Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan

Memilih jurusan di bangku universitas adalah hal sulit yang harus dilewati oleh para siswa lulusan SMA. Mereka perlu menimbang jurusan yang telah mereka ambil ketika SMA, yakni IPA, IPS  dan Bahasa.

Penjurusan di SMA membantu siswa beradaptasi dengan materi yang akan diberikan pada saat menempuh pendidikan di universitas. Berikut ini jurusan kuliah IPA yang jarang diminati tapi menjanjikan.

Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan

Jurusan Fisika Murni

Jurusan fisika murni berbeda dengan pendidikan fisika. Tujuan dari jurusan pendidikan fisika adalah mengajar murid usia sekolah untuk paham berbagai rumus sesuai kurikulum.

Mereka yang mengambil jurusan fisika murni akan belajar tentang hal hal yang lebih detail dan mendalam. Di pertengahan kuliah, si murid akan diminta mengambil satu peminatan diantara Fisika Material, Nuklir, Partikel dan lain lain.

Lalu dimana lulusan fisika murni dibutuhkan? Diluar dugaan, banyak bidang yang membutuhkan lulusan dari jurusan ini. Perusahaan besar yang bekerja dalam sector minyak dan gas, telekomunikasi dan cuaca membutuhkan banyak tenaga ahli fisika murni.

Setidaknya ada enam universitas yang menawarkan jurusan ini. Bahkan ada pula universitas dengan jurusan sangat khusus, yakni fisika medis.

teknik kelautan osenografi

Jurusan Oseanografi

Jurusan yang tercatat dalam daftar adalah Oseanografi. Seperti yang bisa ditebak, mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan belajar banyak tentang kelautan.

advertisement

Hal ini sejalan dengan kondisi negara Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau. Mahasiswa jurusan IPA sangat disarankan untuk menguasai berbagai kompetensi terkait laut agar bisa membantu berbagai perusahaan laut.

Beberapa poin yang akan dipelajari adalah organisme laut, arus Samudra, ekosistem laut dan juga gelombang. Nantinya, ilmu ini akan sangat berguna untuk membuat rencana mitigasi laut, proses pembuatan ekosistem imitasi, meningkatkan usaha perikanan kecil dan juga mencegah kerusakan laut.

Intinya, lulusan Oseanografi lebih banyak bekerja di belakang layar sebagai peneliti.

Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan

Jurusan Ipa yang Jarang Diminati : Meteorologi

Jurusan lain yang tidak memiliki begitu banyak peminat dari jurusan IPA adalah meteorologi. Salah satu alasan yang membuat para mahasiswa tidak tahu informasi tentang jurusan ini adalah jumlah universitas yang terbatas.

Di Indonesia, hanya IPB dan Unhas yang menawarkan jurusan meteorologi. Yang dipelajari di jurusan ini umumnya ilmu terkait kebumian, mulai dari penampang hingga permukaan.

Setelah belajar berbagai ilmu, mahasiswa akan diminta untuk memilih topik yang lebih spesifik lagi, yakni pertanian, hidrometrologi, penerbangan atau maritim.

advertisement

Jika sudah lulus, mahasiswa akan bekerja di berbagai bidang, umumnya sebagai peneliti atau staff pengembangan produk terkait ilmu kebumian. Tak perlu ragu untuk mendaftar, karena passing grade yang diterapkan universitas tidak begitu tinggi.

teknik kelautan teknik perkapalan

Jurusan Teknik Perkapalan

Masih bingung memilih jurusan kuliah IPA yang jarang diminati tapi menjanjikan profesi dengan gaji tinggi? Coba lihat jurusan Teknik perkapalan.

Jurusan ini cocok bagi para pecinta kapal dan juga alat transportasi laut. Selain jumlah pesaing yang tak begitu banyak, universitas yang membuka jurusan ini pun dapat dihitung dengan jari: ITS, Undip, Unhas dan UI.

Para mahasiswa di jurusan Teknik perkapalan sudah pasti akan belajar tentang kapal. Tak hanya belajar struktur, mahasiswa juga akan tahu cara merancang kerangka kapal hingga berbagai hukum yang berlaku di laut.

Berbekal pengetahuan ini, mahasiswa akan memiliki akses ke berbagai perusahaan yang memang berfokus pada alat transportasi laut dan bahkan jasa pengiriman barang.

Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan

Ilmu Kehutanan

Apa mahasiswa suka berpetualang di alam bebas dan menikmati indahnya alam? Mungkin ini saatnya untuk belajar lebih dalam tentang hutan dengan mendaftar di jurusan ilmu kehutanan.

advertisement

Ada banyak hal yang bisa mahasiswa pelajari dan rata-rata topiknya menarik. Sayang, jurusan yang butuh lulusan siswa IPA ini belum begitu banyak peminatnya. Padahal lulusannya akan mendapat gaji yang besar.

Materi pembelajaran untuk Teknik kehutanan nanti berkaitan dengan ekologi, pengolahan hasil hutan serta Teknik konservasi hutan.

Belajar di jurusan ini mungkin saja akan menjaga kelestarian alam dan ekosistem kaya yang dimiliki negara Indonesia.

Contoh profesi yang ditawarkan kepada lulusan ilmu kehutanan adalah pemetaan hutan, staff industry kayu atau konservasi alam.

Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan

Teknik Nuklir

Satu lagi jurusan yang belum begitu dilirik oleh lulusan IPA di tanah air: Teknik Nuklir. Melihat judulnya saja, banyak calon mahasiswa yang sudah terbayang kerja keras yang harus mereka lakukan di jurusan tersebut.

Pemikiran ini tidak semuanya benar dan mereka yang berasal dari jurusan IPA sebenarnya telah memiliki bekal dasar yang akan sangat membantu ketika menjalani perkuliahan.

advertisement

Peluang kerja untuk lulusan Teknik nuklir tak melulu sebagai pekerja berat di belakang layar. Banyak dari mereka yang ditawari untuk bekerja di berbagai bidang spesifik seperti industri, medis dan juga pertanian.

Gaji yang ditawarkan pun tak main main. Untuk mereka yang tertarik mendaftar, disarankan untuk belajar dengan serius untuk menghindari kecelakaan kerja.

Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Pernah dengar tentang jurusan penyuluhan dan komunikasi pertanian? Pasti banyak calon mahasiswa yang mengira bahwa jurusan ini adalah bagian dari pertanian.

Pendapat ini benar: penyuluhan dan komunikasi pertanian masih berada dalam naungan jurusan pertanian. Namun demikian, ada banyak kemampuan khusus yang harus dimiliki oleh tenaga penyuluhan pertanian.

Oleh sebab itu, jurusan ini dibuka untuk para calon mahasiswa yang ingin mendalami cara berkomunikasi dengan para pelaku pertanian. Mereka bukan perumus teori, melainkan agen untuk bicara langsung kepada para petani.

Topik yang disampaikan berbeda beda; cara meningkatkan produksi, sistem jual beli hasil tani, dan masih banyak lagi. Intinya, para penyuluh ini memberikan edukasi yang bermanfaat.

advertisement
Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan

Teknik Pengelasan

Jurusan ini mungkin adalah salah satu yang paling dianggap remeh oleh calon mahasiswa. Nyatanya, lulusan Teknik pengelasan sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan produsen alat berat yang membutuhkan las.

Hasil kerja lulusan Teknik ini pasti akan sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan hasil kerja orang awam yang belajar dari tukang las biasa.

Tidak ada universitas yang membuka jurusan Teknik pengelasan. Calon mahasiswa bisa mengambil kompetensi ini di sekolah tinggi.

Akreditasi sekolah ini sangat baik, jadi tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Setelah lulus, mahasiswa bisa membuka bengkel sendiri atau bergabung di perusahaan BUMN seperti PT KAI. Lulusan juga bisa mendaftar di perusahaan lain yang butuh pengelasan.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Karena tergolong baru, belum banyak calon mahasiswa yang ingin bergabung di jurusan ini. Padahal lulusan dari jurusan ini sangat dibutuhkan berbagai perusahaan semenjak berlakunya undang undang baru terkait tenaga kerja.

Selain peluang kerja ini, lulusan jurusan keselamatan dan kesehatan kerja juga bisa bekerja sebagai dosen, penguji atau penyuluh.

Baca juga: Prospek Kerja Teknik Kimia untuk Wanita

Para siswa SMA memiliki banyak sekali pilihan untuk jurusan perkuliahan. Bila masih bingung mencari jurusan yang cocok, ada rekomendasi jurusan kuliah IPA yang jarang diminati tapi menjanjikan secara professional.

Meski begitu, siswa harus tetap membaca detail dari jurusan tersebut. Jangan sampai merasa terjebak dalam jurusan yang tidak diminati dan memiliki banyak pesaing.

Apa jurusan kuliah yang memiliki kolaborasi antara IPA dan IPS?

1. Psikologi. Sederhananya dalam juruan ini tidak hanya mempelajari perilaku manusia, tetapi juga mempelajari bagaimana proses kerja yang terjadi pada otak. Baca juga : Prospek kerja jurusan psikologi
2. Ilmu Ekonomi. Meskipun masuk ke rumpun soshum, tetapi hitung-hitungan di ilmu ekonomi itu boleh dikatakan berat. Tak heran jika banyak anak IPA di dalam jurusan ilmu ekonomi.

advertisement

Tinggalkan Komentar / Pertanyaan


Chief Executive Officer

CEO DeckaRenas A scientist who loves to write about anything especially about education, lifestyle, tech stuff and popular science. Learn something new and pretty good in digital literacy.
  Kontak: TwitTer | FaceBook | InstaGram