Baca ▹ 3 menit

5 Sekolah Kedinasan di Semarang dengan Masa Depan Cerah

Banyak pelajar lulusan SMA atau SMK yang sangat mengidamkan masuk ke sekolah kedinasan sehingga rela melakukan persiapan terbaik untuk hal itu.

Bahkan para orang tua pun tak mau kalah usahanya dengan menyediakan dana khusus untuk putra putri mereka mengikuti bimbingan belajar demi persiapan masuk sekolah kedinasan di Semarang.

Khususnya untuk Anda yang berdomisili di wilayah Semarang, tentunya sekolah kedinasan ini menjadi satu kesempatan yang sangat bagus dan sayang jika dilewatkan.

sekolah kedinasan di semarang

Berikut ini akan Kita sampaikan beberapa rekomendasi sekolah kedinasan yang ada di wilayah Semarang hanya untuk Anda.

Sekolah Kedinasan Di Wilayah Semarang Terbaik Untuk Anda

Banyak yang mengidamkan untuk masuk sekolah kedinasan karena jika bisa bersekolah disana pastinya akan lebih ringan dalam hal biaya. Beberapa sekolah tinggi kedinasan memberikan kebijakan yang berbeda dalam hal pembiayaan.

Ada yang memberikan gratis biaya sekolah, ada juga yang tetap mematok biaya meski lebih ringan. Meski begitu hal itu masih terbilang lebih terjangkau ketimbang biaya sekolah tinggi lainnya.

advertisement

Kemudian kelebihan  lainnya adalah mendapatkan kesempatan jadi PNS atau menjadi pegawai BUMN yang lebih terjamin ke depannya. Kemudian kelebihan yang ketiga adalah dimana ada bekal kemampuan teknis yang diberikan selama bersekolah di sekolah kedinasan sehingga lebih siap kerja nantinya.

Berikut beberapa rekomendasi sekolah kedinasan di Semarang yang bisa Anda pertimbangkan untuk tempat menimba ilmu demi masa depan.

1. Akademi Kepolisian atau AKPOL

Akpol adalah sebuah akademi yang bernaung di bawah Kementerian Pertahanan Nasional RI. Merupakan sekolah kedinasan milik pemerintah RI yang berlokasi di kota Semarang. Lebih tepatnya dengan alamat kampus utama jl. Sultan Agung no. 131 Candi Baru Semarang Jawa Tengah.

Jenjang pendidikan yang dimiliki sekolah ini adalah Diploma IV atau yang setara dengan jenjang pendidikan S1. Lulusan dari akademi ini akan menjadi seorang perwira Polri yang bekerja di Kementerian Pertahanan Nasional. Jadi jika Anda termasuk  seseorang yang memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dan ingin menjadi perwira Polri bisa mendaftar disini.

2. Politeknis Kesehatan Semarang

Poltekkes ini awal mulanya adalah gabungan dari deretan sebelas akademi bidang kesehatan milik DepKes atau Departemen Kesehatan Indonesia yang lokasinya berada di Jawa Tengah. Saat ini Poltekkes Semarang menjadi salah satu dari 15 politeknik terbaik yang ada di Indonesia menurut versi Kemenristek Dikti.

Poltekkes ini juga satu-satunya politeknik yang memiliki program Pascasarjana di Indonesia. Sehingga layak untuk menjadi rujukan bagi Anda.

ads

Selain itu poltekkes ini memiliki 9 fakultas bidang kesehatan yang bisa Anda pilih sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Buka website resmi mereka untuk mengetahui informasi pendaftaran yang dibuka dengan 3 jalur pendaftaran, informasi fakultas dan jurusan hingga informasi pembiayaan kuliah.

3. Politeknik Pekerjaan Umum Semarang

Secara resmi politeknik ini telah dioperasikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Lulusan dari politeknik ini diharapkan mampu mencetak tenaga kerja ahli konstruksi yang profesional dan kompeten dalam bidangnya masing-masing. Politeknik ini juga menyiapkan tenaga kerja yang siap kerja khususnya di proyek infrastruktur yang dimiliki oleh PUPR nanti.

4. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Program studi yang dimiliki politeknik ini adalah NAUTIKA, TEKNIKA dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan. Politeknik yang memiliki fokus disiplin ilmu di bidang pelayaran ini memiliki pembiayaan yang  ditentukan secara langsung oleh Kementerian Keuangan.

Sedangkan untuk taruna tertentu diberikan tarif layanan hingga 0%. Diantaranya adalah taruna yang memiliki kondisi dari keluarga miskin, taruna yang memiliki prestasi khususnya dari Indonesia bagian Timur, taruna dari wilayah daerah tertinggal dan taruna yang menjadi korban bencana alam.

Sekolah Kedinasan di Semarang

5. Akademi Gizi Semarang

Ingin memiliki peran dalam perbaikan gizi yang sedang dilancarkan oleh pemerintah Indonesia? Anda bisa langsung mendaftar di Akademi Gizi Departemen Kesehatan RI yang ada di Semarang ini.

Di akademi ini Anda akan mempelajari tentang berbagai jenis makanan yang mengandung gizi tertentu dan apa manfaatnya untuk tubuh manusia. Selain itu Anda juga akan mempelajari bagaimana cara memenuhi gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan lain sebagainya.
Baca juga:
11 Jurusan Kuliah yang Tidak Banyak Hitungan tapi Prospektif

advertisement

Apakah Semarang nyaman untuk dihuni? Mengapa?

Topografi wilayahnya komplit. Ada laut di utara dan perbukitan di selatan. Mau merasakan angin laut tinggal ke pantai, mau nyari yang sejuk-sejuk tinggal ke perbukitan daerah selatan. Kalau mau ke luar kota ke selatan lagi bahkan sudah pegunungan.
Tempat wisata banyak. Wisata sejarah, wisata alam, wisata belanja, wisata kuliner ada semua, aksesnya juga mudah bahkan menggunakan transportasi umum.
Biaya hidupnya lebih terjangkau, bila dibandingkan dengan kota besar semisal Jakarta Bandung Surabaya Malang. Banyak kos murah mulai harga 500ribu. Di kota ini uang 15rb bisa dapet makanan enak, bergizi, porsi banyak.
Dan yang bikin iri daerah kota besar lain adalah kerukunan warganya layak dapat jempol. Jarang ada kerusuhan SARA terdengar dari kota ini. 

Berapa biaya hidup mahasiswa di Semarang ?

Tergantung gaya hidup apakah hedon atau ngirit, estimasi 1,5 s/d 2jt. Berikut estimasi living cost selama sebulan di Semarang:
Uang kos 600rb/bulan sudah termasuk listrik, air dan wifi.
Ongkos bensin 100~120ribuan sebulan.
Uang belanja bahan masakan atau uang makan, saya estimasikan 100rb seminggu, brarti 400rban sebulan.
Lain-lain (shopping, makeup, skincare, peralatan mandi dll) cukup 100–300ribuan aja sebulan.
Uang kuota 50rb aja sebulan kadang juga sisa. Soalnya di kos ada WiFi, tempat makan ada wifi, kampus juga ada wifi.

Demikian ulasan singkat tentang beberapa sekolah kedinasan di Semarang yang bisa Anda jadikan referensi jika ingin melanjutkan sekolah dengan prospek kerja yang lebih cerah. Semoga bermanfaat. 

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp


CEO / Author

CEO DeckaRenasAzkayra Jihan S.Kom
An engineer who loves to write about anything especially about education, lifestyle, movies, tech stuff and popular science. Learn something new and pretty good in digital literacy.
Kontak: TwitTer | FaceBook | InstaGram