5 Sekolah Kedinasan di Surabaya & 10 Kampus Unggulan

Surabaya adalah kota metropolitan di Indonesia yang berlokasi di sisi timur Pulau Jawa. Mengenai pilihan sekolah kedinasan di Surabaya, kamu tidak akan menemukan kesulitan.

Nyatanya, selain dikenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya juga merupakan salah satu wilayah dengan lembaga pendidikan terbanyak dan paling bergengsi di Tanah Air.

Surabaya memiliki berbagai lembaga pendidikan untuk setiap jenjangnya, serta dengan ragam alternatif, mulai dari sekolah biasa hingga sekolah dengan sistem kedinasan.

5 Sekolah Kedinasan Di Surabaya

Jika kamu termasuk penduduk Surabaya asli, atau bagi kamu yang ingin merantau ke Surabaya dan melanjutkan pendidikanmu ke jenjang yang lebih tinggi di sana. Kamu telah datang ke tempat yang tepat.

sekolah kedinasan di Surabaya

Dengan segala keuntungan selama dan setelah mengenyam pendidikan di lembaga dengan titel ikatan dinas, tentunya kamu bisa memprioritaskan pilihanmu pada sekolah-sekolah tersebut untuk mendukung proses pembelajaran, serta menjamin masa depanmu secara lebih baik.

Kali ini, kami akan membahas 5 referensi sekolah kedinasan di Surabaya yang bisa membantumu dalam mempersiapkan diri, serta menentukan pilihan untuk menuju ke sekolah impianmu. Simak daftarnya berikut!

1. Politeknik Pelayaran Surabaya

Politeknik Pelayaran Surabaya berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Indonesia. Sekolah kedinasan ini berlokasi tepatnya di Jl. Gn. Anyar Boulever No. 1, Surabaya.

Sebagai informasi, sekolah ini awalnya dirintis di Semarang pada tahun 1982 silam. Barulah pada tahun 2013, sekolah ini berpindah tempat dan resmi beroperasi di Surabaya.

Sekolah yang juga dikenal dengan sebutan Poltekpel Surabaya ini memperoleh predikat B dari Badan Akreditasi Nasional untuk Perguruan Tinggi (BAN PT).

Di sana, terdapat beragam program studi yang akan menyiapkan peserta didiknya menjadi tenaga pelayaran dan kelautan yang cakap, profesional dan mandiri untuk turut membangun sektor transportasi laut di Indonesia.

sekolah kedinasan di Surabaya

2. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surabaya

Sekolah kedinasan dengan sebutan Poltekes Kemenkes Surabaya ini beroperasi dalam pengelolaan Kementerian Kesehatan Indonesia.

Poltekes ini adalah salah satu perguruan tinggi tertua sejak didirikan pada tahun 2004. Poltekes ini berlokasi tepatnya di Jl. Pucang Jajar Tengah No. 56, Surabaya.

Poltekes Kemenkes Surabaya telah memiliki izin untuk menyediakan program studi yang dibuka untuk kalangan masyarakat umum, mulai dari jenjang D-3 hingga D-4.

Harapannya, lulusan dari sekolah ini dapat membantu kebutuhan nasional akan tenaga kerja medis yang profesional dan mandiri.

3. Akademi Angkatan Laut

Berbeda dengan AAU yang berada di Yogyakarta, AAL adalah salah satu sekolah kedinasan di Surabaya dengan institusi pendidikan dan badan pengelolaan yang berpusat di kota tersebut pula.

Beroperasi di bawah naungan organisasi Komando Pendidikan Angkatan Laut Indonesia, AAL Surabaya yang telah berdiri sejak tahun 1951 ini dipimpin langsung oleh Gubernur Angkatan Laut setempat.

Lulusan dari AAL ini akan menjadi calon perwira AL dengan kompetensi akademik dan keahlian teknis yang tinggi, serta dapat diandalkan dalam bidang ilmu kelautan dan ketentaraan.

sekolah kedinasan di surabaya

4. Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut

Menjadi salah satu kota pusat Angkatan Laut di Tanah Air, Surabaya juga memiliki STTAL sebagai referensi sekolah kedinasan yang berpotensi untuk menghasilkan sumber daya terbaik di bidang kelautan dan ketentaraan.

Kali ini, spesifik ke sektor teknologi angkatan laut, STTAL dibuka untuk menyiapkan para calon anggota TNI AL untuk memiliki kemampuan yang diharapkan dalam lingkungan pengembangan teknologi ketentaraan, maupun persenjataan.

STTAL memiliki sejumlah pilihan program studi, yang tersedia pula mulai dari jenjang D-3 hingga S-2. STTAL bertempat di wilayah Krembangan, Surabaya.

sekolah kedinasan di surabaya

5. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Surabaya

Tak hanya tentang pendidikan kelautan, Surabaya juga merupakan kota pilihan dari Kementerian Perhubungan Indonesia sebagai lokasi pendirian dan pengoperasian Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Surabaya.

Sekolah kedinasan yang telah dibangun pada tahun 1989 ini berperan sebagai pencetak lulusan yang memiliki kekuatan dalam bidang akademis, serta keahlian dalam bidang teknis, tentunya dalam sektor teknik dan keselamatan sistem penerbangan.

Sama halnya dengan sekolah kedinasan di Surabaya lainnya, institusi dengan pilihan program studi diploma maupun non-diploma ini terbuka bagi kalangan masyarakat umum.

advertisement
sekolah kedinasan di Surabaya

Apa saja Universitas Unggulan di Surabaya?

1. Universitas Airlangga
2. Institut Teknologi Sepuluh November
3. Universitas Kristen Petra
4. Universitas Surabaya
5. Universitas Narotama
6. Universitas Negeri Surabaya
7. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
8. STIKOM Surabaya
9. STIE Perbanas Surabaya
10. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Apa yang Membedakan antara Surabaya dan Malang?

1. Temperatur. Di Surabaya suhunya lebih terik dan panas. Di Malang juga mulai panas tetapi hawanya lebih sejuk.
2. Kontur Wilayah. Kota Surabaya relatif datar, sedangkan Malang banyak tanjakan turunan.
3. Klub bola. Surabaya=Persebaya=Bonek=Bonita (Bonek wanita). Sedangkan Malang=Arema=Aremania=Aremanita (Arema wanita). 4. Kualitas air. Air Surabaya agak lumayan meski sedikit keruh, kurang dingin. Air Malang lebih dingin dan jernih.
5. Wisata. Malang lebih dekat ke wisata alam bernuansa pegunungan. Surabaya lebih banyak wisata belanja serta festival/pameran.
7. Kampus ngehits. Surabaya: ITS dan Unair. Malang: UB dan UMM.

Apa Saja Kuliner Legendaris di Surabaya?

1. Bakso Poya Pak Ateng depan SMAK Frateran.
2. Sup kaki kambing dan sapi Bang Oya
3. Soto Madura Tapak Siring
4. Sop Konro Perak
5. Nasi Campur Tambak Bayan6.
6. Depot Jepun Bali di Peneleh
7. Mie KJ tahun 1960, dan masih banyak lagi.

Apa Saja Peraturan Tak Tertulis di Surabaya?

1. Menunduk dan bilang “Nuwun sewu…” atau “Amit…” saat berjalan didepan orang yang lebih tua. Tidak peduli apakah kamu orang baru, orang asing yang sekedar lewat atau orang yang sudah mereka kenal.
2 Pengucapan kata kotor hanya bisa diterima oleh teman akrab, bukan teman biasa, apalagi orang asing. Mengucapkan kata kotor ke sesama teman akrab malah menunjukkan kesan “Konco Plek” sahabat akrab.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest