11 Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan

Ada beberapa alasan memilih jurusan ekonomi pembangunan oleh mahasiswa. Di banyak perguruan tinggi, kita bisa dengan mudah menjumpai Fakultas Ekonomi. Salah satu jurusan yang terdapat di fakultas ini adalah ekonomi pembangunan.

Jurusan ini menjadi salah satu yang paling diincar oleh pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. Banyak orang beranggapan bahwa jurusan ini dapat menjanjikan masa depan yang cerah bagi para lulusannya mengingat banyaknya pilihan profesi yang tersedia bagi mereka.

Hal ini tak lepas dari tingginya kebutuhan akan orang-orang yang memang menguasai ilmu ekonomi pembangunan. Jadi tak heran kalau saat ini banyak lulusan ekonomi pembangunan yang bekerja pada perusahaan maupun badan usaha.

Karena itulah, wajar kalau jurusan ini cukup diminati oleh para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. Bagi Anda yang tertarik untuk masuk jurusan ini, maka Anda harus menyimak beberapa alasan mengapa banyak orang memilih untuk masuk jurusan ini dan bagaimana prospek kerja ke depannya.

Alasan Memilih Jurusan Ekonomi

Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan

  • Berperan Penting dalam Dunia Usaha

Dunia ekonomi sangat berkaitan erat dengan dunia usaha atau bisnis. Ilmu ekonomi sangat dibutuhkan untuk menunjang perkembangan sebuah bisnis, khususnya di perusahaan.

Dengan adanya ilmu ekonomi, pemilik usaha dapat mengelola bisnisnya sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi yang ada. Melalui ilmu yang didapatkan di jurusan ekonomi pembanguanan, nantinya Anda dapat menjalankan bisnis secara lebih optimal. Hal ini menjadi salah satu alasan memilih jurusan ekonomi pembangunan yang disampaikan oleh banyak orang.

  • Lulusannya Banyak Dibutuhkan dalam Berbagai Badan Usaha

Alasan memilih jurusan ekonomi pembangunan yang sering diungkapkan oleh banyak orang adalah karena lulusannya banyak dibutuhkan untuk menjalankan peran di berbagai bidang usaha.

Para lulusan tersebut banyak yang mengemban peran vital dalam perusahaan. Jika saat ini Anda penasaran lulusan ekonomi pembangunan kerja apa, maka Anda tak perlu khawatir karena ternyata ada banyak peran penting  yang bisa Anda jalankan setelah lulus dari jurusan ini.

  • Ilmu yang Fleksibel

Ilmu ekonomi pembangunan merupakan sebuah ilmu yang terkesan fleksibel karena tak hanya bisa diaplikasikan di perusahaan saja. Anda juga dapat menggunakan ilmu tersebut untuk membuka usaha sendiri alias berwirausaha.

Ilmu ekonomi pembanguanan akan memudahkan Anda untuk mengatur serta mengelola modal bisnis. Ilmu ekonomi tersebut juga akan memudahkan pengusaha dalam menghitung akuntansi dalam mengelola laba dan ruginya. Karena itulah, ilmu ekonomi yang satu ini menjadi sangat aplikatif dan sangat dibutuhkan di berbagai hal.

  • Sangat Diminati dalam Dunia Kerja

Jika Anda penasaran lulusan ekonomi pembangunan kerja apa, maka Anda harus tahu bahwa saat ini banyak perusahaan ataupun badan usaha yang membutuhkan lulusan dari jurusan ekonomi. Dengan besarnya minat dan kebutuhan akan lulusan manajemen membuat prospek kerjanya menjadi semakin besar.

  • Adanya Jenjang Profesi yang Sesuai

Jika Anda berkuliah di jurusan ekonomi, maka nantinya Anda dapat melanjutkan pendidikan ekonomi sampai jenjang doktor. Adanya jenjang profesi yang sesuai entu saja akan menunjang profesionalitas Anda dalam menjalankan tugas di dunia kerja.

  • Dapat Digunakan Setiap Waktu

Ilmu ekonomi tidak akan pernah lekang oleh waktu. Seiring perkembangan zaman, ilmu ekonomi juga akan ikut berkembang. Ilmu yang Anda pelajari saat ini akan berguna untuk mengembangkan bisnis ke depannya.

  • Biaya Kuliah yang Lebih Terjangkau

Alasan memilih jurusan ekonomi pembangunan yang berikutnya adalah biayanya yang terbilang lebih terjangkau dibanding jurusan lain, seperti misalnya jurusan kedokteran ataupun teknik. Tak dapat dipungkiri, faktor biaya sering kali jadi pertimbangan penting bagi sebagian besar orang.

  • Membentuk Pribadi yang Teratur

Mahasiswa jurusan ekonomi pembanguan dituntut untuk belajar menjadi pribadi yang teratur. Hal ini harus dilakukan demi menghasilkan laporan keuangan yang benar-benar tepat.

