11 Jurusan Kuliah yang Sulit Mendapat Pekerjaan

Bagi kamu yang sedang memikirkan ingin memilih jurusan kuliah apa, pasti kamu akan menghindari jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan bukan?

Banyak sekali yang menaruh harap jika jurusan kuliah yang akan dipilih mampu membuka jalan yang lebar untuk di dunia kerja nantinya. Fakta dan statistik menyebutkan hampir 70% mahasiswa salah jurusan yang berimbas ke masadepan mereka.

Oleh karena itu, dari jauh-jauh hari kamu akan disibukkan dengan memilih jurusan kuliah mana yang akan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuanmu namun juga tidak akan menyulitkanmu ketika ingin mencari pekerjaan nantinya.


jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan

Ini Dia 11 Daftar Jurusan Kuliah yang Sulit Mendapatkan Pekerjaan

Berikut ini 11 daftar jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan :

  1. Jurusan Kuliah Desain Komersial

Jurusan kuliah Desain Komersial merupakan salah satu jurusan yang tidak banyak diminati oleh kalangan perusahaan. Sama dengan  jurusan kuliah yang berhubungan dengan seni, jurusan kuliah Desain Komersial sangat jarang muncul dalam kriteria perektrutan perusahaan swasta maupun negeri.

Sponsored Link

Banyak lulusan dari jurusan kuliah ini yang akhirnya membuat pekerjaannya sendiri atau akhirnya memilih menjadi wiraswasta/Freelancer. Tingkat presentase pengangguran dari lulusan jurusan kuliah Desain Komersial mencapai 11,8%.

  1. Jurusan Kuliah Bahasa dan Sastra

Jurusan Kuliah yang satu ini juga berhubungan erat dengan dunia seni, biasanya lulusan jurusan kuliah Bahasa dan Sastra akan menjadi seorang dengan profesi tertentu misalnya seperti menjadi seorang sastrawan atau penulis.

Tidak banyak perusahaan atau lembaga yang membutuhkan lulusan jurusan kuliah Bahasa dan Sastra, kecuali bagi perusahaan yang memang bergerak di bidangnya. Tingkat presentase pengangguran dari lulusan jurusan kuliah Bahasa dan Sastra mencapai 9,2%.

  1. Jurusan Kuliah Ilmu Sejarah

Mengapa jurusan kuliah Ilmu Sejarah menjadi jurusan yang sulit mendapatkan pekerjaan? Padahal mempelajari dan mengetahui Ilmu Sejarah sangat penting terutama di zaman yang sudah modern dan serba digital ini?

Alasannya karena kurangnya lapangan pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan jurusan kuliah ini. Lulusan jurusan kuliah Ilmu Sejarah diberi kesempatan untuk menjadi tenaga pendidik, yang saat ini semakin lama semakin berkurang peluangnya. Tingkat presentase pengangguran dari lulusan jurusan kuliah Ilmu Sejarah mencapai 10,2%.

  1. Jurusan Kuliah Antropologi

Masih berhubungan dengan hal-hal yang berbau sejarah, jurusan kuliah Antropologi akan mempelajari tentang sebuah kebudayaan dari berbagai suku bangsa dan masyarakat yang ada di dunia.

Sama halnya dengan jurusan kuliah Ilmu Sejarah, tingkat kebutuhan dari lulusan Antropologi sangat sedikit. Banyak lulusan jurusan kuliah Antropologi yang justru tidak bekerja sesuai dengan bidangnya. Tingkat presentase pengangguran dari lulusan jurusan kuliah Antropologi mencapai 10,2%.

Prospek Kerja Antropologi Sosial
  1. Jurusan Kuliah Filsafat

Mencari pekerjaan kantoran dengan melamar di berbagai perusahaan-perusahaan ternama mungkin akan menjadi suatu kesulitan bagi lulusan jurusan kuliah Filsafat.

Jurusan ini sebenarnya mempelajari dasar ilmu dari berbagai ilmu-ilmu yang lain. Bisa dikatakan jika dengan mempelajari Ilmu Filsafat kamu bisa menjadi seorang yang ahli menganalisa di berbagai bidang.

Namun sayangnya jurusan ini kalah dengan jurusan kuliah lain yang lebih spesifik dalam mempelajari sesuatu yang akan dibutuhkan di dunia perkantoran. Tingkat presentase pengangguran dari lulusan jurusan kuliah Filsafat mencapai 10,8%.

  1. Jurusan Kuliah Seni Musik

Dari dulu hingga saat ini, mempelajari musik masih dianggap oleh orang-orang hanya sebatas hobi dan bukan sesuatu yang digunakan untuk mencari pekerjaan. Alasan inilah yang mendasari kenapa jurusan kuliah Seni Musik sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

Lulusan jurusan kuliah ini harus pandai mengatur keadaan, dan menyesuaikan kreatifitasnya dengan selera masyarakat luas jika ingin bekerja sesuai dengan bidangnya. Tingkat presentase pengangguran dari lulusan jurusan kuliah Seni Musik mencapai 9,2%.

