3 Contoh Teks Inspiratif tentang Sekolah beserta Strukturnya

Teks inspiratif merupakan karangan atau cerita yang memberikan sebuah inspirasi kepada pembacanya. Dalam tulisan yang dimuat, biasanya tergambar narasi yang memberikan pesan khusus sehingga pembaca bisa menjadikannya motivasi hidup. Kali ini akan dibahas beberapa contoh teks inspiratif tentang sekolah beserta strukturnya.

Pengertian Teks Inspiratif

Teks inspiratif bisa disebut juga dengan kisah inspiratif. Didalam teks yang disajikan akan dijelaskan secara berurutan mengenai kejadian atau cerita seseorang yang dinarasikan. Selain itu biasanya dalam satu teks inspiratif akan diberikan banyak kesan yang akan bisa dijadikan pesan kepada para pembacanya.

Teks inspiratif biasanya berisi sebuah karangan hasil rekaan penulis. Tetapi kebanyakan isi yang disampaikan kepada para pembaca merupakan pengalaman pribadi yang kemudian dikisahkan kembali dengan penyajian yang lebih menarik.

Contoh Teks Inspiratif tentang Sekolah

Bukan hanya itu saja, teks inspiratif memberikan harapan besar kepada para pembaca supaya lebih termotivasi dalam menjalani kehidupannya. Beberapa pesan positif yang disampaikan bisa menjadi contoh yang baik.

Para penulis ingin menyampaikan banyak motivasi penting sehingga memberikan sejumlah inspirasi kepada para pembaca untuk ikut merasakan apa saja kisah yang disampaikan di dalamnya. Itulah kenapa teks inspiratif banyak memberikan masukan penting atas kehidupan seseorang.

Ciri-ciri Teks Inspiratif

Supaya lebih memahami tentang teks inspiratif, kamu juga harus bisa mengenalinya dari struktur yang disajikan dalam sebuah teks. Bagi kamu yang ingin membuat atau menyusun teks inspiratif Berikut ini beberapa ciri yang harus termuat dalam sebuah teks.

  • Menyajikan tema spesifik sehingga akan semakin mudah dikembangkan dalam bentuk cerita yang semakin menarik.
  • Teks yang disajikan memiliki struktur seperti orientasi, ulasan peristiwa, komplikasi, sebuah resolusi, serta kesimpulan dari pembahasan.
  • Alur cerita yang disampaikan harus runtut untuk memberikan kemudahan kepada para pembaca untuk bisa memahami apa saja pesan yang disampaikan pada teks.
  • Pesan dan kesan yang disampaikan harus menyasar pada para pembaca.
  • Sifat dari teks harus berupa narasi, karena tulisan yang disampaikan penulis memang menceritakan tentang suatu hal al yang memberikan gambaran serta inspirasi.
  • Isi cerita harus seseorang atau sesuatu hal yang dibahas dan memiliki karakter utama dalam keseluruhan teks.

Struktur Pembuatan Teks Inspiratif

Dalam penyusunan teks inspiratif para penulis harus menyusun sesuai dengan struktur yang jelas. Untuk mengenali dan membuat teks inspiratif kamu harus menyusun sesuai dengan struktur berikut ini.

  • Orientasi

Struktur pertama harus berisikan tentang tahapan pengenalan. Di dalam struktur ini dijelaskan tentang siapa tokoh yang dibahas pada teks. Dikabarkan juga latar cerita latar belakang tokoh utama yang disajikan secara lengkap.

  • Kerumitan peristiwa

Berisikan paragraf yang didalamnya mengulas tentang awal mula cerita itu disampaikan kepada pembaca. Pada bagian ini ini juga disampaikan sejumlah masalah hingga puncak masalah supaya pembaca semakin tertarik untuk mengikuti alurnya.

  • Komplikasi

Pada struktur ini diulas secara lengkap tentang pun masalah secara detail kemudian juga ada tahapan kerumitan dari masalah atau peristiwa yang dibahas. Baru beberapa pembahasan tentang bagaimana peristiwa tersebut memperoleh jalan keluar atau penyelesaian.


  • Resolusi

Pada tahapan ini setiap Masalah yang dibahas sudah mulai menemukan titik penyelesaian. Setiap kerumitan peristiwa yang terdapat pada teks sudah harus dipecahkan pada struktur ini.