  • Bisa Mendapatkan Gaji yang Tinggi

Pasti Anda pernah bertanya-tanya lulusan ekonomi pembangunan kerja apa agar bisa mendapatkan gaji yang tinggi, bukan? Dengan prospek kerjanya yang terbilang cerah, tak mengherankan kalau lulusan jurusan ini bisa mengisi posisi yang cukup penting sehingga bisa mendapatkan gaji yang cukup tinggi, misalnya menjadi search and development atau analis dan konsultan ekonomi.

  • Merupakan Jurusan yang Mudah Dijumpai di Banyak Perguruan Tinggi

Jurusan ekonomi pembangunan dapat dengan mudah kita jumpai di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Beberapa universitas yang ada jurusan ekonomi pembangunan di antaranya Institut Pertanian Bogor, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Sebelas Maret Surakarta, dan masih banyak lainnya.

  • Pesaingnya yang Sedikit

Tidak seperti jurusan akuntansi ataupun jurusan-jurusan ekonomi lainnya yang punya banyak pesaingannya, dalam dunia kerja lulusan jurusan ekonomi pembangunan justru memiliki pesaing yang relatif lebih sedikit.

Dengan begitu, Anda akan lebih punya peluang yang lebih besar untuk diterima di perusahaan maupun badan usaha yang membuka lowongan bagi lulusan jurusan ekonomi pembangunan.

Bagi Anda yang saat ini hendak melanjutkan pendidikan di fakultas ekonomi, Anda pun punya peluang yang lebih besar untuk diterima di jurusan ekonomi pembangunan. Dibanding jurusan lain di fakultas ekonomi, persaingan jurusan ekonomi pembangunan tidak begitu ketat.

  • Bisa Jadi Tenaga Pengajar

Ternyata ilmu ekonomi pembangunan yang Anda dapatkan di bangku kuliah tak hanya bisa Anda gunakan untuk bekerja di perusahaan saja. Anda juga bisa memanfaatkan ilmu ini dengan menjadi tenaga pengajar atau dosen.

Terlebih jika Anda bisa menjadi dosen di beberapa universitas yang ada jurusan ekonomi pembangunan yang terkemuka di Indonesia, seperti misalnya IPB, Universitas Hasanuddin, Universitas Brawijaya, dan sebagainya.

Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan

Prospek Kerja bagi Lulusan Ekonomi Pembangunan

Prospek kerja bagi para lulusan ekonomi terbilang cukup besar. Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan orang-orang yang mumpuni untuk menjalankan tugas pengelolaan bisnis. Karena itulah, banyak perusahaan yang mencari lulusan ekonomi pembangunan yang memang mumpuni untuk mengemban tugas tersebut.

Selain itu, ilmu ekonomi juga dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang. Lulusan ekonomi pembangunan kini punya banyak pilihan profesi. Tak hanya sekadar bekerja sebagai karyawan diperusahaan saja. Kini, mereka pun bisa menciptakan usahanya sendiri alias berwirausaha.

Bahkan, beberapa lulusan ekonomi pembangunan kini juga banyak yang bekerja sebagai dosen di universitas yang ada jurusan ekonomi pembangunan seperti IPB, Universitas Hasanuddin, Universitas Brawijaya, dan lain sebagainya.

Dengan terbuka lebarnya peluang kerja bagi lulusan ekonomi pembangunan, maka rasanya Anda tak akan sulit untuk mendapatkan kerja usai lulus dari bangku kuliah. Yang terpenting adalah Anda harus sudah benar-benar mumpuni dalam mengaplikasikan ilmu yang Anda dapatkan di bangku perkuliahan.

Apa itu Ekonomi Pembangunan?

Jurusan Ekonomi Pembangunan mrupakan program studi bidang IPS, yang mata kuliahnya mempelajari tentang pembangunan di negara-negara berkembang. Mencakup industri, keuangan, perbankan serta perencanaan pembangunan.

Lulusan Ekonomi Pembangunan Bisa Jadi Apa?

Para Diploma dan Sarjana jurusan EkBang bisa menempati posisi/jabatan di;
1. Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat, Gaji mulai 2jt s/d 30jt untuk tingkat Supervisi/Kepala Dinas
2. Kerja di Bank / Lembaga Pembiasayaan
3. Pengajar / Dosen.
4. LSM (Lembag Swadaya Masyarakat)

Apakah Jurusan Ekonomi Pembangunan Bagus?

Semua balik lagi ke masing-masing individu, sesulit dan seberkelas apapun suatu jurusan, baik buat ranah jurusan itu sendiri ataupun buat prospek kerja nantinya, kalau mahasiswa yang ngejalaninnya kurang bersungguh-sungguh dan tidak mau berkembang ya akan tetap ketinggalan. Jadi kita-kita mahasiswa lah yang menentukan takaran bagus atau tidak nya suatu jurusan / nama kampus di mata luar.

Baca juga:
Prospek Kerja Jurusan Aktuaria

Demikianlah pembahasan mengenai alasan memilih jurusan ekonomi pembangunan dan bagaimana rospek kerjanya. Semoga bermanfaat bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar di jurusan ini.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest