3 Contoh Laporan Hasil Observasi Lingkungan Sekolah

Laporan hasil observasi dibuat ketika kamu berhasil menyelesaikan penelitian dan harus dibuat laporan berupa tulisan ilmiah. Laporan hasil observasi harus berdasarkan data yang ada di lapangan.

Jika kamu baru saja menyelesaikan sebuah penelitian dan ingin menyusun laporan, baiknya kamu baca artikel ini sampai selesai.

Kali ini kita akan membahas pengertian laporan hasil observasi, fungsi laporan dan struktur untuk membuat laporan hasil observasi.

Contoh Laporan Hasil Observasi Lingkungan Sekolah

Selain itu kamu juga akan melihat contoh laporan hasil observasi lingkungan sekolah yang bisa menjadi contoh atau panduan sebelum kamu membuat laporan sendiri.

Apa Itu Laporan Hasil Observasi?

Laporan hasil observasi dibuat setelah kamu berhasil melakukan sebuah penelitian. Penulis wajib mendeskripsikan hasil penelitiannya dalam tulisan ilmiah.

Laporan hasil observasi harus bisa dipertanggungjawabkan karena harus berdasarkan dengan data dan fakta yang tersedia di lapangan.

Ketika kamu menemukan data dan fakta di lapangan, kamu wajib mendokumentasikan seluruhnya dan ditulis dalam laporan hasil observasi. 

Tidak boleh ada prasangka atau sesuatu yang imajinatif dalam menulis laporan hasil observasi karena harus benar-benar ada faktanya di lapangan.

Fungsi Laporan Hasil Observasi

Jika kamu masih bingung kenapa harus membuat laporan hasil observasi, berikut ini fungsi dari pembuatan laporan hasil observasi kamu:

  • Sumber Informasi yang Terpercaya

Pengamatan yang sudah kamu lakukan cukup lama, akan menghasilkan sebuah data yang valid. Data inilah yang akan menjadi sumber informasi terpercaya.


Kamu bisa mendapatkan kredibilitas data dan bisa dipertanggungjawabkan. Hasil penelitian kamu bisa menjadi sumber informasi dikemudian hari.

  • Dokumentasi

Hasil observasi juga sebagai dokumentasi. Bisa jadi suatu saat kamu membutuhkan data penelitian dengan isu yang sama, maka kamu sudah memiliki datanya terlebih dahulu.

  • Melaporkan Kegiatan

Tentu saja kamu memiliki tujuan tertentu untuk melakukan penelitian. Laporan hasil observasi adalah bentuk tanggung jawab kamu telah melaksanakan tugas dengan baik.

Struktur Laporan Hasil Penelitian

Berikut ini adalah struktur yang harus ada dalam laporan hasil penelitian. Tanpa struktur ini maka laporan hasil penelitian kamu bisa berantakan.

Berikut struktur yang harus kamu ingat:


  • Pernyataan Umum

Dalam bagian pernyataan umum, kamu harus mendeskripsikan informasi umum. Kamu bisa menulis informasi yang bisa digambarkan secara umum.

Kamu juga bisa menambahkan asal-usul atau catatan tambahan pada bagian ini.

  • Deskripsi Bagian

Pada bagian ini kamu wajib mendeskripsikan hasil penelitian kamu. Kamu bisa membuat rincian tentang hal apa saja yang perlu dilaporkan.

  • Kesimpulan

Setelah mendeskripsikan seluruh hasil penelitian, maka kamu bisa menarik kesimpulan atau garis besar dari hasil penelitian kamu.

3 Contoh Laporan Hasil Observasi Lingkungan Sekolah

Setelah kita belajar tentang struktur membuat laporan observasi, berikut ini contoh laporan observasi tentang lingkungan sekolah:

kuliah

Teks Laporan Haisl Observasi Perpustakaan Sekolah

Pernyataan Umum:
Perpustakaan sekolah ada di lantai 2. Bangunannya cukup luas dan memiliki ratusan jenis buku. Perpustakaan ini juga dilengkapi dengan fasilitas komputer, agar siswa bisa sambil mengerjakan tugas.

Deskripsi:
Perpustakaan sekolah memiliki ruangan yang cukup besar. Dilengkapi dengan 2 AC membuat suasana perpustakaan menjadi dingin.

Ada 10 rak susun yang berisi ratusan jenis buku. Setiap jenis buku dibagi menurut urutan rak. Mulai dari buku pelajaran, buku bacaan, buku cerita, novel hingga majalah.

Hampir semua jenis buku bisa kita pinjam di perpustakaan ini. Setiap siswa bisa meminjam maksimal 3 buku dalam sehari dan wajib dikembalikan dalam jangka waktu maksimal 7 hari.

Setiap siswa wajib menunjukkan kartu pelajar untuk meminjam buku. Ada denda keterlambatan jika siswa terlambat mengembalikan buku pinjaman perpustakaan. Denda per hari yaitu Rp. 1000 untuk satu buku.