  1. Jurusan Kuliah Seni Teater

Masih berhubungan dengan seni dan hampir sama kasusnya dengan jurusan kuliah seni Musik, Seni Teater saat ini juga menjadi salah satu jurusan yang dikategorikan sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

Pasalnya, semua orang saat ini bisa menjadi lakon dari suatu pertunjukkan, tidak perlu harus memiliki gelar sebagai Sarjana Seni Teater. Selain itu, kesulitan yang akan dihadapi saat ingin bekerja sesuai bidangnya adalah, untuk menggelar suatu pertunjukkan akan membutuhkan persiapan yang sangat kompleks sehingga seringkali pementasan yang dilakukan mengalami kegagalan.

  1. Jurusan Kuliah Seni Rupa

Masih membicarakan tentang dunia seni, jurusan kuliah Seni Rupa ternyata juga menjadi salah satu jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan. Hal ini dikarenakan saat ini dunia ekonomi dipenuhi dengan perusahaan-perusahaan yang pada kenyataannya membutuhkan lulusan yang berhubungan dengan dunia perkantoran, bukan dunia seni.

Biasanya lulusan dari jurusan kuliah Seni Rupa akan bekerja secara mandiri menjadi seorang pelukis, pematung, atau pemahat. Tingkat presentase pengangguran dari lulusan jurusan kuliah Seni Rupa mencapai 12,6%

  1. Jurusan Kuliah Arkeologi

Jurusan kuliah Arkeologi merupakan bagian dari Ilmu Sejarah yang mempelajari benda-benda yang bersejarah pada masa lampau. Jurusan ini mulai memiliki peminat yang semakin berkurang seiring dengan bertambahnya waktu yang sudah terkena pengaruh modernisasi.

Fokus saat ini tidak lagi tentang hal-hal yang berurusan dengan masa lampau, namun sebaliknya yaitu berfokus pada hal-hal yang akan terjadi di masa depan.

Oleh karena itu jurusan kuliah Arkeologi sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Tingkat presentase pengangguran dari lulusan jurusan kuliah Arkeologi mencapai 10,5%.

jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan
  1. Jurusan Kuliah Pertanian

Mengapa jurusan kuliah Pertanian menjadi salah satu jurusan kuliah yang sulit untuk mendapat pekerjaan? Hal ini dikarenakan jurusan yang satu ini dianggap oleh masyarakat luas sebagai jurusan yang tidak penting.

Mempelajari dunia pertanian dianggap tidak perlu harus berkuliah. Padahal paham yang seperti itu sangatlah keliru. Jurusan ini dianggap lebih cocok menerapkan ilmu yang mereka dapatkan di desa dibandingkan dengan mencari pekerjaan kantoran di perkotaan.

Oleh karena itulah jurusan kuliah yang satu ini menjadi jurusan yang seringkali dianggap sebelah mata.

  1. Jurusan Kuliah Peternakan

Sama nasibnya dengan jurusan kuliah Pertanian, jurusan kuliah peternakan juga dianggap akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan.

Kebanyakan lulusan jurusan kuliah peternakan akan membuka usaha peternakan sendiri atau jika ada yang bekerja di dunia perkantoran tidak akan sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

CV seperti apa yang disukai HRD?

HRD yang bertugas menyortir CV dari surat lamaran yang masuk harus menghadapi puluhan bahkan ratusan surat yang masuk setiap hari.
HRD enggan membaca semua CV dengan seksama, bila kurang tertarik mereka hanya sepintas melihat kemudian mengarsipkannya sebagai CV not recommended.
CV yang disukai oleh pejabat HRD, adalah :
1. Ringkas dan padat.
2. Desain menarik
3. Nyaman dibaca

Kenapa HRD jarang memberi kabar kepada kandidat yang gagal?

Profil/Surat/CV Anda di simpan, bila kelak membutuhkan bisa di panggil lagi.
Jika di beritahukan sekaligus Anda gagal, kemungkinan Anda akan mencari pekerjaan di tempat lain dan mereka kehilangan kesempatan mendapat tenaga kerja yang berkualitas seperti Anda.

Meskipun di dunia kerja jurusan-jurusan kuliah yang sudah disebutkan diatas akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan, namun tidak menutup kemungkinan kamu bisa membuka sendiri lapangan pekerjaan dengan menggunakan kemampuan dan keterampilan yang telah kamu dapatkan.

Bekerja tidak harus selalu menjadi karyawan kantoran. Nyatanya banyak sekali lulusan dari jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan diatas berhasil dan sukses membangun bisnisnya sendiri.

Jadi jangan mudah menyerah ya! Masih ada banyak jalan ketika kita mau berusaha. Jangan sampai kamu memilih jurusan kuliah tanpa ada pertimbangan sebelumnya.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp
Tinggalkan komentar


Trending Topics
Jurusan yang Berhubungan dengan Kimia
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
tes wawancara masuk kuliah
Alasan Memilih Jurusan Manajemen