11 Syarat Masuk Jurusan Tata Boga di Universitas Terbaik

Suka memasak atau semua hal yang berbau kuliner? Sepertinya jurusan yang tepat untuk Kamu adalah jurusan tata boga. Sayangnya jurusan ini kerap dipandang sebelah mata karena dinilai tak memiliki prospek karir yang menjanjikan.

Padahal jika Kamu mau serius dan lebih tekun, bukan tidak mungkin karir yang akan didapat jauh lebih menjanjikan ketimbang karir yang terlihat lebih mentereng lainnya. Untuk bisa masuk ke jurusan tata boga, terlebih dahulu Kamu harus memenuhi syarat masuk jurusan tata boga.

Pada artikel berikut ini, Kamu akan mengetahui tentang prospek kerja, perkiraan biaya kuliah dan universitas mana saja yang memiliki jurusan tata boga terbaik di Indonesia.

syarat masuk jurusan tata boga
syarat masuk jurusan tata boga

Ketahui 11 Syarat Masuk Jurusan Tata Boga

Untuk bisa masuk dan berkuliah di jurusan Tata Boga bukan hanya harus memiliki keahlian memasak saja. Namun ada berbagai syarat lainnya yang harus bisa dipenuhi jika Kamu ingin kuliah di jurusan tersebut.

Berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin kuliah di jurusan Tata Boga.

1. Bisa memasak dan memiliki keahlian bidang kuliner

Syarat yang pertama adalah untuk bisa memasak dan punya keahlian tersendiri dalam bidang kuliner. Seperti paham bagaimana cara dan metode yang digunakan dalam memasak serta mengetahui berbagai jenis bahan dan bumbu pelengkap untuk keperluan memasak.

2. Punya minat di bidang tata boga

Syarat yang berikutnya adalah untuk bisa memiliki minat tersendiri dalam bidang tata boga. Karena menekuni bidang tata boga akan jauh lebih menjanjikan jika Kamu menjalaninya dengan cara yang menyenangkan. Tak heran jika banyak yang mengambil jurusan ini adalah mereka yang memiliki hobi di bidang kuliner.

3. Kreatif dan inovatif


Semua yang terjun di bidang tata boga akan dituntut untuk bisa lebih kreatif dan inovatif khususnya dalam hal mengolah bahan makanan. Tugas mereka bukan hanya untuk mengolah dan menyajikan makanan saja, namun juga membuat kreasi olahan lainnya sehingga bisa selalu menyajikan menu yang menggugah selera.

4. Memiliki kemampuan berbahasa asing

Setidaknya Kamu harus bisa menguasai bahasa Inggris baik secara aktif maupun pasif. Karena dalam pekerjaannya seseorang yang berkarir dalam bidang kuliner atau tata boga akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia. Selain itu, saat memasak akan menemui banyak bahan makanan dengan keterangan berbahasa asing yang harus bisa dipahami dengan baik dan benar.

 5. Memiliki rasa percaya diri

Rasa percaya diri juga sangat dibutuhkan untuk memiliki karir dalam bidang tata boga ini. Dengan begitu maka Kamu akan bisa dengan lebih percaya diri mengekspresikan ide dan kreasi yang dimiliki terkait makanan olahan Kamu. Seorang koki harus memiliki kepercayaan diri dalam memasak sehingga bisa membuat masakan dengan cita rasa yang berkualitas.


 6. Mampu bersosialisasi

Berkuliah di jurusan tata boga juga mengharuskan Kamu untuk memiliki kemampuan bersosialisasi baik dengan atasan, rekan kerja hingga penikmat makanan olahan Kamu. Kemampuan bersosialisasi juga diperlukan untuk mengetahui cita rasa makanan yang diinginkan oleh mereka yang memesan makanan pada Kamu.

syarat masuk jurusan tata boga
syarat masuk jurusan tata boga

 7. Bisa bekerja dalam tim

Bahwa seorang koki tidak hanya bekerja secara individu. Namun dalam karirnya, selalu mendapatkan bantuan dari rekan kerja maupun pihak lainnya untuk menciptakan keseimbangan dalam dunia kerja mereka. Maka kemampuan untuk bisa bekerja dalam tim juga sangat diperlukan untuk dimiliki Kamu yang ingin kuliah di jurusan Tata Boga.

 8. Memiliki kemampuan pada hal yang lebih detail

Syarat yang berikutnya adalah memiliki kemampuan untuk melihat sesuatu secara detail dan terperinci. Seperti misalnya sangat teliti pada saat pengolahan bahan makanan, memperhatikan higienitas bahan dan tempat penyajian makanan demi kualitas makanan, memperhatikan detail ornamen pada makanan yang sesuai komposisi dan teksturnya serta detail yang ada pada hal lainnya.

 9. Menguasai ilmu gizi

Saat mengolah makanan, Kamu juga harus memperhatikan tentang gizi dan nutrisi yang terkandung dalam makanan yang diolah. Untuk itu pengetahuan tentang ilmu gizi dan nutrisi menjadi penting untuk dikuasai oleh Kamu yang ingin serius di bidang tata boga.

10. Mengetahui ilmu tentang sanitasi dan higienitas

Dalam proses pengolahan bahan makanan dan penyajian makanan sangat penting untuk memperhatikan segi sanitasi dan higienitas makanan tersebut. Hal itu berkaitan erat dengan kualitas makanan dan kandungan gizi serta nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Jika dalam proses pengolahan dan penyajian makanan baik bahan, cara mengolah hingga tempat penyajian tak memperhatikan kebersihan maka bisa berakibat makanan yang cepat rusak atau membusuk hingga berakibat pada kesehatan mereka yang mengonsumsinya.


11. Menguasai ilmu manajemen

Syarat yang terakhir adalah untuk bisa menguasai ilmu manajemen. Baik itu untuk manajemen atau pengelolaan bahan makanan, tenaga kerja hingga fasilitas yang digunakan dalam pekerjaan bidang tata boga.

Estimasi Biaya Kuliah di Jurusan Tata Boga

Banyak yang menilai untuk kuliah di jurusan Tata Boga memiliki prospek karir yang menjanjikan namun biaya yang dibutuhkan untuk kuliah di jurusan tersebut cukup terjangkau. Hal ini memang benar, terutama jika Kamu berkuliah di perguruan tinggi atau universitas negeri. Disamping itu, biaya kuliah atau yang dibebankan pada calon mahasiswa tergantung kondisi ekonomi calon mahasiswa yang bersangkutan.

Disebutkan bahwa setiap universitas atau perguruan tinggi memiliki UKT atau uang kuliah tunggal yang besarnya disesuaikan dengan kondisi ekonomi orang tua calon mahasiswa. Semakin rendah golongan UKTnya, maka semakin murah biaya kuliah yang dibebankan pada calon mahasiswa.

syarat masuk jurusan tata boga

Deretan Universitas Dengan Jurusan Tata Boga Terbaik

 1. Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas yang satu ini direkomendasikan untuk Anda jika ingin berkuliah di jurusan tata boga dengan biaya yang lebih terjangkau. Tercatat untuk biaya UKT kelompok 3 di universitas ini adalah sekitar 3,5 juta rupiah. Universitas yang berlokasi di kota Bandung ini merupakan universitas swasta namun memiliki kualitas jurusan tata boga yang bagus untuk pilihan Kamu.

Di universitas ini terdapat program studi Pendidikan Vokasi Seni Kuliner dimana di dalamnya terdiri dari 3 bidang yaitu Jasa Boga, Dietetika dan Pastry yang secara langsung berada di bawah naungan Fakultas Teknologi dan Kejuruan UPI.

 2. Universitas Negeri Malang

Pilihan universitas untuk jurusan tata boga yang kedua adalah Universitas Negeri Malang. Biaya UKT untuk kelompok 4 di universitas ini adalah sekitar Rp.4.250.000,-. Universitas ini memiliki program studi Pendidikan Tata Boga dimana lulusannya bisa menjadi guru atau tenaga pendidik di jurusan tata boga SMK yang menjadi bagian dari fakultas Teknik dan jurusan Teknologi Industri.

Kamu juga bisa memilih alternatif jurusan lainnya yaitu di program D3 untuk memiliki profesi langsung di bidang kuliner. Di jurusan ini yang dipelajari umumnya adalah seperti materi untuk kendali mutu pangan, teknik kelola makanan kontinental, desain tata boga dan lain sebagainya.

 3. Universitas Negeri Jakarta

advertisement

Universitas ini memiliki status negeri yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk kuliah di jurusan tata boga. Universitas ini dikenal sebagai universitas pendidikan yang mana lulusannya akan memiliki gelar sarjana Tata Boga S.Pd. Yang berarti lulusan UNJ sudah memenuhi syarat untuk bisa menjadi pendidik atau pengajar di bidang Tata Boga di jenjang sekolah menengah. Biaya UKT kelompok 1 di universitas ini adalah sekitar Rp.4.300.000,-.

Materi yang dipelajari di universitas ini diantaranya adalah tentang bagaimana cara mengelola toko kue dan roti yang ada di jurusan Patiseri. Menjadi salah satu jurusan yang direkomendasikan untuk Kamu yang ingin membuka toko kue atau cake secara mandiri.

 4. Universitas Negeri Yogyakarta

Kemudian rekomendasi universitas terbaik untuk jurusan tata boga berikutnya adalah Universitas Negeri Yogyakarta. Biaya UKT untuk kelompok 1 di universitas ini sangat terjangkau yaitu sekitar 500 ribu rupiah. Cocok untuk Kamu yang ingin menempuh pendidikan kuliah namun terkendala dalam hal biaya.

Universitas ini mulai menerima mahasiswa jurusan tata boga tepatnya di tahun 2018 di sebuah jurusan yang bernama resmi Pendidikan Teknik Boga. Disamping program S1 dengan fokus pendidikan pengajaran Tata Boga, universitas ini juga memiliki program Diploma yang mempelajari tentang keilmuan tata boga murni.

Jika Kamu berminat untuk berkuliah disini, perlu diketahui bahwa universitas ini sudah memiliki sertifikat akreditasi A dari BAN-PT. Adapun untuk materi yang akan dipelajari di universitas ini seperti bagaimana cara mengelola bahan makanan dan cara mengolahnya, mempelajari sifat dan karakteristik bahan, membuat perencanaan resep dan menu masakan, mengatur nutrisi dan gizi makanan yang ideal, ide penyajian dan lain sebagainya.

 5. Politeknik Pariwisata Makassar

Adalah sebuah politeknik atau perguruan tinggi kepariwisataan yang memiliki status negeri di kawasan Timur Indonesia serta sudah mengantongi sertifikat akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional. Jurusan tata boga yang tersedia di politeknik ini adalah jurusan Hospitality dengan program studi D3 Manajemen Tata Boga.

Untuk kemudahan pembelajaran mahasiswa di politeknik ini sudah tersedia fasilitas berupa dapur nasional dan kontinental lengkap dengan restoran dan bar yang bisa menjadi tempat praktek pendidikan mereka. Tersedia juga asrama mahasiswa untuk putra dan putri dengan kapasitas masing-masing sejumlah 200 kamar lengkap dengan fasilitas kamar serta akses internet di dalamnya.

syarat masuk jurusan tata boga

Prospek Kerja Kuliah Jurusan Tata Boga

Untuk Kamu yang sudah menetapkan jurusan kuliah di universitas pilihan, sebaiknya mempersiapkan diri untuk memilih profesi yang akan dipilih setelah nanti selesai dari universitas tersebut.

Meski biasanya, untuk universitas negeri atau perguruan tinggi tertentu sudah menjalin kerja sama dengan beberapa pihak secara khusus yang selalu membutuhkan tenaga kerja di bidang kuliner. Seperti misalnya untuk usaha restoran, bisnis perhotelan, kapal pesiar dan lain sebagainya.

Di bawah ini adalah beberapa jenis profesi atau karir yang menjanjikan untuk lulusan bidang tata boga.

a). Koki dan kepala Koki

Menjadi koki atau chef biasanya dibutuhkan oleh bisnis restoran, hotel atau kapal pesiar. Mereka harus bisa menguasai semua jenis makanan dari berbagai negara untuk memenuhi selera makan tamu mereka yang beragam. Dalam satu dapur di sebuah bisnis restoran akan terdiri dari satu kepala Koki yang membawahi beberapa koki profesional yang bekerja dengan efektif dan efisien.

Untuk menjadi seorang koki ahli dan profesional, seorang lulusan jurusan tata boga saja tidak cukup. Namun butuh training atau pelatihan secara khusus untuk bisa menjadikan pekerjaan mereka bisa dilakukan dengan lebih profesional dan bertanggung jawab.

2). Pembuat roti atau baker

Seorang pembuat roti atau baker bukanlah sebuah posisi yang bisa dipandang remeh. Selain harus mengetahui takaran bahan dengan tepat, mereka juga harus bisa membuat roti yang lebih inovatif untuk memenuhi selera masyarakat untuk kebutuhan roti.

Saat ini kebutuhan konsumsi roti bukan hanya untuk konsumsi harian saja, namun banyak yang menjadikan roti sebagai cemilan untuk acara rapat, pertemuan dan lain sebagainya pada kantor atau sekolah. Sehingga tentunya profesi menjadi seorang pembuat roti atau baker bisa sangat menjanjikan terutama jika Kamu menekuninya secara serius.

3). Manajer Layanan Makanan

Seorang manajer layanan makanan biasanya bekerja di restoran, hotel hingga kapal pesiar dengan tugas utama mengatur pelayanan makanan dengan cepat, maksimal dan memuaskan.

Kamu yang memiliki profesi ini harus memiliki karakter yang cepat tanggap, tenang dalam segala suasana serta bisa mengambil langkah untuk solusi terbaik saat menghadapi masalah tertentu.

4). Barista

Barista adalah seorang penyanyi minuman yang umumnya bekerja di sebuah kafe khusus minuman. Jenis minuman yang disajikan sendiri cukup bervariatif dan seorang barista harus bisa menyajikan minuman yang nikmat dengan cara mencampur beberapa bahan dengan tepat dan benar.

5. Dekorator kue atau cake

Kue atau cake yang didekorasi biasanya banyak digunakan untuk acara ulang tahun, acara pernikahan dan berbagai acara spesial lainnya. Banyak toko kue yang menjual roti atau cake dengan dekorasi yang dibanderol dengan harga cukup mahal. Seorang dekorator kue atau cake harus memiliki sisi seni dan artistik sekaligus bisa lebih inovatif dalam desain yang dibuatnya.

6. Pramusaji

Profesi yang berikutnya adalah menjadi pramusaji. Profesi ini sangat dibutuhkan di banyak tempat seperti rumah makan, restoran, kafe, hotel, kapal pesiar dan berbagai tempat lainnya yang membutuhkan bantuan pramusaji untuk menyajikan makanan.

7. Bisnis kuliner

Kamu yang lulus dari jurusan tata boga bisa menekuni bisnis kuliner sesuai keahlian dan minat dalam bidang tersebut. Bisnis yang dijalankan secara mandiri dan wirausaha tersebut akan bisa dijalankan dengan lebih baik jika Kamu juga memiliki minat tinggi untuk berbisnis wirausaha.

Miliki kemampuan untuk manajemen bisnis, modal yang memadai serta keahlian untuk mengelola bisnis dengan maksimal demi mendapatkan hasil sesuai dengan harapan.

8. Konsultan gizi

Dan profesi yang terakhir adalah untuk menjadi seorang konsultan gizi. Dalam hal ini seorang konsultan gizi memiliki pekerjaan yaitu sebagai seorang yang melayani perihal konsultasi gizi untuk pengolahan makanan baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun kebutuhan pasien rumah sakit.

Dalam pekerjaannya seorang konsultan gizi juga harus bisa memiliki keahlian untuk memadu padankan bahan makanan sehingga bisa menjadi makanan yang lezat sekaligus bisa memenuhi kebutuhan gizi serta nutrisi mereka yang mengonsumsinya.

Itulah beberapa syarat masuk jurusan tata boga yang perlu Kamu ketahui jika ingin berkuliah di jurusan tata boga, perkiraan biaya kuliah dan universitas dengan jurusan tata boga terbaik yang bisa Kamu pilih untuk profesi yang diimpikan. Semoga bermanfaat.

Komentar / Pertanyaan

Trending Topics
harga tarif tiket masuk kolam renang palem pondok kelapa jakarta timur
sekolah kedinasan yang menerima lulusan smk
Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan
tarif harga tiket Kolam Renang Modernland Tangerang
harga tiket masuk pantai pasir putih PIK 2
harga tarif tiket masuk heha ocean view gunung kidul yogyakarta

Author

CEO DeckaRenas SaptoAfr S.Kom, An engineer who loves to write about education, lifestyle, tech stuff and popular sciences. CP: Twitter | FB | IG

Logo DeckaRenas