Contoh Teks Prosedur Kompleks dalam Kehidupan Sehari-hari

Teks prosedur kompleks adalah salah satu jenis teks dalam bahasa Indonesia, teks ini berisikan tentang suatu proses atau prosedur dalam membuat, mengerjakan atau melaksanakan sesuatu, dituliskan secara rinci penjelasannya, menggunakan metode, bahan dan alat yang diperlukan serta langkah-langkah yang perlu dilakukan, ditulis secara terperinci, dan tepat.

Disini akan kami berikan definisi, pengertian, beserta beberapa Contoh teks prosedur kompleks dalam kehidupan sehari-hari yang bisa Anda temukan di berbagai tempat. Jika Anda ingin tahu lebih banyak, dan belajar kebahasaan, dari Bahasa Indonesia, hingga English, maka Anda datang di tempat yang tepat.

Definisi Teks Prosedur Kompleks

Secara definisinya, teks prosedur kompleks dapat diartikan suatu teks yang berisi sebuah proses terperinci dalam membuat, atau bisa juga mengerjakan sesuatu. Teks prosedur kompleks dituliskan secara rinci, sesuai dengan bahan yang diperlukan, langkah yang diperlukan hingga metode yang digunakan dalam membuat atau mengerjakan sesuatu.

contoh teks prosedur kompleks dalam kehidupan sehari-hari

Tujuan dari teks prosedur kompleks itu sendiri bertujuan untuk memberikan informasi terkait prosedur tata cara membuat atau mengerjakan sesuatu, selain itu teks prosedur kompleks juga bisa dibilang bertujuan untuk mempermudah penjelasan terkait dengan pemanfaatan suatu barang, jasa, aktivitas, pembuatan barang, proses produksi, dan lain sebagainya yang dibuat secara berurutan dan terperinci.

Ciri-ciri Teks Prosedur Kompleks

Adapun beberapa ciri-ciri khas yang ada pada teks prosedur kompleks mulai dari penggunaan kalimat perintah, menggunakan imbuhan me-, serta penggunaan kata kerja menggunakan partikel. Berikut ini adalah beberapa ciri dari sebuah teks prosedur kompleks yang lazim ditemukan di masyarakat.

  • Kalimat yang digunakan jelas, singkat, dan logis
  • Memuat juga beberapa saran, sebagai contoh: Sebaiknya, hindari, hendaknya
  • Menggunakan kalimat perintah
  • Menggunakan kata berimbuhan “-me” seperti: nyalakan, tulis, dan kupas
  • Menggunakan kata larangan seperti: hindari, jangan, tidak boleh
  • Menggunakan kata kerja yang memiliki partikel “-lah” sebagai contoh” tuanglah, bukalah, buanglah, pilihlah, tulislah

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Dalam teks prosedur kompleks, terdapat tiga struktur utama, diantaranya seperti tujuan teks, material atau bahan, dan langkah-langkah.

  • Tujuan teks

Tujuan dari teks prosedur kompleks, berisikan tujuan utama yang akan dibuat, atau dilakukan pada teks prosedur kompleks. Tujuan atau hasil akhir yang ingin dituju dari menyelesaikan teks prosedur kompleks.

  • Bahan/Alat yang diperlukan

Alat dan bahan yang diperlukan. Terkadang hanya memerlukan bahan saja, namun juga mencantumkan alat jika ada. Bagian ini sangat penting, terutama jika teks prosedur kompleks yang akan dibuat terkait dengan resep makanan, atau cara membuat sesuatu, untuk pembaca mempersiapkan apa saja yang diperlukan sebelum memulai proses pembuatan.

  • Langkah-langkah atau metode

Langkah atau metode dari proses pembuatan, bagian yang berisi tentang metode, langkah yang perlu pembaca lakukan untuk bisa melakukan proses pembuatan, dan aktivitas dalam teks prosedur. Langkah-langkah dituliskan secara terperinci, mulai dari langkah pertama, langkah selanjutnya, hingga terakhir.

Selain itu, biasanya terdapat juga penjelasan mengenai metode yang dilakukan, saran dalam proses pembuatan, serta cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meraih hasil yang sama dalam proses teks procedural kompleks.


Baca juga: Contoh Teks Anekdot dalam Kehidupan Sehari-hari

contoh membuat laporan tugas

Contoh teks prosedur kompleks dalam kehidupan sehari-hari

Beberapa contoh teks prosedur kompleks untuk kegiatan sehari-hari, serta dengan penggunaan, aktivitas, dan proses pembuatan yang beragam.

Cara Berternak Lele menggunakan Tong Bekas Sembari Aquaponik Kangkung

Jika Anda ingin mencoba untuk berternak atau budidaya lele tetapi tidak memiliki lahan yang luas, kolam, ataupun modal yang banyak, jangan khawatir, karena Anda juga bisa melakukan budidaya lele di lahan terbatas, hanya dengan bermodalkan Tong bekas. Tidak hanya itu, Anda juga bisa sekaligus melakukan aquaponik kangkung diatas tong budidaya lele.

Seperti apa caranya? Simak caranya berikut ini.


Bahan yang diperlukan:

Tong bekas (Ukuran bervariasi sesuaikan kebutuhan, dan rencana seberapa banyak budidaya)

Air (Tidak perlu terlalu bersih, karena lele mampu beradaptasi di air kotor sekalipun)

Selang air

Pupuk

Benih Kangkung

Benih lele

Pakan Ikan tentunya

Langkah pembuatan:

  • Pertama siapkan tong bekas, Pastikan ukuran tong bekas tidak terlalu kecil
  • Isi tong bekas dengan air, Jika Anda menggunakan air keran, Anda harus menaburkan kapur untuk menetralisir pH dari air pam, supaya lele tetap bisa hidup dengan sehat
  • Anda bisa menabur benih lele, pastikan untuk mengira-ngira seberapa banyak benih yang bisa ditampung satu tong. Satu tong ukuran 1 atau 2 meter, mampu menampung setidaknya 10 – 20 benih lele.
  • Sekarang, siapkan untuk aquaponik kangkung
  • Anda bisa menggunakan botol bekas, ban bekas, atau tutup tong yang sudah dilubangi untuk menjadi media tanam.
  • Pertama, Anda perlu menumbuhkan benih kangkung menjadi kangkung muda, Anda bisa menyemai benih menggunakan tanah yang sudah dicampuri kompos.
  • Setelah benih tumbuh, pindahkan ke botol penampung aquaponik.
  • Letakkan benih kangkung, disertai dengan air yang sudah dicampuri dengan pupuk.
  • Letakkan diatas tong lele
  • Sekarang Anda sudah mendapatkan tempat budidaya lele, sekaligus kangkung di tong bekas.

Itulah dia beberapa Contoh teks prosedur kompleks dalam kehidupan sehari-hari yang bisa Anda contoh, dan temukan di beberapa tempat.

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom, An engineer who loves to write about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. CP: Twitter | FB | IG

Logo DeckaRenas