15 Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan

Memilih jurusan kuliah atau program studi memang menjadi salah satu hal yang paling sulit. Ada banyak sekali pilihan program studi saat ini yang semakin membuatmu bingung.

Terlebih lagi bagi kamu anak IPS, ada banyak sekali pilihan program studi dan beberapa diantaranya masih sangat baru.

Jika kamu khawatir tidak bisa diterima di program studi yang kamu inginkan karena program studi tersebut memiliki banyak sekali peminat, maka kamu tidak perlu khawatir.

Masih ada jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikanprospek kerja yang sangat menarik. Apa saja sih?

Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan

Ini Dia Kumpulan Jurusan IPS Yang Minim Pesaing

Khawatir tidak bisa melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan memang menjadi hal yang wajar bagi mayoritas siswa yang duduk di bangku SMA.

Banyak pelajar yang khawatir karena pilihan jurusan atau program studi yang mereka tuju memiliki banyak peminat dan harus ekstra kerja keras untuk bisa bersaing dengan pesaing lainnya.

Namun, tahukah kamu jika melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan tidak melulu harus berada di jurusan atau program studi yang memiliki banyak peminat?

Masih ada banyak sekali jurusan atau program studi yang memiliki prospek masa depan yang sangat menjanjikan. Ini dia jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikanprospek kerja yang sangat menarik :

Program Studi Bisnis Digital

Seperti yang sudah kita ketahui kalau saat ini kita lagi berada di dalam era digital nih, nah Program Studi Bisnis Digital seolah menjadi solusi terbaik bagi kamu yang ingin selalu berkembang dan menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman.

Program studi ini dibuka dengan tujuan untuk menjawab tantangan anak muda dalam menghadapi perubahan global. Saat ini sudah ada banyak sekali peluang pekerjaan yang bisa dimulai melalui bisnis digital, seperti menjadi seorang selebgram, influencer, blogger, youtube, dan lain-lain.

Di jurusan ini kamu akan belajar tentang bisnis online, startup, marketing online, financial technology, dan mata kuliah lain yang tentu akan menarik dan tidak membosankan.

Program Studi Studi Aktuaria

Mendengar atau melihat namanya saja mungkin kamu akan mengerutkan dahi bukan? Yup, mayoritas orang diluar sana memang sangat asing dengan Studi Aktuaria.

Akturia adalah sebuah bidang keilmuan yang mengaplikasikan metode matematika dengan ilmu statistika dengan tujuan untuk menganalisis dan meminimalisir risiko yang mungkin akan terjadi dalam dunia asuransi dan keuangan.

prospek kerja jurusan aktuaria

Program studi ini memang tergolong sebagai program studi yang masih baru, namun kamu tidak perlu khawatir tentang prospek kerja kedepannya karena bidang ini sekarang sedang menjadi salah satu kebutuhan yang banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar.

Program Studi Ekonomi Kreatif

Program studi atau jurusan kuliah yang satu ini memiliki sedikit peminat karena dianggap tidak keren dibandingkan dengan program studi yang lain. Padahal Program Studi Ekonomi Kreatif memiliki prospek kerja yang sangat menjanjikan lho!

Ekonomi Kreatif tanpa disadari merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh untuk mendukung ekonomi mikro pada suatu wilayah. Setelah lulus, kamu bisa mengembangkan ekonomi kreatif agar bisa membantu perkembangan ekonomi bangsa.

Program Studi Data Managemen

Banyaknya perusahaan yang ada di Indonesia membuat Program Studi ini menjadi salah satu program studi yang memiliki prospek kerja sangat menjanjikan. Hal ini karena data menjadi suatu kebutuhan pokok yang paling rahasia bagi perusahaan.

Nah, kalau kamu bergabung di program studi ini, kamu akan mempelajari tentang bagaimana mengolah data dengan baik dan benar. Saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan kemampuan untuk menganalisis data managemen perusahaannya.

Program Studi Administrasi Fiskal

Jika kamu adalah siswa yang sangat menyukai pelajaran Ekonomi, Akutansi, maupun Ekonomi Bisnis,dan takut untuk mencoba masuk ke Program Studi Managemen atau Administrasi Negara karena memiliki banyak pesaing, maka Program Studi Administrasi Fiskal menjadi solusi yang sangat tepat.

Sama seperti program studi favorit lainnya, kamu juga bisa mendapatkan prospek kerja yang bagus seperti menjadi pengawas imigrasi, bea cukai, ahli perencanaan pajak, pegawai pajak, dan lainnya.