Di dalam perpustakaan terdapat 5 komputer yang bisa digunakan secara bebas oleh siswa. Namun siswa bisa meminta ijin terlebih dahulu terhadap petugas perpustakaan jika ingin menggunakan komputer.


Terdapat ruang baca siswa yang sangat nyaman. Bahkan ada ruang VIP yang hanya boleh digunakan oleh guru-guru.

Ruang baca siswa terdiri dari kursi dan meja yang memiliki sekat. Jadi siswa tidak akan terganggu dengan pelajar lainnya.

Selain itu di perpustakaan juga terdapat WiFi, jadi siswa bisa bebas browsing. Perpustakaan buka dari jam 7 pagi dan layanan tutup pada pukul 1 siang.

Terdapat peraturan dalam perpustakaan yaitu dilarang tidur di perpustakaan dan dilarang menghabiskan jam pelajaran di perpustakaan.

Kesimpulan:
Perpustakaan sekolah memiliki ratusan jenis buku dan fasilitas yang lengkap. Setiap siswa bisa meminjam maksimal 3 buku dalam sehari. Siswa juga bisa menikmati fasilitas komputer di perpustakaan.

Jualan Makanan yang Laku di Kampus

Teks Laporan Haisl Observasi Kantin Sekolah

Pernyataan Umum:
Kantin sekolah cukup bersih dan para pedagang mematuhi protokol kesehatan. Tempat cuci tangan ada dimana-mana dan setelah jam istirahat ada penyemprotan disinfektan.

Ada 5 pedagang di kantin sekolah yang berjualan bakso, soto, siomay, jajanan dan nasi kuning. Setiap meja kantin ada handsanitizer, jadi siswa wajib mencuci tangan sebelum makan.

Deskripsi: Terdapat 3 area cuci tangan di sekitar kantin. Tempat sampah besar juga ada 4 yang sudah hampir penuh karena sampah siswa.

Pemilik kantin menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari masker, sarung tangan, head cap dan face shield. Agar makanan yang mereka buat tidak terkontaminasi dengan bakteri.

Semua piring dan mangkuk kotor langsung di cuci. Bahkan beberapa pedagang menyiapkan piring plastic agar bisa sekali pakai dan langsung buang.

Untuk menghindari kerumunan, para siswa mengantre untuk memesan makanan. Ada petugas kebersihan yang berjaga agar siswa taat dan tidak berkerumun.

Setelah jam istirahat selesai, meja kantin dibersihkan dan disemprot dengan disinfektan.

Kesimpulan:
Kantin sekolah bersih dan mematuhi protokol kesehatan. Tidak ada kerumunan karena siswa mengantre dengan sabar. Ada tempat cuci tangan dan kantin selalu dibersihkan.

kuliah

Teks Laporan Haisl Observasi Aula Sekolah

Pernyataan Umum:
Aula sekolah cukup besar karena biasa digunakan untuk olahraga indoor. Di dalam aula biasanya siswa berolahraga dan melakukan beberapa kegiatan seni.

Aula sekolah terletak tepat di depan pintu masuk sekolah. Biasanya sekolah menggunakan Aula untuk rapat tahunan.

Deskripsi:
Aula sekolah terletak di depan pintu masuk. Aula ini memiliki 4 pintu masuk dan didalamnya sangat luas. Ada area bermain basket yang lengkap dengan ring nya.

Disamping aula ada gudang yang berisi perlengkapan olahraga basket. Karena banyak siswa yang menghabiskan waktu istirahat untuk bermain basket.

Selain area basket, terdapat area kosong yang sering dibuat latihan kesenian. Siswa yang mengikuti ekstrakulikuler seni tari biasanya menggunakan aula untuk latihan.

Aula memiliki panggung kecil biasanya digunakan untuk memberikan penghargaan. Terdapat mikrofon dan seperangkat sound system di atas panggung.

Aula sekolah terbilang cukup fungsional karena bisa untuk olahraga, latihan kesenian, upacara dan rapat.

Aula paling sering digunakan untuk latihan basket. Karena tim basket sekolah sering mengikuti turnamen, sehingga aula sangat dibutuhkan.

Ada 1 toilet wanita dan 1 toilet pria di dalam aula. Toiletnya cukup bersih karena ada petugas kebersihan.

Aula sekolah memiliki peraturan. Jika sudah selesai menggunakan aula, wajib dibersihkan. Semua bola basket harus ditata rapi dalam gudang.

Termasuk sampah-sampah wajib dibuang di tempat sampah. Jika terdapat siswa yang melanggar, maka akan kena teguran keras.

Kesimpulan:
Aula sekolah berukuran cukup besar dan fungsional karena bisa untuk berolahraga, latihan kesenian, rapat dan upacara. Siswa bisa dengan bebas menggunakannya namun harus mengikuti peraturan.

Editor Choices :

Itulah 3 contoh laporan hasil observasi lingkungan sekolah yang benar. Semoga bisa menjadi panduan kamu untuk membuat laporan hasil observasi.

Komentar / Pertanyaan