5 Sekolah Kedinasan yang Menerima Lulusan SMK

Antusias masyarakat untuk bersekolah di sekolah dinas sepertinya tak pernah luntur. Buktinya hampir setiap tahun sekolah dinas pasti diburu oleh para orang tua dan lulusan SMA yang berminat masuk ke salah satu sekolah dinas yang ada di Indonesia.

Namun adakah sekolah kedinasan yang menerima lulusan SMK mengingat kebanyakan peminatnya adalah lulusan SMA?

Rekomendasi Sekolah Kedinasan Yang Menerima Peserta Didik Dari Lulusan Smk

Meski kebanyakan peminat sekolah dinas adalah lulusan dari sekolah negeri, bukan berarti peminat sekolah dinas dari kalangan lulusan SMK tak ada.

Jumlahnya juga cukup banyak mengingat ada banyak SMK dengan jurusan yang sama dengan jurusan sekolah dinas yang ada di Indonesia.

sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk

Berikut ini ulasan singkat tentang beberapa sekolah kedinasan yang menerima lulusan SMK yang direferensikan untuk Anda.  

1.  PKN STAN

ekomendasi pertama sekolah kedinasan yang menerima Lulusan SMK dalah STAN. PKN STAN atau singkatan dari Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara adalah sebuah sekolah tinggi yang memiliki fokus pada pendidikan manajemen keuangan. Sekolah ini menerima lulusan SMA dan SMK terutama dari jurusan akuntansi.

Di politeknik ini Anda akan mempelajari berbagai macam ilmu  yang berkaitan erat dengan pajak, bea cukai, manajemen aset, dan lain sebagainya.

Untuk menjadi mahasiswa di politeknik ini Anda harus bisa lolos berbagai macam seleksi yang ketat. Namun ada  keuntungan yang bisa Anda dapatkan diantaranya adalah biaya gratis dan ada jaminan penempatan di Kantor Pajak atau Kementerian Keuangan dengan gaji yang lumayan.

 2.  Sekolah Tinggi  Intelijen Negara

Untuk Anda yang lulusan SMK namun ingin bersekolah di sekolah kedinasan juga bisa mencoba untuk mendaftar di Sekolah Tinggi Intelijen Negara.

Sekolah tinggi ini berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara. Yang mana Badan Intelijen Negara sendiri menetapkan biaya gratis untuk lulusan SMK yang mendaftar kesana sehingga pastinya akan lebih ringan dalam hal pembiayaan.

Sekolah ini memiliki fokus pendidikan pada pemecahan masalah. Lulusan sekolah ini akan direkrut menjadi anggota badan intelijen negara dengan jenjang karir yang menjanjikan.

3. Sekolah Tinggi Transportasi Darat

Untuk Anda yang menjadi lulusan SMK bidang otomotif bisa mendaftar di Sekolah Tinggi Transportasi Darat. Adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah Dinas Perhubungan secara langsung.

Lulusan sekolah ini juga akan ditempatkan di Dinas Perhubungan dengan mengerjakan berbagai proyek yang berkaitan dengan dinas Perhubungan. Namun untuk biaya ada sejumlah dana yang harus dibayarkan sesuai dengan ketentuan yang ada.

 4.  Politeknik Siber dan Sandi Negara

Sekolah Tinggi berikutnya yang direkomendasikan untuk Anda para lulusan SMK adalah Politeknik Siber dan Sandi Negara. Di politeknik ini Anda akan mempelajari tentang ilmu pemecahan masalah hingga membaca informasi yang berkaitan dengan keamanan negara dalam bentuk sandi.

Politeknik ini berada di bawah Badan Siber dan Sandi Negara yang mengharuskan Anda untuk mengetahui seluk beluk IT dengan baik dan benar. Sangat direkomendasikan untuk Anda lulusan SMK jurusan multimedia atau teknik komputer.

 5.  Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

Opsi terakhir sekolah kedinasan yang menerima lulusan SMK aalah Poltekip. PoltekIp merupakan politeknik yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Di politeknik ini Anda akan mempelajari semua hal yang berkaitan dengan kemasyarakatan sehingga dipersiapkan untuk siap langsung terjun di lingkungan kemasyarakatan.

Biaya untuk menempuh pendidikan di politeknik ini gratis. Selain itu penempatan kerja di wilayah Kemenkumham yang tentunya lebih memiliki prospek untuk sukses yang lebih besar.

Lulusan SMK lebih baik kerja atau kuliah?

Sebenarnya, dua tujuan ini adalah pilihan masing-masing individu, yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.
Jika memang kondisi finansial keluarga hanya sanggup untuk bersekolah sampai SMK, tak apa-apa. Bekal pengalaman kerja serta ilmu yang didapat sudah cukup untuk mengarungi dunia profesional di usia yang muda.

Apakah bisa lulusan SMK masuk PTN favorit?

Tentu saja bisa. Selama siswa yang bersangkutan memenuhi syarat, tidak ada yang akan memandang label ‘SMK’ lebih inferior dibanding ‘SMA’.
Hanya saja, karena di SMK materinya sudah spesifik, tidak bisa dipungkiri bahwa teman-teman dari SMK harus mau mengejar materi yang mungkin lebih banyak dipelajari teman-teman SMA.

Itulah beberapa sekolah tinggi atau politeknik kedinasan yang bisa dimasuki oleh lulusan SMK sekalipun. Namun meski begitu, tetap saja ada persyaratan lainnya yang harus dipenuhi jika ingin mendaftar sebagai peserta didik disana.

Diantaranya adalah memiliki nilai rata-rata di ijazah tak kurang dari 70. Kemudian untuk usia pendaftar tak boleh lebih dari 20 tahun. Pendaftar juga harus lolos tes kesehatan dan lolos tes bebas narkoba.

Selain itu ada surat perjanjian dimana menyatakan calon peserta didik memiliki status lajang dan bersedia untuk tidak menikah sebelum masa pendidikan selesai.

Beberapa jurusan menetapkan minimal tinggi badan, tidak ada cacat tubuh, buta warna atau gangguan pada mata. Kemudian syarat yang terakhir adalah dengan membayar biaya pendaftaran sesuai sekolah kedinasan yang menerima lulusan SMK yang dituju oleh Anda. Sekian semoga bermanfaat.

advertisement
Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest