5 Contoh Teks Eksplanasi Budaya yang Terkenal di Indonesia

Apakah kalian pernah membuat teks eksplanasi? Bagi kalian yang belum pernah membuat teks eksplanasi tentu merasa bingung bahkan sulit untuk memulainya. Apalagi berkaitan tentang kebudayaan, tentu kalian semakin bingung dalam membuatnya, kan? 

Tenang saja, pada artikel ini kalian akan menemukan berbagai contoh teks eksplanasi budaya khususnya di Indonesia. Namun sebelum membaca contohnya, kalian harus mengetahui informasi singkat mengenai teks eksplanasi.

Pengertian Teks Eksplanasi dan Susunannya

Perlu diketahui, teks eksplanasi adalah suatu jenis teks yang berisi penjelasan yang detail tentang suatu hal. Pada teks ini, kalian harus memuat informasi 5W + 1H seperti apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, dan bagaimana. Kalian harus meramu hal-hal tersebut sehingga termuat dalam satu teks eksplanasi.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Mengenai susunannya, sebenarnya teks eksplanasi ini tidak begitu berbeda dengan jenis teks lainnya. Teks ini tersusun atas pernyataan umum, kemudian diikuti oleh sebab-akibat atau kalimat penjelas, interpretasi, dan diakhiri dengan kesimpulan. 

Teks Eksplanasi Budaya dan Contohnya

Setelah mengetahui teks eksplanasi secara umum, tentu kalian ingin mengetahui teks eksplanasi yang berkaitan dengan kebudayaan, kan? Apakah kalian sudah mengetahui teks eksplanasi budaya?

Sebetulnya, teks ini tidak jauh dari teks eksplanasi dengan topik lain. Pada teks eksplanasi yang berkaitan dengan kebudayaan, maka kalian harus menjelaskan secara detail mengenai kebudayaan yang akan kalian ulas. 

Lantas, seperti apa contoh teks eksplanasi budaya itu? Berikut beberapa contoh dari teks eksplanasi yang bisa kalian ketahui tentang kebudayaan di Indonesia.

advertisement

Contoh Teks Eksplanasi Budaya tentang Batik

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Melestarikan Batik sebagai Warisan Luhur Budaya Indonesia

Sobat, kamu pasti mempunyai pakaian dengan corak batik, kan? Sebagai pelajar, tentu kamu memiliki salah satu seragam yang bercorak batik. Mungkin kamu juga memiliki pakaian bercorak batik lebih dari satu.

Pakaian bercorak batik memang kini semakin mudah kamu temukan di pasaran. Mulai dari coraknya yang beragam bahkan dengan model pakaian yang lebih bergengsi bisa kamu temukan dimana-mana. Bahkan, harganya pun cukup bervariatif mulai dari yang paling murah hingga mahal sekalipun.

Penggunaan batik juga sangat luwes. Kamu dapat memakainya untuk acara formal hingga casual. Meski memiliki pakaian batik, apakah kamu telah memahami makna dan keunikannya pada warisan luhur ini?

Makna Batik sebagai Warisan Luhur

Sebagai informasi, batik merupakan salah satu warisan dari Indonesia yang diakui oleh UNESCO. Pengakuan warisan luhur ini tepatnya disahkan pada 2 Oktober 2009.  Tak heran bila pemerintah menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai hari batik sehingga kita diwajibkan untuk memakai batik pada tanggal tersebut.

advertisement

Tak hanya menggunakan batik sebagai pakaian, namun pada hari batik ini juga biasanya diadakan beragam kegiatan menarik yang tentunya berkaitan dengan batik. Mulai dari fashion show maupun karnaval batik, lomba desain batik, serta ajang kreasi batik lainnya. Hal tersebut pastinya akan membuat batik tetap lestari.

Cara Melestarikan Batik

Makna batik sebagai warisan luhur menjadi suatu hal yang sakral dan dapat kamu implementasikan seperti kegiatan di atas. Kamu juga perlu melestarikan batik dengan beragam cara. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melestarikannya.

Kamu sebaiknya memakai pakaian bercorak batik dari berbagai daerah pada hari-hari tertentu. Kamu dapat menggunakannya baik dalam acara resmi maupun acara tidak resmi.

Kamu bisa melestarikan batik dengan cara belajar secara langsung. Cobalah berkunjung ke tempat kerajinan batik baik lokal maupun luar daerah. Kamu tentu akan mendapatkan wawasan baru mengenai kerajinan batik mulai dari produksi hingga finishing.

Kamu dapat menggunakan corak batik pada berbagai benda seperti desain untuk vas bunga, tembok, atau lainnya. Hal ini akan mengesankan bahwa batik tidak hanya dilukis pada kain namun juga pada benda-benda lainnya.

advertisement

Nah, itulah cara melestarikan batik sebagai warisan luhur budaya Indonesia. Tetap lestarikan batik dengan berbagai cara termasuk pada koleksi pakaianmu, ya!

Contoh Teks Eksplanasi Budaya tentang Pagelaran Wayang

Contoh Teks Eksplanasi Budaya wayang

Pagelaran Wayang Kini Semakin Sulit Disaksikan,  Mengapa Demikian?

Wayang merupakan salah satu kebudayaan yang ada di Indonesia. Kebudayaan ini lebih tepatnya dilestarikan oleh suku Jawa. Bila Anda berasal dari suku Jawa, tentu Anda tidak asing lagi dengan kebudayaan ini.

Sebagai manusia yang hidup pada masa kini, Anda mungkin telah jarang menyaksikan pagelaran wayang. Bahkan, warisan luhur ini sepertinya sudah mulai luntur dan sangat jarang dipertunjukkan di tengah-tengah masyarakat modern.

Bila Anda belum pernah melihat pagelaran wayang, maka sebaiknya Anda mencoba untuk menontonnya. Mengapa demikian? Pagelaran wayang ini tidak hanya menjadi suatu hiburan namun juga memberikan cerita-cerita menarik tentang pewayangan.

Alasan Sulitnya Menemukan Pagelaran Wayang

advertisement

Ada banyak alasan sulitnya menemukan pagelaran wayang pada era masa kini. Panjangnya durasi dalam pagelaran wayang membuat masyarakat bosan dalam menontonnya. Bahkan, mereka juga harus menahan rasa kantuk karena disaksikan pada saat malam hari.

Hal lain yang membuat pagelaran wayang kurang diminati masyarakat yakni karena alur ceritanya yang kurang dipahami oleh mereka. Apalagi bagi masyarakat yang bukan berasal dari suku Jawa, tentu akan merasa bingung dalam memahami bahasanya.

Tips Menonton Pagelaran Wayang

Untuk menyaksikan pagelaran wayang sebetulnya sangat mudah. Pertama, Anda harus mengikuti media sosial dari suatu lembaga atau komunitas tentang kebudayaan termasuk budaya wayang. Dalam media tersebut biasanya sering diinfokan mengenai pagelaran-pagelaran wayang.

Kemudian, Anda juga bisa mengikuti forum-forum yang berkaitan dengan kebudayaan khususnya wayang. Dengan bergabung pada suatu forum, Anda tentu akan terlibat baik langsung maupun tidak langsung.

Itulah informasi tentang pagelaran wayang yang semakin hari semakin sulit untuk Anda saksikan. Kini Anda telah mengetahui alasan dibalik sulitnya menonton pagelaran wayang serta cara menontonnya. Buruan ikuti pertunjukan-pertunjukan wayang masa kini, ya!

advertisement

Contoh Teks Eksplanasi Budaya tentang Keindahan Pulau Dewata Bali

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Keindahan Pulau Dewata Bali

Kamu pasti tidak asing dengan Bali, kan? Salah satu pulau terindah di Indonesia ini sudah terkenal di berbagai negara, lho. Bahkan, para pelancong kebanyakan dari luar negeri.

Keindahan Pulau Dewata ini memang bukan main bahkan tak perlu diragukan lagi. Bayangkan saja, hampir setiap hari kedatangan wisatawan baik dari lokal maupun mancanegara. Apa yang mereka nikmati?

Pantai, Sasaran Utama

Keindahan pantai di Bali memang sangat menakjubkan. Kamu akan melihat pesonanya seperti di surga. Ini memang surga dunianya, lho.

Kamu akan menemukan banyak pantai di Bali. Setiap pantai memiliki keunikan tersendiri. Tak heran bila pantai menjadi sasaran utamanya.

Kentalnya Kebudayaan Bali

Selain pantai, kebudayaan di Bali juga sangat kental. Kamu dapat menyaksikan tarian khas bali, makanan khas, ornamen-ornamen, serta tradisi masyarakatnya yang sangat khas.

Pantai dan kebudayaan yang ada di Bali menjadi keindahan Pulau Dewata yang tak ternilai harganya. Tak heran bila tempat ini menjadi salah satu destinasi terbaik di Indonesia bahkan di dunia.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya tentang Tarian di Indonesia

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Makna dibalik Pagelaran Tari di Indonesia

Setiap tari mengandung makna atau filosofi tersendiri. Ada unsur-unsur penting yang jarang diketahui oleh para penontonnya. Mungkin Anda juga kurang memahami makna dibalik suatu tarian yang pernah Anda saksikan.

Memang ada banyak makna yang bisa kita rasakan pada suatu pagelaran tari. Seperti pada ulasan ini, Anda akan mengetahui beragam makna atau filosofi yang bisa Anda nikmati dari pertunjukan tari. Nah, berikut beberapa hal yang bisa Anda kaji untuk mengetahui filosofinya.

Gerakan Penari

Setiap gerakan pada suatu tarian memiliki makna yang penting. Lemah lembut, gagah dalam menari, atau lainnya menjadi unsur yang tak bisa dipisahkan dari kisah tarian itu.

Pakaian dan Riasan Penari

Pakaian sangat mendukung makna dari suatu tarian. Bahkan, riasan penari juga sangat menginterpretasikan karakter penari pada suatu cerita.

Irama Musiknya

Irama juga menjadi hal yang penting dan menambah kejelasan alur cerita pada suatu tarian. Irama yang menyedihkan tentu akan memperjelas alur cerita yang mengharukan.

Demikian cara mengulik makna dibalik pagelaran tari di Indonesia. Anda tentu akan mendapatkan banyak hal menarik dari pagelaran tari yang Anda saksikan.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya tentang Tradisi Mitoni di Suku Jawa

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Tradisi Mitoni di Suku Jawa

Indonesia memiliki beragam kebudayaan. Termasuk pada tradisinya, setiap suku di Indonesia memiliki kebudayaannya. Tak terkecuali pada suku Jawa yang memiliki tradisi mitoni.

Sebagai bangsa Indonesia, kita harus mengenali berbagai tradisi yang melekat pada masyarakat kita. Tradisi mitoni menjadi salah satu kebiasaan yang hadir di lingkungan masyarakat suku Jawa. Apakah Anda telah mengenali tradisi ini?

Mengenal Tradisi Mitoni

Sebagai informasi bahwa mitoni merupakan tradisi turun-temurun yang telah diterapkan pada masyarakat suku Jawa. Tradisi ini dilakukan saat seorang wanita hamil dalam usia kandungan tujuh bulan. Tradisi ini biasanya dilakukan oleh kaum wanita yang baru pertama kalinya hamil alias memiliki anak pertama.

Sebagian besar masyarakat suku Jawa mengadakan ritual dari tradisi ini. Namun, ada juga yang tidak melakukannya karena menganut kepercayaan lain. Tapi sebaiknya kaum wanita yang hamil usia kandungan tujuh bulan melakukan ritual dari tradisi ini.

Pemberian Makanan pada Mitoni

Tradisi ini sebenarnya merupakan simbol rasa syukur atas perkembangan janin yang kian membesar dan berusia tujuh bulan. Wanita yang hendak melakukan tradisi ini harus mengadakan syukuran dengan membagikan makanan-makanan tradisional. Pembagian makanan ini diberikan kepada anak-anak sebagai perwujudan rasa syukurnya.

Sebagai penutupnya, wanita yang hamil ini biasanya juga akan menggunakan kunyit sebagai lulur di wajahnya. Lalu dibagikan kepada anak-anak yang hadir pada tradisi itu. Harapannya, janin yang ada di dalam rahim wanita itu memiliki paras yang cantik dan tampan seperti anak-anak yang mendapatkan lulur dari kunyit itu.

Itulah pengenalan sekilas mengenai tradisi mitoni di suku Jawa. Pada intinya, tradisi ini menjadi suatu ungkapan rasa syukur yang dilakukan oleh wanita hamil usia tujuh bulan.

Apa fungsi dari teks eksplanasi?

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan atau menerangkan sesuatu secara rinci, seperti peristiwa, hal, atau fenomena alam.
Secara umumnya, fungsi teks eksplanasi adalah untuk menjawab pertanyaan “mengapa?” dan “bagaimana?” suatu peristiwa terjadi.

Nah, itulah beberapa contoh teks eksplanasi budaya yang ada di Indonesia. Ingat, kalian harus memahami susunan dari teks eksplanasi serta jelaskan topik yang akan kalian ulas seperti tentang kebudayaan di atas. Semoga informasi ini bermanfaat dan kalian bisa membuat teks eksplanasi dengan gampang!

advertisement

Tinggalkan Komentar / Pertanyaan


Chief Executive Officer

CEO DeckaRenas A scientist who loves to write about anything especially about education, lifestyle, tech stuff and popular science. Learn something new and pretty good in digital literacy.
  Kontak: TwitTer | FaceBook | InstaGram