  • Koda

Struktur ini bisa dikatakan sebagai bagian penutup teks inspiratif. Penulis harus menyampaikan sejumlah kesimpulan pesan moral yang harus disampaikan kepada para pembacanya.

contoh

2 Contoh Teks Inspiratif tentang Sekolah dan Kuliah

Pendidikan menjadi elemen penting dalam kehidupan. Inilah beberapa contoh teks inspiratif tentang pendidikan yang bisa kamu jadikan motivasi belajar di sekolah.

Rani dan Ulangan Matematika

Orientasi:
Rani merupakan siswa kelas 6 di SD Suka Maju. Dia merupakan anak pendiam yang jarang bersosial dengan teman-temannya. Lahir sebagai anak tunggal dan kedua orangtuanya sibuk bekerja. Bahkan dalam kesehariannya di sekolah, Rani juga jarang berkumpul dengan temannya.

Kerumitan Peristiwa:
Suatu hari Rani akan menghadapi ulangan yang paling tidak dia sukai, yaitu mata pelajaran Matematika. Dinda adalah teman sekelas yang juara Matematika. Setiap ulangan dia selalu mencetak nilai terbaik di kelasnya. Rani sebenarnya ingin meminta bantuan Dinda untuk mengajarinya belajar Matematika, tapi dia tidak berani bertanya.


Komplikasi:
Dinda merupakan anak yang mudah bergaul. Bahkan teman-temannya sering kali meminta bantuan mengajari semua pelajaran termasuk Matematika. Melihat itu Rani ingin sesekali menyapa dan mengobrol dengan Dinda untuk mengajarinya Matematika.

Resolusi:
Suatu hari Dinda menyadari jika Rani tidak berani menyapanya duluan. Waktu jam istirahat Dinda menghampiri Rani dan mengajaknya bicara. Setelah beberapa lama akhirnya Rani berani mengungkapkan keinginannya untuk belajar Matematika bersama Dinda.

Setelah pulang sekolah, Dinda mengajak teman-temannya untuk belajar bersama untuk persiapan ulangan Matematika besok. Rani juga diajak untuk bergabung dengan teman-teman lainnya. Selama belajar bersama, mereka semua akhirnya bisa memahami soal-soal Matematika yang dianggap sulit dikerjakan.

Koda:
Keesokan harinya, semua anak-anak kelas 6 sukses mengerjakan ulangan Matematika. Bahkan semuanya mendapatkan nilai yang bagus termasuk Rani. Setelah kejadian itu, Rani semakin mudah bergaul dengan teman-teman lainnya. Semua siswa akhirnya menyadari jika setiap masalah akan bisa dicari jalan keluarnya jika mereka berusaha dengan baik.

contoh

Contoh Teks Inspiratif tentang Beasiswa Kuliah

Orientasi:
Anton bukan berasal dari keluarga orang kaya yang bisa dengan mudah memilih sekolah favorit. Bahkan dirinya juga sudah tidak memiliki Ayah sebagai tulang punggung keluarga. Ibunya seorang pekerja mati-matian untuk bisa menghidupi Anton dan adik-adik. Adik-adiknya bahkan masih berusia sekitar 8 tahun dan yang satunya berusia 6 tahun.

Perjalanan Peristiwa:
Meskipun ibu Anton sudah bekerja banting tulang tetapi tetap saja kebutuhan mereka belum dapat tercukupi semua. Masalah yang semakin kompleks lagi Anton sendiri harus memilih untuk putus sekolah sampai SMA saja atau mencari beasiswa masuk ke perguruan tinggi.

Dirinya sendiri memiliki ranking yang tidak terlalu tinggi di kelas. Dari 40 setidaknya yang menduduki peringkat ke-15 di kelasnya. Tidak mau menyerah pada keadaan akhirnya Anton mulai bersungguh-sungguh belajar menduduki kelas 3 SMA. Dia juga bertekad untuk bisa pergi ke luar negeri menuntut ilmu agar bisa punya masa depan yang cerah.

Komplikasi:
Mencari tahu berbagai informasi dari internet, Anton mengajari bahwa untuk di sekolah di sana dia perlu lancar berbahasa Jerman. Padahal selama bersekolah di SMA dia hanya mengetahui sedikit tentang bahasa Jerman.  Coba menengok ke dalam dompet pun tidak ada banyak uang untuk membeli buku bahasa Jerman.

Resolusi:
Terbersit di dalam pikirannya untuk mencoba mencari buku berbahasa Jerman di perpustakaan. Akhirnya ia berhasil menemukan beberapa buku bahasa Jerman dan langsung meminjamnya untuk bisa dibawa pulang. Tak hanya belajar dari buku tersebut, Anton juga mencoba untuk belajar dari banyak sumber di internet.

Dia pun mencoba mencari beberapa pekerjaan sambilan yang bisa dilakukan oleh siswa SMA. Misalkan saja pekerjaan input data di suatu perusahaan dan juga membuat konten di website. Seluruh upah yang diperoleh di tabungan. Sembari bekerja pun ia tidak lupa untuk giat belajar agar bisa lulus SMA dengan nilai memuaskan.


Koda:
Hari kelulusan pun tiba dan benar saja dia berhasil mendaki peringkat cukup tinggi di satu sekolah. Pada akhirnya dia berusaha untuk mendaftarkan diri bersekolah di Ludwig Maximilians University (LMU) Munich. Berbulan-bulan menunggu hasil lolos atau tidaknya. Terlebih lagi ujian dari bahasa Jerman sendiri tidak semudah teori yang ada dari buku.

Namun akhirnya berita tentang kelulusan di Universitas tersebut dikabarkan melalui email. Bahkan ia berhasil mendapatkan beasiswa untuk menunjang kehidupannya sehari-hari. Pesan yang bisa diperoleh adalah jangan pernah menyerah untuk meraih cita-cita meskipun berasal dari keluarga kurang mampu. Kegigihan akan bisa mengalahkan semua hambatan tersebut.

kuliah

Antara Kuliah dan Kerja

Orientasi:
Aku adalah lulusan SMK jurusan Mesin. Ibuku bekerja sebagai pedagang nasi sedangkan ayahku adalah kuli bangunan. Rencananya setelah lulus ingin sekali masuk ke jenjang perkuliahan agar bisa mendapatkan gelar ijazah untuk bekerja nantinya.

Kerumitan Peristiwa:
Namun beberapa waktu lalu, orangtuaku memintaku untuk bekerja. Apalagi adikku masih kelas 6 SD dan membutuhkan biaya besar karena tahun depan dia masuk ke jenjang SMP. Hal inilah yang membuat pilihan berat karena sebenarnya aku ingin kuliah dan belum siap jika harus bekerja.

Komplikasi:
Setelah itu aku melamar ke sejumlah pabrik yang ada didekat rumahku. Bahkan juga mengirimkan lamaran pekerjaan di luar kota namun belum juga mendapatkan panggilan. Akhirnya saat sedang galau, aku memutuskan untuk bermain ke beberapa teman sekolah dulu untuk menanyakan lowongan pekerjaan.

Tibalah dirumah Andri, salah satu teman sekelasku dulu. Dia sekarang bekerja bersama ayahnya, salah satu orang pemilik pabrik besar. Kebetulan dia sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi beberapa lowongan yang kosong.

Resolusi:
Keesokan harinya aku diminta datang ke pabriknya. Setelah ada interview singkat akhirnya aku diterima bekerja di pabriknya. Mulai hari ini aku sudah mendapatkan pekerjaan. Ayah Andri juga sangat baik dan sangat memahami kondisi keluargaku.

Koda:
Beberapa bulan setelah bekerja, akhirnya aku bisa menabung dari gaji yang sudah aku kumpulkan. Biaya sekolah adikku bisa aku tanggung, dan bisa menyisihkan uang untuk membayar biaya pendaftaran kuliah. Akhirnya pada tahun berikutnya, aku bisa bekerja sambil kuliah setelah memiliki penghasilan sendiri.

— — —
Itulah penjelasan lengkap mengenai teks inspiratif dan beberapa contoh teks inspiratif tentang sekolah sesuai dengan strukturnya. Semoga contoh diatas bisa memberikan panduan mudah jika ingin membuatnya dalam waktu dekat ini.

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom, An engineer who loves to write about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. CP: Twitter | FB | IG

Logo DeckaRenas