7 Prospek Kerja Teknik Kimia untuk Perempuan Paling Dicari

Menjadi perempuan yang menekuni jurusan teknik memang tidak pernah mudah. Selain masih dianggap tabu karena mayoritas laki-laki menekuni bidang ini, perempuan juga dianggap tidak mampu melakukan pekerjaan berat seperti itu.

Akan tetapi tahukah Anda bahwa salah satu jurusan teknik yang paling diminati oleh perempuan saat ini adalah teknik kimia? Selain ingin menghapuskan stigma negatif akan jurusan tersebut, prospek kerja teknik kimia untuk perempuanmemang juga sangat menjanjikan.

Secara umum, jurusan teknik kimia mempelajari proses dan cara mengubah suatu bahan menjadi suatu produk yang bernilai jual dan bisa dikomersialisasikan.

Proses yang dimanfaatkan dalam hal ini menggunakan prinsip-prinsip kimia, mulai dari reaksi kimia, biokimia, hingga perubahan sifat fisik sebuah bahan mentah. Selain diajarkan mengenai proses perubahan, mahasiswa teknik kimia pun ditempa untuk mengoperasikan alat-alat yang berhubungan dengan proses tersebut.

Prospek Kerja Teknik Kimia untuk Perempuan

Nah, pada tulisan kali ini kami akan menjabarkan apa saja prospek kerja teknik kimia untuk perempuan yang mungkin saja jarang Anda dengar selama ini. Tidak hanya itu, kami pun akan memberikan gambaran apa saja syarat untuk masuk teknik kimia dan universitas jurusan teknik kimia terbaik di Indonesia berada di mana.

Apabila Anda sedang bingung menentukan jurusan kuliah, mungkin tulisan ini dapat membantu Anda. Jadi pastikan membacanya hingga selesai ya.

Universitas Terbaik Teknik Kimia untuk Perempuan

Sebelum menyiapkan diri dan berkas administrasi untuk melanjutkan perkuliahan, pertama kali yang harus Anda cari tahu adalah universitas mana saja yang memiliki jurusan teknik kimia terbaik di Indonesia.

Jangan khawatir, sebab kampus-kampus yang akan dibahas pada bagian ini tidak kalah bagusnya dengan kampus luar negeri untuk jurusan teknik kimia. Lantas apa saja universitas jurusan teknik kimia terbaik di Indonesia? Berikut ulasannya.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Tahukah Anda jika ITB memiliki beberapa jurusan yang telah terakreditasi internasional, atau yang lebih dikenal dengan Accreditation Board of Engineering and Technology? Nah, benar saja. Kampus yang terletak di Kota Bandung, Jawa Barat ini telah mendapat akreditasi tersebut, dengan salah satu jurusan unggulannya yaitu teknik kimia. Secara tidak langsung, jurusan teknik kimia ITB pun sudah diakui secara nasional dan internasional sebagai jurusan dengan lulusan terbaik di bidangnya.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM menempati urutan kedua setelah ITB sebagai universitas jurusan teknik kimia terbaik di Indonesia.Kualitasnya pun tidak kalah bagus. Sebab bidang keteknikan UGM juga sudah mendapat akreditasi internasional berupa Institution of Chemical Engineers (ICHEME) untuk jurusan teknik kimia. Jadi tidak ada lagi yang menjadi alasan untuk mengambil jurusan ini, bukan?

3. Universitas Indonesia (UI)

Universitas yang satu ini juga memiliki jurusan teknik kimia dengan akreditasi yang sudah diberikan oleh Jepang berupa Japan Accreditation Board of Engingeering Education (JABEE) dan Asean University Network-Quality Assurance (AUN-QA).

Prospek Kerja Teknik Kimia untuk Perempuan

Menyiapkan Syarat Masuk Kuliah Jurusan Teknik Kimia

Setelah menentukan di universitas mana Anda akan mendaftar, selanjutnya berkas-berkas administrasinya pun akan mengikuti kampus tersebut. Anda tinggal melengkapi seperti apa yang diminta oleh pihak kampus. Meskipun begitu, ada beberapa syarat yang “tidak tertulis” sebelum memutuskan menjadi mahasiswa teknik kimia. Apa sajakah itu? Simak ulasan berikut.

1. Pastikan Anda Memiliki Sense of Engineering

Mengapa sense of engineeringini menjadi syarat pertama sebelum masuk ke jurusan teknik kimia? Jawabannya sederhana. Sebab jika Anda sudah memiliki senseini, Anda akan merasa nyaman mendapati mata kuliah yang tidak hanya soal teori saja, tetapi juga praktik dan hitung-hitungan. Saat Anda benci dengan semua itu, bisa dipastikan Anda tidak akan betah kuliah di jurusan ini.

2. Pastikan Anda Tidak Masalah Jika Harus Berpindah-pindah Bekerja

Banyak orang yang menggeluti jurusan ini dan bekerja dari ijazah teknik kimia, harus berpindah-pindah dan jauh dari keluarga. Sebab beberapa pekerjaan lulusan teknik kimia bersifat kontrak, di mana mereka dapat memperpanjang dan juga menghentikan kontrak tersebut ketika dirasa sudah cukup. Mereka pun akan terbang menuju perusahaan lain yang akan memberikannya pekerjaan serupa. Apakah Anda siap?

Namun di luar syarat tersebut, ternyata ada prospek kerja teknik kimia untuk perempuanyang tidak bisa diabaikan begitu saja. Sebab zaman semakin modern, pekerjaan yang dulunya dikatakan hanya cocok untuk lelaki, kini bisa dilakukan pula oleh perempuan. Nah, lantas apa saja beberapa prospek kerja tersebut? Berikut adalah ulasannya.

Prospek Kerja Teknik Kimia untuk Perempuan

Prospek Kerja Teknik Kimia untuk Perempuan

1. Peneliti

Menjadi seorang peneliti adalah salah satu prospek kerja yang menjanjikan bagi lulusan teknik kimia. Profesi ini pun tidak memandang jenis kelamin, tetapi memandang kemampuan seseorang dalam menelaah sesuatu. Jadi perempuan sangat berpeluang dalam bidang ini.

Apalagi sekarang seorang peneliti perempuan mendapat porsi tersendiri di mata dunia. Gaji yang didapatkan pun tidak main-main, bisa berkisar antara puluhan hingga ratusan juta rupiah. Tergantung kesulitan dari penelitian yang dikerjakan.

2. Research and Development

Pekerjaan di bidang research and development atau yang biasa dikenal oleh orang-orang sebagai R&D menjadi pekerjaan yang turut diincar oleh lulusan teknik kimia.

Bagaimana tidak, pekerjaan ini akan menempatkan mereka ke dalam sebuah perusahaan, menjadi staff R&D, dan bekerja bersama tim yang lain. Gajinya ada di angka 3 hingga 5 juta di awal. Seiring dengan performa dan lama bekerja di sebuah perusahaan, gaji tersebut pun akan semakin meningkat.

3. Quality Control

Seseorang yang bekerja sebagai quality controlbertugas merekayasa dan mengendalikan kualitas sebuah produk agar sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh perusahaan.

Pekerjaan ini juga tidak membedakan jenis kelamin. Jadi Anda dapat menekuninya dan mendapatkan gaji sekitar 3 hingga 5 juta, sesuai dengan performa kerja.

4. Project Engineer

Projct Engineer tidak kalah menarik bagi lulusan teknik kimia. Pekerjaannya sebenarnya sudah diberi gambaran saat kuliah. Dimana seorang project engineerbertugas memastikan proyek dapat selesai sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Adapun kemampuan yang sangat dibutuhkan untuk pekerjaan ini adalah kemampuan administrasi dan manajemen yang baik. Jika performa bagus, perusahaan tidak akan ragu memberi gaji sekitar 5 hingga puluhan juta rupiah.

5. Dosen dan Guru

Ketika berkuliah di jurusan teknik kimia, Anda akan dipaksa belajar tentang teori dan rumus-rumus. Keduanya dapat menjadi bekal yang bagus untuk pekerjaan sebagai pengajar seperti dosen atau guru.

Namun tentu saja Anda harus memenuhi syarat terlebih dahulu, yaitu harus sudah menempuh pendidikan jenjang magister. Semua ini agar karir Anda dapat semakin mulus, sebab Anda bisa mengajar siswa SMA hingga mahasiswa S-1 berbekal magister Anda.

6. Petrokimia

Pembelajaran saat menjadi mahasiswa di jurusan teknik kimia akan membentuk Anda menjadi seorang sarjana andal dibidangnya. Memilih petrokimia sebagai pekerjaan pun tidak menjadi masalah lagi.

Ada banyak mahasiswa teknik kimia yang memimpikan pekerjaan ini. Selain karena job desknya yang mudah dan telah mereka pahami, petrokimia juga menjanjikan salaryyang tidak sedikit. Angkanya berkisar di 4 hingga 8 juta rupiah.

7. Konsultan

Pekerjaan yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang suka berpetualang dan bertemu dengan banyak orang. Selain mampu mengasah kemampuan di bidang bisnis dan manajemen, Anda pun akan mendapatkan gaji yang cukup banyak untuk ditabung, yaitu sekitar 10 hingga 15 juta per bulannya.

Prospek Kerja Teknik Kimia untuk Perempuan

Apa Perbedaan Jurusan Teknik Kimia dan Kimia Murni?

Teknik Kimia berada dibawah Fakultas Teknik, menitik beratkan proses kimiawi secara teknis, mengarah pada proses industri, teknik kimia bersifat makro (mempertimbangkan aspek lain)
Sedangkan Kimia Murni berada dibawah Fakultas MIPA, kimia murni lebih bersifat analitik, kimia murni lebih fokus pada pengembangan produk, Kimia Murni bersifat Mikro (Menganalisa fenomena atau reaksi kimiawi dengan cara menguraikan)

Lulusan Teknik Kimia Kerja jadi Apa?

Indutsri Minyak & Gas. Industri Fast Moving Consumer Goods. Industri Farmasi. Industri Kosmetik.
Industri Petrokimia. Industri Pangan. Unit Pengolahan Limbah.

Jurusan Teknik Apa yang Cocok untuk Wanita?

Jurusan Informatika. Jurusan Teknik Kimia. Jurusan Arsitektur. Jurusan Teknik Industri. Jurusan Perencanaan Wilayah dan Perkotaan. Jurusan Teknik Sipil. Jurusan Teknik Elektro.

Itulah tadi 7 peluang atau prospek kerja teknik kimia untuk perempuan yang bisa Kamu jadikan sebagai referensi. Semoga dengan adanya bacaan ini Kamu bisa mengambil keputusan dengan mudah dan mantap.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest