11 Jurusan Saintek UGM yang Prospektif & Mudah Dimasuki

Universitas Gadjah Mada atau yang lebih dikenal sebagai UGM merupakan salah satu universitas paling bergengsi di Indonesia. Berlokasi di Kota Yogyakarta, UGM menjadi salah satu universitas yang paling diimpikan oleh lulusan SMA di Indonesia. Selain karena universitasnya memang sudah diakui di tingkat internasional, jurusan yang ditawarkan pun sangat beragam, salah satunya adalah jurusan saintek UGM.

Pemilihan jurusan kuliah memang tidak bisa dilakukan sembarangan oleh calon mahasiswa. Terlebih apabila calon mahasiswa sudah memiliki cita-cita yang diinginkan. Memilih sebuah jurusan kuliah pun harus dilakukan dengan sangat seksama agar bisa mencapai impian yang dimau.

Nah, Universitas Gadjah Mada memberikan beberapa pilihan jurusan yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa. Memilih jurusan harus didasarkan pada minat, bakat, serta kemampuan. Walaupun memang cukup menantang awalnya, namun pemilihan jurusan akan semakin menyenangkan nantinya.

advertisement
Jurusan Saintek UGM

Sebagai salah satu universitas yang diakui dunia, UGM memiliki jurusan saintek yang sangat bergengsi dan memiliki alumni yang sukses di banyak bidang industri. Kalau Anda salah satunya, yuk intip beberapa jurusan yang cocok untuk Anda!

Pilihan Jurusan Saintek Terbaik di Universitas Gadjah Mada

Jika Anda ingin terjun dalam bidang sains dan teknik, tentu saja Anda harus memilih jurusan yang terbaik. Di UGM, Anda bisa menemukan jurusan yang paling sesuai dengan cita-cita. Calon mahasiswa tentunya harus lolos dalam seleksi dan memiliki kemampuan untuk mengikuti materi kuliahnya.

Memilih sebuah jurusan yang memang Anda inginkan merupakan salah satu langkah untuk mencapai cita-cita. Nah, salah satu bentuk ikhtiar yang bisa Anda lakukan adalah dengan masuk ke sebuah jurusan terbaik yang ada di Universitas Gadjah Mada.

adv
Jurusan Saintek UGM

Berikut ini beberapa jurusan saintek terbaik di Universitas Gadjah Mada:

  • Kedokteran

Tak dipungkiri lagi, Jurusan Kedokteran merupakan salah satu jurusan yang paling populer dan diminati oleh banyak calon mahasiswa. Memang, profesi sebagai dokter banyak diminati oleh lulusan SMA saat ini. Oleh karena itulah, Jurusan Kedokteran menjadi salah satu yang paling dicari.

Jurusan yang satu ini memang menjadi salah satu jurusan yang paling diminati oleh calon mahasiswa. Banyak mahasiswa rela mengambil lebih dari satu kali tes masuk agar bisa menjadi bagian dari keluarga besar Jurusan Kedokteran Universitas Gadjah Mada.

Jurusan Kedokteran Universitas Gadjah Mada memiliki staf pengajar yang berkualitas. Selain itu, fasilitas belajar mengajarnya juga sangat baik. Banyak alumni dari jurusan ini yang sukses dalam profesinya.

ads
  • Kedokteran Gigi

Selain Jurusan Kedokteran, Anda juga bisa memilih Jurusan Kedokteran Gigi. Jurusan yang satu ini tidak kalah populer dibandingkan dengan jurusan Kedokteran Umum. Ada banyak sekali alumni jurusan ini yang juga memiliki karir gemilang setelah lulus dari Universitas Gadjah Mada.

Sama halnya seperti Jurusan Kedokteran, Jurusan Kedokteran Gigi juga memiliki banyak sekali staf berpengalaman. Di samping itu, banyak juga fasilitas belajar-mengajar yang sangat cocok untuk Anda sebagai mahasiswa di Universitas Gadjah Mada.

  • Kimia (Teknik Kimia / Kimia Murni)

Jika tidak ingin kuliah di bidang kesehatan, maka Anda bisa mencoba mengambil Jurusan Kimia. Jurusan yang satu ini tidak kalah populer dibandingkan dengan jurusan lainnya. Selain populer, jurusan ini juga memiliki kualitas yang sangat baik.

Staf pengajar yang dimiliki oleh jurusan ini juga sangat baik dan professional, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas pengajarannya. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir dengan fasilitas belajar mengajar yang tentunya sangat baik.

Jurusan Saintek UGM
  • Farmasi

Mengambil Jurusan Farmasi juga bisa Anda pilih untuk mendapatkan pendidikan yang lebih matang guna mendapatkan cita-cita Anda. di samping itu, ada jenjang karir yang sangat baik bagi Anda yang mengambil jurusan ini.

a d s

Jika Anda menginginkan karir sebagai seorang apoteker, maka tidak ada salahnya Anda mengambil jurusan yang satu ini. Anda juga bisa mengambil program profesi dan menjadi seorang apoteker yang memiliki apotek sendiri.
Baca juga : Mending pilih Farmasi atau Analis Kesehatan?

  • Gizi Kesehatan

Akhir-akhir ini, Jurusan Gizi Kesehatan semakin dilirik oleh banyak orang. Calon mahasiswa banyak tertarik pada jurusan yang satu ini karena ada banyak jenjang karir yang bisa diambil. Selain itu, bergelut dengan gizi juga cukup menjanjikan untuk masa depan Anda.

Apabila Anda ingin menjadi seorang ahli gizi, maka Anda bisa memilih Jurusan Gizi Kesehatan. Jurusan ini juga menjadi salah satu jurusan yang paling populer di UGM. Maka, Anda bisa memilihnya tanpa ragu-ragu. Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Imu Gizi

  • Arsitektur

Jurusan Arsitektur di Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu jurusan saintek UGM yang terbaik. Jurusan ini dikenal memiliki banyak lulusan professional di bidangnya. Tidak hanya itu, jurusan ini juga menjadi sebuah pilihan yang cocok untuk calon mahasiswa.

Tidak perlu takut, jurusan ini memiliki pengajar yang sangat professional. Di samping itu, Anda juga bisa mendapat kesempatan belajar langsung dari para ahli. Jadi, tentu saja Anda bisa menjadi profesional di kemudian hari.

  • Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer menjadi salah satu jurusan yang paling dicari akhir-akhir ini. Semakin banyaknya lapangan pekerjaan pada bidang IT menjadikan jurusan ini semakin digemari oleh calon mahasiswa baru. Tidak hanya itu, jurusan ini juga menjanjikan jenjang karir yang sangat baik nantinya.

sponsor

Sudah banyak lulusan dari Jurusan Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada yang memiliki karir gemilang setelah lulus. Bisa jadi, nanti Anda menjadi salah satunya!

Jurusan Saintek UGM
  • Teknik Mesin

Ingin kuliah di salah satu jurusan paling bergengsi di UGM? Jurusan Teknik Mesin bisa jadi salah satu pilihan yang paling cocok. Jika Anda merupakan seorang yang menyukai ilmu pasti, tentu saja jurusan ini merupakan salah satu pilihan paling cocok untuk Anda.

Sudah banyak sekali lulusan dari jurusan ini yang berhasil masuk ke perusahaan-perusahaan bonafid yang ada. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh pengalaman belajar dari para professional di bidangnya. Jadi, tentu saja Anda bisa lulus dengan ilmu yang berguna.

  • Teknik Industri

Jika Anda ingin kuliah dalam jurusan teknik, maka Anda bisa memilih Teknik Industri. Jurusan yang satu ini memungkinkan Anda mempelajari sebuah ilmu dari ahlinya. Para pengajar yang profesional dan kompeten juga menjadikan Anda lebih nyaman dalam mendapatkan ilmu.

Belajar langsung dari para profesional dengan fasilitas yang lengkap untuk mempermudah kegiatan kuliah. Tentunya, UGM memberikan yang terbaik untuk menunjang proses belajar yang optimal untuk mahasiswanya.


  • Teknik Kimia

Salah satu jurusan yang tak kalah populer di UGM adalah Teknik Kimia. Jurusan yang satu ini memang menjadi salah satu pilihan bagi setiap calon mahasiswa yang gemar dengan kimia.

Sama seperti jurusan di Fakultas Teknik lainnya, jurusan yang satu ini juga menjadi salah satu yang paling menjanjikan nantinya. Jenjang karir yang baik, akreditasi jurusan yang terbaik, serta kurikulum pembelajaran yang baik pun akan mengoptimalkan kuliah Anda.

iklan
  • Statistika

Tidak dipungkiri, salah satu jurusan yang juga cukup populer di UGM ini siap mencetak banyak sarjana yang kompeten di bidangnya. Terbukti dari banyaknya peminat yang masuk ke jurusan ini membuat Statistika menjadi sebuah jurusan yang menjanjikan.

Nah, itu tadi 11 jurusan yang paling banyak diminati di Universitas Gadjah Mada. Jurusan-jurusan tersebut merupakan salah satu jurusan terbaik yang bisa Anda pilih. Lalu, sudah siap memilihnya?

Jurusan Saintek UGM

Kualitas Terbaik Universitas Gadjah Mada

Ada banyak sekali jurusan yang bisa Anda kunjungi ketika hendak mendaftar ke Universitas Gadjah Mada. Banyaknya jurusan yang menjanjikan akan memberi Anda berbagai keuntungan. Selain fasilitas dan kualitas pendidikan yang terbaik di UGM, Anda bahkan bisa memperoleh ilmu langsung dari para pakarnya.

Universitas Gadjah Mada juga memiliki reputasi yang baik di dunia. Rekanan yang dimiliki oleh universitas juga cukup banyak. Dijamin, Anda tidak akan menyesali keputusan mendaftar kuliah di jurusan saintek UGM yang terbaik.

Kenapa UGM tidak ada SP / semester pendek?

Kampus tidak mengadakan SP karena ingin membuat mahasiswa & dosen untuk benar-benar menikmati masa libur kuliah, bebas dari kegiatan akademik. Di faklutas teknik ada SP tapi sebagian dan itupun yg mendapat nilai D dan E.

Siapa saja alumni yang jadi public figure dari UGM?

Umar Kayam (Budayawan/Sosiolog), Putu Wijaya (Penulis,Sutradara, dan Pelukis), Sri Sultan Hamengkubuwono, Amien Rais, Joko Widodo, Ikang Fauzi, Hotman Paris Hutapea, Sundari Sukoco ( Penyanyi Keroncong), Anies Baswedan, Marissa Haque, Basuki Hadimuljono (Meteri PuPR), Ganjar Pranowo, Retno Marsudi (MenLu)

Tips buat calon mahasiswa / Maba yang ingin kuliah di UGM ?

Pada hari Minggu pagi ada pasar kaget bernama SunMor (sunday morning) yang diadakan di sekitar Masjid Kampus UGM hingga daerah Klebengan. Ada banyak barang murmer yang dijual di sini, dari makanan, pakaian sampai seprei.
Mirota Kampus adalah supermarket andalan para mahasiswa se-Jogja untuk berbelanja bulanan.

Apakah biaya hidup di Jogja sudah meningkat?

bila di compare dengan beberapa tahun yang lalu memang ada kenaikan, wajar karena adanya inflasi. Mahal atau tidaknya itu tergantung lokasi, semisal beli nasi ayam di jalan godean pasti berbeda dengan nasi ayam di jalan malioboro.
Tergantung gaya hidup. Saya kenal seorang mahasiswa yang bisa survive di Jogja dengan uang saku 900 ribu per bulan.

Bagaimana, sudah memilih jurusan terbaik di UGM? Ada banyak sekali jurusan yang bisa Anda daftarkan. Beasiswa yang tersedia pun cukup banyak dan memiliki reward berupa pelatihan yang berkualitas.

Banyaknya jurusan yang tersedia bisa mempermudah Anda dalam memilih jenjang pendidikan lanjutan. Anda bisa menemukan jurusan yang paling menjanjikan dan sesuai dengan cita-cita Anda di sini. Selamat berproses!

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp