2 Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Nasi Goreng

Pembuatan teks prosedur bertujuan untuk menjelaskan langkah-langkah yang perlu dilakukan agar dapat membuat, melakukan sesuatu, atau menggunakan alat dengan benar.

Seperti contoh teks prosedur cara membuat nasi goreng yang tujuannya untuk menjelaskan kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan agar bisa membuat nasi goreng. Penulisan teks prosedur tentu memiliki struktur-struktur tertentu yang membedakannya dari jenis teks lainnya.

Teks prosedur biasanya ditulis dalam kalimat-kalimat yang singkat sehingga mudah untuk dipahami dan diikuti. Berikut definisi, ciri-ciri, struktur, dan contohnya untuk memahami teks prosedur dengan lebih baik.

contoh teks prosedur cara membuat nasi goreng

Definisi Teks Prosedur

Definisi dari teks prosedur adalah teks yang isinya memuat cara atau langkah-langkah untuk melakukan sesuatu secara tepat sehingga apa yang menjadi tujuannya dapat tercapai. Contohnya saja teks membuat makanan, maka isinya mengenai langkah-langkah dari menyiapkan bahan hingga memasak makanan hingga selesai.

Penulisan teks prosedur tidak hanya sebagai panduan saja, tetapi juga bisa membantu seseorang untuk lebih siap melakukan atau membuat sesuatu. Jika membaca teks prosedur terlebih dulu, maka lebih terarah sehingga untuk melakukan atau membuat sesuatu dapat lebih efektif dan seefisien mungkin. Teks prosedur ditulis sesuai dengan jenis-jenisnya yang terbagi menjadi beberapa kategori berikut.

  • Teks prosedur sederhana

Jenis teks prosedur ini biasanya berisi langkah-langkah sederhana yang terdiri dari dua atau tiga prosedur. Contohnya adalah prosedur menyalakan komputer, prosedur mengoperasikan kompor listrik, dan lain-lain.

  • Teks prosedur kompleks

Jenis teks prosedur ini memuat lebih banyak langkah-langkah atau prosedurnya lebih rumit. Contohnya adalah cara memasak rendang, cara membangun rumah susun, cara memasang aplikasi, dan lain sebagainya.

  • Teks prosedur protokol

Teks prosedur protokol adalah jenis teks prosedur yang memuat langkah yang ringan agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Contohnya adalah cara menyalakan smartphone, cara menghidupkan mesin motor, cara membersihkan karpet, dan lainnya.

Ciri-ciri Teks Prosedur

Sangat mudah untuk mengetahui apakah suatu bacaan termasuk teks prosedur atau bukan. Pada dasarnya untuk membedakan teks prosedur dengan teks lain akan lebih mudah dengan mempelajari ciri-cirinya. Berikut ciri-ciri dari teks prosedur yang perlu dipahami.

  • Penulisan teks prosedur menggunakan kata-kata kerja perintah atau kalimat imperatif.
  • Teks prosedur berisi panduan-panduan yang harus dilakukan.
  • Penulisan teks prosedur menggunakan jenis kata kerja aktif.
  • Penulisan teks prosedur menggunakan kata hubung atau konjungsi untuk menunjukkan urutan.
  • Teks prosedur berisi aturan untuk bahan-bahan, alat-alat, atau kegiatan.
  • Penulisan teks prosedur menggunakan kata keterangan untuk rincian tempat, waktu, ukuran, dan cara.
  • Penulisan teks prosedur menggunakan penomoran untuk menjelaskan langkah-langkah secara berurutan.

Struktur Teks Prosedur

Teks prosedur yang sering dijumpai pada berbagai produk atau tempat kerja harus sesuai dengan kaidah bahasa dan struktur teks prosedur. Struktur teks prosedur harus ditulis secara runtut atau urut dari awal hingga akhir. Penulisan teks ini harus sesuai dengan struktur yang terdiri dari beberapa bagian berikut.


  • Judul

Pada bagian ini dijelaskan mengenai tujuan dari teks prosedur, misalnya cara membuat nasi goreng, cara melakukan senam ibu hamil, cara menggunakan setrika uap, dan lain sebagainya. Penulisan judul menggunakan kalimat yang jelas dan singkat.

  • Kata pengantar

Kata pengantar berisi kalimat-kalimat pernyataan pembuka yang menjelaskan tujuan dari teks prosedur. Di kata pengantar ini biasanya ditulis juga secara detail untuk menjelaskan judul yang paling atas, misalnya membuat nasi goreng khas Jawa yang manis dan gurih

  • Bahan dan peralatan

Struktur penulisan teks prosedur setelah kata pengantar adalah bahan-bahan dan peralatan. Menjelaskan secara rinci mengenai bahan apa saja yang dibutuhkan. Pada bagian ini dijelaskan mengenai perlengkapan dan peralatan yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan langkah-langkah atau proses.

  • Tahapan proses

Pada bagian ini berisi mengenai tahapan-tahapan proses yang ditulis dari awal hingga akhir secara berurutan. Penulisannya jelas dan runtut sehingga pembaca lebih mudah untuk mengikuti instruksi yang ada di teks prosedur tersebut. Bagian ini juga harus ditulis lengkap, tidak boleh tertukar apalagi sampai terlewat.

Contoh Teks Prosedur Membuat Makanan

Membuat teks prosedur mudah asal sesuai dengan struktur dan kaidah bahasanya. Berikut contoh teks prosedur cara membuat nasi goreng yang lengkap dan urut.


contoh teks prosedur cara membuat nasi goreng
contoh teks prosedur cara membuat nasi goreng jawa

Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Nasi Goreng Jawa

Nasi goreng Jawa termasuk salah satu varian nasi goreng yang cukup digemari oleh masyarakat. Cara membuatnya pun tergolong simple dengan bahan-bahan yang tidak terlalu banyak. Berikut cara membuat nasi goreng Jawa dan bahan-bahan yang perlu disiapkan.

Bahan-bahan

  • Nasi putih sebanyak 3 piring.
  • Telur ayam 1 butir.
  • Garam secukupnya.
  • Kecap manis sebanyak 5 sendok makan.
  • Minyak goreng sebanyak 2 sendok makan.

Bumbu halus

  • Bawang merah 5 siung.
  • Bawang putih 2 siung.
  • Cabai sesuai selera
  • Terasi sebanyak ½ sendok makan

Langkah-langkah membuat nasi goreng Jawa

  1. Tumbuk semua bahan untuk bumbu halus.
  2. Tuang minyak goreng dan panaskan.
  3. Masukan telur dan goreng orak-arik hingga batang kemudian sisihkan.
  4. Tambahkan sedikit minyak goreng dan panaskan.
  5. Masukan bumbu halus dan goreng hingga tercium bau harum.
  6. Masukan nasi putih dan aduk-aduk hingga rata dengan bumbu halus.
  7. Tambahkan kecap dan aduk-aduk lagi hingga merata.
  8. Masukan telur orak-arik dan kembali aduk hingga rata.
  9. Angkat dan sajikan nasi goreng Jawa di atas piring dengan tambahan mentimun, tomat, kerupuk, atau bahan lainnya sesuai selera.
contoh teks prosedur cara membuat nasi goreng hongkong
contoh teks prosedur cara membuat nasi goreng hongkong

Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Nasi Goreng Hongkong

Varian nasi goreng Hongkong sering disajikan di rumah-rumah makan atau restoran. Bahan untuk nasi goreng Hongkong lebih beragam dibanding nasi goreng biasa. Berikut beberapa bahan yang perlu disiapkan dan langkah-langkah untuk membuat nasi goreng Hongkong.

Bahan-bahan

  • 2 piring nasi putih.
  • 1 batang daun bawang.
  • 1 butir telur.
  • 1 sendok makan saus tiram.
  • 1 sendok makan minyak wijen.
  • 2 sendok makan kecap ikan.
  • 2 sendok makan kecap asin.
  • 1 mangkuk kecil kacang polong hijau.
  • 1 mangkuk kecil bulir jagung manis.
  • 1 mangkuk kecil wortel potong dadu.
  • Udang goreng.

Langkah-langkah membuat nasi goreng hongkong

  1. Panaskan wajan dengan api kecil dan tuang minyak goreng secukupnya.
  2. Goreng telur dan orak-arik hingga matang dan sisihkan.
  3. Masukan kacang polong, bulir jagung manis, dan wortel potong untuk ditumis sebentar.
  4. Masukan nasi putih dan aduk hingga rata.
  5. Tambahkan kecap ikan dan kecam asin kemudian diaduk sebentar.
  6. Masukan minyak wijen dan saus tiram, aduk hingga merata.
  7. Tambahkan garam secukupnya dan aduk kembali.
  8. Masukan daun bawang yang sudah dipotong-potong dan aduk kembali hingga merata.
  9. Angkat nasi goreng dan sajikan diatas piring dengan udang goreng atau bahan-bahan lain sesuai selera.

Sebutkan Tujuan Teks Prosedur?

Menjelaskan aktivitas/kegiatan yang harus dilakukan secara runut, agar pembaca dapat secara tepat dan akurat mengikuti sebuah proses membuat sesuatu, melakukan suatu pekerjaan, atau menggunakan suatu alat.

Ada Berapa jenis Teks Prosedur ?

Ada 3 macam teks prosedur. Teks Prosedur Sederhana, berisi dua atau tiga langkah saja, misalnya prosedur untuk mengoperasikan setrika.
Teks Prosedur Kompleks, terdiri atas banyak langkah dan jenjang untuk tiap tahapannya. Contohnya prosedur pembayaran pajak 5 tahunan di samsat.
Teks Prosedur Protokol, merupakan teks prosedur yang langkah-langkahnya sederhana dan mudah dipahami. Contohnya cara menyalakan komputer, memasak ini itu, dsb.

Apa Perbedaan Teks Prosedur dengan Teks Ekspalanasi?

Teks prosedur menjelaaskan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai membuat sesuatu, melakukan sesuatu dan kegiatan-kegiatan lain. Strukturnya pembuka-urutan kegiatan. Sedangkan teks eksplanasi berisi penjelasan suatu fenomena kejadian dalam perspektif ilmiah. Struktur pembentuknya adalah pernyataan umum, deretan penjelas dan penutup/simpulan.

Demikian contoh teks prosedur cara membuat nasi goreng yang bisa menjadi panduan sebelum mulai memasak. Menggunakan teks prosedur ini, seseorang akan lebih mudah untuk mendapatkan hasil yang sesuai atau mirip dengan resep aslinya.


Tidak hanya untuk membuat makanan saja, teks prosedur juga ditulis sebagai panduan untuk menggunakan peralatan, melakukan gerakan, atau kegiatan lainnya dengan benar dan aman.

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom, An engineer who loves to write about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. CP: Twitter | FB | IG

Logo DeckaRenas