11 Jurusan Kuliah yang Tidak Banyak Hitungan tapi Prospektif

Memilih jurusan kuliah memang terkadang membuat seseorang kebingungan. Apalagi transisi dari siswa ke mahasiswa yang membutuhkan cukup energi untuk beradaptasi kembali dengan teman-teman, lingkungan, serta cara belajar yang baru.

Jurusan kuliah yang diambil nantinya juga memengaruhi prospek masa depan. Banyak anak yang tidak suka dengan mata pelajaran hitungan saat sekolah akan memutuskan mengambil jurusan kuliah yang tidak banyak hitungan.

Hal ini tentu tidak menjadi masalah. Sebab kepintaran setiap anak tidak boleh diukur hanya dari kepandaian mereka dalam hitungan atau bahasa asing.

Setiap anak memiliki kepandaian dan minatnya sendiri-sendiri. Semua itu wajib didukung oleh orang tua agar anak pun nyaman menjalani perkuliahan nanti. Jadi mereka bahkan bisa memilih jurusan kuliah paling santai, asal sesuai dengan passionyang dimiliki.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai jurusan kuliah yang tidak banyak hitungan. Jurusan ini seringkali dipandang sebelah mata. Padahal belum banyak orang yang mengetahui prospek kerja dari semua jurusan tersebut. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita masuk pada bagian berikut.

Jurusan Kuliah yang Tidak Banyak Hitungan

Rekomendasi 11 Jurusan Kuliah yang Tidak Banyak Hitungan

Pada bagian ini kami akan memberikan Anda beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang paling santai dan jurusan yang bisa Anda senangi karena passionAnda berada di sana. Jangan lupa menyesuaikannya dengan apa yang Anda senangi. Karena sesungguhnya kuliah yang menyenangkan adalah kuliah yang memang sejak awal menjadi pilihan Anda.

1. Jurusan Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi adalah jurusan kuliah yang tidak banyak hitungan. Mengapa dikatakan tidak banyak? Sebab jurusan ini tetap mempelajari statistika, ilmu yang berhubungan dengan angka. Tapi jangan takut dulu. Sebab mata kuliah statistika tersebut biasanya hanya ada di semester pertama perkuliahan.

Apa yang diajarkan pun lebih kepada statistika sosial. Jadi intinya Anda akan tetap mempelajari angka dan data, tetapi yang berhubungan dengan ilmu sosial, bukan matematika kaku seperti yang sering dibayangkan.

2. Jurusan Ilmu Filsafat

Ilmu filsafat di beberapa universitas besar biasanya memiliki fakultas tersendiri. Di fakultas inilah Anda akan mendapat banyak mata kuliah yang lagi-lagi akan menjauhkan Anda dari hitung menghitung.

Sebab jurusan filsafat lebih memfokuskan mahasiswanya berpikir logis dan melihat sesuatu dengan perspektif yang sangat objektif. Beberapa filsuf di era gemilangnya juga akan mereka pelajari nantinya.

3. Jurusan Kajian Budaya dan Media

Jurusan KBM atau Kajian Media dan Budaya akan Anda temukan di tingkatan strata 2 atau magister. Sama seperti dua mata kuliah sebelumnya, Anda tidak akan menemukan hitung menghitung ketika memilih KBM.

Sebab di sini Anda akan ditempa untuk membahas isu-isu media kontemporer beserta analisisnya dari segi budaya. Kalaupun Anda diperhadapkan pada angka, Anda hanya akan menganalisis data dari angka-angka tersebut. Bukan menghitungnya.

4. Jurusan Ilmu Hukum

Ilmu hukum adalah jurusan selanjutnya yang tidak membuat Anda pusing dengan angka. Tetapi sebagai gantinya, Anda akan dihadapkan berlembar-lembar teori dan konsep yang harus Anda lahap habis, sebelum turun praktik di beberapa lembaga hukum, pengadilan, hingga ke kejaksaan untuk menerapkan pengetahuan Anda tadi.