Program Studi Manajemen Perbankan

Program studi ini akan sangat cocok untuk kamu yang menyukai mata pelajaran seperti Akutansi, ekonomi, Matematika, dan pelajaran yang berhubungan dengan angka-angka.

Untuk prospek kerjanya, program studi ini cukup menjanjikan karena kamu bisa menjadi seorang yang terampil untuk menangani kegiatan operasional perbankan seperti backend dan front end, teller, customer services, karyawan pembukuan unit giro, analis kredit, analis keuangan, dan credit control manager.

Program Studi Kesejahteraan Sosial

Progam Studi Kesejahteraan Sosial akan banyak mengkaji dan mengembangkan pemikiran dan metode untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Prospek kerja yang bisa kamu dapatkan dari program studi ini adalah bisa menjadi seorang Corporate Social Resposibility Officer, Manajer Layanan Sosial dan Komunikasi. Bagaimana? Menarik Bukan?

Meskipun jarang terdengar dan memiliki peminat yang sedikit, namun program studi ini sangat dibutuhkan. Di program studi ini kamu akan mempelajari tentang prosedur dan metode dalam hal peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Program Studi Bisnis Fashion

Seperti yang sudah kita tahu, kalau dunia fashion dari dulu memang menjadi salah satu bidang yang dianggap remeh. Padahal dunia fashion tanpa disadari menjadi salah satu bidang yang sangat menjanjikan dan selalu berkembang serta akan dibutuhkan oleh setiap orang dalam berbagai kalangan.

Program Studi Bisnis Fashion akan sangat cocok bagi kamu yang tidak terlalu menyukai pelajaran-pelajaran yang terlalu banyak teori. Disini kamu akan mempelajari tentang bagaimana mengatur bisnis dan perilaku konsumen pada trend fashion saat ini.

Prospek kerja yang bisa kamu dapatkan adalah bisa menjadi seorang visual merchandiser, wirausaha fashion, fashion stylist, dan designer terkenal.

Program Studi Penyiaran

Program Studi Penyiaran atau yang biasa disebut juga dengan Broadcasting merupakan salah satu dari cabang ilmu komunikasi, khususnya jurnalistik. Disini kamu bisa mendapatkan prospek  pekerjaan yang menjanjikan dan menyenangkan seperti menjadi seorang penyiar berita, sutradara, penyiar televisi, presenter atau pembawa acara.

Program Studi Desain Komunikasi Visual

Program Studi Desain Komunikasi Visual atau yang sering disebut dengan DKV merupakan salah satu jurusan kuliah yang fokus mempelajari tentang seni dalam penyampaian pesan dengan menggunakan bahasa rupa atau desain untuk menginformasikan kepada audience atau penerima pesan.

Program studi ini sangat memiliki prospek yang menjanjikan di era yang serba digital ini. Kamu bisa menjadi seorang desainer grafis, animator, seniman multimedia, desain produk komersial dan industri.

Program Studi Kriminologi

Dilihat dari namanya saja pasti kamu tahu bukan apa yang akan dipelajari di program studi ini? Program Studi Kriminologi akan fokus mempelajari teori dan praktek tindak kriminal secara empiris, baik dalam ruang lingkung nasional maupun internasional.

Program studi ini akan sangat cocok bagi kamu yang tertarik dengan dunia hukum namun khawatir dengan banyaknya pesaing karena Program Studi Hukum hingga saat ini merupakan salah satu program studi yang paling memiliki banyak peminat.

Prospek kerja program studi ini juga sangat menarik, kamu bisa menjadi detektif dan investigator swasta, analis intelijen, staff identifikasi dan rekam jejak kepolisian, serta masuk Akpol dari jenjang S1.

Program Studi Sastra Mandarin

Nah, jika kamu pikir memilih Program Studi Sastra Mandarin tidak ada gunanya, maka kamu sangat salah. Program Studi Sastra Mandarin memang menjadi salah satu program studi yang memiliki sedikit peminat karena dianggap tidak memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

Padahal jika kamu sadari, saat ini Indonesia sangat bergantung dengan Tiongkok dalam dunia perdagangan dan ekonomi. Banyak sekali perusahaan-perusahaan Mandarin yang ada di Indonesia, dan perusahaan Indonesia sedang banyak yang menjalin kerjasama dengan perusahaan Tiongkok lainnya.

Disinilah kesempatan emas bagi kamu, kamu bisa menjadi seorang translator, tour guide, bahkan kamu bisa menjadi bagian dari perusahaan Tiongkok atau China.

Program Studi Sastra Jepang

Jika kamu menaruh perhatian dan tertarik dengan budaya Jepang yang saat ini sedang marak diperbincangkan, maka kamu akan sangat cocok dengan program studi yang satu ini.

Selain mempelajari Bahasa Jepang, Program Studi Sastra Jepang mempelajari tentang kultur dan budaya Jepang.

Prospek kerja yang ditawarkan juga menarik, kamu bisa bekerja sebagai Staff di kedutaan Besar Jepang, menjadi seorang translator di perusahaan dengan klien dari Jepang, tour guide, dan bahkan kamu bisa melanjutkan hidup dengan bekerja langsung di Jepang lho!

Program Studi Sastra Perancis

Duni sasta asing memang menjadi salah satu program studi yang paling memiliki sedikit peminat, sehingga bagi kamu yang menyukai dan tertarik dengan sastra asing akan sangat mudah bagi kamu karena sangat sedikit pesaingnya.

Salah satu sastra asing yang memiliki sedikit peminat adalah Program Studi Sastra Perancis. Padahal dengan mempelajari Sastra Perancis, kamu bisa mendapatkan keuntungan, ilmu, dan berbagai hal yang menarik.

advertisement

Prospek kerja yang ditawarkan juga menggiurkan, kamu bisa bekerja di kedutaan besar Indonesia yang ada di Perancis, menjadi tour guide untuk turis-turis asing, atau kamu juga bisa melanjutkan hidup atau bekerja di Perancis.

Program Studi Filsafat

Meskipun sangat menarik dan keren, namun Program Studi Filsafat merupakan salah satu program studi yang memiliki sedikit peminat.

Program Studi Filsafat terkenal dengan kesulitannya karena ilmu filsafat memang akan memerlukan logika berpikir dan bahasa yang digunakan sangat mendalam.

Tapi dibalik kesulitannya tersebut, ada prospek masa depan yang sangat cerah bagi lulusan Program Filsafat lho! Setelah lulus kamu bisa berkecimpung di dunia ilmu pengetahuan, penasehat dalam penelitian, dan bahkan menjadi penasehat negara lho!

Kenapa jurusan IPS sering dianggap tidak lebih baik dari jurusan IPA?

Karena stereotip yang mendarah daging yang mengatakan bahwa anak IPS itu malas, kurang pintar, terlalu santai, kurang sopan dan bandel.
Jurusan Ips juga mendapat stigma negatif karena menganggap bahwa pelajaran di dalam IPS itu mudah, mereka cenderung berpikir bahwa Geografi, Sosiologi Ekonomi dan Sejarah itu mudah. Ya memang mudah, kalau IQ kamu 160, hhe.

Bisakah siswa Jurusan IPS berkuliah di Jurusan IPA (Saintek)?

Tentu saja bisa, asalkan siswa jurusan IPS tersebut mampu untuk mempelajari pelajaran Ipa Dan Lulus ujian masuk kuliah untuk jurusan saintek.
Setelah siswa SMA/SMK/MAN/MAK Dan sederajat lulus dari bangku sekolah, Kalian bisa bebas memilih jurusan kuliah Mana kah yang akan Kalian ikuti dengan sistem utbk (ujian tulis berbasis komputer), ujian mandiri Dan jika nilai Kalian bagus bisa mendapatkan snmptn.

Kenapa TNI AU dan AL tidak menerima pendaftar dari jurusan IPS?

Calon taruna diwajbkan dari jurusan IPA karena nanti di pembelajaran yang dipelajari adalah materi seputar IPA seperti kimia, fisika dan materi-materi sains lainnya. Sebenarnya akademi TNI membuka juga kesempatan bagi calon taruna jurusan IPS tapi hanya 4 tahun sekali

Jurusan kuliah soshum apa yang prospek kerjanya sangat luas?

Jurusan Ekonomi dan Hukum memiliki propek yang bagus. Akan tetapi jumlah lulusan dari dua jurusan tersebut juga sangatlah banyak. Itu adalah hal yang lazim, prospek besar = saingan banyak, prospek kecil = kompetitor sedikit.

Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati tapi Menjanjikan

Nah, itu dia 15 jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan. Sebenarnya untuk bisa berkuliah kamu tidak perlu mengikuti trend atau bersaing dengan ratusan orang di salah satu jurusan atau program studi yang memiliki banyak pesaing.

Kamu hanya perlu mengetahui passion dan ketertarikan kamu di bidang apa. Ada banyak sekali jurusan atau program studi yang ditawarkan saat ini, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Belum tentu program studi yang memiliki banyak peminat cocok dengan kamu, jadi juntuk memilih melanjutkan pendidikan di bangku kuliah kamu tidak boleh main-main ya! Karena apa yang akan kamu pilih akan menentukan masa depanmu.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest