran air berlebih hingga menggenangi suatu daerah.

Banjir ini sendiri bisa disebabkan karena dua faktor besar. Faktor yang pertama adalah karena aktivitas manusia. Beberapa aktivitas seperti membangun bangunan di daerah resapan air, menggunduli hutan, membuang sampah sembarangan, dan tidak memperhatikan drainase jelas jadi faktor yang berpengaruh.

advertisement

Faktor yang selanjutnya adalah faktor alam. Yang pertama adalah tingginya intensitas hujan di saat musim penghujan jelas akan meningkatkan risiko terjadinya banjir. Selain itu, adanya erosi dan sedimentasi pada saluran air jelas akan semakin mengurangi daya tampung air dan bisa menyebabkan kebanjiran.

Banjir ini sendiri tentunya menimbulkan kerugian yang sangat besar. Oleh karenanya, penting untuk mempersiapkan berbagai hal sebelum datangnya musim hujan, mulai dari mempersiapkan saluran air dan penampungannya, sampai edukasi warga untuk mencegah hadirnya banjir.

Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor

Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor

Anda mungkin pernah mendapati berita atau melihat peristiwa terjadinya tanah longsor. Bencana tanah longsor sendiri memang jadi satu bencana yang sering terjadi, khususnya di daerah lereng gunung atau daerah dataran tinggi. Bencana ini sendiri adalah peristiwa terjadinya pergerakan batuan atau tanah yang menggelinding ke bawah.

Tanah longsor sendiri bisa disebabkan karena beberapa hal. Ada beberapa faktor langsung yang bisa menyebabkan tanah longsor. Mulai dari adanya getaran yang disebabkan gempa atau karena hujan yang sangat deras.

Namun ada faktor lain yang tidak terlihat langsung, namun bisa berdampak nyata jika sudah menumpuk. Misalkan penebangan pohon yang menyebabkan penyerapan air hujan terganggu. Selain itu penggunaan kendaraan berat yang terlalu sering jelas bisa mengganggu stabilitas tanah.

Tanah longsor memang jadi bencana yang memiliki sebab yang bervariasi. Namun dampaknya sendiri jelas karena bisa menimbulkan kerugian nyawa dan material. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui daerah yang rawan terjadi longsor untuk menghindari pembangunan dan aktivitas di sana serta meningkatkan teknologi pendeteksi tanah longsor.

advertisement

Apa fungsi dari teks eksplanasi?

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan atau menerangkan sesuatu secara rinci, seperti peristiwa, hal, atau fenomena alam.
Secara umumnya, fungsi teks eksplanasi adalah untuk menjawab pertanyaan “mengapa?” dan “bagaimana?” suatu peristiwa terjadi.

Itulah tadi sedikit penjelasan singkat mengenai teks eksplanasi dan beberapa contoh teks eksplanasi tsunami dan bencana alam lainnya. Semoga bermanfaat ya!

advertisement

Tinggalkan Komentar / Pertanyaan


Chief Executive Officer

CEO DeckaRenas A scientist who loves to write about anything especially about education, lifestyle, tech stuff and popular science. Learn something new and pretty good in digital literacy.
  Kontak: TwitTer | FaceBook | InstaGram