 Jurusan Kuliah yang Tidak Banyak Hitungan

Lulusan S1 ilmu Hukum kerja jadi apa? Sarjana hukum memiliki kesempatan besar untuk bekerja sebagai staf legal karena menguasai ilmu mengenai aset perusahaan, surat perjanjian kerja dan berkas penting lainnya.

Profesi ini memberi kamu kesempatan untuk masuk ke berbagai sektor bisnis manapun, misal perbankan, properti, instansi negara, perusahaan korporate .

5. Jurusan Hubungan Internasional

HI atau hubungan internasional pun menjadi salah satu jurusan kuliah paling santai yang bisa Anda pilih selanjutnya. Tidak ada angka-angka yang akan disodorkan kepada Anda, melainkan hanya materi tentang diplomasi luar negeri.

Bagi Anda yang casciscus dalam berbahasa Inggris, Anda bisa memilih jurusan ini untuk semakin memperkuat komunikasi Anda dalam bahasa asing dan siap mengantarkan Anda menjadi salah satu calon menteri luar negeri yang berprestasi.

6. Jurusan Ilmu Politik

Jurusan kuliah yang tidak banyak hitungan ke enam adalah ilmu politik dan pemerintahan. Secara umum, jurusan ilmu politik akan merangsang Anda untuk memahami lebih dalam dan lebih kritis tentang negara, persoalan politik dalam dan luar negeri, serta tatanan pemerintahan.

Jika Anda menemukan data berupa angka dalam mata kuliah ini, berarti Anda sedang dipandu untuk belajar membaca data dan menghubungkannya dengan analisis yang Anda pelajari selama berkuliah. Tertarik?

7. Jurusan Sastra

Adapun jurusan kuliah yang paling santai berikutnya adalah jurusan sastra. Mengapa dikatakan paling santai? Sebab Anda yang tertarik di dunia prosa, esai, puisi, dan cerpen, misalnya bisa memilih jurusan sastra Indonesia sebagai jurusan yang menyenangkan. Menjadi menyenangkan karena Anda akan dihadapkan pada kesukaan Anda sendiri. Jadi dalam menjalaninya, Anda tidak merasa terbebani.

Jurusan kuliah yang tidak ada hitung hitungan dan santai

Lulusan Jurusan Sastra Indonesia Jadi Apa?

1. Menjadi pengajar di kampus/sekolah/kursus,
2. Jurnalis/Editor/Penyunting bahasa di majalah/koran maupun media online,
3. Novelis dan penulis Script Film

8. Jurusan Pendidikan Bahasa

Pendidikan bahasa menjadi jurusan yang paling mudah dipelajari bagian pertama. Bagaimana tidak, jurusan ini sangat cocok bagi Anda yang senang mengajar tentang kebahasaan, entah itu bahasa Inggris, Indonesia, Jepang, Madarin maupun bahasa asing lainnya.

Ketika Anda sudah memiliki minat lebih dengan tata bahasa dan sebagainya, Anda pasti akan menjalani perkuliahan di jurusan ini dengan baik dan lancar-lancar saja.

advertisement

9. Jurusan Sosiologi

Jurusan sosiologi sangat pas bagi Anda yang senang berdiskusi, bertemu, dan bercengkrama dengan masyarakat baru di suatu daerah. Sebab jurusan ini akan mengajarkan Anda tentang interaksi dalam masyarakat, gejala dan hubungannya, bahkan hingga merambah ke fenomena sosial yang saat ini sedang booming.

Semua ini bisa Anda dapatkan jika mempelajari ilmu sosiologi, ilmu yang peka terhadap perubahan-perubahan dan fenomena dalam masyarakat suatu daerah.

10. Jurusan Antropologi

Jurusan antropologi bertengger di banyak universitas terbaik di Indonesia. Jika sosiologi lebih mempelajari masyarakat, dan jika komunikasi lebih melihat segi komunikasi interpersonal atau komunikasi publik yang terjadi dalam suatu daerah, maka antropologi hadir untuk menganalisis budaya-budaya dari masyarakat tertentu.

Budaya-budaya dalam hal ini tidak hanya berupa adat istiadat dan lain sebagainya, tetapi juga lebih kepada aktivitas sehari-hari, rutinitas yang diulang dan diberi makna oleh sebuah lapisan masyarakat dalam satu daerah tertentu.

11. Jurusan Desain Komunikasi Visual

Jurusan Kuliah yang Tidak Banyak Hitungan terakhir adalah DKV. DKV atau jurusan Desain Komunikasi Visual biasanya masuk dalam fakultas seni di beberapa kampus. Sepertinya jurusan ini juga bisa dikatakan jurusan yang paling mudah dipelajari jika Anda menaruh minat dan antusiasme yang tinggi terhadap seni.

Kuliah ini secara umum menyenangkan. Anda akan diminta membuat tugas tiap minggunya, tugas-tugas kreatif yang bisa Anda kerjakan sendiri maupun berkelompok. Sedangkan tugas akhirnya, selain menyelesaikan skripsi, Anda akan mengadakan pameran bersama dengan teman-teman Anda yang lain. Menyenangkan, bukan?

Apa Jurusan Kuliah yang terkenal Sulit?

Tiap-tiap prodi memiliki kerumitannya sendiri, berikut ini merupakan rangkuman opini, bukan pendapat eksak,dari beberapa lulusan prodi tersebut.
1. Teknik Sipil (Gabungan matematika, fisika, biologi, geologi, lingkungan, hingga komputer dengan porsi masing-masing)
2. Ilmu Ekonomi ( Untuk memasuki jurusan ini dibutuhkan keterampilan verbal, konsistensi, dan kemauan keras. Mempelajati ttg ilmu ekonomi makro, mikro, alat kuantitatif, ekonomi publik, ekonomi moneter, ekonomi pembangunan, ekonomi bisnis, dan lain-lain)
3. Matematika dan Statistika
4. Arsitektur (Kombinasi antara seni dan teknik bangunan yang di dalamnya terdapat perencanaan, konstruksi, dan penyelesaian dekoratif yang mempelajari bentuk fisik ruang buatan.)
5. Farmasi & Kedokteran
6. Teknik Informatika

Jurusan Kuliah Apa yang Tidak Berguna?

Semua jurusan itu bermanfaat, sebab pembukaan awal sebuah program studi(prodi) atau jurusan di perguruan tinggi itu, diawali dengan analisa lapangan yang dipandang perlu dibuka jurusan baru supaya bisa menjawab tantangan/kebutuhan di pasar kerja.
Semua jurusan memiliki prospek dan peluangnya tersendiri, hanya saja yang membedakan hanya wilayah dan sesuai kebutuhannya saja.

Bagaimana Rasanya Kuliah di Universitas yang Kurang Terkenal?

Memang akan ada under estimate dikalangan masyarakat dan beberapa HRD. Namun tidak ada korelasi yang membuktikan bahwa kuliah dikampus unggulan memiliki lebih banyak ilmu, dibandingkan mereka yang kuliah di kampus non-favorit.
Jangan pernah berkecil hati, tetap lanjutkan impian dan perjuanganmu. Suksesmu ditentukan oleh kerjamu, bukan asal kampusmu. Dari beberapa pengalaman, banyak juga alumni kampus terkenal di Indonesia gagal menyelesaikan studi di kampus “biasa” di LN. Jadi.. Tetap semangat..

Jadi itulah pembahasan mengenai jurusan kuliah yang tidak banyak hitungan dan dapat Anda pilih sesuai dengan kesukaan dan kesenangan Anda.

Semua jurusan yang kami rekomendasikan di atas adalah jurusan yang digemari dan memiliki masa depan cerah dalam hal pekerjaan. Pada akhirnya, Anda akan menentukan jurusan apa yang paling sesuai dengan minat Anda. Semangat berkuliah!

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *